mesin pengering pakaian

Seperti namanya, mesin pengering pakaian berfungsi untuk membuat pakaian kering lebih cepat sehingga memudahkan pekerjaan rumah tangga Sedulur. Mesin pengering pakaian cocok untuk penggunaan harian di rumah maupun untuk usaha laundry.

Ada banyak jenis mesin pengering dengan fitur dan harga yang beragam. Misalnya adalah fitur sterilisasi, pengeringan cepat, hingga membuat pakaian lebih lembut secara instan. Jika Sedulur tertarik untuk mencari rekomendasi mesin pengering pakaian, berikut ini beberapa produk terbaik yang bisa dipilih dan dibeli!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik dan Terbaru 2023

Tips memilih mesin pengering pakaian

mesin pengering pakaian
Home Guide

Memerhatikan tips memilih mesin pengering pakaian ini sangat penting untuk Sedulur ketahui. Hal ini bertujuan agar Sedulur bisa mendapatkan alat pengering baju yang tepat, baik untuk di rumah maupun untuk usaha laundry Sedulur, sehingga nantinya bisa dijalani dengan maksimal.

Ada beberapa tipe mesin pengering pakaian untuk rumah tangga di pasaran. Jika Sedulur ingin memilih produk yang bagus, tentunya akan lebih pas jika disesuaikan juga dengan kebutuhan. Untuk meminimalisir kemungkinan salah investasi jika akan digunakan untuk bisnis laundry, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak hal-hal apa saja yang perlu Sedulur pertimbangkan sebelum memilih alat pengering baju yang akan digunakan nantinya.

  • Sesuaikan dengan kapasitas

Tips pertama yang perlu Sedulur perhatikan saat hendak membeli mesin pengering pakaian adalah menyesuaikan kapasitas dengan yang dibutuhkan. Apabila Sedulur memulai bisnis dari skala besar, maka alat pengering baju yang Sedulur butuhkan tentunya harus berkapasita besar.

Jika untuk pemakaian pribadi atau usaha yang Sedulur buka hanya fokus untuk pakaian yang ringan-ringan saja tidak termasuk bed cover, atau kain berat lainnya, maka mesin pengering dengan  kapasitas sedang pun sudah cukup.

  • Perhatikan merek produk

Intensitas pemakaian akan menentukan jenis mesin pengering yang paling ideal untuk dibeli. Pilih yang tepat untuk Sedulur dari beberapa tipe di bawah ini:

a. Vent Dryer

Mesin pengering pertama adalah berjenis ventilasi. Mesin ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan dua jenis lainnya. Bobotnya yang ringan dan konstruksinya yang sederhana menjadikan biaya perawatannya juga minim. Namun untuk jenis ini, memerlukan area outdoor, karena aliran uap air dibutuhkan untuk mengeringkan pakaian. Jika Sedulur ingin memasukkannya ke dalam rumah, persiapkan juga saluran drainase. Konsumsi energinya lebih tinggi, menjadikannya tepat untuk dibeli jika penggunaan dryer tidak terlalu sering.

b. Condenser Dryer

Ttipe ini memiliki fungsi yang memungkinkan uap diubah menjadi air untuk kemudian disimpan dalam wadah pada mesin, menjadikannya bisa ditempatkan di dalam rumah. Sedulur harus membuang airnya secara manual dan berkala. Modelnya memiliki desibel yang lebih rendah, tetapi juga waktu pengeringan yang lebih panjang. Pilih tipe pengering ini jika Sedulur mencari mesin pengering baju yang paling ekonomis untuk digunakan secara harian.

c. Heat Pump Dryer

Konsep dan fungsi tipe heat pump masih sama dengan condenser, hanya berbeda dari segi kualitas dan karakteristik fungsi khusus lainnya. Harganya paling tinggi jika dibandingkan dengan tipe yang lain. Namun, konsumsi daya listrik untuk pengering pakaian jenis ini juga sangat minim, sekitar 800 watt per pemakaian. Tidak hanya itu, jangka waktu yang dibutuhkan untuk tipe ini sangat singkat dan cepat. Cocok jika memiliki budget lebih dan waktu singkat untuk mengeringkan pakaian.

  • Fitur produk

Harga pengering baju ini bisa jadi sangat bervariasi, tergantung dari fitur tambahan yang dimiliki. Seperti AI Control, yang memungkinkan untuk mengendalikan juga memantau proses pengeringan dari jarak jauh.

Ada juga tambahan rak pengering yang bisa digunakan untuk sepatu, program pencucian khusus untuk baju bayi dan material wool, child lock, hingga level kering yang diinginkan. Pastikan Sedulur mencari tahu informasinya secara lengkap dari berbagai sumber informasi, termasuk artikel mesin pengering pakaian terbaik ini.

  • Garansi produk

Hal yang paling penting untuk Sedulur perhatikan terakhir sebelum memutuskan untuk membeli mesin pengering pakaian yang akan digunakan untuk usaha maupun kebutuhan pribadi yaitu garansi produk. Pastikan Sedulur membeli alat pengering baju dari merk yang memberikan garansi terbaik. Hal ini karena, Sedulur tidak pernah tahu kapan mesin pengering yang Sedulur beli akan rusak atau mengalami suatu masalah.

Selain itu, garansi menjadi hal penting, terutama ketika rencana penggunaan produk ada dalam jangka cukup panjang. Tidak hanya untuk unit, namun juga motor yang digunakan. Pastikan waktu garansi beserta proses klaimnya dapat dilakukan dengan cepat. Sebaiknya merk yang digunakan memiliki layanan di kota yang sama dengan tempat Sedulur tinggal agar bisa lebih memudahkan bila terjadi kerusakan.

BACA JUGA: Awas Salah! Berikut Cara Cuci Jaket Kulit yang Benar

Rekomendasi mesin pengering pakaian

Ada banyak jenis mesin pengering pakaian dengan fitur dan harga yang beragam, mulai dari fitur sterilisasi, pengeringan cepat, membuat pakaian lebih lembut, dan lainnya. Berikut rekomendasi alat pengering baju yang cocok untuk harian di rumah ataupun bisnis laundry.

1.  Denpoo Dryer 961

mesin pengering pakaian
The New York Times

Pada urutan pertama rekomendasi mesin pengering pakaian yang bisa menjadi opsi untuk Sedulur adalah Denpoo Dryer 961. Alat pengering baju yang satu ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk Sedulur yang sedang berada dalam kondisi budget pas-pasan. Desainnya yang compact, tentunya menjadikan mesin pengering pakaian Denpoo Dryer 961 ini lebih hemat ruang sehingga mampu membuat rumah tampak lebih luas dan tidak penuh.

Untuk keunggulannya sendiri, alat pengering baju terbaik dari Denpoo Dryer 961 ini memiliki beberapa fitur, yakni 3 pilihan suhu pengeringan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan fitur Lint Filter yang dapat menyaring kotoran dari pakaian yang dikeringkan. Tidak berhenti sampai di situ saja, mesin pengering pakaian yang satu ini juga mengusung proses pengeringan yang terbilang cukup cepat.

2.  Elba Dryer EB-775SWH

Rekomendasi alat pengering baju terbaik berikutnya yang bisa menjadi alternatif bagi Sedulur adalah Elba Dryer EB-775SWH. Mesin pengering pakaian yang memiliki kapasitas hingga 7,5 kg ini diproduksi oleh salah satu merk peralatan elektronik Italia yang sudah cukup populer dan mendunia.

Mesin pengering pakaian terbaik Elba Dryer EB-775SWH ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi. Tidak hanya itu saja, alat pengering baju ini juga menghadirkan opsi 3 pilihan suhu yang bisa Sedulur sesuaikan dengan kebutuhan dari cucian Sedulur. Hanya mengonsumsi daya listrik sekitar 1700 watt, mesin pengering ini tentu bisa dikatakan cukup hemat.

3.  Ariston TVM 70C

Jika Sedulur mencari alat pengering baju dengan tampilan yang trendy namun tetap simpel dan modern, maka mesin pengering pakaian Ariston TVM 70C 6P/Z EX Vented ini adalah jawabannya. Mesin pengering pakaian ini memiliki desain yang minimalis dan juga memiliki kapasitas yang mampu menampung beban hingga 7 kg. Untuk itulah, alat pengering baju yang satu ini sangat cocok untuk digunakan di rumah.

Tidak hanya dari segi tampilannya saja yang menarik, namun mesin pengering baju Ariston TVM 70C 6P/Z EX Vented ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah teknologi canggih. Salah satunya adalah fitur yang mampu menjamin pakaian Sedulur bebas kusut dan juga kerutan. Baik pakaian kasar maupun pakaian lembut, semuanya akan dapat terjamin keawetannya karena mesin pengering baju ini sangat bagus dan tidak merusak pakaian.

4.  Whirlpool 3LWED 4851 FW Electric Dryer

Butuh mesin pengering pakaian yang memiliki kapasitas jumbo, baik untuk kebutuhan keluarga besar di rumah atau untuk usaha laundry baru Sedulur? Jika iya, maka alat pengering baju Whirlpool 3LWED 4851 FW Electric Dryer ini bisa menjadi pilihan utama.

Whirlpool 3LWED 4851 FW Electric Dryer merupakan alat pengering baju berkapasitas hingga 15 kg yang berasal dari Amerika Serikat. Mesin pengering pakaian yang satu ini memiliki fitur pengeringan hingga 14 tahap. Fitur ini nantinya akan membuat pakaian Sedulur menjadi cepat kering dan bahkan bisa langsung dikenakan begitu proses pengeringan telah selesai.

5.  Electrolux EDV-6051

Di zaman serba canggih ini, tentu kita menginginkan produk yang mampu mengotomasi semua pekerjaan rumah, termasuk dalam urusan pengeringan pakaian. Nah, jika Sedulur tengah mencari jawaban atas problema ini, maka alat pengering baju Electrolux EDV-6051 dapat menjadi pertimbangan utama. Mesin pengering pakaian yang satu ini mampu mendeteksi tingkat kelembapan pakaian dan akan menghentikan proses pengeringan apabila pakaian Sedulur telah benar-benar kering.

Tidak berhenti sampai di situ saja, kecanggihan dari mesin pakaian yang satu ini mampu menjaga pakaian Sedulur terbebas dari kusut dan kondisi menyatu. Mesin pengering pakaian ini juga memiliki fitur Selicate Drying yang cocok untuk digunakan pada jenis pakaian halus yang memerlukan suhu lebih rendah.

6.  Sanken SF-7500 Dryer

mesin pengering pakaian
The Spruce

Merk Sanken memang sering terdengar di telinga para ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, Sanken dalam hal ini merupakan salah satu produsen peralatan elektronik rumah tangga yang cukup terkenal. Beberapa di antara produk terbaiknya, ada alat pengering baju Sanken SF-7500 Dryer. Mesin pengering pakaian ini memiliki banyak keunggulan sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk Sedulur.

Pertama, dari segi kecanggihannya, mesin pengering pakaian yang mengusung teknologi Jepang ini hadir dengan beberapa fitur. Mulai dari fitur Anti Bedbugs yang dapat membasmi kutu pada pakaian, fitur Multi Mode Drying yang dapat mengeringkan beberapa jenis kain, dan masih banyak lagi. Memiliki kapasitas mencapai 7 kg, tentu pengering pakaian ini bisa digunakan untuk keperluan di rumah maupun untuk Sedulur yang berencana akan membuka usaha laundri kecil-kecilan.

7.  Modena ED770 Tumble Dryer

Tertarik dengan mesin pengering pakaian dengan banyak pilihan program pengeringan? Jika iya, maka alat pengering baju Modena ED770 Tumble Dryer ini bisa menjadi pilihan utama, karena sejauh ini, Modena ED770 Tumble Dryer yang memiliki banyak program pilihan, bahkan mencapai 16 program.

Dengan banyaknya pilihan program pengeringan ini, Sedulur bisa menyesuaikan penanganan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis kain yang Sedulur miliki. Sebagai contoh, tentunya penanganan dari jenis kain sutra, jeans, dan bahkan katun akan berbeda jika menggunakan alat pengering baju yang satu ini. Tidak hanya itu saja, Modena ED770 Tumble Dryer juga termasuk hemat listrik, karena konsumsi daya-nya yang terbilang cukup rendah, yakni hanya sebesar 2000 W saja.

8.  Bosch Tumble Dryer WTB 86201 ID

Rekomendasi mesin pengering pakaian terbaik berikutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah Bosch Tumble Dryer WTB 86201 ID. Mesin pengering yang satu ini telah dilengkapi dengan banyak sekali fitur-fitur yang nantinya akan memudahkan Sedulur saat proses pengeringan pakaian.

Adapun fitur dari alat pengering baju terbaik ini di antaranya adalah fitur AutoDry yang akan menentukan suhu yang optimal agar pakaian cepat kering, ada juga Duo-Tronic Sensors yang mencegah panas berlebih, hingga Sensitive Drying yang akan mencegah kusutnya pakaian. Tidak berhenti sampai di situ saja, kelebihan dari mesin pengering pakaian yang satu ini adalah cara kerjanya yang sangat tenang, tidak berisik sama sekali.

9.  Xiaomi Xiaolang UV Sterilizer Dryer

Salah satu merk yang tengah naik daun dalam kancah produksi alat elektronik rumah tangga terbaik adalah Xiaomi. Salah satu produk Xiaomi yang bisa Sedulur pertimbangkan saat mencari mesin pengering pakaian terbaik adalah Xiaomi Xiaolang UV Sterilizer Dryer. Sebagaimana namanya, mesin pengering pakaian ini memiliki fitur sterilisasi hingga 3 lapisan.

Selain fitur sterilisasi tersebut, mesin pengering Xiaomi ini juga memiliki fitur siklus udara panas 360 derajat, yang nantinya akan membuat pakaian terasa lebih lentur saat proses pengeringan dilakukan. Untuk itulah, alat pengering baju berkapasitas 35 liter ini sangat cocok untuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga Sedulur.

10.  Toshiba TDH80SEN Dryer

Para urutan kesepuluh rekomendasi produk mesin pengering pakaian terbaik ada dari merk Toshiba yang tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mesin pengering pakaian ini adalah Toshiba TDH80SEN Dryer yang memiliki kapasitas 8 kg dan telah dilengkapi pula dengan kontrol panel LED, sehingga akan memudahkan Sedulur saat pengoperasian.

Dengan alat pengering baju yang satu ini, Sedulur sudah tidak perlu khawatir pakaian akan rusak ataupun lecek. Hadir dengan garansi motor pengering hingga 10 tahun lamanya, alat pengering baju merk Toshiba ini tentu menjadi idaman para ibu rumah tangga. Selain itu, mesin pengering pakaian dari Toshiba ini juga memiliki desain yang modern, sehingga cocok untuk laundry room bergaya minimalis Sedulur di rumah.

BACA JUGA: 8 Deterjen Terbaik Cuci Pakaian, Murah Dengan Wangi Tahan Lama!

11.  Tataruma mesin pengering pakaian

Apartment Therapy

Produk alat pengering baju yang selanjutnya yaitu Tataruma. Mesin pengering pakaian terbaik ini dilengkapi dengan teknologi mode suhu gSedulur. Sehingga, bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian maupun sepatu sekaligus. Desain alat pengering baju yang unik dan minimalis tersebut dari Tataruma sangat travel friendly untuk dibawa kemana-mana.

Tataruma menjadi alat pengering baju berukuran 150 mm x 59 mm x 147 mm memiliki fitur ozon. Fungsinya adalah untuk melakukan desinfeksi terhadap bakteri. Sedulur bisa mengeringkan sepatu atau pakaian dengan Tataruma sesuai dengan kebutuhan. Terdapat 2 buah mode pada alat pengering baju yaitu mode rendah dengan suhu 55 derajat Celcius dan mode tinggi dengan suhu 70 derajat Celcius.

Fitur multifungsi portable dryer yang terdapat pada Tataruma membuat pakaian Sedulur menjadi kering sempurna. Apalagi sudah dilengkapi dengan daya sebesar 140 W yang powerful menjadikan proses pengeringan lebih efisien. Tataruma mesin pengering pakaian sudah dilengkapi dengan aksesoris berupa kantung pengeringan, kabel daya, pengering, instruksi manual, dan gantungan.

12.  Han River

Produk alat pengering baju yang selanjutnya berasal dari merk Han River. Mesin pengering pakaian dengan ukuran 17 cm x 10 cm x 10 cm ini mampu mengeringkan sepatu, pakaian, dan sprei lebih cepat. Penggunaan Han River sebagai alat pengering baju tersebut lebih efektif dalam mengeringkan pakaian tanpa meninggalkan bau apek.

Mesin pengering pakaian dari Han River terbuat dari material ABS dengan tegangan 220 Volt yang sudah dilengkapi dengan sterilisasi gSedulur. Alat pengering baju berukuran mini portable ini lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Keunggulan lain dari Han River alat pengering baju adalah mempunyai pemanasan bersirkulasi dan sterilisasi area lebih luas dengan bantuan sinar ultraviolet.

Han River sangat cocok digunakan untuk mengeringkan pakaian bayi. Dalam waktu 30 menit saja, pakaian keluarga Sedulur akan kering secara optimal. Sehingga, pakaian Sedulur bebas dari tungau, bakteri, bau, dan jamur yang menempel. Tabung pengering pada alat pengering baju merk Han River bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan sepatu di rumah dengan praktis.

13.  Samsung DV80T5220TT

Mesin pengering pakaian dari Samsung ini salah satu yang terbaik di pasaran. Termasuk dalam kelas energi A yang dibekali teknologi pompa panas. Sehingga menghasilkan panas maksimal dan efisien dalam konsumsi listrik.

Pakaian yang dikeringkan pun akan tetap terasa normal dan tidak rusak. Pintu yang disematkan juga canggih dengan arah yang bisa diatur dan dibalik. Arah pembukaan bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, tergantung pada tempat penyimpanan alat pengering baju. Selain itu, pintunya juga transparan untuk membantu pemantauan pengeringan pakaian secara mudah.

Seperti yang sudah disebutkan, pakaian yang dikeringkan akan tetap nyaman dan tidak ada benang yang rusak. Setrika jadi lebih mudah dilakukan karena tetap halus dan menghilangkan kusut dan lipatan akibat perputaran drum pengeringan.

14.  BOLDe Super Dryer

BOLDe Super Dryer memiliki harga terjangkau yang dijamin membuat Sedulur ingin langsung membelinya. Mengusung konsep portable, dapat dilipat, dan mudah digunakan. Sistem kerjanya dengan menggunakan motor udara hangat yang meratakan kerutan dan membuat pakaian bersih dan lembut.

Dalam proses pengeringan, pakaian sepenuhnya terisolasi dari luar untuk melindungi dari debu, serangga, dan bakteri. Dryer ini memiliki 5 pengaturan temperatur, sehingga dapat membuat baju lebih cepat kering dan dilengkapi dengan Anion Technology yang berfungsi membunuh virus dan bakteri, serta dapat menghilangkan bau apek pada baju yang tidak kering.

Dilengkapi juga dengan gantungan, braket, dan tas penutup sehingga dapat difungsikan sebagai lemari pakaian mini. Dalam sekali pengeringan, Sedulur bisa mengeringkan pakaian hingga 15 pakaian dengan kapasitas maksimal 10 kg.

15.  Diamante Cygnus 1050

HerZindagi

Produk mesin pengering pakaian yang terakhir adalah Diamante Cygnus 1050. Mungkin masih terdengan asing di telinga, tapi produk ini juga patut untuk Sedulur pertimbangkan. Merupakan pengering pakaian produksi Italia dengan kualitas pengeringan ekstra untuk kebutuhan harian maupun usaha laundry rumahan.

Kapasitas pengeringannya cukup besar, hingga 10 kg dalam satu kali pengeringan. Untuk urusan desain dan tampilan juga sangat elegan dan ringkas. Dengan daya listrik 1800 watt, produk ini mampu mengeringkan pakaian dengan singkat dan sempurna.

Adanya fitur anti bakteri yang disematkan akan memastikan hasil pengringan pakaian bersih dan higienis, bahkan untuk kulit sensitif. Serta kerennya lagi, terdapat filter untuk mengumpulkan bulu halus yang biasanya terdapat pada pakaian.

Memiliki mesin pengering pakaian akan memudahkan dalam pekerjaan rumah tangga. Pakaian yang telah dicuci bisa langsung masuk ke mesin pengering, atur waktu pengeringan, dan selesai.

Sedulur bisa menghemat banyak waktu sebelum pakaian akhirnya disetrika. Mesin ini juga tak hanya bisa mengeringkan pakaian saja, tapi juga membantu untuk menjaga kebersihan pakaian agar terbebas dari kuman, bakteri, dan jamur. Jadi Sedulur bisa mendapatkan banyak manfaat dari hanya satu alat pengering baju saja. Menarik sekali bukan?