Berkuliner menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke suatu daerah. Hal ini juga yang perlu Sedulur lakukan saat tiba di Jombang. Kota kecil di Jawa Timur ini menyimpan banyak sekali makanan khas Jombang yang terkenal lezat.

Walaupun memiliki kemiripan dengan beberapa makanan dari Surabaya, Malang dan Lamongan. Kuliner Jombang tetap hadir dengan keunikannya sendiri. Lalu apa saja sih makanan khas Jombang yang wajib dicoba agar lidah bisa bergoyang? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: Legendaris! 8 Wisata Kuliner khas Malang Yang Bikin Perut Kenyang

Sego Sadukan

Makanan khas Jombang
Panturapost

Kuliner khas Jombang yang pertama adalah sego sadukan. Makanan satu ini berbentuk seperti nasi bungkus dengan isian yang lengkap. Beberapa lauk pauk yang biasanya disajikan dari sego sadukan adalah tahu, tempe, mie goreng, dan sambal.

-->

Makanan ini cukup sederhana dan porsinya tidak terlalu besar. Biasanya sego sadukan menjadi makanan untuk sarapan. Untuk harga, makanan khas Jombang ini cukup murah meriah lho Sedulur.

Nasi Kikil

Panturapost
Jombang City Guide

Olahan kikil banyak sekali menjadi kuliner khas nusantara. Namun, di Jombang juga terdapat makanan khas yang menggunakan bahan ini juga. Nasi kikil, kurang lebih begitu orang menyebutnya.

Salah satu ciri khas makanan ini adalah bumbu kikil yang dimasak menggunakan santan sehingga semakin gurih. Nasi kikil juga disajikan dengan berbagai macam lauk dan sayur seperti lodeh, tempe, dan tahu.

Fun fact paling menarik dari nasi kikil khas Jombang yaitu sosok yang menyukainya. Karena tak hanya orang biasa saja, tapi mantan Presiden Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur juga sangat menyukai nasi kikil.

Rawon Rosobo

makanan khas jombang
Lensa Wirausaha

Rawon menjadi kuliner khas Jawa Timur yang sangat mudah dijumpai, termasuk saat berkunjung ke Jombang. Namun, ada sebuah rawon bernama rawon rosobo yang menjadi makanan khas Jombang karena keunikan porsinya.

Jika rawon pada umumnya menyajikan daging yang dipotong dadu, maka rawon rosobo memiliki tampilan jauh berbeda. Dagingnya dipotong besar dan lebar seperti empal, tapi tetap empuk dan mudah digigit. Hal ini yang membuat banyak orang ketagihan mencoba rawon rosobo.

Ayam Panggang Urap

Makanan khas jombang
YT Mona Rendra

Makanan khas Jombang selanjutnya adalah ayam panggang urap. Warungnya ada di sekitar Simpang Tiga Jombang dan selalu terlihat ramai dikunjungi wisatawan.

Keunikan makanan ini adalah teknik memasak dan hasil ayam panggannya yang empuk. Bumbu rempah yang digunakan pun sangat terasa sampai ke dagingnya.

Sate Ringin Contong

Jombang City Guide

Jombang ternyata juga memiliki kuliner sate yang terkenal lezat dan enak lho. Menggunakan bahan utama daging kambing, kuliner legendaris ini dikenal dengan nama sate ringin contong.

Harga makanan khas Jombang ini pun murah meriah, karena untuk satu porsi Sedulur hanya perlu membayar Rp 12 ribu saja. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat mencoba sate ringin adalah bumbu kacangnya yang gurih mantap.

BACA JUGA: Resep Omurice, Nasi Goreng Omelet dari Jepang Enak & Mudah

Sop Buntut Bakar

Top Wisata

Jika membicarakan tentang sop buntut, maka kesegarah kuah dan gurihnya daging sapi biasanya terngiang di ingatan. Namun, makanan khas Jombang dengan olahan sop buntut memiliki cara penyajian yang berbeda.

Sop buntut khas Jombang disajikan dengan cara dibakar sebelum disajikan dengan kuah kaldu yang segar. Efek bakaran ini juga membuat rasa sop buntut semakin nikmat dan unik.

Ketan Merdeka

Jombang City Guide

Letak Jombang yang tak jauh dari Malang ternyata juga berdampak pada khasanah kulinernya. Jika di Malang ada Pos Ketan, maka di Jombang ada Ketan Merdeka.

Makanan khas Jombang ini masuk dalam kategori cemilan ringan karena porsinya yang tidak begitu besar. Selain itu, ada banyak dua jenis yang digunakan yaitu ketan hitam dan putih. Tak lupa parutan kelapa dan bubuk kedelai juga membuat makanan ini semakin lezat di lidah.

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

Onde Kacang Merah

Onde kacang merah
Cookpad

Kalau Sedulur mencari makanan khas Jombang yang bisa dijadikan oleh-oleh, maka cobalah onde kacang merah. Makanan yang juga sering disebut onde-onde ini merupakan salah satu kuliner khas Jombang yang terkenal enak dan tahan lama.

Tahu Pong Gloria

Sam Kuliner

Cari cemilan yang simpel dan Jombang banget? Maka bisa mencoba gurihnya tahu pong Gloria yang ada banyak dijual di sekitar pasar tradisional Jombang. Untuk sekotak besar tahu pong, biasanya Sedulur cukup membelinya dengan harga Rp 40 ribu.

Jenang Kupas

jenang kupas
Foodnesia

Selanjutnya ada jajanan manis khas Jombang. Kalau di daerah lain diberi nama dodol, di daerah Jombang makanan ini bernama kue jenang kupas. Karakter rasa kue jenang kupas adalah legit karena dibuat dari campuran kelapa, tepung terigu dan gula pasir.

Es Degan Durian

es degan durian
Sashy Little Kitchen

Tak hanya makanannya saja yang enak, minuman khas Jombang juga harus Sedulur coba. Minuman ini hasil percampuran antara es degan atau kelapa muda dengan durian. Mungkin terlihat sangat aneh, tapi jika Sedulur mencobanya pasti ketagihan.

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan legit. Selain itu, campuran lain seperti alpukat dan nata de coco membuat minuman es degan durian menjadi sangat menyegarkan.

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan kulinernya, hampir setiap daerah pasti memiliki menu yang tidak dimiliki daerah lain. Begitu juga dengan makanan khas Jombang yang memiliki cita rasa lezat dan unik. Jadi jangan lupa mencicipi makanan di atas jika datang ke Jombang ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.