pantai utama raya

Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang berada di pesisir utara Pulau Jawa. Meskipun wilayah ini tidak begitu terkenal sebagai kota wisata, tapi Probolinggo menyimpan banyak sekali destinasi alam yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Utama Raya.

Sebenarnya pantai ini jarang sekali dikunjungi orang-orang. Namun, sejak viral karena penampilannya yang sudah modern dengan beberapa bangunan unik muncul. Banyak orang mulai melirik pantai ini dan menjadikannya sebagai ‘Surga Tersembunyi’.

Bagi Sedulur yang penasaran dengan keindahan Pantai Utama Raya dan apa saja aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di sana. Mari simak selengkapnya artikel berikut!

BACA JUGA: Wisata Banyuwangi Songgon yang Harus Dikunjungi!

-->

Mengenal Pantai Utama Raya

pantai utama raya
Instagram/Maherdaekananda

Pantai Utama Raya merupakan pilihan wisata untuk Sedulur yang sedang melakukan perjalanan di pesisir utara Pulau Jawa. Pantai ini terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk beberapa orang, pantai ini cukup unik karena letaknya begitu dengan kawasan rest area Situbondo. Jadi tidak heran jika banyak orang yang tertarik mengunjunginya.

Bagi masyarakat Probolinggo, pantai merupakan tempat yang cukup populer lantaran areanya yang sangat strategis dan wilayah pesisirnya yang begitu luas.

Rute dan Lokasi Pantai Utama Raya

pantai utama raya
Instagram/Yolandafanni

Sebelum Sedulur memulai perjalanan menuju Pantai Utama Raya, penting untuk mengetahui rute perjalanan yang tepat agar perjalananmu berjalan lancar.

Untuk mencapai Pantai Utama Raya, ada beberapa rute yang bisa dipilih, tergantung dari mana Sedulur memulai perjalananmu. Berikut adalah beberapa rute perjalanan yang sering digunakan oleh pengunjung yang menuju pantai tersebut:

  • Rute 1: Melalui Jalan Tol Surabaya-Gempol

Jika Sedulur berada di Surabaya, kamu bisa memilih rute ini untuk menuju Pantai Utama Raya. Pertama, ikuti Jalan Tol Surabaya-Gempol dan ambil exit di Situbondo.

Rute ini merupakan rute pilihan yang cepat dan nyaman untuk mencapai pantai inidari Surabaya. Perkirakan waktu perjalanan pun tidak terlalu lama dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.

  • Rute 2: Melalui Jalan Pantura Surabaya-Probolinggo-Situbondo

Jika Sedulur ingin menikmati perjalanan dengan pemandangan indah sepanjang pantai utara Jawa Timur, Sedulur bisa memilih rute ini. Dari Surabaya, lanjutkan perjalanan menuju Probolinggo dengan tujuan akhir di Situbondo.

Rute ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan karena Sedulur akan menyusuri pesisir utara dan melihat indahnya pantai. Jarak tempuh perjalanan dengan rute ini memakan waktu sekitar 2,5 jam.

  • Rute 3: Melalui Jalan Raya Malang-Probolinggo-Situbondo

Jika Sedulur berada di Malang, kamu bisa memilih rute ini untuk menuju Pantai Utama Raya. Dari Malang, lanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Malang-Probolinggo. Perkirakan waktu perjalanan sekitar 3,5 jam.

BACA JUGA: 15 Tempat Wisata Wonosalam Jombang Terbaru & Paling Hits

Daya Tarik Wisata

Unsplash/Kingbull Bikes

Pantai Utama Raya memiliki cukup banyak daya tarik wisata. Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, berikut ini beberapa hal yang bisa ditemukan di sana.

1. Menyajikan banyak permainan air

Meskipun letaknya cukup tersembunyi, pantai ini sudah memiliki berbagai wahana permainan air, seperti banana boat, snorkeling, jet ski, speed boat, dan sebagainya.

Beragam permainan air tersebut sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati segarnya air laut yang ada di pantai. Bagi pecinta snorkeling, kamu wajib mencoba permainan air ini di sini karena panorama bawah lautnya sangat indah dan asri untuk dilihat.

2. Jalur bersepeda di sepanjang pantai

Selain wahana permainan air, pengunjung juga bisa mengelilingi area pantai dengan memakai sepeda. Pantai ini menyediakan tempat menyewa sepeda dengan harga yang terjangkau.

Adapun syarat untuk bisa menyewa sepeda adalah pengunjung perlu menyiapkan kartu identitas seperti SIM atau KTP sebagai persyaratan. 

3. Penginapan yang begitu banyak

Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah adanya tempat penginapan yang cukup eksotik. Bahkan, sejumlah penginapan menyediakan pemandangan langsung menuju ke arah pantai, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana tersebut.

Selain itu, ada banyak kafe dan tempat makan di sekitar area pantai dan penginapan dengan menu yang bervariasi. Pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas Probolinggo hingga makanan ala Barat.

4. Pasir putih khas pantai utara

Pantai ini yang berada di wilayah utara pesisir Pulau Jawa. Jadi tidak heran jika pantai ini memiliki pemandangan laut yang khas dengan deburan ombak yang tenang, sehingga aman untuk bermain air. Karenanya, pantai ini sangat cocok untuk para pecinta aktivitas snorkeling.

5. Keindahan matahari terbenam

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam keemasan atau golden sunset saat sore hari. Pemandangan ini bisa dinikmati pengunjung sambil bersepeda ataupun duduk santai di area pantai.

Demikian tadi ulasan tentang Pantai Utama Raya di Probolinggo. Semoga informasi kali ini bisa membantumu menemukan tempat wisata terbaik yang tidak perlu membutuhkan perjalanan jauh.