cara menjadi agen sembako tanpa modal

Jika Sedulur sedang mencari cara menjadi agen sembako tanpa modal, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat. Kali ini, kita akan membahas secara lengkap tentang trik dan tips menjadi agen sembako dengan mengeluarkan modal sedikit. Bahkan, tidak mengeluarkan uang sedikit pun.

Profesi agen sembako sendiri menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Hal ini tidak lepas dari sembako yang merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Sehingga sembako akan selalu laku dan dicari banyak orang. Nah, agar bisa sukses menjalankan bisnis tersebut. Simak cara menjadi agen sembako tanpa modal berikut ini!

BACA JUGA: Tips Sukses Buka Warung Sembako Modal 5 Juta, Wajib Dicoba!

1. Coba jualan online

cara menjadi agen sembako tanpa modal

-->

Cara menjadi agen sembako tanpa modal yang pertama adalah dengan memilih berjualan secara online. Dengan semakin berkembangnya teknologi, Sedulur bisa memulai usaha dengan modal yang sangat minim. Cukup dengan menggunakan ponsel, sembako sudah bisa dijual dengan mudah ke seluruh Indonesia.

Cara jualan online juga bisa jadi solusi modal besar dalam bisnis sembako, khususnya saat ingin mencari warung atau ruko untuk disewa. Jualan online juga memudahkan Sedulur karena fitur pengantaran barang jualan bisa dilakukan sangat mudah.

Berjualan secara online bisa Sedulur lakukan dengan memasukkan produk sembako yang hendak di jual dalam berbagai macam marketplace yang ada. Jangan terpatok pada satu marketplace saja, karena semakin banyak kamu menggunakan platform jualan, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

2. Ambil barang langsung dari distributor

Gratis ongkir Aplikasi Super

Cara menjadi agen sembako tanpa modal selanjutnya dengan mengambil atau kulakan barang jualan langsung ke distributor. Trik satu ini wajib banget Sedulur lakukan ketika ingin mengurangi biaya kulakan barang karena dijamin harganya akan jauh lebih murah.

Umunya, kulakan barang langsung dari distributor harus dilakukan dalam skala besar. Agar Sedulur tetap bisa menyesuaikan dengan modal yang kecil, selalu pastikan berapa jumlah minimal kulakan sehingga mendapatkan harga barang dengan murah.

Dengan mengambil barang dari distributor, Sedulur akan mendapatkan selisih harga yang cukup signifikan sehingga keuntungan dari agen sembako menjadi lebih besar.

Selain itu, ada banyak sekali promo menarik dari distributor sembako yang bisa didapatkan seperti layanan gratis ongkir. Sedulur bisa mendapatkan promo menarik semacam itu dengan belanja dan kulakan langsung di Aplikasi Super.

Ada banyak sekali produk sembako terbaik yang bisa dibeli, mulai dari beras premium Karya Alam Hijau, minyak goreng, hingga bumbu dapur.

3. Memanfaatkan rumah sebagai toko

cara menjadi agen sembako tanpa modal

Banyak yang bilang, jualan online bisa dilakukan di mana pun tanpa perlu melihat lokasi. Hal ini ternyata benar adanya apalagi untuk Sedulur yang tidak memiliki modal. Kamu bisa memanfaatkan rumah sebagai toko atau gudang untuk menyimpan sembako jualan.

Berdasarkan riset yang ada, biaya sewa toko menjadi salah satu biaya terbesar dalam bisnis agen sembako. Jika Sedulur memilih untuk menggunakan rumah sebagai tempat berjualan dan gudang penyimpanan, maka akan bisa meghemat modal lebih dari 30 persen.

Selain itu, memanfaatkan rumah sebagai toko sembako juga jadi cara menjadi agen sembako tanpa modal paling jitu. Hal ini tak lepas dari lingkungan rumah yang sudah pasti dikelilingi oleh masyarakat dengan demografi keluarga kecil. Maka Sedulur bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berjualan langsung kepada tetangga di rumah. Penempatan lokasi rumah sebagai toko bisa membantu Sedulur untuk mendapatkan pelanggan tetap dan menjaga agar bisnis agen sembako bertahan lama.

4. Berikan promo menarik untuk pelanggan

cara menjadi agen sembako tanpa modal

Biasanya awal toko buka, pelanggan banyak yang berdatangan. Namun, dengan seiringnya waktu, para pelanggan akan datang dan pergi. Nah, tips selanjutnya ini berkaitan tentang menjaga para pelanggan agar tetap setia berbalanja di toko Sedulur.

Salah satunya dengan memberikan promo menarik. Promo-promo ini bisa Sedulur berikan dalam tempo waktu sebulan sekali agar bisa menjaga jumlah pembeli yang datang.

BACA JUGA: 17 Barang Kelontong Wajib Dijual, Potensi Laku Keras!

5. Kulik taktik pemasaran yang tepat

cara menjadi agen sembako tanpa modal

Setiap bisnis punya strategi masing-masing. Menjalankan bisnis agen sembako pun perlu strategi pemasaran. Sedukur tidak bisa hanya duduk diam, lalu pelanggan datang begitu saja.

Sedulur bisa memulai strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan di awal adalah memberikan diskon, harga khusus, atau paket bundle. Terapkan promosi tersebut pada barang-barang tertentu. Mungkin keuntungan yang kamu dapatkan akan sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun, Sedulur bisa menarik pelanggan untuk datang kembali suatu saat nanti.

Kamu pun bisa mulai mendatangi toko kelontong pada radius tertentu. Ajak mereka kerja sama dengan kesepakatan khusus. Langkah ini pun bisa membuat perputaran barang menjadi lebih cepat.

6. Jadi agen resmi produk sembako

cara menjadi agen sembako tanpa modal

Menjalankan usaha agen sembako itu perlu bekerjasama juga dengan orang lain, salah satunya adalah supplier atau distributor. Namun, dalam memilih supplier yang tepat Sedulur tidak boleh sembarangan. Sudah banyak kasus, seorang pengusaha terkena penipuan oleh distributor atau supplier-nya.

Selain itu, memilih supplier yang tepat juga bisa membantu Sedulur dalam mendapatkan harga BEP atau harga beli yang lebih murah sehingga bisa mendapatkan keuntungan saat menjualnya kembali. Pemilihan supplier juga sangat penting ketika Sedulur membuka usaha grosir sembako rumahan.

7. Coba gunakan kredit limit

toko kelontong

Sedulur juga bisa mengajukan kredit limit kepada distributor jika toko Sedulur sudah memiliki banyak pelanggan tetap dan mencapai omzet penjualan tertentu setiap minggu atau bulan. Kredit limit ini bisa membuat Sedulur mendapatkan supply tanpa membayar secara tunai.

8. Kelola hubungan dengan pelanggan

toko kelontong

Sedulur juga perlu menjalin hubungan baik dengan konsumen atau pembeli. Memberikan pelayanan yang baik dan bersikap ramah kepada konsumen maupun lingkungan sekitar juga bisa membuat mereka lebih nyaman untuk belanja di toko sembako Sedulur. Hal ini bisa meningkatkan penjualan dan juga membuat toko Sedulur semakin ramai.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang cara menjadi agen sembako tanpa modal spesial untuk Sedulur. Semoga tips dan trik di atas bisa memberikan inspirasi dan semangat kepada Sedulur ketika merintis usaha agen sembako. Jangan lupa untuk tidak menyerah dan berani mencoba berbagai macam inovasi agar usaha bisa berkembang. Jadi selamat berbisnis ya Sedulur!