air terjun lider

Air Terjun Lider merupakan salah satu objek wisata alam menarik yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Wisata dengan lanskap alam yang sangat menawan ini, benar-benar menyejukkan dengan ketenangan serta kesegaran dari suasananya yang dihadirkan.

Wisata air terjun yang satu ini dapat dikunjungi kala Sedulur membutuhkan tempat terbaik untuk melepas lelah dan penat. Gemericik airnya mampu menenangkan hati dan pikiran. Nah, jika Sedulur sedang berada di wilayah Banyuwangi, jangan lupa luangkan waktu untuk berkunjung ke Air Terjun Linder.

Namun sebelum itu, simak informasi tentang objek wisata ini, mulai dari rute hingga tips yang dijadikan sebagai acuan. Langsung saja berikut ini informasinya, ya!

BACA JUGA: Pesona Pantai Utama Raya Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Lokasi Air Terjun Lider

air terjun lider
Instagram/Landofosing.banyuwangi

Lokasi lengkap dari Air Terjun Lider ini, berada di Desa Sumberarum. Atau lebih tepatnya berada di Dusun Bejong, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Mungkin belum terlalu banyak orang yang kenal dengan tempat ini. Namun tidak usah khawatir, lokasinya terbilang cukup mudah dijangkau.

Dari pusat Kota Banyuwangi sendiri, air terjun ini berjarak kurang lebih sekitar 30 km. Jarak tersebut dapat Sedulur tempuh kurang dari 1 jam perjalanan darat. Tidak hanya rutenya yang terbilang mudah, kondisi jalan yang dilalui juga terbilang sudah baik untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, kok.

Hanya saja, nantinya sebelum mencapai lokasi air terjun, Sedulur harus memarkirkan kendaraan. Kemudian lanjut perjalanan dengan berjalan kaki. Kendati demikian, bisa dipastikan jika perjalanan tersebut akan terasa sangat seru dan tidak akan pernah bisa dilupakan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe Trawas dengan Pemandangan Indah

Rute Menuju Lokasi

Unsplash/JD Weiher

Untuk bisa mencapai lokasi dari Air Terjun Lider, Sedulur harus menuju ke arah Kecamatan Genteng dulu. Perjalanan dapat dilakukan dengan menaiki kendaraan pribadi maupun bus umum. Apabila menaiki bus umum, berhentilah di Terminal Lama Genteng.

Kemudian berikutnya, silahkan menuju ke Kecamatan Sempu dengan jarak sejauh 7 km. Nah, dari Kecamatan Sempu ini perjalanan harus dilanjutkan menu Desa Sumber Arum melalui Desa Jambewangi sejauh kurang lebih 7 km.

Jika sudah sampai di dukuh Lider, Sedulur masih harus lanjut perkalanan 3 km menuju batas akhir perkebunan cengkeh, dimana di tempat ini ada jalan masuk ke Air terjun Lider. Nantinya, di pos 1 kawasan perkebunan, Sedulur akan diminta untuk mengisi daftar kunjungan.

Sesampai di pemukiman warga, Sedulur diharuskan memarkirkan kendaraan. Setelah itu, lanjut dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun dengan melewati jalan setapak di sisi tebing jurang dan sungai di tengah hutan. Jarak air terjun dengan pos sekitar 1 km.

Jam Operasioanl dan Tiket Masuk

Jika Sedulur tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Lider, tentu saja harus tahu jam operasional dan juga biaya tiket masuknya, bukan? Nah, objek wisata alam air terjun yang satu ini, buka setiap hari dari Senin sampai Minggu pukul 08.00 sampai 17.00.

Kemudian untuk tiket masuknya, bisa dibilang jika objek wisata ini tergolong sangat terjangkau, bahkan lebih terjangkau dari beberapa objek wisata lain yang ada di wilayah ini. Nah, ketika Sedulur berkunjung, nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk tiap orang.

Selain itu, pastikan Sedulur juga menyiapkan biaya untuk parkir. Bagi yang membawa kendaraan roda empat, biaya parkirnya sebesar Rp5.000. Sementara yang menggunakan roda dua, biaya parkirnya Rp3.000. Beragam fasilitas juga sudah tersedia di tempat ini, kok.

Mulai dari tempat parkir yang terbilang cukup luas, warung-warung makan dan ngopi, tempat untuk beristirahat musala, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

Pesona yang Dihadirkan

air terjun lider
Pexels/Pixabay

Berikut ini pesona yang dihadirkan oleh Air Terjun Lider. Dijamin akan membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama di situ!

1. Air terjun tertinggi di Banyuwangi

Air Terjun Lider memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter. Hal itu membuatnya bisa dikatakan sebagai air terjun paling tinggi yang ada di Banyuwangi, lho. Tentu saja Sedulur tidak ingin melewatkan momen untuk menyaksikan air terjun yang menjulang tinggi dengan indah, bukan?

2.  Trekking yang seru dan menantang

Untuk bisa menuju ke lokasi utama dari air terjun, Sedulur diharuskan untuk melakukan trekking sekitar 1 km dengan rute yang terbilang cukup menantang. Kendati demikian, dijamin perjalanan yang dirasakan akan benar-benar seru.

Terdapat empat air terjun lainnya yang dapat dinikmati selama berada di perjalanan saat menuju ke sana. Sedulur juga akan menyusuri sungai yang sejuk, bahkan akan dimanjakan juga dengan pemandangan alam yang menawan.

3. Pemandangan di sekitar yang ciamik

Nantinya ketika sudah sampai di area air terjun, pesona utama yang disajikan memang benar-benar tidak ada tandingannya. Bukan hanya air terjun, pemandangan di sekitarnya juga tidak kalah ciamik. Pesonanya yang menawan, menyajikan pemandangan bak lukisan Tuhan.

Dijamin, Sedulur bakal merasa betah untuk berada di tempat ini dalam waktu yang lama. Bahkan dari pagi sampai sore, dijamin para pengunjung tidak akan merasa bosan dan jenuh sedikitpun.

BACA JUGA: Gronjong Wariti Kediri: Sejarah, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Tips Saat Menuju ke Tempat Wisata 

air terjun lider
Pexels/Oliver Sjöström

Sebelum menuju ke Air Terjun Lider, pastikan untuk memperhatikan kondisi Sedulur sendiri. Perlu untuk diingat, jika rute untuk bisa sampai ke lokasi memang sangat menantang. Trekking yang dilalui, yakni dengan menelusuri hutan dan serta menyebrangi sungai.

Tentu saja kegiatan tersebut akan terasa sangat melelahkan, lho. Tidak hanya kondisi Sedulur, pastikan juga kendaraan yang akan digunakan ke sana. Jangan sampai terjadi masalah di tengah perjalanan yang pada akhirnya akan membuat Sedulur kerepotan.

Selain itu, gunakan outfit yang sesuai. Karena Sedulur akan masuk ke hutan, jadi tidak disarankan untuk mengenakan outfit yang ribet. Sepatu atau sandal gunung dapat menjadi pilihan yang tepat, supaya trekking bisa dilakukan dengan lebih nyaman.

Namanya juga hutan, tentunya terdapat lintah atau pacet. Jadi jangan lupa untuk membawa alkohol atau tembakau untuk melepas gigitan lintah ketika menuju ke sana. Siapkan pula makanan dan minuman untuk berjaga-jaga.

Perjalan Sedulur untuk ke sana akan membutuhkan banyak tenaga. Oleh sebab itu, jangan sampai merasa kelelahan, kelaparan, atau bahkan dehidrasi, ya!

Nah, mungkin hanya itu informasi mengenai Air Terjun Lider yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Selain mengikuti beberapa tips yang ada di atas, jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang ada. Pastikan untuk selalu menjaga lisan dan sikap, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan!