Klepon adalah salah satu cemilan tradisional Indonesia yang banyak disukai orang-orang. Cara bikin klepon termasuk mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Makanan satu ini memiliki ciri khas seperti rasanya yang manis dan taburan parutan kelapa yang gurih. Klepon juga sangat cocok dijadikan cemilan keluarga di saat-saat santai. Penasaran bagaimana cara bikin klepon yang mudah dan enak? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Bola Ubi Kopong Legit Lembut yang Enak

Klepon

Cara bikin klepon
Unilever Food Solutions

Sebelum mempelajari cara membuat klepon, ada baiknya Sedulur menyimak tentang sejarah makanan berwarna hijau ini. Klepon sendiri termasuk ke dalam jajanan pasar yang populer diberbagai daerah di Indonesia, dari Sumatera, Sulawesi sampai Jawa.

-->

Dalam Buku Lengkap Aneka Cake (2016) yang ditulis oleh Dian Nimpuno, klepon memiliki karakteristik yang kenyal dengan isian gula cair berwarna merah. Hal ini ternyata memiliki nilai filosofi yang kuat, dimana sesuatu yang a lot akan terasa manis dikemudian hari sesuai dengan usaha yang dilakukan.

Untuk membuat klepon biasanya dibutuhkan bahan seperti kapur sirih. Ini menjadi salah satu solusi bahan tepung yang murah di zaman dahulu. Namun, setelah semakin banyak jenis tepung yang bisa dipakai untuk membuat klepon. Masyarakat mulai mengesampingkan kapur sirih dan mulai menggunakan tepung ketan sebagai bahan utamanya.

BACA JUGA: 3 Jenis Tepung Terigu Protein dan Macam Kegunaannya

Resep klepon

Jajan tradisional
Good News From Indonesia

Untuk Sedulur yang mencari resep membuat klepon, maka ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Berikut ini rinciannya:

  • 200 gr tepung ketan putih
  • 200 ml air hangat
  • Pasta pandan
  • Gula jawa yang telah diserut

Bahan-bahan di atas bisa Sedulur cari di toko kue, atau jika Sedulur tidak ingin repot bisa mencoba mencari lewat Aplikasi Super.

Aplikasi Super sendiri adalah aplikasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja bulanan dan memenuhi segala kebutuhan rumah tangga, baik dari sembako, alat mandi sampai cemilan. Tak hanya itu, harga belanja di Aplikasi Super juga sangat bersaing dan banyak promo lho.

Jika bahan utama seperti di atas sudah dimiliki, Sedulur perlu mempersiapkan bahan mentah lainnya seperti berikut ini:

  • 50 gr kelapa parut kering
  • 10 ml santan kara
  • Garam secukupnya
  • 40 ml air panas

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Nanas, Buah Bebas Lemak untuk Kesehatan

Cara bikin klepon

Cara bikin klepon
Wandercooks

Setelah semua bahan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah cara bikin klepon hijau yang lezat. Ada beberapa step yang bisa Sedulur lakukan.

  • Campur tepung ketan dengan air hangat. Jangan lupa larutkan pasta pandan bersama dengan air lalu aduk rata semua bahan.
  • Jika bahan sudah tercampur merata, mulai uleni dengan tangan agar adonan mengenyal hingga bisa dipulung.
  • Ambil adonan tepung ketan tadi secukupnya lalu buat menjadi berbentuk bulat. Lubangi dan masukkan gula merah parut dan bulatkan kembali. Lakukan tahap ini secara berulang sampai adonan tepung ketan habis.
  • Siapkan panci dan rebus air secukupnya. Masukkan seluruh adonan tepung ketan yang sudah dibentuk bulat ke dalam panci. Tunggu sampai masak dengan estimasi waktu sekitar 3 menit.
  • Angkat dan taburi seluruh permukaan tepung ketan dengan kelapa parut. Klepon kenyal dengan gula merah siap dihidangkan.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang bagaimana cara bikin klepon hijau yang mudah dan enak. Semoga informasi di atas bisa membantu Sedulur menciptakan cemilan yang bersih dan sehat untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.