Dalam tubuh manusia, ada dua hormon yang identik dengan masing-masing gender, yaitu hormon testosteron dan hormon estrogen. Kedua hormon tersebut harus seimbang dimiliki karena jika tidak, akan mengakibatkan berbagai masalah dalam kesehatan.

Pada pria, kelebihan hormon testosteron dapat mengakibatkan salah satunya adalah libido atau gairah seks yang terlalu tinggi. Lalu bagaimana dengan wanita? Bagaimana ciri-ciri wanita hormon tinggi? Simak selengkapnya di bawah ini ya, Sedulur.

BACA JUGA: 12 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Oleh Wanita

1. Fungsi hormon testosteron bagi wanita dan pria

ciri-ciri wanita hormon tinggi
alodokter

Hormon yang identik dengan pria ini memiliki berbagai fungsi dan manfaat bagi pria. Fungsi dari hormon ini diantaranya adalah untuk perkembangan penis dan testis, untuk ukuran dan juga kekuatan massa otot, suara akan menjadi dalam saat mengalami pubertas, tubuh akan memproduksi sperma, dan akan muncul rambut pada kemaluan dan wajah saat mulai pubertas. Perubahan karakteristik fisik ini dimiliki oleh setiap pria ketika menginjak masa pubertas dan hormon testosteron yang diproduksinya akan menjadi meningkat. Tak hanya perubahan secara fisik, perubahan gairah seks juga akan meningkat. 

-->

Tak hanya pada pria, hormon ini ternyata juga dimiliki oleh wanita, lho. Hormon yang identik dengan pria ini juga diproduksi di ovarium wanita dan juga kelenjar adrenal. Hormon ini juga memiliki fungsi pada wanita, diantaranya adalah untuk kekuatan tulang, fungsi ovarium, dan juga gairah seks menjadi normal. Jika hormon yang diproduksi seimbang dan normal, maka perilaku akan menjadi normal juga. Namun, jika hormon testosteron yang diproduksi pada tubuh wanita terlalu tinggi, apakah dampaknya? Apakah itu menjadi ciri-ciri wanita hormon tinggi? Simak kelanjutannya berikut ini.

BACA JUGA: FWB atau Friends With Benefit: Kenali Arti, Manfaat & Risikonya

2. Ciri-ciri hormon testosteron tinggi pada wanita

ciri-ciri wanita hormon tinggi
okezone

Ciri-ciri wanita hormon tinggi bisa dilihat dari perubahan bentuk fisiknya. Baik estrogen maupun testosteron, semua ini berlaku, ya. Untuk wanita yang terlalu banyak produksi hormon testosteron, ada beberapa perubahan fisik yang bisa dilihat secara langsung dan juga ini akan mempengaruhi bagaimana penampilan wanita secara fisik. Ciri hormon testosteron tinggi pada wanita tersebut diantaranya adalah:

  • Adanya kelebihan rambut yang tumbuh seperti kumis tipis di wajah, yang umumnya dimiliki oleh pria. Wanita dengan hormon testosteron yang tinggi biasanya akan timbul kumis yang tipis atau rambut tipis pada wajah. Bisa juga timbul jenggot tipis pada dagu wanita yang hormon estrogennya tinggi.
  • Suara akan menjadi agak berat dan dalam. Suara pada wanita yang umumnya lebih tinggi dari pria, akan menjadi agak rendah dibandingkan yang lainnya. Hal ini dikarenakan produksi hormon testosteron yang berlebihan pada wanita.
  • Klitoris membesar. Bagi wanita yang memiliki hormon testosteron yang cukup tinggi, salah satu ciri fisik yang terlihat adalah klitoris menjadi membesar dan agak memanjang, serta menjadi abnormal.
  • Mengalami kerontokan dan kebotakan pada rambut. Kebotakan yang umumnya dialami oleh pria bisa juga dialami oleh wanita yang memiliki kelebihan hormon androgen ini. Rambut akan terlalu banyak mengalami kerontokan dan berujung kebotakan.
  • Ukuran payudara mengecil. Selain mengecil, siklus haid akan menjadi tidak teratur
  • Massa otot meningkat. Layaknya pria, wanita dengan hormon androgen yang tinggi akan mengalami massa dan kekuatan otot yang meningkat.
  • Libido menjadi lebih rendah. Sebaliknya, wanita akan mengalami perubahan libido menjadi lebih rendah ketika terlalu tinggi hormon prianya.

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

3. Penyebab gairah wanita meningkat

liputan6

Salah satu penyebab gairah wanita menjadi meningkat dan menjadi ciri-ciri wanita hormon tinggi adalah mempunyai kadar estrogen yang tinggi pula. Libido yang meningkat dan lebih aktif biasa dikaitkan kepada wanita yang memiliki estrogen yang tinggi. Namun, jika hal ini menjadi terlalu tinggi, maka akan ada berbagai dampak yang ditimbulkan. Dampak tersebut adalah:

  • Badan akan terasa gampang capek dan lemas
  • Adanya perubahan mood secara tiba-tiba dan cepat
  • Sering sakit kepala dan rambut akan mudah rontok
  • Payudara menjadi nyeri dan terasa padat
  • Mengalami susah tidur
  • Tangan dan kaki menjadi dingin
  • Mengalami perut kembung

Jika hormon estrogen yang diproduksi tubuh wanita menjadi sangat tinggi, maka dapat juga mengakibatkan resiko terganggunya kesehatan. Kondisi ini dikenal sebagai dominasi estrogen di dalam tubuh.

BACA JUGA: 25 Model Rambut Pria Keren yang Trendi yang Disukai Wanita

4. Ciri-ciri fisik cowok yang memiliki nafsu tinggi

pexels

Karena kadar hormon testosteron yang meningkat pada pria, maka salah satu cirinya adalah memiliki nafsu yang tinggi. Selain adanya ciri wanita hormon tinggi, pada pria juga bisa diketahui dengan berikut ini:

  • Memiliki pola hidup yang sehat. Dengan menghindari alkohol serta rokok, seorang pria bisa dikatakan punya pola hidup yang cukup sehat. Selain menghindari kedua hal tersebut, dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran yang sehat dan imbang juga menjadi salah satu pola hidup sehat yang dapat membuat nafsu pria menjadi tinggi,
  • Memiliki pinggang yang cenderung ramping. Ciri fisik ini banyak ditemui pada pria, namun tidak berarti pria yang pinggangnya tidak ramping lantas tidak memiliki nafsu yang tinggi ya, Sedulur. 
  • Memiliki rahang yang tegas, kuat, serta jelas. Selain membuat pria menjadi lebih macho, memiliki fisik dengan rahang yang tegas juga bisa disebut sebut memiliki nafsu yang tinggi, lho. 

Demikianlah beberapa ciri wanita dengan hormon tinggi dan juga penjelasan hormon testosteron dan hormon estrogen yang dimiliki oleh pria dan wanita. Meningkatnya hormon testosteron bisa ditandai dengan berbagai ciri. Perlu diketahui juga jika ciri-ciri perempuan yang sudah tidak suci berbeda dengan yang dijelaskan diatas ya. Jika kadar hormon testosteron maupun estrogen memiliki kadar yang terlalu tinggi dan dianggap mengganggu, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih lanjut ya, Sedulur.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan wanita dan pria dan juga untuk menjaga agar kadar hormon tetap normal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Belanja di Aplikasi Super agar kebutuhan makanan bergizi dapat terpenuhi. Segera di download ya, Sedulur.