Sop buntut khas Sidoarjo

Sidoarjo merupakan salah satu kota industri di Jawa Timur. Berdekatan dengan Surabaya, membuat kota kecil ini memiliki banyak spot menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah wisata kuliner sop buntut khas Sidoarjo.

Makanan berkuah ini memang jadi primadona bagi para wisatawan dan masyarakat di Jawa Timur. Apalagi sop buntut Sidoarjo mempunyai rasa yang berbeda dengan sop buntut di daerah lain. Hal ini tidak lepas dari perpaduan rempah-rempah yang lebih banyak dalam proses memasaknya. Jika Sedulur sedang berkunjung ke Sidoarjo dan ingin mencicipi kelezatan sop buntut, maka coba simak rekomendasi spot terbaiknya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Indomie Kuah Paling Cocok Untuk Musim Hujan, Wajib Cobain!

1. Sop Buntut Langgeng

Sop Buntut khas Sidoarjo
Urbanasia

Lokasi pertama yang bisa Sedulur coba untuk mencicipi kelezatan sop buntut khas Sidoarjo adalah Depot Langgeng. Warung ini juga dikenal dengan nama Sop Buntut Langgeng dan termasuk dalam kuliner legendaris di Jawa Timur.

-->

Bagaimana tidak? Sop Buntut Langgeng sudah berdiri sejak tahun 1970 dan selama 53 tahun, warung ini tidak pernah sepi pembeli. Masyarakat juga mengatakan kalau resep sop buntut Langgeng tidak pernah berubah dan rasanya selalu konsisten.

Sop buntut Langgeng juga memiliki porsi yang besar dengan daging melimpah. Hal ini yang membuat harga satu porsi sup buntut di sini cukup mahal, yaitu Rp 50 ribu. Tapi Sedulur dijamin tidak akan merasa rugi, karena kualitas rasanya sepadan dengan harga tersebut.

2. Sop Buntut Arum Dalu

Yummy Advisor

Rekomendasi sop buntut khas Sidoarjo selanjutnya adalah Warung Arum Dalu. Walaupun toko ini memiliki menu utama rawon, tapi sop buntutnya juga terkenal enak lho Sedulur. Porsi sop di sini termasuk super besar dan mantap, jadi Sedulur tidak akan rugi membelinya.

Salah satu keunikan dari sop buntut Arum dalu adalah potongan loncang atau daun bawang yang besar-besar. Hal ini membuat kuah dari sop buntut terasa lebih membangkitkan selera makan dibandingkan sop buntut biasa.

Jika Sop buntut Langgeng dirasa terlalu mahal, maka Warung Arum Dalu bisa jadi pilihan Sedulur. Hal ini tidak lepas dari harga satu porsi sop buntut yang hanya Rp 25ribu saja. Bila Sedulur tertarik, warung ini ada di sekitar Jalan Raya Sedati Agung No. 71, Sidoarjo.

3. C&C Special Iga Sapi

Sop buntut bakar
Pinterest

Rekomendasi sop buntut terakhir yang wajib banget Sedulur coba saat tiba di Sidoarjo adalah sop buntut warung C&C Special Iga Sapi. Warung ini memiliki beberapa sajian sop buntut unik seperti sop original dan sop buntut bakar.

Rasa sop buntut di sini cenderung lebih gurih dan manis. Untuk porsi, tetap besar dan bikin kenyang. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena satu mangkok sop buntut akan diisi dengan bagian daging yang super banyaki.

Namun, dibandingkan dengan beberapa rekomendasi sop buntut khas Sidoarjo di atas, warung ini mematok harga yang cukup mahal. Sedulur harus membayar Rp 65ribu untuk satu porsinya. Tapi kualitas rasanya tidak akan membuat Sedulur kecewa.

BACA JUGA: Legendaris! 6 Minuman Khas Surabaya Segar Yang Wajib Dicoba

Resep sop buntut khas Sidoarjo

Unilever Food Solutions

Menyantap sop buntut memang begitu menyenangkan bagi para pecinta daging. Apalagi banyak warung dengan menu sop buntut yang istimewa. Namun, Sedulur juga bisa lho membuat sop buntut khas Sidoarjo ini sendiri di rumah.

Berikut ini beberapa bahan dan cara agar sop buntut yang Sedulur buat enak, gurih, dan empuk.

Bahan:

  • 200 gram buntut sapi
  • 1 liter kaldu dari rebusan buntut sapi
  • 15 gram wortel, potong dadu
  • 15 gram kentang, potong dadu
  • 5 gram daun seledri
  • 15 gram tomat, potong dadu

Bumbu:

  • 30 gram bawang putih
  • 30 gram bawang merah
  • 1 buah pala
  • 1 ruas jahe
  • 1 batang daun bawang potong sesuai selera
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm merica

Cara membuat sop buntut khas Sidoarjo:

  • Rebus buntut sebentar untuk menghilangkan darahnya, lalu cuci bersih.
  • Kemudian rebus buntut lagi bersama pala dan seledri sampai lunak.
  • Tumis sampai harum bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan jahe. Masukkan rebusan buntut ke dalam tumisan bumbu tadi. Rebus kembali.
  • Tambahkan kentang dan wortel. Berikan sejumput garam dan merica atau atur takaran sesuai selera.
  • Masak sampai matang. Angkat apabila buntut sudah mulai empuk dan tidak alot.
  • Hidangkan sop buntut khas Sidoarjo dengan taburan bawang goreng.
  • Jangan lupa tambah pelengkap lain seperti sambal, jeruk nipis, dan kerupuk.

Itu tadi daftar rekomendasi spot sop buntut khas Sidoarjo paling enak di Jawa Timur. Tak hanya kuahnya yang lezat,  daging sop buntut di atas terkenal empuk dan gurih. Sedulur juga bisa mencoba resep sop buntut jika ingin membuatnya sendiri di rumah.

Jangan lupa membeli semua bahan memasak sop buntut khas Sidoarjo di Aplikasi Super ya. Terdapat banyak sekali bumbu dapur agar makanan bisa mengeluarkan rasa terbaiknya.

Sedulur juga tidak perlu pusing keluar rumah karena belanja menggunakan Aplikasi Super bisa dilakukan lewat ponselmu langsung. Ada banyak sekali promo menarik seperti cashback hingga gratis ongkir untuk Sedulur. Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang dan rasakan belanja kebutuhan rumah tangga yang murah, mudah dan bikin untung melimpah!