Membahas tentang mitologi dan legenda di seluruh dunia, Sedulur akan menemukan cerita-cerita Nordik kuno sebagai salah satunya. Dalam kosmologi Nordik tersebut, ada salah satu tempat yang dianggap mulia dan diinginkan oleh banyak orang, yaitu Valhalla.

Valhalla adalah tempat pesta allfather Odin. Tempat berupa aula tersebut juga digunakan Odin untuk bertempur dengan roh prajurit terhebat yang pernah terhebat yang pernah hidup maupun yang sudah mati.  

Ingin tahu apa saja fakta menarik dari mitologi Nordik bernama Valhalla tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 13 Makhluk Mitologi Yunani Paling Kuat & Mengerikan, Beneran Ada?

1. Valhalla artinya adalah 

valhalla
Duniaku

Apa yang dimaksud dengan Valhalla? Menurut Online Etymology Dictionary, “Valhöll” dalam latinisasi Nordik kuno berarti “aula pertempuran-terbunuh”. Lebih dalam lagi, unsur pertama dari kata Valhalla adalah “Valr”, yakni istilah untuk meggambarkan mereka yang terbunuh dalam pertempuran.

Selain itu, kata “Valr” juga merupakan bagian pertama dari “Valkyrie”, yakni makhluk yang memilih mereka yang terbunuh. Kata “Valr” juga memiliki persamaan dengan kata dalam bahasa Latin “vulnus“ yang berarti “luka” dan “yang mudah diserang” dari kata bahasa Inggris “vulnerable“. 

Sementara itu, “Höll” atau “halla” memiliki keterkaitan dengan kata “hall” dalam bahasa Inggris yang berarti “aula”. “Hall” atau “höll” juga berkaitan dengan kata lain yang berhubungan dengan tempat tinggal orang mati, yakni neraka atau “Hell” dalam bahasa Inggris.

2. Orang-orang yang bisa kesana

Tidak semua manusia bisa masuk ke aula besar ini. Serupa dengan konsep yang dipercaya bangsa Yunani-Romawi tentang Kepulauan yang Terberkati, Valhalla merupakan tujuan akhir bagi mereka yang berani dan memiliki kebajikan. Bagi bangsa Viking, kebajikan terbesar mereka adalah kematian dalam pertempuran.

Orang-orang yang berani ini dikenal sebagai Einherjar atau pejuang tunggal yang diperbolehkan tinggal di aula besar Odin. Mereka juga menjadi putra angkat Odin atau memiliki status sebagai pengumpul prajurit yang gugur.

Orang-orang yang akan menjadi penduduk Valhalla akan dipilih oleh para Valkyrie dan dibawa ke aula besar Odin. Sesampainya di sana, para manusia pilihan tersebut akan diberikan makan dan minum sepuasnya. 

Mereka akan melakukan pesta dengan babi hutan ajaib bernama Sæhrímnir. Babi hutan ini bisa beregenerasi setiap malam, sehingga ia bisa dimakan lagi keesokan harinya. Meski dimakan setiap hari, daging tersebut tidak pernah habis dan madu disana juga tidak pernah kering. 

3. Hal yang dilakukan Valkyrie 

Valkyrie merupakan sekelompok gadis yang melayani Odin. Mereka memiliki peran utama untuk melakukan survei terhadap siapa saja yang gugur di medan perang dan memutuskan mana saja yang layak dimasukkan ke Valhalla. 

Gadis-gadis yang melayani Odin ini berparas menawan dengan baju besi perang berperisai. Mereka juga bisa meramalkan terjadinya pertempuran, kematian, dan pertukaran darah. Selain itu, mereka juga bisa melindungi nyawa tentara ataupun membunuhnya.

Para Valkyrie bertugas untuk menyeleksi jiwa-jiwa yang meninggal dalam perang. Mereka akan turun ke Midgard setelah peperangan terjadi dan memilih siapa saja yang gugur secara terhormat untuk membawanya ke Valhalla sebagai seorang Einherjar.

Meski bisa memilih jiwa yang akan dibawa, mereka hanya bisa membawa setengah dari jumlah total pejuang yang gugur. Hal ini karena sisanya akan dibawa oleh dewi Freyja ke wilayah miliknya yang bernama Fólkvangr.

Para Valkyrie juga memiliki beberapa julukan yang berkaitan dengan peperangan. Contohnya adalah Sigrún yang berarti rune kemenangan, Göll yang berarti keributan dalam peperangan, dan Brynhildr yang berarti armor perang.

BACA JUGA: Mengenal Fakta & Kisah SCP 169 Hewan Raksasa Purbakala

4. Gambaran mengenai Valhalla

valhalla
Zetizen

Bagaimana bentuknya? Menurut Norse Mythology, Valhalla merupakan “emas-cerah” karena memiliki atap yang penuh dengan perisai emas yang bersinar. Sementara itu, di bagian dalam aulanya penuh dengan meja pesta untuk Einherjar serta kursi-kursi besar yang mengelilingi meja-meja dengan lapisan mantel berhias pelat logam.

Decitan dari kursi tersebut dapat menciptakan suara seperti guntur. Di luar pintu depan Valhalla berdiri pohon besar Glasir yang memiliki daun berwarna emas kemerahan. Selain itu, sejumlah gerbang disana juga dijaga oleh elang dan serigala.

5. Lokasi Valhalla

Dimana lokasi aula milik Odin ini? Melansir dari Norse Mythology, keberadaan Valhalla ada di alam dewa langit Nordik yang bernama Asgard. Jika Valhalla dijadikan sebagai hadiah abadi untuk mereka yang meninggal dengan cara yang gagah berani, maka kebalikannya adalah Hel, yakni tempat untuk mereka yang meninggal dengan cara yang memalukan.

6. Ada rusa dan kambing di atap Valhalla 

Bagian atap Valhalla merupakan rumah bagi dua hewan mitologi, yakni rusa besar Eikþyrnir atau “pohon ek berduri”. Binatang dengan tanduk besar ini berdiri di atas atap dan makan dari pohon ajaib Læraðr yang ada di sebelah aula dan tanduknya bisa mengeluarkan susu,

Hewan lainnya adalah kambing betina Heiðrún. Hewan mitologi itu juga merumput dari cabang Læraðr. Kambing betina ini tidak menghasilkan susu melainkan madu. Madu tersebutlah yang disajikan oleh Valkyrie ke para Einherjar dalam jumlah yang tidak pernah habis. 

BACA JUGA: Daftar Rasi Bintang Paling Populer yang Perlu Diketahui

7. Aula besar dengan banyak kamar

valhalla
IDNTimes

Valhalla berada di Asgard yang terkenal sebagai Glaðsheimr atau rumah terang. Aula ini berdiri di belakang gerbang suci Valgrind dengan 540 pintu yang cukup besar untuk 800 Einherjar. Aula ini juga memiliki 540 ruangan, dimana yang terbesar adalah aula besar Thor yang memiliki 540 kamar. 

8. Tempat bersenang-senang para Einherjar sebelum Ragnarok 

Di Valhalla, para Einherjar akan mendapatkan fasilitas mewah, mulai dari tempat tinggal, makanan, minuman. Mereka juga bisa berpesta dan minum sepuasnya karena sumber makanan dan minuman tidak akan pernah habis.

9. Bukan hanya tempat untuk bersenang-senang

Selain kenikmatan di atas, para Einherjar juga harus berlatih untuk perang. Pesta dan minum hanyalah aktivitas malam hari, sementara sebagian besar hari akan dihabiskan untuk latihan perang atau berkelahi satu sama lain.  

Para pejuang yang terluka atau terbunuh kedua kalinya dalam pertempuran postmortem ini tidak pernah khawatir. Hal ini karena bagian tubuh yang terluka bisa langsung sembuh keesokan harinya. Pada akhirnya, para Einherjar harus bersiap-siap untuk menghadapi peperangan yang dikenal sebagai Ragnarok, yakni pertempuran apokaliptik antara para dewa dan raksasa Fenrir.

BACA JUGA: Cerita Mite (Mitos): Pengertian, Jenis dan Contohnya

10. Valhalla bisa dikunjungi

valhalla
IDNTimes

Valhalla juga sering disebutkan sebagai kerajaan duniawi, bukan tempat tinggal surgawi para dewa. Sementara itu, Odin dan aesirnya bukanlah dewa, tetapi hanya raja biasa yang memiliki kekuatan dan sihir. 

11. Tempat lain selain Valhalla

Sedulur masih ingat, kan, jika tidak semua orang Nordik akan pergi ke Valhalla, karena hanya pejuang terpilih dan 50 persen saja dari keseluruhan pejuang yang tewas yang akan dibawa oleh Valkyrie.

Nah, orang-orang yang tidak masuk ke Valhalla akan pergi ke Folkvangr, yakni wilayah yang dikuasai dewi Freya. Ia merupakan salah satu dewi paling terkenal di agama Nordik kuno yang juga salah satu dari Vanir.

Folkvangr memiliki arti “lapangan rakyat” atau “lapangan para pejuang”. Beberapa spekulasi yang muncul mengatakan bahwa Valhalla adalah tempat tinggal para pemimpin dari para tentara, sedangkan Folkvangr adalah tujuan bagi para prajurit biasa.

Dewi Freya juga memiliki aula besar bernama Sessrumnir atau “ruangan yang penuh dengan kursi”. Perbedaannya dengan Valhalla adalah Freya juga membawa roh para wanita bangsawan seperti yang tertulis di dalam Thorgard di Egil’s Saga. 

12. Tempat terakhir bagi orang biasa

Selain Valhalla dan Folkvangr, menurut Norse Mythology ada tempat lain bernama Hel, yang dipimpin seorang dewi bernama Hela. Tempat ini merupakan akhirat biasa yang ditujukan bagi orang biasa.

Selain itu, ada juga tempat hukuman yang disebut sebagai Nastrond. Tempat ini dikenal sangat mengerikan karena memiliki lantai yang penuh dengan ular dan bagian langit-langit yang penuh lumuran racun.

13. Valhalla di kehidupan nyata

Ada yang menyebutkan bahwa Valhalla berada tepat di luar Regensburg di Bavaria. Disana ada sebuah monumen Walhalla yang selesai dibagung pada tahun 1842. Di dalam monumen tersebut ada 130 patung dan 65 tugu peringatan yang didedikasikan untuk orang Jerman yang bersejarah.

14. Dijadikan inspirasi karya di berbagai genre kultur populer

Valhalla menjadi inspirasi bagi berbagai karya dalam beragam genre, mulai dari musik, film, ataupun animasi dan komik. Misalnya adalah pada komik Marvel yang menggambarkan bahwa seluruh pejuang atau dewa-dewi Norse yang mati akan berpindah ke tempat ini.

Valhalla juga diceritakan oleh band Led Zeppelin dalam sebuah lagu yang berjudul Immigrant Song. Selain itu, aula besar ini juga menjadi nama sekuel waralaba dari game Assasin’s Creed yang mengambil tema mitologi Nordik.

Film God of War 2018 juga sempat menyinggung nama Valhalla pada saat Kratos dan Atreus menjalani misi pembebasan para roh Valkyrie yang terkurung dalam tubuh fisik akibat ulah Odin. Dunia animen juga menggunakan nama Valhalla dalam karya-karyanya, seperti Record of Ragnarok dan serial Tokyo Revengers.

Demikian informasi mengenai fakta Valhalla yang merupakan mitologi Nordik paling populer. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur mengenai mitologi-mitologi yang ada di seluruh dunia. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.