Cara menyimpan buah yang sudah dipotong

Buah merupakan salah satu bahan makanan yang cepat busuk.Ketika buah sudah dipotong dan terbuka, maka akan semakin cepat proses pembusukan yang terjadi. Namun, Sedulur bisa mencoba trik cara menyimpan buah yang sudah dipotong agar buah tetap segar tahan lama.

Umumnya orang-orang akan menggunakan lemari pendingin agar menjaga ketahanan dan kesegaran buah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kulkas dan menyantap buah potong bisa dimana saja. Agar Sedulur tetap bisa menjaga buah segar dan tahan lama setelah dipotong, yuk simak tips dan trik berikut ini!

BACA JUGA: Ini 7 Jus Buah Untuk Menambah Berat Badan Secara Alami!

1. Rendam dengan air dingin

Cara menyimpan buah yang sudah dipotong
Tasted Recipe

Untuk mendapatkan buah potong yang tetap segar, cara mudah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan merendamnya di dalam air dingin. Air dingin dapat membantu menghentikan proses oksidasi pada buah. Perubahan warna pada buah yang terjadi akibat udara dapat dihambat oleh air dingin.

-->

Selain itu, rendaman air dingin juga dapat mempertahankan enzim yang terdapat dalam buah, sehingga tidak akan mengubah rasanya. Cara ini membuat kesegaran buah terjaga selama kurang lebih enam jam. Jika kamu menyimpan buah dalam rendaman air di dalam kulkas, daya tahannya bisa lebih lama lagi.

2. Gunakan plastik wrap

Cara menyimpan buah yang sudah dipotong
Hip Save

Pada dasarnya, tips menyimpan buah-buahan yang paling efektif adalah langsung dipotong saat dalam kondisi segar. Namun, saat buah tidak bisa langsung dimakan setelah dipotong maka kamu bisa menyimpannya.

Tidak perlu takut buah jadi tidak segar dan busuk, karena kamu bisa membungkus buah-buahan tersebut dengan plastik wrap setelah dipotong. Agar bisa tahan lebih lama, Sedulur bisa memasukkan buah potong yang sudah diplastik warp itu ke dalam kulkas. Plastik wrap akan menghentikan penyebaran gas sehingga tidak cepat busuk. 

3. Gunakan alumunium foil

Reader Digest

Berbeda dengan kantong plastik, aluminium foil akan memungkinkan gas etilen yang matang untuk keluar. Bila etilen terperangkap dalam kantong plastik, ini dapat menghilangkan kelembaban dan mempercepat proses pembusukan. 

Sayangnya, cara menyimpan buah yang sudah dipotong dengan aluminum foil tidak cocok untuk semua jenis buah. Misal, buah yang asam seperti jeruk dan tomat dapat bereaksi dengan foil dan bisa menghasilkan lubang. 

Itu sebabnya, Sedulur bisa menyimpan buah-buahan potong dengan kandungan asam yang rendah, seperti melon, dengan aluminium foil, ya!

4. Manfaatkan cairan madu

Epicurious

Tidak hanya sebagai pengganti gula, madu pun bisa Sedulur manfaatkan untuk membuat buah potong tetap segar. Pasalnya, madu mengandung senyawa peptida yang melawan enzim polifeno oksidase. 

Enzim ini yang bisa menyebabkan buah menjadi kecoklatan selama oksidasi ketika berekasi dengan oksigen. Caranya pun tidak sulit. Sedulur hanya perlu menambahkan dua sendok makan madu ke dalam semangkuk air. 

Setelah itu, rendah buah yang sudah dipotong selama tiga puluh detik sehingga kesegarannya terjaga hingga 8 jam. Merendam dengan larutan madu biasanya cocok untuk kamu yang terburu-buru sarapan pagi.

5. Rendam dalam air garam

The Kitchn

Selain air dingin, kamu bisa memanfaatkan larutan garam sebagai cara menyimpan buah yang sudah dipotong, terutama apel. Potongan apel memang memudahkan kamu untuk mengonsumsinya, tetapi ini membuat buah tersebut lebih cepat busuk. 

Untuk menyimpannya, kamu bisa merendam sisa potongan apel ke dalam air garam dingin untuk mencegah oksidasi. Namun, ingat bahwa Sedulurhanya perlu tidak lebih dari sendok teh garam per liter air agar rasa garamnya tidak terserap buah. 

Diamkan selama lima menit, keringkan, dan simpan potongan apel di dalam lemari es. Jangan lupa masukkan ke dalam wadah plastik kedap udara agar lebih maksimal.

BACA JUGA: Cara Mencuci Buah dan Sayur Segar dengan Benar!

6. Pakai tisu kertas

Keep

Tisu kertas juga bisa menjadi cara menyimpan buah yang sudah dipotong agar tetap bisa segar. Walaupun, tingkat efektivitas dan daya tahan cara menyimpan ini masih kurang lama dibandingkan dengan cara sebelumnya.

Sedulur cukup membungkus buah dengan tisu kertas kemudian simpan di dalam wadah kedap udara. Tisu tersebut dapat menyerap kelembapan dan wadah kedap udara sehingga mencegah terjadinya kebusukan.

Cara ini bisa kamu lakukan jika hendak bepergian membawa buah potong ke luar ruangan.

7. Perasan jeruk ampuh awetkan buah segar

Cara menyimpan buah yang sudah dipotong
Chelan Fresh

Selain beberapa cara menjaga buah potong agar tetep segar, trik menyimpan buah yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis. Cara ini ternyata cukup ampuh untuk menjaga kesegaran khususnya pada buah alpukat, lho. 

Begini, kandungan enzim pada alpukat menghasilkan pigmen coklat saat terkena oksigen. Sementara itu, asam sitrat dari lemon atau jeruk nipis membantu mencegah oksidasi tersebut, setidaknya selama satu hari.  Itu sebabnya, kamu bisa menyemprotkan sedikit perasan lemon pada alpukat agar kesegarannya bertahan satu hari. 

8. Buat campuran cuka dan gula

Southern Living

Tahu kah Sedulur bahwa larutan cuka dan gula bisa dipakai sebagai bahan pengawet buah yang sudah dipotong? Cara pemakaiannya pun tidak sulit. Kamu hanya pelru mencampur cuka dan gula sampai larut. 

Bila sudah, teteskan larutan tersebut pada buah dan simpan di dalam kulkas atau tempat yang sejuk. Cara ini ternyata membantu menyimpan buah yang sudah dipotong agar awet selama beberapa hari. 

Sayangnya, larutan cuka dan gula bisa mengubah cita rasa dari buah tersebut sehingga ini mungkin bisa jadi alternatif terakhir untuk Sedulur, ya!

9. Masukkan ke dalam freezer

UNL Food

Cara menyimpan buah yang sudah dipotong paling efektif adalah dengan memasukkan ke dalam freezer atau mesin pendingin. Buah akan mengalami proses pembekuan sehingga zat-zat yang ada tidak mudah membusuk dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Namun, Sedulur harus memastikan freezer dalam keadaan bersih dan tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan masakan mentah lainnya. Hal ini tidak lepas dari adanya gas yang sangat mudah menempel ke buah dan membuatnya mudah membusuk.

Demikian tadi deretan tips dan trik cara menyimpan buah yang sudah dipotong spesial untuk Sedulur. Buah memang menjadi salah satu bahan makanan yang penting karena berguna untuk menjaga kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk tubuh.

Semoga informasi di atas bisa membantu dan memberikan inspirasi untuk Sedulur agar bisa tetap menajaga konsumsi buah potong setiap hari.