pantai watu leter

Malang tak hanya terkenal dengan keindahan pegunungannya saja. Jika Sedulur sedikit ke selatan, ada sebuah pantai yang terkenal indah dan memukau. Pantai itu adalah Pantai Watu Leter.

Pantai Watu Leter mungkin tidak seterkenal pantai lainnya, tapi dijamin Sedulur bisa memilih pantai ini sebagai destinasi wisata selanjutnya. Apalagi dengan pesona pasir putih dan batuan karang yang indah, membuat pantai ini memiliki pesonanya tersendiri.

Agar Sedulur semakin mengenal Pantai Watu Leter, mari simak ulasan lengkap tentang pantai indah di Malang berikut ini.

BACA JUGA: 7+ Wisata Dekat Stasiun Banyuwangi, Pantai Hingga Air Terjun

Mengenal Pantai Watu Leter

pantai watu leter
Instagram/ahmed25_al.ali

Pantai Watu Leter merupakan pantai pasir putih yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Sedulur bisa menemukan pantai ini ketika menyusuri Jalur Lintas Selatan Jawa Timur. Secara administratif, Pantai Watu Leter berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Letak pantai ini cukup dengan Pantai Goa China yang juga merupakan pantai dengan pemandangan eksotis. Memang Watu Leter tidak seterkenal pantai-pantai lain di Malang seperti Pantai Tiga Warna, Pantai Teluk Asmara dan Pantai Sendiri, tapi pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Menurut penduduk setempat, pantai ini diberi nama Watu Leter karena salah satu tebing pada bagian ujungnya berbentuk datar. Tebing atau batuan di tengah laut yang berbentuk datar itu bila dilihat sangat menonjol di antara bebatuan tebing yang lain.Malang ini.

Ciri Khas Pantai Watu Leter

Ciri khas dari pantai ini ialah rimbunan pohon cemara yang cukup lebat, seakan melindungi keindahan Pantai Watu Leter. Keberadaan pohon cemara pantai ini memang cukup eksotis dan menjadi tumbuhan alami di pantai tersebut.

Keunikan lainnya, pantai ini juga dihiasi dengan bukit hijau memukau yang berada di kiri dan kanannya. Pengunjung yang datang akan dibuat betah dan enggan untuk meninggalkan salah satu pantai indah di Kabupaten 

Apalagi dengan keindahan pasir putihnya, membuat Pantai Watu Leter menjadi jujugan utama para petualang karena areanya bisa digunakan untuk berkemah.

BACA JUGA: Wisata Banyuwangi Songgon yang Harus Dikunjungi!

Rekomendasi Aktivitas di Pantai Watu Leter

Instagram/Yoiki Malang

Ada beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa Sedulur lakukan ketika berkunjung ke Pantai Watu Leter. Tentunya informasi ini bisa membantu persiapan Sedulur sebelum tiba ke sana. Berikut ini diantaranya:

1. Susur hutan bakau

Untuk menikmati pantai di Jawa Timur ini, pengunjung dapat menyusuri hutan bakau yang lengkap dengan air yang menyejukkan. Selain itu wisatawan dapat menyusuri muara sungai Sitiarjo dengan menggunakan perahu sembari menikmati pemandangan hutan bakau dari dalam.

Dari kegiatan ini pengunjung bisa menikmati romantisme di pantai Watu Leter dengan menggunakan perahu di tengah muara sungai. Untuk masalah biaya, Sedulur tidak perlu khawatir karena tidak akan dipungut biaya sedikitpun.

2. Snorkeling

Cukup tenangnya ombak di Pantai Watu Leter membuat banyak sekali pilihan aktivitas. Salah satunya adalah snorkeling. Sedulur bisa menikmati keindahan terumbu karang yang tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri ketika berkunjung ke sana.

Sayangnya di lokasi ini belum tersedia penyewaan peralatan snorkeling hingga baju pantai sehingga Sedulur harus mempersiapkan kebutuhan tersebut terlebih dahulu.

3. Bertemu penyu

Pantai Watu Leter dijadikan sebagai salah satu tempat penyu-penyu bertelur. Karena kondisi pantai yang cukup sepi, tempat ini menjadi lokasi yang tepat bagi kedatangan penyu hingga melepas penyu ke alam bebas.

Destinasi wisata ini juga menjadi pusat wisata dan tempat pelestarian berbagai jenis penyu-penyu. Hal itu juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke pantai Watu Leter.

4. Berkemah di pantai

Satu hal yang sangat menarik di pantai ini, yakni Sedulur dapat berkemah di kawasan Pantai Watu Leter. Berkemah di pantai ini, tentu saja bisa menjadi atraksi wisata paling menarik. Hal ini karena Sedulur dapat merasakan suasana dan keindahan pantai selama 24 jam penuh.

Dengan berkemah di pantai ini, para pengunjung dapat melihat pemandangan sunset dan sunrise secara langsung. Lokasinya memang sangat strategis untuk melihatnya kedua kondisi matahari tersebut.

5. Menikmati sunset

Pemandangan matahari terbenam di pantai sering menjadi daya tarik utama karena memungkinkan kita untuk menyaksikan matahari terbenam tanpa ada halangan apapun.

Saat Sedulur duduk santai di tepi pantai, Sedulur akan melihat matahari terbenam perlahan hingga malam tiba. Kamu juga dapat mengabadikan momen ini sebagai kenangan yang indah

BACA JUGA: 15 Tempat Wisata Wonosalam Jombang Terbaru & Paling Hits

Akses Wisata

pantai watu leter
Instagram/Moristaka

Untuk mencapainya dari Kota Malang bisa mengambil arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah menuju ke Pantai Sendangbiru. Lalu terdapat sebuah pertigaan dengan papan petunjuk arah ke kanan yang menuju ke Pantai Bajulmati dan Goa China.

Selain itu Pantai Watu Leter juga bisa ditempuh dari arah ke balikambang di Jalur Lintas Selatan pilih rute ke kiri. Jika dilihat dari jaraknya dari Kota Malang, maka perlu perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam karena Sedulur harus menempuh jarak 60 kilometer.

Namun, dengan lama perjalanan yang cukup melelahkan itu, Sedulur akan dimanjakan dengan suasana pantai yang tenang dan deburan ombak yang begitu indah. Bahkan, ketika memasuki sore hari, Sedulur bisa menikmati indahnya sunset yang muncul di sebelah barat pantai.

Jam dan Harga Tiket

Pantai Watu Leter sendiri memiliki jam operasional selama 24 jam. Jadi Sedulur bisa mengunjungi kapan saja. Namun, sebaiknya agar bisa merasakan pengalaman tidak terlupakan, Sedulur bisa datang sejak jam 3 sore untuk menikmati keindahan sunsetnya.

Untuk biaya retribusinya sendiri juga cukup murah. Sedulur hanya perlu membayar Rp10.000 untuk sekali masuk. Sementara, biaya parkir untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp10.000 dan roda empat dikenakan biaya Rp20.000.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang Pantai Watu Leter di Malang. Keindahan pantai pasir putih di selatan Kota Apel itu memang bisa menjadi destinasi melepas penat setelah seminggu bekerja di kota. Jadi selamat berlibur dan menikmati keindahan pantai ini ya!