Makanan buka puasa Surabaya

Ramadhan selalu menjadi bulan yang spesial untuk masyarakat di Indonesia. Tak hanya menjadi momen untuk memperbanyak pahala dan ibadah, bulan Ramadhan juga menjadi anugerah bagi para pecinta kuliner tanah air. Misalnya di Jawa Timur, ada banyak sekali makanan buka puasa khas Surabaya yang bisa dijumpai.

Kota Pahlawan yang dikenal dengan rawon, pecel, hingga bebek gorengnya ini ternyata memiliki banyak sekali menu berbuka puasa yang spesial. Bahkan, makanan-makanan tersebut tidak pernah muncul atau sulit dijumpai disaat hari-hari biasa.

Bila Sedulur penasaran dan ingin berburu kuliner menarik untuk menjadi teman berbuka puasa selama di Surabaya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Sop Buntut Khas Sidoarjo Terbaik, Ada Resepnya Juga!

-->

1. Pukis Arab

menu makanan berbuka puasa
Liputan6

Ini merupakan menu makanan spesial berbuka yang hanya bisa dijumpai di Surabaya. Makanan ini dikenal dengan nama Pukis Arab. Kalau dilihat dari sebutannya, makanan ini memang sudah sangat identik dengan suasana Ramadhan.

Namun, kalau Sedulur coba teliti lebih dalam. Bentuk dari Pukis Arab ternyata cukup berbeda dengan pukis pada umumnya. Pada bagian atas kue ini, menyerupai jamur dan warnanya lebih kecoklatan. Untuk rasa makanan buka puasa khas Surabaya ini didominasi manis dan gurih.

Pukis Arab sendiri cuma bisa dibeli di sekitaran Ampel, Surabaya. Harganya cukup murah meriah, yaitu dari Rp 2ribu sampai Rp 5ribu saja. Jadi cocok untuk takjil berbuka puasa ya Sedulur.

2. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor Surabaya
Fimela

Selanjutnya ada Bongko Kopyor. Ini merupakan makanan yang cukup sering dijual oleh para pedagang kaki lima saat memasuki bulan Ramadhan. Hal ini tidak lepas dari rasa Bongko Kopyor yang manis dan gurih sehingga cocok untuk dijadikan takjil saat berbuka.

Makanan ini juga cukup ringan dan tidak terlalu berat, karena merupakan kombinasi antara bubur nangka dan kelapa kopyor. Sehingga tak hanya mengenyangkan, Bongko Kopyor juga memiliki gizi yang baik untuk tubuh.

Harga makanan buka puasa khas Surabaya ini juga sangat murah meriah, Sedulur cukup membayar uang sekitar Rp 8ribu sampai Rp 10ribu saja untuk satu porsi Bongko Kopyor.

3. Srawut

Srawut Singkong
Detik

Menu makanan spesial untuk berbuka puasa khas Surabaya selanjutnya adalah srawut. Untuk Sedulur yang tidak suka makanan berat setelah berbuka, maka srawut adalah pilihan yang paling pas.

Srawut sendiri merupakan makanan tradisional Surabaya yang terbuat dari parutan singkong yang dikukus. Setelah itu, adonan singkong ditaburi gula merah dan parutan kelapa di atasnya. Rasanya yang manis, gurih dan legit bisa memberikan tenaga tambahan setelah seharian berpuasa.

Harga srawut pun tidak terlalu mahal dan sangat ramah di kantong. Sedulur bisa menemukannya di pedagang jajanan pasar tiban dengan harga sekitar Rp 7ribu sampai Rp 10ribu.

BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Paling Enak & Terkenal, Wajib Dibeli!

4. Lontong Balap

makanan buka puasa khas Surabaya
Masakapahariini

Untuk menu berat, Sedulur bisa mencoba lontong balap khas Surabaya. Makanan ini sangat populer khususnya saat memasuki bulan Ramadhan. Apalagi dengan kombinasi lontong, tahu goreng dan tauge, makanan ini cocok untuk Sedulur yang merupakan seorang vegetarian.

Makanan ini semakin lezat setelah disiram dengan saus kacang gula merah encer yang uenak. Makanan ini semakin lengkap saat disantap bersama dengan lentho atau kacang hijau tumbuk. Walaupun terlihat cukup berat, makanan ini tetap aman dan tidak membuat kenyang berlebihan kok Sedulur.

Untuk satu porsi lontong balap, biasanya dihargai sekitar Rp 15ribu sampai Rp 20ribu. Tertarik mencoba lontong balap untuk berbuka puasa? Sedulur bisa lho menyimak resepnya berikut ini.

Bahan:

  • 4 bungkus lontong
  • 8 buah tahu putih
  • 8 buah lentho
  • 200 gram taoge
  • Kecap manis

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 cm kencur
  • 1 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 1 sdt merica
  • ¼ sdt pala bubuk
  • Garam secukupnya

Kuah siram:

  • 1 liter air matang
  • 250 gram daging sapi lemak
  • 50 gram daun bawang

Cara membuat:

  • Siapkan panci untuk merebus daging hingga empuk. Angkat daging lalu potong kecil dan sisihkan.
  • Jangan buang air kaldu rebusan daging sapi. Sisihkan ke wadah lain.
  • Haluskan 6 siung bawang merah, 3 bawang putih, merica bubuk, pala, dan garam. Cincang daun bawang secukupnya.
  • Panaskan wajan dan tumis bumbu halus serta daun bawang. Masak sampai aromanya wangi dan berubah kecoklatan. Kecilkan api.
  • Masukkan kaldu daging ke wajan bumbu halus. Berikan kecap manis dan tambah air sedikit. Aduk rata dan tunggu sampai mendidih. Matikan.
  • Siapkan panci untuk merebus taoge. Jangan merebus terlalu lama agar tekstur taoge tidak terlalu lembek. Tiriskan.
  • Siapkan mangkok, potong lontong dan tahu lalu masukkan taoge, lento, dan daging sapi. Siram dengan kuah. Lalu terakhir taburi dengan bawang goreng. Jangan lupa berikan kerupuk agar lontong balap makin nikmat.

Bagaimana resep lontong balapnya Sedulur? Mudah bukan? Agar memasak di rumah semakin praktis dan tidak repot, jangan lupa untuk kulakan dan belanja berbagai macam bumbu di Aplikasi Super ya!

Kulakan bumbu dapur Aplikasi Super

BACA JUGA: Mengulik Resep Nasi Minyak Surabaya Yang Viral Nan Lezat!

5. Rawon

makanan buka puasa khas Surabaya
Nibble

Menu berbuka puasa khas Surabaya yang tidak boleh terlewatkan adalah rawon. Yup, makanan satu ini memang sudah sangat identik dengan Kota Pahlawan sehingga Sedulur wajib untuk mencicipinya.

Rawon sendiri akan memiliki rasa yang lebih nikmat saat disantap setelah berbuka puasa. Hal ini tidak lepas dari kuah gurih hitamnya akan semakin terasa ketika perut sedang kosong. Perut juga tidak kaget dengan makanan berat ini, karena rawon merupakan menu berkuah.

Daging sapi yang jadi komponen utama pada rawon juga akan mengembalikan energi yang hilang dalam diri Sedulur. Untuk bisa mencicipi kelezatan rawon khas Surabaya, Sedulur juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Makanan ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 18ribu sampai Rp 30ribu.

Demikian tadi menu makanan berbuka puasa khas Surabaya yang bisa Sedulur coba. Hidangan ini termasuk spesial karena tidak banyak ada ketika hari biasa dan hanya muncul ketika Ramadhan tiba.

Jika Sedulur tertarik membuat masakan di atas sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membeli semua kebutuhan dapur dan memasak di Aplikasi Super. Terdapat banyak sekali bumbu masak terlengkap yang bisa membantu Sedulur menyiapkan sajian spesial Ramadhan untuk keluarga tercinta.

Sedulur juga tidak perlu repot pergi ke pasar atau toko, karena belanja lewat Aplikasi Super cukup dengan sentuhan jari. Semua barang yang sudah dibeli juga akan langsung diantar sampai rumah dengan layanan gratis ongkir. Menarik sekali bukan? Jadi buruan download Aplikasi Super dan belanja sekarang juga!