rasi bintang

Rasi bintang adalah istilah dari sekumpulan bintang-bintang yang terlihat saling berhubungan dan menjadi suatu pola atau garis besar tertentu. Istilah lainnya adalah konstelasi di mana pola atau garis besar tersebut dapat membentuk binatang, subjek mitologi, atau juga benda mati.

Sedulur ingin tahu lebih tentang rasi bintang apa saja yang terkenal dan populer? Simak ulasan singkatnya dalam artikel ini, ya!

BACA JUGA: Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk?

Pengertian rasi bintang

Rasi bintang atau konstelasi adalah area di mana sekelompok bintang, baik itu yang berjauhan atau berdekatan, nampak membentuk suatu pola atau garis seperti binatang, karakter atau hewan mitologis, dan juga benda mati lainnya. Istilah konstelasi berasal dari bahasa Latin, cōnstellātiō, yang berarti kumpulan atau rangkaian bintang.

-->

Menurut penelitian, rasi bintang pertama kali ditemukan pada zaman prasejarah. Manusia pada saat itu menyelipkan konstelasi dalam cerita-cerita kepercayaan, pengalaman, dan mitos.

Semenjak saat itu, semakin banyak manusia yang mulai menggunakan konstelasi untuk berbagai tujuan, tergantung kebudayaan dan di wilayah mana mereka tinggal. Lebih dari itu, konstelasi bintang-bintang juga dulunya digunakan sebagai instrumen penanda waktu atau musim tertentu.

Dari masa ke masa, konstelasi kemudian semakin diakui keberadaannya. Pada 1922, International Astronomical Union (IAU) secara resmi mengakui 88 rasi bintang dan lambangnya yang didasarkan pada penemuan-penemuan di zaman Yunani Kuno. Kemudian, IAU pada 1928 menegaskan batas-batas dan juga pola dari ke-88 konstelasi tadi di mana 36 konstelasi berada di langit utara dan 52 konstelasi berada di langit daerah selatan.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas 12 rasi bintang paling populer yang perlu Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

12 rasi bintang yang terkenal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, legenda dan mitologi rasi bintang memiliki kaitan yang sangat erat. Selain itu, ia juga dikaitkan dengan konsep-konsep astrologi, seperti zodiak. 

Dalam astrologi Barat, terdapat 12 jenis zodiak berdasarkan konstelasi (30 derajat garis bujur langit). Yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

Ke-12 zodiak tersebut termasuk dalam 88 jenis konstelasi yang ada. Yuk, simak pembahasan rasi bintang zodiak paling populer tersebut!

BACA JUGA: Daftar Suku Suku di Pulau Jawa, Ada Jawa, Sunda & Lainnya

1. Aries

12 rasi bintang yang terkenal
Depositphotos

Aries adalah nama rasi bintang pertama yang termasuk dalam zodiak astrologi. Aries berada di belahan langit utara. Ia berbatasan dengan Pisces di sebelah barat dan Taurus di sebelah timur. 

Kata Aries sendiri berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “domba jantan”. Domba jantan tersebut juga merupakan lambang dari zodiak Aries. Konstelasi Aries memiliki beberapa bintang di dalamnya, seperti bintang Alpha Arietis, Beta Arietis, 41 Arietis atau c Arietis, Gamma Arietis, dan juga Delta Arietis.

Dalam astrologi, Aries termasuk ke dalam zodiak berelemen api. Musim Aries, 21 Maret hingga 19 April, sendiri merupakan musim yang penuh energi dan semangat.

2. Taurus

88 rasi bintang
Depositphotos

Taurus merupakan nama rasi bintang selanjutnya yang masuk ke dalam zodiak astrologi. Taurus sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah “banteng”. Posisi rasi Taurus berada di antara Gemini di timur, Aries di barat, Perseus dan Auriga di utara, dan Eridanus di selatan.

Konstelasi Taurus sendiri memiliki sejarah yang panjang. Diperkirakan, manusia telah mengenal rasi ini sejak Zaman Tembaga atau bahkan lebih lama lagi pada masa Paleolitikum Akhir. Bintang-bintang yang termasuk dalam rasi Taurus di antaranya adalah bintang Aldebaran dan juga Beta Tauri.

Dalam astrologi, Taurus termasuk ke dalam zodiak berelemen tanah. Musim Taurus berlangsung pada 20 April hingga 20 Mei.

BACA JUGA: Daftar Angka Romawi Beserta Cara Menulisnya dengan Mudah

3. Gemini

rasi bintang zodiak
Depositphotos

Gemini merupakan rasi bintang yang berada pada langit utara, di antara Taurus di sebelah barat dan Cancer di sebelah timur. Dalam bahasa Latin, Gemini berarti “kembar”. Beberapa bintang yang ada dalam konstelasi Gemini adalah bintang Pollux, Castor A, Gamma Geminorum, Mu Geminorum, Epsilon Geminorum, Eta Geminorum, Xi Geminorum, Theta Geminorum, dan lain-lain.

Berdasarkan astrologi, musim Gemini berlangsung pada 21 Mei hingga 20 Juni. 

4. Cancer

88 rasi bintang dan lambangnya
Depositphotos

Konstelasi yang keempat adalah Cancer, yang dalam bahasa Latin berarti “kepiting”. Konstelasi Cancer terletak di langit utara, dengan bintang Beta Cancri sebagai bintang yang paling terang dalam konstelasi tersebut. Lebih lanjut lagi, informasi pertama tentang Cancer dapat ditemukan pada risalah Almagest, karya Claudius Ptolemy di abad ke-2.

Menurut astrologi, zodiak Cancer berelemen air. Musim Cancer yang berlangsung pada 21 Juni hingga 22 Juli dikatakan merupakan waktu dengan potensi besar untuk mendekatkan Sedulur dengan orang-orang tersayang.

BACA JUGA: 12 Daftar Orang Terpintar di Dunia, Albert Einstein Lewat

5. Leo

nama rasi bintang
Depositphotos

Leo adalah salah satu rasi bintang yang termasuk dalam zodiak. Konstelasi Leo terletak di antara Cancer di barat dan Virgo di timur. Bintang-bintang yang membentuk konstelasi ini berlokasi di langit daerah utara. Kata Leo sendiri berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “singa”.

Konstelasi Leo merupakan satu dari 88 konstelasi yang telah diakui secara internasional. Ia termasuk konstelasi yang dapat dengan mudah dikenali karena bintang-bintangnya mayoritas bersinar sangat terang dan membentuk pola yang sangat khas.

Bintang-bintang tersebut di antaranya adalah Regulus, Denebola, Algieba, Zosma, Epsilon Leonis, Adhafera, Iota Leonis, Tau Leonis, dan 54 Leonis. Menurut astrologi, Leo merupakan zodiak yang berelemen api dan matahari bertransit pada konstelasi ini dari tanggal 23 Juli hingga 22 Agustus.

6. Virgo

mitologi rasi bintang
Depositphotos

Rasi bintang paling populer yang akan dibahas kali ini adalah Virgo. Kata Virgo berasal dari bahasa Latin, yang berarti “gadis perawan”. Virgo merupakan konstelasi terbesar kedua setelah Hydra, dan konstelasi terbesar di antara 12 konstelasi dalam zodiak astrologi.

Virgo terletak di langit utara. Bintang-bintang yang menyusun konstelasi tersebut adalah Zavijava, Porrima, Auva, Vindemiatrix, Zaniah, Syrma, Kang, Elgafar, dan lain-lain. Dalam astrologi, musim Virgo berlangsung pada 23 Agustus hingga 22 September. Zodiak Virgo dilambangkan oleh Dewi Astraea.

7. Libra

rasi bintang adalah
Depositphotos

Selanjutnya kita akan membahas rasi bintang Libra. Libra adalah konstelasi yang terletak di langit daerah selatan. Dalam bahasa Latin, Libra berarti “timbangan”. Ia terletak di antara Virgo di barat dan Scorpius di timur. Terdapat 83 bintang dalam konstelasi tersebut, salah satu bintang yang bersinar paling terang adalah Zubeneschamali atau disebut juga Beta Librae.

Musim Libra berlangsung pada 23 September sampai 22 Oktober, menurut astrologi. Zodiak Libra merupakan satu-satunya zodiak yang dilambangkan oleh benda mati, yaitu timbangan.

8. Scorpius

Scorpius
Depositphotos

Rasi bintang populer selanjutnya bernama Scorpius. Scorpius merupakan kumpulan bintang-bintang yang terletak pada langit bagian selatan. Scorpius disebutkan juga dalam 48 konstelasi dari Claudius Ptolemy. Rasi Scorpius terletak di sebelah barat Libra dan sebelah timur Sagittarius.

Scorpius adalah salah satu konstelasi yang dapat dengan mudah dikenali karena bentuknya yang khas, seperti huruf “S” atau “J” besar. Dalam astrologi, konstelasi Scorpius lebih dikenal dengan Scorpio. Musim Scorpio berada pada 23 Oktober sampai 21 November. Dengan simbol berbentuk kalajengking raksasa, zodiak ini memiliki elemen air yang menandai perasaan.

9. Sagittarius

Sagittarius
Depositphotos

Sagittarius termasuk dalam rasi bintang yang paling populer karena ia juga merupakan satu di antara 12 zodiak yang ada. Kata Sagittarius dalam bahasa Latin memiliki arti “pemanah”. Lokasinya berada di barat Scorpius dan Ophiuchus serta di timur Capricornus dan Microspium. Bintang-bintang yang termasuk dalam rasi Sagittarius adalah Kaus Australis, Nunki, Ascella, Kaus Meridionalis, Eta Sagittarii, dan lain-lain.

Mengutip dari astrologi, Sagittarius biasa dilambangkan oleh makhluk mitos Yunani, Centaur, yang sedang menarik busur panah. Musim Sagittarius dimulai dari 22 November hingga berakhir pada 21 Desember.

10. Capricornus

Capricornus
Depositphotos

Konstelasi Capricornus termasuk dalam 88 rasi yang telah diresmikan oleh IAU. Kata Capricornus berasal dari bahasa Latin yang berarti “kambing bertanduk”. Konstelasi ini berbatasan langsung dengan Aquila, Sagittarius, Microspium, Piscis Austrinus, dan Aquarius. Berdasarkan astrologi, musim Capricornus atau Capricorn dimulai pada 22 Desember sampai 20 Januari.

11. Aquarius

Aquarius
Depositphotos

Aquarius menjadi zodiak ke-11 yang termasuk dalam konstelasi paling populer saat ini. Dalam bahasa Latin, Aquarius memiliki arti “pembawa air”. Letak dari konstelasi ini berada di antara Pisces, Pegasus, Equuleus, Delphinus, dan juga Aquila.

Terdapat beberapa bintang yang bersinar terang dalam konstelasi Aquarius, seperti bintang Skat, Albali, Ancha, Bunda, dan sebagainya. Dalam astrologi, musim Aquarius berada pada 21 Januari hingga 18 Februari.

12. Pisces

Pisces
Depositphotos

Rasi bintang paling populer terakhir yang Sedulur harus tahu adalah Pisces. Pisces merupakan bahasa Latin dari “ikan”. Lokasi kumpulan bintang ini berbatasan dengan Triangulum, Andromeda, Pegasus, Aquarius, serta Aries. 

Terdapat beberapa bintang di dalamnya, seperti Alrescha, Fumalsamakah, Revati, Torcular, dan bintang-bintang lain. Sejarah Pisces diperkirakan bermula dari temuan-temuan orang Babilonia, yang kemudian memasukkan nama konstelasi Pisces pada astronomi mereka. Menurut astrologi, Pisces merupakan zodiak yang berelemen air, dengan musim yang membentang dari 19 Februari hingga 20 Maret.

Di atas merupakan sedikit ulasan mengenai 12 rasi bintang paling populer yang perlu Sedulur ketahui. Ke-12 rasi bintang tersebut adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpius, Sagittarius, Capricornus, Aquarius, serta Pisces. Semoga artikel ini dapat menambah luas wawasan Sedulur terutama dalam astronomi dan juga astrologi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.