cara buat telur separuh masak

Cara buat telur separuh masak atau setengah matang memang mudah-mudah sulit. Maksudnya mudah, kita hanya tinggal merebus telur tidak terlalu lama, hanya sampai setengah matang saja. Namun menjadi sulit karena sering kali telur yang dimasak gagal.

Entah itu terlalu matang atau bahkan belum matang sama sekali. Nah, agar Sedulur terhindar dari hal tersebut, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tips dan cara buat telur separuh masak yang dijamin anti gagal. Seperti apa tips dan caranya? Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus, Jangan Sampai Salah!

Cara buat telur separuh masak

cara buat telur separuh masak
iStock

Sebelum masuk ke langkah dan cara buat telur separuh masak, ada baiknya Sedulur siapkan terlebih dahulu panci dan air, serta siapkan telur yang akan direbus setengah matang. Adapun langkah dan cara buat telur separuh masak, yaitu:

  1. Rebus air di dalam panci dan biarkan air hingga mendidih terlebih dahulu.
  2. Jangan langsung menaruh telur ketika air belum mendidih, karena suhu air menjadi kunci keberhasilan merebus telur setengah matang.
  3. Masukkan telur yang telah memiliki suhu ruangan, jangan langsung masukkan telur dari kulkas ke dalam air mendidih.
  4. Waktu merebus ada di kisaran 5-6 menit, bergantung ukuran telur itu sendiri. Semakin kecil ukuran telur semakin sebentar waktu yang dibutuhkan.
  5. Setelah 5 menit angkat segera telur, rendam dalam air dingin beberapa saat untuk menghentikan proses pematangan telur. Asal bagian kulir sudah hangat, angkat segera, tiriskan atau lap telur
  6. Taruh di dalam wadah telur, gunting sedikit ujungnya. Bagian putih telur sudah mengeras sementara bagian dalamnya encer.
  7. Taruh telur dalam wadah, agar semakin nikmat Sedulur bisa menambahkan mentega dan lada bubuk.

Tips membuat telur setengah matang

iStock

Mudah bukan cara buat telur separuh masak di atas? Namun seringkali dari kita ketika membuat telur setengah matang gagal, meskipun caranya sangat mudah. Entah itu telur menjadi matang, atau bahkan masih mentah. Sebabnya karena ada beberapa hal yang terlewat.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

  • Jika Sedulur menyimpan telur di dalam kulkas, ketika akan merebusnya, jangan langsung direbus. Biarkan terlebih dahulu telur, tujuannya agar suhu telur sama dengan suhu ruang.
  • Telur yang disimpan di kulkas memiliki suhu yang dingin, ketika langsung dimasukkan, akan mempengaruhi durasi merebus sehingga seringkali membuat telur belum matang.
  • Untuk mempercepat telur memiliki suhu ruang, Sedulur bisa merendam telur dengan air dengan suhu normal.
  • Jangan merendam telur dengan air hangat, apalagi dengan air panaas yang mendidih. Hal tersebut akan mempengaruhi waktu merebus telur nantinya.

BACA JUGA: Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan yang Dijamin Enak

Beberapa  hal yang perlu diperhatikan

The Petite Cook

Dari langkah dan cara buat telur setengah matang di atas tentu tidak begitu sulit membuatnya. Ditambah Sedulur mengetahui tips penting dalam cara buat telur separuh masak. Untuk melengkapi informasi di atas, terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui agar sukses membuat telur setengah matang.

Hal penting sebagai kunci yang perlu diperhatikan yaitu terkait waktu merebus. Berikut ini waktu ideal merebus telur setengah matang:

  • Untuk telur ukuran kecil (dengan suhu yang telah normal, suhu ruangan) Sedulur bisa merebusnya selama 5 menit saja.
  • Untuk telur berukuran besar (dengan suhu yang telah normal, suhu ruangan) Sedulur bisa merebusnya selama 5.5 atau 6 menit.
  • Agar hitungan waktu tepat, Sedulur lebih baik menggunakan timer atau stopwatch. Menghindari telur terlalu matang atau bahkan belum matang.

Dengan mengetahui tips serta beberapa hal yang perlu diperhatikan di atas, dijamin Sedulur akan sukses membuat telur setengah matang. Tidak perlu khwatir akan gagal lagi membuat telur setengah matang, ya!

Penjelasan tentang tips dan cara buat telur separuh masak di atas membantu Sedulur agar tidak gagal membuatnya. Nutrisi dan gizi yang ada pada telur bisa membuat tubuh tetap sehat dan lancar dalam beraktivitas. Tapi perhatikan jumlah konsumsi telur setiap minggunya, ya. Jangan berlebihan.

Bagi Sedulur yang kehabisan stok telur di rumah, jangan khawatir. Sedulur bisa beli telur dengan harga super murah di Aplikasi Super. Selain itu, Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah untuk stok telur, cukup beli lewat aplikasi dan tunggu pesanan Sedulur sampai di depan rumah.

Jadi, Sedulur bisa fokus mengurus rumah dan menyiapkan resep masakan lainnya. Aplikasi Super dijamin bisa bikin hidup Sedulur lebih mudah dan untung melimpah. Yuk, cek Aplikasi Super sekarang, mana tahu ada diskon terkait barang yang Sedulur butuhkan di rumah!