Barang pokok di rumah

Barang pokok adalah barang yang wajib ada karena menjadi kebutuhan dasar seorang manusia dalam keberlangsungan hidupnya. Keberadaan barang pokok pun menjadi hal yang sangat diperhatikan pemerintah karena menjadi penentu kualitas masyarakat di masa depan.

Jadi tidak heran pemerintah membuat aturan yang jelas tentang barang pokok yang terkandung dalam sembako. Namun, tahukah Sedulur selain untuk memenuhi kebutuhan hajat keberlangsungan hidup, ternyata barang pokok yang termasuk sembako juga bermanfaat pada banyak hal lain lho.

Penasaran seperti apa? Yuk lansung simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

-->

1. Minyak goreng

Minyak goreng
Aplikasi Super

Barang pokok yang pertama harus ada di rumah adalah minyak goreng. Dalam daftar sembako yang rilis oleh pemerintah, minyak goreng menjadi barang yang tidak boleh dilewatkan.

Hal ini tak lepas dari fungsi dasar minyak goreng yang berguna untuk memenuhi segala kebutuhan hidup seseorang. Misal untuk menggoreng makanan dan memasak untuk kebutuhan berjualan.

Namun, dibalik fungsi dasar tersebut ternyata ada banyak manfaat lain kenapa minyak goreng harus Sedulur sediakan di rumah. Misalnya, minyak goreng bisa menjadi pelumas alami di saat genting. Misal ada masalah pada engsel pintu atau resleting celana yang macet, maka Sedulur bisa memanfaatkan minyak goreng sebagai pelicin. Zat yang terkandung pada minyak goreng juga membuat logam bebas dari karat lho.

Atau bagi Sedulur yang suka berdandan, maka membersihkan kuas untuk rias adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin. Namun terkadang zat untuk mencuci kuas bisa habis kapan saja, tapi Sedulur tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan barang pokok seperti minyak sebagai penggantinya.

Sedulur cukup merendam ujung kuas rias dengan minyak dan sisa riasan akan luntur dan terlepas. Setelah itu tinggal bilas pakai air hangat dan keringkan deh.

2. Telur

Barang pokok
Unsplash

Barang pokok selanjutnya adalah telur. Yup, barang satu ini wajib ada di rumah karena bisa menjadi bahan masakan pengganti daging. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh.

Mungkin Sedulur sudah tahu bahwa fungsi telur bisa dijadikan lauk pauk untuk di rumah. Namun, ternyata ada manfaat lain yang bisa dirasakan dari telur baik itu dari kulit sampai bagian putih dan kuningnya.

Misalnya, kulit telur bisa membantu tanaman tumbuh sehat dan buahnya tidak mudah busuk. Hal ini karena kulit telur yang dihancurkan dan ditaburkan bisa menambah unsur kalsium dalam yang bermanfaat untuk tumbuhan.

Selain itu, bagian seperti putih telur dipercaya bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat ini bisa dilakukan dengan menjadikan telur sebagai masker alami dengan komposisi campuran madu dan sari buah atau sayuran. Hasil masker putih telur pun diyakini bisa membuat kulit jadi lebih kencang dan awet muda.

3. Tepung

Barang pokok
Unsplash

Nah, untuk Sedulur yang suka memasak maka barang pokok ini wajib ada di rumah. Bagaimana jadinya jika Sedulur ingin membuat roti, kue atau gorengan tapi tanpa adanya tepung. Tentu masakan tersebut tidak akan nikmat.

Keberadaan tepung juga menjadi hal yang sangat penting karena banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Misalnya saja tepung bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan barang yang terbuat dari perak dan tembaga.

Sedulur bisa membuat campuran tepung, garam dan cuka putih lalu gosokkan adonan tersebut ke bahan logam yang ingin dibersihkan. Dijamin barang logam tersebut akan lebih mengkilap dan terlihat super bersih.

4. Beras

beras premium
Aplikasi Super

Selanjutnya barang pokok yang wajib ada di rumah adalah beras. Kenapa? Karena beras merupakan salah satu sumber makanan utama bagi masyarakat Indonesia. Hampir 90 persen daerah di Indonesia, masyarakatnya mengkonsumsi nasi untuk sumber karbohidrat.

Beras memang jadi salah satu bahan pokok yang menunjang keberlangsungan hidup manusia di Indonesia. Namun, selain menjadi makanan pokok ternyata beras juga memiliki manfaat lain lho Sedulur.

Misalnya karakter beras yang bisa menghisap hydrogen di udara. Hal ini pun sering dimanfaatkan ketika ponsel terjatuh dalam air, maka bisa langsung dimasukkan ke dalam beras agar barang tersebut bisa kembali menyala dan tidak rusak.

Selain itu, beras juga bisa mempercepat buah agar matang secara sempurna. Menurut sejumlah ahli, beras bisa menjaga agar gas etilen yang merangsang hormone pada buah agar tetap matang tetap terperangkap di dalam buah. Sehingga semakin banyak gas etilen yang tetap berada dalam buah, maka buah akan cepat matang juga.

Biasanya beras yang memiliki banyak manfaat lain berasal dari beras premium. Karena karakternya yang memang dikenal kuat dan berkualitas baik. Beberapa beras premium yang mungkin Sedulur bisa coba ada Beras Buncit dan Beras Karya Alam.

Beras karya alam
Aplikasi Super

Kedua beras itu memiliki kualitas yang baik baik sebagai bahan makanan pokok maupun untuk fungsi lainnya. Beras Buncit dan Beras Karya Alam juga tergolong beras yang ketika dimasak akan pulen, sehingga cocok untuk Sedulur.

Bila Sedulur tertarik untuk membeli kedua merk beras ini, tenang, karena Beras Buncit dan Beras Karya Alam banyak dijual di toko kelontong Super Agen yang ada di wilayah Jawa Timur. Selain itu, Sedulur juga bisa mendapatkan beras tersebut lewat Aplikasi Super.

5. Gula pasir

Gula pasir
Unsplash

Gula merupakan barang pokok yang biasanya digunakan untuk membuat minuman atau masakan agar memiliki rasa yang lezat. Namun, selain sebagai bumbu masakan ternyata gula pasir juga memiliki manfaat lain sehingga wajib Sedulur stok di rumah lho.

Contohnya, gula dipercaya ampuh untuk mengusir hama serangga seperti kecoa. Bagi ibu-ibu, tentu masalah serangga semacam ini benar-benar mengganggu dan bikin risi. Tapi dengan memanfaatkan gula, Sedulur bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Sedulur cukup membuat campuran gula pasir dan soda kue, lalu taburkan di tempat yang banyak muncul kecoa. Aroma yang dihasilkan dari campuran dua bahan ini memang ampiuh mengusir kecoa sehingga tidak muncul lagi.

6. Bawang merah

barang pokok
Unsplash

Bawang merah adalah barang pokok yang menjadi bahan dasar sebuah masakan di Indonesia. Hal ini membuat bawang merah wajib ada di rumah.

Tapi berdasarkan penelitan dari Healthy Wild and Free, bawang merah ternyata memiliki manfaat lain. Barang pokok yang masuk dalam daftar sembako ini ternyata ampuh membasmi virus yang ada dalam sebuah ruangan.

Dalam penelitian tersebut, bawang yang sudah dipotong dan ditaruh dipojok ruangn ternyata bisa menghindarkan manusia dari virus influenza yang menyebabkan flu dan pilek.

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

7. Bawang putih

barang pokok
Unsplash

Bawang putih sama pentingnya dengan bawang merah. Jadi tidak heran bawang putih termasuk barang pokok yang wajib ada di rumah.

Namun, tahukah Sedulur kalau manfaat bawang putih tak hanya bisa dirasakan pada kelezatan makanan saja. Menurut Journal of Postgraduate Medicine, mengkonsumsi bawang putih mentah sebanyak 10 gram galam sehari bisa menurunkan kadar koleksterol dalam tubuh tanpa harus meminum obat-obatan.

8. Margarin

Barang pokok
Unsplash

Margarin biasanya dijadikan bahan oles untuk menyantap roti. Namun, selain untuk menambah gurih rasa ternyata manfaat margarin ada pada khasiat mineral yang dikandungnya. Banyak enzim yang dihasilkan margarin membantu tubuh dan tulang menjadi lebih kuat lho.

9. Susu

Barang pokok
Unsplash

Barang pokok yang harus ada di rumah selanjutnya adalah susu. Susu memang merupakan minuman hewani yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Jadi tidak heran jika susu wajib ada di rumah agar masyarakat bisa memiliki kesehatan tulang yang baik.

Namun, selain agar bisa menjaga kesehatan tulang ternyata susu juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi efek sakit saat mengalami PMS sampai mencegah terjadinya dehidrasi parah.

10. Kopi

Kopi
Unsplash

Dalam sembako, kopi menjadi salah satu barang pokok yang harus tersedia di rumah. Hal ini karena kopi bisa memberikan banyak manfaat selain menjadi minuman.

Aroma kopi yang menenangkan bisa menjadi salah satu pengharum ruangan. Selain itu, kopi juga terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan seperti dicaffeolyquinic acid bisa menjaga kelenturan kulit dan membuatnya awet muda. Sedulur cukup menjadikan kopi sebagai masker wajah dengan beberapa campuran bahan alami lainnya.

11. Teh

Teh hijau
Unsplash

Teh wajib ada di dapur rumahmu. Kenapa? Karena selain untuk menjadi sajian minuman ketika ada tamu yang datang. Sedulur bisa menjadikan teh sebagai barang pengganti untuk kebutuhan sehari-hari.

Misalnya, ada masalah pada kulkas yang bau karena sebelumnya menyimpang barang dengan aroma menyengat. Dengan memasukkan the ke dalam kulkas, bau tak sedap atau tajam itu akan hilang dengan cepat.

Sisa rendaman the juga berkhasiat untuk menyuburkan tanaman dalam pot dan mengusir nyamuk atau serangga yang hendak bersarang di tanamanmu.

12. Mie instan

Barang pokok
Unsplash

Mie instan merupakan barang pokok yang wajib ada di rumah. Selain untuk cadangan makanan karena tidak adanya beras, mie instan juga menjadi teman bagi Sedulur yang tinggal di kos-kosan saat akhir bulan. Karena dengan menyantap mie instan, perut tetap bisa kenyang tanpa membuat kantong jebol untuk membeli makan di luar.

13. Minyak tanah

Barang pokok
Unsplash

Minyak tanah merupakan salah satu bahan pokok yang wajib ada. Walaupun sekarang kegunaannya sudah dialihkan dengan gas elpiji, tapi Sedulur tetap perlu mempersiapkan minyak tanah sedikit di rumah.

Selain untuk bahan bakar memasak di kompor sumbu, minyak tanah juga biasa digunakan untuk menghilangkan bekas noda cat yang menempel di tubuh. Hal ini karena sifat minyak tanah yang mampu melarutkan zat seperti cat besi atau cat minyak yang tidak bisa dihilangkan dengan air biasa.

Harga barang pokok satu ini cenderung mudah berubah-ubah tergantung kondisi pasar. Namun, jika Sedulur mencari maka harga saat ini untuk minyak tanah adalah Rp 11 ribu per liter.

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

14. Sayur

Timun
Unsplash

Sayur menjadi barang pokok yang tak boleh dilewatkan. Karena sayur merupakan sumber serat yang wajib dipenuhi oleh setiap orang. Namun, siapa sangka ada beberapa jenis sayur yang tak hanya cocok sebagai makanan saja.

Sedulur bisa melakukan stok lebih pada jenis sayur seperti timun. Kenapa? Karena timun bisa dijadikan umpan untuk membasmi tikus yang sering berkeliaran di rumah. Jadi tak hanya ampuh untuk menjaga tubuh agar selalu ternutrisi, sayuran juga bisa menjadi sarana untuk membasmi hama yang ada di sekitar rumah.

15. Garam

Garam
Unsplash

Contoh barang pokok yang wajib ada di rumah adalah garam. Apalagi kalau Sedulur merupakan seorang ibu rumah tangga, maka harus bisa menjaga stok garam agar selalu ada di rumah. Karena tanpa garam, masakan yang dibuat akan terasa hambar.

Namun, selain untuk menyedapkan dan membuat masakan menjadi gurih. Garam memiliki banyak manfaat lain lho Sedulur. Salah satunya untuk menangkal bau pada sepatu. Kandungan yodium dalam garamg bisa mengikat zat-zat atau bakteri yang menyebabkan sepatu bau.

16. Daging

daging merah
Unsplash

Daging baik itu yang berasal dari hewan seperti sapi, kambing, ayam, atau ikan merupakan barang pokok yang wajib ada di rumah. Alasannya cukup Sederhana, karena daging menjadi sumber mineral dan zat besi bagi tubuh.

Manfaat mengkonsumsi daging pun sangat banyak, misalnya menguatkan tulang, meningkatkan massa otot, sampai menyehatkan jantung. Namun, Sedulur harus mengkonsumsinya dengan ukuran yang tepat dan tidak berlebihan ya.

17. Gas Elpiji

Gas LPG
Unsplash

Terakhir, bahan pokok yang wajib banget ada di rumah dan tidak boleh terlewatkan adalah gas elpiji. Hampir semua orang di Indonesia membutuhkan gas sebagai sarana memasak makanan sehari-hari.

Namun, selain digunakan untuk memasak ternyata gas elpiji juga bisa membuat Sedulur lebih bugar lho. Tidak percaya? Coba saja jika gas elpiji sudah kosong, Sedulur lakukan angkat beban rutin dengan gas tersebut maka bisa membantu untuk membentuk tubuh khususnya menguatkan otot triceps.

Nah, itu tadi deretan barang pokok yang wajib Sedulur pastikan ada di rumah. Selain untuk memenuhi kebutuhan agar bisa melangsungkan kehidupan, barang-barang di atas juga bisa bermanfaat untuk hal lain lho. Semoga informasi di atas bisa membantu dan menambah wawasan Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.