Fungsi spatula

Bagi Sedulur yang hobi memasak, khususnya para ibu-ibu, mengetahui fungsi macam alat dapur tentu hal yang wajib dilakukan. Salah satu alat yang tidak boleh dilewatkan adalah spatula karena fungsi spatula sangat penting dalam dunia memasak.

Spatula sendiri lebih banyak dikenal sebagai sutil dalam penjabaran lokal. Namun, jika melihat dari berbagai macam literatur yang ada, ternyata ada cukup banyak jenis dan ragam spatula. Penasaran ada apa saja jenis dan fungsi spatula? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini ya Sedulur.

BACA JUGA: Jenis, Fungsi & Kegunaan Panci Yang Wajib Diketahui Para Ibu!

Fungsi spatula

Fungsi Spatula
Serious Eats

Fungsi spatula pada umumnya adalah untuk membolak-balikkan makanan di dalam sebuah wajan atau penggorengan.

-->

Selain itu, dilansir dari Royco.co.id, spatula juga digunakan untuk mengaduk, meratakan dan menuangkan adonan masakan ke Loyang atau tempat memasak lainnya.

Sehingga fungsi spatula tak hanya digunakan dalam proses memasak saja tapi juga proses membuat kue atau membuat makanan yang lain.

Mengenal jenis spatula

Jenis alat masak
Unsplash

Setelah membahas tentang fungsi spatula, Sedulur juga harus memahami macam-macam jenis dari alat masak berbentuk seperti sendok ini. Apalagi setiap jenis spatula nantinya memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

1. Spatula saring

Spatula saring
Food52

Pertama ada spatula saring. Jenis spatula ini memiliki bentung gagang panjang dengan ujung bulat pipih berlubang.

Dengan bentuk yang cukup unik, fungsi spatula saring biasanya dipakai untuk meniriskan air atau minyak saat memasak. Biasanya, spatula saring sering digunakan dalam teknik memasak deep fry.

2. Spatula teppan

Teppannyaki
TEKA

Teppan adalah teknik memasak yang berasal di Jepang. Dalam metode ini, biasanya koki menggunakan spatula khusus yang lantas dikenal sebagai spatula teppan.

Bentuk spatula teppan yang memiliki gagang pendek tapi memiliki ujung kotak pipih lebar. Fungsi spatula teppan cukup berbeda dengan spatula pada umumnya, karena tak hanya untuk menumis, spatula teppan juga digunakan untuk memotong makanan secara langsung.

3. Spatula wajan

Spatula wajan
Hangry Recipes

Nah, kalau jenis spatula ini pasti Sedulur tidak asing. Spatula wajan merupakan alat masak yang banyak dijumpai di dapur karena sering digunakan untuk menggoreng.

Ada beberapa jenis spatula wajan jika dilihat dari material pembuatannya, yaitu spatula kayu, stainless, silikon dan nilon. Setiap jenis spatula ini memiliki keunggulannya masing-masing dalam menggoreng makanan.

Misalnya saja, spatula stainless cocok untuk menggoreng ikan, ayam, atau daging berukuran besar karena materialnya yang solid dan tidak lengket dengan bahan masakan saat digunakan menggoreng.

Selain itu, spatula wajan juga digunakan oleh para koki untuk teknik menumis atau sauteing. Dengan bentuk ujung yang pipih, semua bahan masakan yang ditumis akan lebih mudah teraduk rata dengan setiap bumbu yang dimasukkan.

BACA JUGA: 5 Teknik Menggoreng Yang Bikin Makanan Matang Sempurna

4. Spatula sayur

Spatula sayur
iStock

Selanjutnya ada spatula sayur. Spatula ini memiliki bentuk gagang yang panjang tapi pada bagian ujungnya berbentuk lingkaran melebar.

Fungsi spatula sayur sendiri adalah untuk memasak makanan yang memiliki banyak kuah, seperti sop, soto, gulai, kari, sampai bakso.

5. Spatula karet

Alat membuat roti
Simply Recipes

Jika banyak spatula yang dipakai untuk menggoreng, ternyata ada juga jenis spatula yang dibuat khusus untuk membuat roti. Jenis spatula ini adalah spatula karet.

Umumnya spatula karet memiliki bentuk yang mirip dengan sendok tapi berukuran lebih besar. Material pembuatannya pun berasal dari plastik dan karet agar bisa dibersihkan dengan mudah.

Fungsi spatula karet yang utama adalah untuk mengaduk, meratakan dan menuang adonan ke loyang.

6. Spatula icing

Icing Spatula
Tasting Table

Terakhir ada spatula icing. Spatula ini memiliki bentuk yang ramping dan panjang. Biasanya spatula icing digunakan untuk meratakan krim di atas kue.

Bagi Sedulur yang suka membuat kue, tentu spatula icing menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki ya.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang fungsi dan jenis spatula yang ada dalam dunia memasak. Tak hanya digunakan untuk menggoreng saja, fungsi spatula juga bisa kita jumpai dalam membuat kue dan makanan lainnya.

Jadi mana nih spatula yang Sedulur punya di rumah?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.