air terjun jagir

Terletak di bagian ujung timur dari Pulau Jawa, Banyuwangi ternyata menyimpan sejumlah potensi wisata sangat yang menakjubkan, salah satunya Air Terjun Jagir. Tempat wisata yang satu ini memang sudah cukup populer di kalangan wisatawan karena keindahan alam yang disajikan begitu indah dan eksotis.

Nah, bagi Sedulur suka berpetualang sekaligus gemar menjelajahi berbagai objek wisata alam, tentu saja akan langsung terpana ketika memasukkan lokasi wisata yang satu ini. Dengan pesona air terjun yang sangat indah dan memanjakan mata, dijamin siapa saja akan betah berlama-lama di tempat ini.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai beberapa hal penting dari tempat wisata yang satu ini. Langsung saja, simak informasi tentang Air Terjun Jagir berikut!

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

-->

Asal Mula Nama Wisata Air Terjun Jagir

air terjun jagir
Instagram/Hendhyhiemawan

Bagi masyarakat di daerah Banyuwangi, mungkin nama dari objek wisata ini terdengar tidak asing. Ya, nama air terjun ini memang cukup populer, karena merujuk pada keberadaan pohon Jagir. Konon, pohon tersebut, hanya dapat tumbuh di kawasan Kampung Anyar, dan menjadi pohon yang dikeramatkan.

Sumber Air dari Air Terjun Jagir

Sedangkan untuk sumber airnya sendiri berasal dari Sumber Air Jagir yang benar-benar jernih. Dengan volume air yang bisa dibilang tidak terlalu deras, air terjun yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan objek wisata bersama keluarga.

Lokasi Air Terjun Jagir

Lokasi Air Terjun Jagir ada di Dusun Kampung Anyar, Taman Suruh, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dari pusat kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 13 km. Sehingga tidak begitu jauh untuk dapat diakses, dan tidak heran jika objek wisata ini sering dijadikan tujuan untuk melepas penat dari kesibukan.

Karakteristik Air Terjun Jagir

Air terjun yang satu ini mempunyai memiliki karakteristik yang terbilang unik, karena terdiri dari 3 air terjun. Dua diantaranya disebut Air Terjun Kembar karena letaknya yang berdekatan. Sementara yang satunya ada di sebelah barat dan dikenal sebagai Air Terjun Kethegan.

Jika dibandingkan Air Terjun Kembar, Air Terjun Kethengan ini mempunyai ukuran yang lebih tinggi, yakni sekitar 30 meter. Aliran dari Air Terjun Kethegan ini berasal dari Sungai Kalibendo, sehingga arusnya terbilang cukup deras.

BACA JUGA: Pesona Pantai Watu Leter di Malang Beserta Harga Tiketnya

Trekking Menuju Air Terjun Jagir

air terjun jagir
Pexels/Rachel Claire

Untuk bisa mencapai lokasi dari Air Terjun Jagir sebenarnya tidak sulit. Seperti yang telah dikatakan, lokasinya memang tidak begitu jauh dari jalan raya. Sedangkan untuk keperluan parkir, Sedulur dapat memarkirkan kendaraan dengan mudah di area parkir yang ada di pinggir jalan.

Berikutnya, bisa langsung menuju loket untuk membeli tiket masuk. Perjalanan langsung dimulai dengan menuruni anak tangga yang cukup curam, tetapi telah disusun dengan rapi. Nah, Sedulur dapat memanfaatkan pegangan di pinggir tangga supaya tidak terpeleset karena kondisi jalan yang licin.

Jika sudah menuruni tangga sekitar 30 meter, Sedulur akan sampai di bawah dan dapat menyeberangi Jembatan Jagir hingga sampai di bagian air terjun.

Fasilitas di Tempat Wisata Air Terjun Jagir

Bisa dibilang jika fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukup lengkap dan juga memadai. Sehingga Sedulur tidak perlu khawatir akan merasa tidak nyaman selama berkunjung. Nah, beberapa fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir, tempat ganti pakaian, kamar mandi umum, mushola, gazebo, serta warung makan dan oleh-oleh.

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

Daya Tarik Air Terjun Jagir

Unsplash/Nick Decorte

Sudah pasti Air Terjun Jagir ini mempunyai sejumlah daya tarik yang mampu membuat para pengunjung merasa betah berada di tempat ini. Berkaitan dengan daya tarik tersebut, kurang lebih berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

1. Menikmati pemandangan alam yang eksotis

Ketika sampai di lokasi, Sedulur dapat langsung menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar. Pastinya semua rasa lelah akan langsung terbayar. Pemandangan air terjun dengan aliran yang jernih serta pepohonan asri akan terlihat sangat eksotis dan menakjubkan.

2. Bermain air yang menyegarkan

Jika Sedulur merasa tidak lengkap ketika berwisata di air terjun namun pakaian tetap kering, maka bisa memanfaatkan waktu berlibur di sini dengan bermain air sepuasnya. Tentu saja aktivitas ini akan memberikan kesegaran tersendiri sehingga Sedulur merasa lebih segar dan fresh.

3. Hunting spot foto keren

Ada beberapa spot foto keren yang bisa digunakan. Yang pertama yakni Jembatan Jagir yang mempunyai bentuk unik dengan warna merahnya. Berikutnya tentunya di air terjun yang menawan. Oh iya, jangan lupa gunakan properti yang menarik seperti topi anyaman, kacamata, atau payung warna warni.

4. Makan bersama keluarga

Jika datang bersama keluarga ataupun teman-teman, jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan tikar. Dengan begitu, Sedulur dapat menikmati piknik yang seru. Ya, kapan lagi bisa makan bersama-sama ditemani suara gemericik air terjun yang sangat menyejukkan dan menyegarkan.

BACA JUGA: Wisata Kawah Wurung Bondowoso: Sejarah, Harga Tiket, dan Jalur

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jagir

air terjun jagir
Pexels/Ivan Rivero

Untuk bisa menikmati semua aktivitas seru yang sudah dijelaskan di atas, Sedulur hanya perlu membayar tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Untuk lebih jelasnya, simak tabel di bawah ini.

  • Tiket masuk wisatawan lokal : Rp5.000
  • Tiket masuk wisatawan asing : Rp15.000
  • Tarif parkir mobil : Rp5.000
  • Tarif parkir sepeda motor : Rp2.000

Jam Operasional Air Terjun Jagir

Kemudian yang terakhir untuk jam operasionalnya, Air terjun ini yaitu buka setiap hari mulai dari 6 pagi sampai pukul 5 sore. Dengan mengetahui jam operasional tersebut, Sedulur datang datang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Nah, Air Terjun Jagir ini memang sangat cocok dijadikan tujuan utama ketika Sedulur ingin berlibur ke kawasan Banyuwangi. Agar bisa tetap menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan, sangat disarankan untuk selalu menjaga ucapan, sopan santun, dan juga kebersihan selama berwisata.

Oia, supaya menikmati suasana wisata alam ini semakin nyaman, Sedulur sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral. Pirlo sendiri merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan.

Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan dSuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.