cara menghilangkan semut di beras

Serangga seperti kutu dan semut sering sekali masuk ke tempat penyimpanan beras. Banyak perusahaan mengeluarkan obat berbahan kimia untuk menghilangkan hama ini. Namun, ada juga lho cara menghilangkan semut di beras dengan alami.

Sedulur bisa memanfaatkan berbagai macam bumbu dapur dan buah-buahan untuk membuat ramuan pengusir semut. Tak hanya 7 cara menghilangkan semut di beras, ternyata ada 10 tips yang bisa Sedulur coba agar beras bebas dari hama. Yuk simak berikut ini ya.

BACA JUGA: 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

1. Jemur beras di sinar matahari

Cara menghilangkan semut di beras
Pinterest

Cara menghilangkan kutu dan semut di beras yang pertama adalah dengan memanfaatkan sinar matahari.

Tips satu ini sangat cocok ketika semut dan kutu sudah masuk ke dalam tempat penyimpanan beras. Sedulur cukup membawa keluar beras ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Lalu siapkan tikar atau tampah dan pindahkan beras. Tunggu selama kurang lebih 40 menit sampai semua semut dan kutu menghilang.

Sinar matahari menjadi cara menghilangkan semut di beras yang alami karena memiliki paparan sinar ultraviolet yang tidak akan merusak kualitas beras.

Menjemur di bawah sinar matahari juga tidak memerlukan banyak bahan dan biaya. Namun, efektif mengusir semut merah di beras yang memang dapat menghambat aktivitas kita untuk memasak nasi.

2. Bunga lawang

Bunga lawang
Unsplash

Cara menghilangkan semut di beras selanjutnya menggunakan bunga lawang atau pekak. Bunga ini termasuk dalam rempah-rempah yang banyak dijumpai di Indonesia.

Bunga lawang memiliki bentuk seperti bintang dengan warnanya cokelat. Lalu bagaimana bisa bunga satu ini jadi alat untuk mengusir semut dari dalam beras?

Dikutip dari Healthline, bunga lawang memiliki kandungan zat seperti limonene dan asam galat yang mengeluarkan aroma khas. Aroma ini biasanya disukai oleh manusia, namun bagi serangga aroma bunga lawang bisa membawa kematian.

Sedulur cukup menaruh beberapa helai bunga lawang dalam tempat penyimpanan beras. Tunggu beberapa saat dan semut akan kabur dari beras.

3. Daun jeruk purut

Cara menghilangkan semut di beras
Greedy Gourmet

Cara menghilangkan semut di beras secara alami bisa menggunakan daun jeruk purut. Berdasarkan hasil penelitian Biosciences Biotechnology Research Asia, daun jeruk memiliki kandungan seperti asam sitrat, eriocitrin, hesperidin dan tanin.

Zat-zat tersebut ternyata merupakan kandungan pestisida alami yang tidak disukai oleh serangga. Sehingga jika Sedulur membuat ramuan daun jeruk tumbuk, maka bisa digunakan untuk mengusir semut.

Sedulur bisa menyemprot air ramuan jeruk tadi di sekitar tempat penyimpanan beras. Lalu tunggu beberapa saat dan semut akan pergi dengan sendirinya.

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

4. Cabe kering

Cara menghilangkan semut di beras
Satvyk

Dilansir dari The Straits Times, kutu beras ternyata membenci aroma pedas dari cabai merah kering. Hal ini setelah Departemen Agrikultur Penang melakukan penelitian pada persedian pangan milik mereka.

Meletakkan beberapa cabai kering dan menutup rapat tempat penyimpanan beras, terbukti ampuh mengusir kutu beras dalam waktu yang cukup lama. Cara sederhana ini pun bisa banget untuk Sedulur coba di rumah.

5. Dekatkan dengan kompor

Cara menghilangkan semut di beras
TipsPR

Setelah melihat cara di atas, ada beberapa cara yang memang membuat semut takut. Pertama suhu yang panas dan aroma yang kuat.

Nah, jika Sedulur tidak memiliki bahan-bahan alami seperti di atas atau males keluar rumah. Ada juga cara menghilangkan semut di beras yang simpel dan aman, yaitu dengan memanfaatkan kompor.

Biasanya suhu di dekat kompor itu panas dan aroma gas yang memiliki bau belerang juga tidak disukai oleh semut. Jadi Sedulur bisa menggunakan cara menghilangkan semut di beras dengan cepat. Cara ini juga bisa menjadi cara menghilangkan semut pada nasi yang sudah matang.

6. Kayu manis

Cara menghilangkan semut di beras
Unsplash

Dalam penelitian yang dirilis Science Direct berjudul Terminating Red Imported Fire Ants using Cinnamomum Osmophloeum, semut ternyata tidak menyukai aroma dari kayu manis.

Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki kandungan seperti cinnamaldehyde yang efektif membunuh dan mengusir semut.

Cara menghilangkan semut di beras menggunakan kayu manis cukup sederhana. Sedulur cukup menumbuk kayu manis sampai menjadi bubuk atau menggunakan minyak kayu manis. Taburkan di sekitar tempat penyimpanan sembako agar semut tidak mendekati berasmu.

7. Cengkeh

Cengkeh
Agrocom Trade

Cengkeh adalah salah satu rempah yang memiliki aroma khas yang kuat. Siapa sangka aroma ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan semut di beras.

Sedulur bisa menaruhkan beberapa potongan cengkeh di dalam beras. Namun, hati-hati ya karena aroma cengkeh yang kuat kadang bisa menempel ke beras. Jadi sebaiknya Sedulur memberikan alas seperti wadah kecil untuk menaruh cengkeh di dalam tempat penyimpanan.

BACA JUGA: Khasiat Ketumbar, Rempah-Rempah Paling Istimewa di Indonesia

8 Gunakan rice box

Cara menghilangkan semut di beras
Pinterest

Cara selanjutnya bisa menggunakan rice box. Rice box adalah wadah kedap udara yang biasanya digunakan untuk menyimpan beras agar terbebas dari kutu, serangga, dan juga cemaran aroma lainnya.

Sedulur bisa menemukan rice box di toko-toko peralatan rumah tangga. Selain itu, rice box memiliki harga yang cukup terjangkau dan tentu aman.

9 Manfaatkan kapur anti semut

Kapur
Unsplash

Salah satu tips menghilangkan semut di beras bisa menggunakan kapur anti serangga. Walaupun ini adalah salah satu insektisida sintetis, tapi kapur anti semut termasuk aman dan tidak berbahaya untuk kesehatan.

Kapur ini memiliki kandungan bahan kimia seperti delametrin sebesar 0,6 persen. Kandungan ini memang ampuh membunuh dan mencegah semut masuk ke tempat penyimpanan.

10 Semprotkan cairan lemon

Ramuan lemon
Unsplash

Cara menghilangkan semut di beras yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan lemon. Sedulur bisa mengambil sari dari satu buah lemon lalu menyemprotkannya disekitar tempat penyimpanan beras.

Dilansir dari Healthline, sari lemon memiliki kandungan zat yang merusak jejak feromon yang biasanya ditinggalkan oleh semut. Jika jejak ini hilang atau rusak, semut akan kebingungan dan pergi meninggalkan area sekitar beras.

Aroma dari lemon juga tidak disukai oleh semut, sehingga tak hanya mengusir tapi juga mencegah semut datang lagi ke tempat penyimpanan berasmu.

Nah, itu tadi deretan cara menghilangkan semut di beras yang aman dan ampuh. Penggunaan bahan alami dan rempah memang sangat baik untuk dilakukan, lantaran beras adalah salah satu barang yang nantinya akan diolah kembali untuk makan sehari-hari.

Namun hal yang paling penting, pemilihan beras harus yang berkualitas. Sebab beras diolah untuk menjadi konsumsi sehari-hari. Produk beras berkualitas yang bisa Sedulur pilih adalah Beras Buncit. Beras berkualitas premium ini memiliki butiran utuh dan putih, sehingga bisa menghasilkan nasi pulen yang lezat. Kelezatan inilah yang membuat Beras Buncit bisa cocok untuk segala masakan.

Penasaran dengan Beras Buncit? Sedulur bisa mendapatkan produk ini di  Aplikasi Super, warung dan toko kelontong terdekat, serta toko-toko modern seperti Superindo, Papaya, Hokky, Chicco, Bilka, Freshco, Remaja, dll. Ada juga aktivitas seru bersama Beras Buncit seperti  SAMBAR (Sambang Pasar) dan MABES (Masak Bersama). Tunggu apalagi? Beli Beras Buncit dan ikuti event-event serunya, yuk!