ukuran payudara mengikuti umur

Payudara merupakan salah satu aset pada tubuh wanita yang wajib untuk dijaga. Proses pertumbuhan payudara ukuran payudara mengikuti umur bisa diketahui saat perempuan memasuki usia remaja dan melalui masa pubertas.

Ada berbagai ukuran payudara mengikuti umur, mulai dari fase puber sampai tua. Lalu, berapakah sebenarnya ukuran payudara yang normal? Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan payudara pada wanita? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

BACA JUGA: 10 Cara Memperbesar Payudara Secara Alami dan Sehat

1. Pertumbuhan payudara dan ukuran payudara mengikuti umur

pertumbuhan payudara ukuran payudara mengikuti umur
happyfyyourworld

Sedulur, perlu diketahui bahwa payudara memiliki tahap pertumbuhan yang terjadi sesuai dengan umurnya. Misalnya pada masa remaja dan anak-anak mengalami masa pubertas, payudara pada remaja perempuan akan mengalami pertumbuhan dan akan membesar karena pengaruh hormon estrogen yang semakin tinggi dan normal di dalam tubuh.

Selain tumbuhnya payudara, remaja perempuan akan mengalami menstruasi yang ditandai dengan membesarnya ovarium dan keluarnya cairan merah pada vagina. Awal perkembangan payudara ini digambarkan seperti kuncup bunga karena puting akan mengalami perubahan seperti kuncup bunga.

Ukuran payudara mengikuti umur 13 akan cenderung lebih menonjol setelah mengalami masa pubertas ini. Setelah itu, ukuran payudara mengikuti umur 14 hingga 16 tahun akan tumbuh menjadi lebih berisi dari sebelumnya. Puting payudara akan cenderung lebih menonjol serta akan tumbuh gundukan kecil.

Proses ini yang membuat ukuran bra mengikuti umur 17 dan usia selanjutnya seiring berjalannya waktu. Perubahan selanjutnya akan terjadi kepada perempuan di usia 20-an karena adanya perbedaan hormon estrogen yang bisa membuat payudara akan menjadi lebih besar dari usia sebelumnya. Hal ini adalah normal dan biasa terjadi pada perempuan yang akan tumbuh menjadi dewasa.

Selain itu, ukuran payudara mengikuti umur 21 tahun juga akan ikut berubah. Begitupun dengan ukuran payudara pada umur 30-an tahun, akan berbeda lagi dengan sebelumnya. Pasalnya, kebanyakan perempuan menjelang usia kepala 3 cenderung sudah mempunyai anak. Jadi, payudara akan menjadi meregang dan disertai dengan kenaikan ataupun penurunan pada berat badan. Selain itu, adanya stretch mark atau garis halus di sekitar perut juga dapat terjadi dikarenakan ukuran payudara yang berubah selama kehamilan dan juga ketika menyusui. 

2. Cara menghitung ukuran payudara

memperbesar payudara ukuran payudara mengikuti umur
alodokter

Selain mengetahui ukuran payudara mengikuti umur yang mempunyai berbagai macam, Sedulur juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk menghitung ukuran payudara kalian. Hal ini digunakan untuk mengetahui ukuran bra yang tepat untuk dipakai sehingga Sedulur tidak salah membeli.

Sebelum berlanjut ke cara menghitungnya, Sedulur harus mengetahui dulu 3 hal yang diukur. Ada panjang lingkar torso (under bust), lingkar dada (bust) serta volume payudara (cup). Cara untuk mengukurnya cukup gampang. Kamu perlu menyiapkan meteran yang digunakan untuk mengukur. Kemudian, lingkarkan meteran tersebut dari payudara hingga punggung sampai kembali ke titik awal meteran. Letakkan meteran tersebut ke daerah payudara yang paling menonjol yaitu puting. Hasil yang diukur tadi merupakan ukuran payudara (bust).

Setelah mengukur bust, Sedulur juga perlu untuk mengukur under bust atau diameter pada bagian bawah payudara. Biasanya, saat membeli bra secara online, Sedulur pasti menemui deskripsi produk yang berisi ukuran lingkar payudara ini. Panduannya adalah sebagai berikut:

  • Lingkar bawah payudara: 63-67 cm, ukuran bra: 30 
  • Lingkar bawah payudara: 68-72 cm, ukuran bra: 32 
  • Lingkar bawah payudara: 73-77 cm, ukuran bra: 34 
  • Lingkar bawah payudara: 78-82 cm, ukuran bra: 36 
  • Lingkar bawah payudara: 83-87 cm, ukuran bra: 38 
  • Lingkar bawah payudara: 88-92 cm, ukuran bra: 40 

Setelah mendapatkan ukuran lingkar bawah payudara atau under bust, berikut adalah panduan ukuran cup payudara yang bisa digunakan rumus = top bustunder bust + 2 cm. Jika sudah ketemu hasilnya, berikut adalah panduan untuk menentukan ukuran cup payudara:

  • 10-12 cm = cup A
  • 13-14 cm = cup B
  • 15-17 cm = cup C
  • 18-19 cm = cup D
  • 20-22 cm = cup E

Berapapun ukuran payudaramu, yang pasti itu adalah normal dan jangan lupa untuk mengukurnya dengan pasti karena bisa mempengaruhi bra yang dipakai sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai, maka bra yang dipakai akan menjadi pas dan nyaman serta tidak salah pilih.

BACA JUGA: Begini Ciri-ciri Wanita Hormon Tinggi yang Bergairah

3. Memperbesar payudara ukuran payudara mengikuti umur

ukuran bra sesuai usia 14 tahun
klikdokter

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa ukuran payudara mengikuti umur akan terjadi perubahan. Ukuran bra yang digunakan pun dapat berbeda dan berpengaruh karena faktor usia. Misalnya ukuran bra sesuai usia 14 tahun adalah cenderung kecil, dan ukuran dewasa cenderung lebih besar. Karena pertambahan usia, ukuran payudara pun bisa bertambah maupun berkurang.

Untuk Sedulur yang mempunyai ukuran payudara yang cenderung kecil, dapat disiasati dengan rajin melakukan olahraga serta berbagai gerakan yoga yang dapat memicu pembesaran payudara. Payudara juga dapat membesar saat wanita hamil karena berat badan akan mengalami penambahan dan ukuran payudara pun menjadi ikut bertambah karena untuk mempersiapkan bayi menyusu. Terkadang, perubahan ukuran dan bentuk payudara bisa kembali ke sebelum hamil atau bisa juga tidak berubah. 

BACA JUGA: 15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami

4. Faktor yang mempengaruhi ukuran payudara

ukuran payudara mengikuti umur 21 tahun
wolipop

Ada berbagai macam faktor yang bisa Sedulur ketahui dan bisa mempengaruhi ukuran payudara selain mengikuti umur. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah:

A. Faktor keturunan

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi ukuran payudara adalah keturunan atau genetik. Faktor ini merupakan faktor alami yang terjadi dan mempengaruhi seberapa besar seseorang yang memiliki payudara itu tumbuh. Bisa jadi bentuknya akan terlihat hampir sama dengan anggota keluarga perempuan yang lain atau bisa jadi tidak sama. Namun, kecenderungan untuk punya ukuran payudara yang sama dengan lainnya lebih besar daripada yang tidak.

B. Perubahan hormon

Hormon yang diproduksi oleh tubuh akan meningkat apalagi jika perubahan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Selain itu, pada wanita yang sedang atau akan mengalami menstruasi, hormon juga akan berubah diiringi juga dengan perubahan suasana atau mood yang tidak pasti serta perubahan bentuk dan ukuran payudara. Mulai dari bentuk, tekstur, hingga ukuran payudara akan berubah ketika mengalami menstruasi. Pada siklus menstruasi yang akhir, payudara akan lebih sensitif karena adanya hormon progesteron. Sebaliknya, pada awal siklus menstruasi, payudara akan membengkak serta tampak lebih besar dari sebelumnya.

C. Nutrisi dan rutinitas olahraga

Selain perubahan pada hormon, pemberian nutrisi dengan cara mengatur pola makan dengan makanan yang bergizi dan baik untuk pertumbuhan payudara juga berpengaruh lho, Sedulur. Memberikan asupan makanan seperti kacang-kacangan serta beberapa buah seperti alpukat, pisang, dan delima bisa memicu pembesaran atau perubahan ukuran pada payudara. Makan makanan yang bergizi dan diimbangi dengan olahraga juga dapat menyebabkan volume payudara menjadi lebih berisi dan kencang.

Setelah mengetahui ukuran payudara mengikuti umur 17 tahun atau lebih serta beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya, tentunya Sedulur perlu digaris bawahi bahwa setiap ukuran payudara itu adalah normal. Perempuan yang sedang masa pubertas lalu perubahan tumbuhnya sedikit itu normal, begitupun sebaliknya. 

Nutrisi yang terkandung dan dikonsumsi untuk mengubah ukuran payudara serta bergizi bisa Sedulur dapatkan dengan mengunduh Aplikasi Super. Terdapat banyak macam kebutuhan pokok yang bergizi dan bisa Sedulur pilih dengan cara klik saja. Segera diunduh, ya.