Cara mengasah pisau blender

Sebuah pisau akan memiliki masa waktu ketajaman. Tak terkecuali dengan pisau di alat elektronik seperti blender, yang juga akan tumpul ketika sudah lama digunakan. Namun, ada cara mengasah pisau blender agar tajam kembali.

Tips ini juga bisa membantu Sedulur untuk bisa menghemat biaya karena tidak perlu membeli mata pisau blender baru. Penasaran seperti apa cara mengasah pisau blender yang aman, mudah dan efektif? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

1. Manfaatkan cangkang telur

Cara mengasah pisau blender
Reader’s Digest Canada

Dalam laman The Kitchn, salah satu cara mengasah pisau blender adalah dengan menggunakan cangkang telur. Cara ini sebenarnya tidak biasa, tapi berdasarkan hasil praktik uji coba, cangkang telur cukup efektif menghilangkan ketumpulan pada pisau.

-->

Ada beberapa langkah yang bisa Sedulur coba untuk menajamkan kembali pisau blender menggunakan cangkang telur.

Pertama, cuci bersih cangkang telur dan simpan terlebih dahulu di dalam freezer. Proses ini akan membuat cangkang telur menjadi lebih keras dan higenis karena bakteri yang menempel akan menghilang.

Jika cangkang sudah cukup keras, masukkan ke dalam blender dan beri sedikit air. Nyalakan dan matikan blender beberapa kali. Pertumbukan antara pisau dan ujung tajam dari cangkang telur akan membuat terjadinya proses asah selama blender dinyalakan.

Lakukan proses ini sampai cangkang telur menjadi lembut, kurang lebih waktu yang dibutuhkan sekitar 10 menit. Jika sudah selesai, Sedulur tinggal membuang sisa cangkang dan cuci bersih blender.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Mengenal Fungsi Spatula Masak dan Ragam Jenisnya!

2. Gunakan garam kasar

Garam dapur
Times of India

Cara mengasah pisau blender selanjutnya adalah dengan memanfaatkan garam kasar. Dilansir dari laman World of Blender, garam kasar atau garam batu bisa membantu menajamkan kembali pisau blender yang tumpul.

Sedulur cukup masukkan beberapa sendok garam kasar ke dalam blender. Lalu nyalakan dan matikan blender selama beberapa kali. Garam yang kasar akan mengasah setiap pisau blender yang ada.

Ketika garam telah berubah menjadi bubuk, keluarkan dan ganti dengan garam yang masih berbentuk bongkahan kasar. Ulangi proses tersebut beberapa kali agar pisau blender benar-benar terasah dan kembali tajam seperti semula.

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

3. Alumunium foil bisa tajamkan pisau blender

Cara mengasah pisau blender
Woman’s Day

Selain menggunakan garam kasar dan cangkang telur, Sedulur juga bisa menggunakan alumunium foil sebagai alat untuk mengasah pisau blender lho.

Cara ini sendiri sempat diungkap dalam laman Homeyutility. Mereka menjelaskan, untuk bisa menajamkan pisau blender secara mudah tanpa harus mengganti, Sedulur bisa menggunakan lembaran alumunium foil.

Langkah yang harus dilakukan pun tidak sulit. Pertama, Sedulur cukup mempersiapkan beberapa lembar alumunium foil. Potong alumunium foil dalam beberapa bagian ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam blender.

Mulai nyalakan blender dan biarkan alumunium foil terpotong-potong oleh pisau blender. Lakukan secara berulang dan ganti tiap alumunium foil ketika sudah tercacah menjadi kecil. Jika sudah dan pisau blender dirasa cukup tajam, cuci dan bersihkan blender dari alumunium foil.

Blender merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dengan harga yang tergolong cukup lumayan mahal, tentu Sedulur perlu tahu beberapa tips menjaga agar blender tetap tajam sehingga tidak perlu berganti ke alat yang baru.

Nah, semoga tips dan cara mengasah pisau blender di atas bisa membantu Sedulur semua agar bisa menghindari masalah pisau blender yang tumpul ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.