Cara menghilangkan bau kulkas

Bau tidak sedap pada kulkas menjadi salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Untuk para ibu rumah tangga, tentu mengetahui cara menghilangkan bau kulkas menjadi hal yang penting.

Ada cukup penyebab bau kulkas bisa muncul. Dari sisa cairan yang mengendap, bahan makanan yang terlalu lama disimpan, sampai masalah pada kipas pendinginnya. Lalu apa saja sih cara efektif menghilangkan bau kulkas di rumahmu? Mari simak tips dan ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 18 Macam-Macam Bumbu Dapur Yang Wajib Ada di Rumah!

Penyebab bau kulkas

Cara menghilangkan bau kulkas
Love to Know

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan bau kulkas, sebaiknya Sedulur mengetahui penyebab aroma tak sedap muncul dari mesin pendingin tersebut. Dilansir dari laman In The Wash, ada beberapa penyebab utama kulkas memiliki bau tidak sedap

-->

1. Makanan dengan bau menyengat

Penyebab bau kulkas yang pertama adalah adanya makanan dengan bau tajam atau menyengat yang disimpan. Apalagi jika Sedulur menyimpan tanpa memasukkan makanan tersebut ke dalam wadah kedap udara.

Misalnya, meletakkan keju bersebelahan dengan ikan atau telur rebus. Ketiga bahan ini memiliki aroma yang jika saling bercampur akan membuat aroma yang tajam. Ini jadi salah satu alasan kenapa kulkas menjadi mudah berbau tidak sedap.

2. Endapan makanan yang membusuk

Makanan bau
The List

Alasan selanjutnya adalah endapan makanan yang membusuk. Ini menjadi hal yang cukup umum terjadi karena seseorang lupa telah menyimpan makanan di kulkas dalam waktu yang lama.

Alhasil, makanan tersebut menjadi busuk dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Beberapa makanan atau bahan masakan yang mudah membusukyaitu ada sayur, buah, sampai daging.

3. Adanya plastik yang menyerap bau

Pada jenis kulkas yang memiliki kelas mid sampai low end, biasanya sekat terbuat dari bahan plastik. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata plastik memiliki persentase yang cukup besar dalam menyerap bau hingga akhirnya melekat aroma yang ada dalam kulkas.

Hal ini akan semakin diperburuk karena ada banyak bahan makanan berbau tajam yang disimpan. Atau Sedulur lupa membersihkan sisa makanan yang sudah bau dan membusuk.

4. Genangan air di bawah kulkas

Mengecek air kondensasi kulkas
Appliance Analyst

Beberapa kulkas memiliki penyimpanan genangan air di bagian bawah. Air ini hasil kondensasi yang terjadi selama kulkas bekerja setiap hari. Tidak heran terkadang, aroma bahan makanan terbawa dan menempel pada air tersebut.

Jika Sedulur tidak rajin membersihkan air kondensasi yang tersimpan di bawah kulkas, bukan tidak mungkin aroma kulkas akan menjadi tidak enak dan menyengat.

BACA JUGA: 11 Makanan khas Jombang Yang Bikin Lidah Bergoyang

Solusi menghilangkan bau kulkas

Bau kulkas yang menyengat memang menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Karena jika dibiarkan terlalu lama, tak hanya membuat bau kulkas menjadi tidak enak tapi juga mempengaruhi aroma dan kehigenisan bahan masakan lainnya.

Untuk itu, ada beberapa cara menghilangkan bau kulkas yang aman dan efektif. Cara ini juga tidak perlu perlengkapan yang ribet dan bisa Sedulur coba sendiri di rumah.

1. Kopi bubuk

kopi bubuk
Home & Gardens

Cara menghilangkan bau kulkas yang pertama bisa menggunakan kopi bubuk. Olahan dari biji kopi ini dikenal memiliki aroma yang khas dan wangi. Selain itu, aroma bubuk kopi ternyata mampu menyerap bau tidak sedap yang terbang di udara.

Sedulur cukup menempatkan bubuk kopi pada sebuah piring atau wadah kecil. Lalu masukkan ke dalam kulkas pada area yang memiliki aroma tidak sedap. Ganti secara berkala hingga bau menyengat sudah tidak muncul lagi.

2. Teh

Cara menghilangkan bau kulkas
Wikipedia

Dilansir dari laman Home Steady, kantong teh celup juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau kulkas. Aroma teh yang khas ternyata bisa mengusir bau tidak sedap yang muncul dari dalam kulkas.

Sedulur cukup menempatkan satu kantong teh ke dalam sebuah wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Diamkan selama beberapa waktu hingga aroma menyengat terserap ke dalam teh celup tersebut.

3. Baking soda

Cara menghilangkan bau kulkas
Realfood

Selain teh dan kopi bubuk, cara menghilangkan bau busuk di kulkas selanjutnya adalah dengan baking soda. Jika Sedulur sering membuat kue, bahan satu ini pasti sudah sangat familiar.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, baking soda ternyata menjadi bahan masakan yang sering digunakan untuk menghilangkan bau busuk di kulkas selama puluhan tahun.

Sedulur cukup menempatkan bubuk baking soda secukupnya di dalam kulkas selam 24 jam. Agar aroma busuk semakin cepat menghilang dan kulkas jadi lebih wangi, Sedulur juga bisa mencampur bubuk baking soda dengan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau mint.

4. Ramuan lemon dan garam

Cara menghilangkan bau kulkas
Exemplore

Menurut laman BHG, ramuan lemon dan garam ternyata juga ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam kulkas. Cara ini pun sudah diujicoba dan berhasil dengan persentase yang cukup tinggi.

Kombinasi lemon dan garam tak hanya bisa mengikat aroma tidak sedap yang ada di dalam kulkas, tapi juga membantu membunuh bakteri yang ada di udara. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencoba ramuan ini.

  • Iris lemon menjadi 4 potongan.
  • Campurkan dengan 3 sendok makan garam meja.
  • Letakkan lemon dan beras ke sebuah piring datar.
  • Simpan piring ramuan lemon garam tersebut selama beberapa hari di kulkas.

5. Oatmeal

Oatmeal kering
Healthline

Siapa sangka, oatmeal yang biasanya dijadikan menu untuk diet dan makanan sehat bisa digunakan untuk mengusir aroma tak sedap di kulkas.

Bahkan cara alami ini banyak dilakukan oleh orang-orang di wilayah Eropa dan Amerika lho. Cara menjadikan oatmeal sebagai pembersih aroma kulkas pun cukup sederhana.

Sedulur cukup menuangkan oatmeal mentah ke dalam mangkuk yang berbahan dasar alumunium. Diamkan untuk beberapa saat dan aroma menyengat di dalam kulkas akan terserap.

6. Ekstrak vanilla

Cara menghilangkan bau kulkas
Simply Recipes

Aroma vanilla adalah salah satu bau yang banyak disukai. Selain wanginya lembut, bau vanilla juga sangat cocok untuk bercampur dengan makanan lainnya. Alasan inilah kenapa vanilla bisa menjadi bahan makanan yang membantu membersihkan aroma menyengat dalam kulkas.

Cara menghilangkan bau kulkas dengan vanilla cukup sederhana, Sedulur hanya perlu menggunakan ekstrak vanilla dan dicampur dengan air. Lalu buatlah bola kapas dan masukkan ke dalam air campuran ekstrak vanilla.

Taruh bola kapas tadi di beberapa titik atau sudut kulkas dan bau tidak sedap tidak akan muncul lagi. Mudah sekali bukan?

7. Kentang

Kentang potong
The Spruce Eats

Cara menghilangkan bau kulkas selanjutnya adalah dengan kentang. Bahan makanan yang kaya akan karbohidrat ini ternyata memiliki karakter yang cukup mirip dengan oatmeal. Dimana kentang memiliki kemampuan untuk mengikat aroma tidak sedap yang ada di udara.

Sedulur cukup mengupas kentang berukuran sedang, lalu potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam kulkas. Gantilah kentang sehari sekali dan aroma menyengat yang ada dalam kulkas akan berkurang sedikit demi sedikit.

8. Cuka

Air cuka putih
Kitchn

Cuka merupakan cairan yang memiliki aroma kuat. Namun, jika Sedulur memiliki masalah bau kulkas yang sangat mengganggu, maka cairan cuka bisa menjadi solusi yang bagus.

Dibalik aromanya yang kuat, cuka bisa menetralkan bau tidak enak seperti bau amis, busuk, sampai bau tajam sebuah makanan. Sedulur cukup tuangkan cuka ke dalam mangkuk kecil dan biarkan beberapa saat di dalam kulkas.

9. Arang

Manfaat arang
Epicurious

Terakhir, cara menghilangkan bau busuk di kulkas bisa memanfaatkan arang hitam. Sedulur bisa menaruh beberapa potong arang ke dalam kulkas dan biarkan beberapa saat.

Aroma smokey dan tekstur padat arang ternyata bisa menghisap aroma tak sedap yang ada di dalam kulkas.

Demikian tadi tips dan cara menghilangkan bau kulkas yang bisa Sedulur terapkan di rumah. Selain bisa menggunakan bahan yang aman dan mudah ditemukan, cara di atas sudah terbukti efektif untuk menghalau aroma tak sedap di kulkasmu lho. Jadi selamat mencoba Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.