cara membersihkan kasur dari tungau

Tungau merupakan jenis kutu yang paling mengganggu di dunia. Bisa muncul di kasur dan membuat gatal tubuh, Sedulur perlu tahu cara membersihkan kasur dari tungau yang benar. Hal ini lantaran keberadaan tungau bisa memunculkan penyakit serius yang berbahaya.

Umumnya tungau muncul di lingkungan yang jauh dari kata higenis. Selain itu, daerah yang lembab dan penuh debu seperti kasur juga berpotensi menjadi sarang tungau jika tidak rajin dibersihkan. Jika Sedulur ingin tahu bagaimana cara membersihkan kasur dari tungau, mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Mesin Pengering Pakaian Rekomendasi di 2023, Anti Ribet!

Apa itu tungau?

cara membersihkan kasur dari tungau
Detik

Tungau adalah serangga berukuran sangat kecil yang dapat tumbuh dan berkembang di berbagai kondisi lingkungan. Serangga ini dapat menggigit Anda, tetapi sering kali tidak disadari.

-->

Gigitan tungau termasuk cukup mengganggu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya adalah munculnya gatal hingga iritasi kulit. Ada beberapa jenis tungau yang sering muncul di kasur dan menyebabkan gatal-gatal, seperti:

  • Tungau debu
  • Sarcoptes Scabiei
  • Demodex atau tungau kulit
  • Chigger atau tungau rumput

Tanda keberadaan tungai di kasur

gigitan tungau
Unsplash

Keberadaan tungau kasur memang sulit dideteksi karena bentuknya yang sangat kecil. Namun, beberapa hal dapat mengindikasikan adanya hewan merugikan satu ini. Sebelum mengetahui cara menghilangkan tungau kasur, perhatikan berbagai tanda berikut terlebih dahulu untuk membantu Anda mendeteksi keberadaan tungau kasur di rumah:

a. Kulit gatal dan merah 

Tanda keberadaan tungau di kasur yang paling umum adalah adanya gigitan tungau pada kulit. Alhasil, kulit akan terasa gatal dan berwarna merah setelah kita tidur di kasur yang dihuni oleh tungau.

Tungau kasur sendiri memang jadi salah satu penyebab utama rasa gatal ketika kita bangun tidur atau setelah rebahan. Hasil gigitan tungau kasus memang tidak langsung terasa, namun seiring waktu akan menimbulkan rasa gatal dan kemerahan di kulit, tepatnya di area gigitan.

b. Terdapat bercak gelap di kasur 

Untuk mengetahui keberadaan hewan kecil satu ini, Anda juga bisa memperhatikan kondisi kasur. Jika menemukan bercak-bercak gelap layaknya noda berkarat yang tersebar di kasur, kemungkinan besar hal tersebut merupakan kotoran tungau kasur. Artinya, kasur Anda telah dihinggapi dan perlu segera dibersihkan. 

c. Terdapat telur kecil putih di sela kasur 

Selain bercak gelap, Anda juga bisa mendeteksi keberadaan tungau kasur melalui adanya cangkang berbintik yang mungkin ditinggalkan tungau. Adanya telur kecil berwarna putih di sela-sela kasur juga bisa merupakan tanda adanya hewan tersebut. 

d. Bau apek di kamar tidur 

Tungau kasur juga bisa dideteksi melalui baunya yang khas. Kasur yang menjadi tempat tinggal dan perkembangbiakan tungau kasur biasanya memiliki aroma tidak sedap atau apek yang membuat tidak nyaman.

BACA JUGA: Penyebab Jerawat di Rahang Beserta Cara Mengobatinya

Cara membersihkan kasur dari tungau

cara membersihkan kasur dari tungau
Fumida

Bila Sedulur menemukan tanda-tanda tungau bersarang di kasur dan menyebabkan masalah kesehatan, maka jangan panik. Tetap tenang karena ada cara efektif membersihkan kasur dari tungau yang bisa Sedulur lakukan. Simak berikut ini:

1. Cuci sprei secara rutin

Cara membersihkan kasur dari tungau yang pertama adalah mencuci bersih perlengkapan tidur seperti seprai, sarung bantal hingga guling. Sedulur bisa menggunakan air panas untuk mencuci perlengkapan kasur tersebut agar tungau kasur benar-benar mati. Bahkan, Sedulur juga bisa menambahkan deterjen anti-bakteri agar porsentase kematian tungau semakin tinggi.

Setelah semua perlengkapan dicuci bersih. Sedulur harus menjaga dan mencucinya secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk mencegah kemunculan kembali tungau di kasur.

2. Bersihkan kasur

Cara membersihkan kasur dari tungau yang kedua adalah dengan membersihkan debu dari kasur. Sedulur bisa menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membantu membersihkan kasur secara menyeluruh.

Dengan alat ini, Anda bisa membersihkan hingga area yang sulit dijangkau. Tidak hanya sela-sela atau bagian sisi kasur, Anda juga perlu membersihkan penyangga kasur yang bisa jadi merupakan sarang hewan kecil ini.

Tetapi jika tidak memiliki alat vacum, Sedulur juga bisa membersihkan kasur dari debu dengan memukul-mukulnya menggunakan kayu. Namun, pastikan pembersihan ini dilakukan di luar ruangan agar debu tidak kembali ke kasur.

3. Jemur kasur di sinar matahari

Cara menghilangkan tungau kasur berikutnya adalah dengan memanfaatkan sinar matahari. Langkah ini akan secara alami membunuh tungau kasur. Menjemur kasur serta perlengkapan tidur lainnya langsung di bawah sinar matahari membantu kasur terhindar dari kondisi lembab yang berlebih sehingga tungau kasur tidak berkembangbiak. 

4. Selalu jaga kelembapan kamar

Suhu ruangan dapat berpengaruh terhadap tingkat kelembaban ketika ingin membersihkan atau membasmi tungau dari kasur. Hal ini lantaran tungau merupakan salah satu serangga yang nyaman ketika ruangan menjadi lembab.

Oleh karena itu, pastikan kamar tidur memiliki aliran udara yang baik. Sedulur bisa mulai dengan membersihkan atau membuat sistem ventilasi yang tepat. Atau hal tersebut tidak memungkinkan, maka alat dehumifider atau alat pengatur kelembapan bisa ditaruh di dalam kamar. 

5. Gunakan obat pembasmi tungau

Cara terakhir adalah bisa dengan menggunakan obat pembasmi tungau kasur, baik yang dijual di pasaran ataupun dengan cara-cara alami. Misalnya, dengan memanfaatkan cuka yang disemprotkan di area tungau kasur biasa bersarang.

Demikian tadi cara membersihkan kasur dari tungau yang bisa Sedulur lakukan. Cara-cara di atas bisa membantu Sedulur untuk mengantisipasi masalah kesehatan akibat serangan tungau yang mengganggu.

Setelah semua langkah dilakukan, jangan lupa untuk rajin-rajin membersihkan kasur agar tungau tidak kembali lagi ya Sedulur!