Haid atau menstruasi normalnya datang secara rutin tiap bulan. Siklusnya 21-35 hari setelah hari pertama menstruasi terakhir. Jadi, kamu mungkin menemukan tanggal datang bulan bervariasi dari bulan ke bulan. Bisa maju atau mundur tergantung individu. Sebagian bahkan datang di tanggal yang sama tiap bulannya. 

Namun, ada kalanya Sedulur mengalami telat datang bulan. Penyebabnya cukup beragam, telat haid 2 bulan tidak selalu berarti tanda kehamilan. Apalagi jika kamu belum aktif secara seksual. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut. 

  • Pengobatan. Keterlambatan haid bisa dipengaruh obat-obatan yang sering dikonsumsi . Kebanyakan obat-obat kontrasepsi sering jadi penyebab utama telat haid atau haid yang tidak rutin. 
  • Ketidakseimbangan hormon. Ini adalah penyebab umum telat haid yang sering ditemui pada kebanyakan perempuan. Biasanya kekurangan hormon progesteron dan estrogen bisa menghambat ovulasi dan penebalan dinding rahim. Sebaliknya, jika kelebihan hormon tersebut bisa memicu pendarahan yang lumayan hebat. Ada pula yang dikenal dengan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) yaitu kelebihan hormon androgen yang seharusnya ditemukan pada laki-laki. Gejala PCOS termasuk ketidaksuburan, obesitas, gula darah tinggi, hingga masalah jerawat menjelang menstruasi.   
  • Kondisi medis tertentu. Orang dengan kondisi medis seperti pelvic inflammantory disease, endometriosis, fibroid, hingga kelainan darah dan kanker rentan pula mengalami haid yang tidak teratur. 
  • Stres. Tekanan berupa perubahan drastis dalam hidup seperti bepergian ke tempat yang jauh dan asing, diet yang tidak sehat, dan disrupsi lainnya dalam hidup juga bisa mempengaruhi jadwal datang bulan seseorang. Seiring bertambahnya usia, kamu mungkin akan mengenal apa saja tekanan atau perubahan yang menyebabkan siklus haidmu terlambat atau bahkan datang lebih cepat. 

BACA JUGA: Fakta Darah Haid Hitam dan Artinya Bagi Kesehatan Perempuan

Jangan panik dulu, meskipun kamu disarankan untuk ke dokter agar dilakukan inspeksi lebih jauh. Sedulur bisa coba cara-cara alami mengatasi telat datang bulan yang tidak disebabkan kehamilan. Berikut ulasannya. 

-->

1. Melakukan yoga 

cara melancarkan haid
unsplash.com

Yoga dipercaya punya dampak yang baik untuk meredakan masalah terkait menstruasi atau datang bulan. Banyak yang sudah membuktikan keampuhan yoga dalam mengatasi telat haid 2 bulan bahkan lebih, beberapa juga merasakan berkurangnya gejala kram saat haid setelah melakukan yoga secara teratur. Paling tidak coba lakukan 30 menit, 5 kali dalam seminggu untuk merasakan efek positifnya. 

Gerakan-gerakan yoga yang disarankan untuk menangani isu haid antara lain bow pose, yaitu menekuk tubuh ke arah belakang. Diawali dengan telungkup, menempatkan perut di lantai dan perlahan menyentuh kedua ujung kaki dan kedua tangan. Gerakan kedua adalah camel pose, dimulai dengan posisi berlutut diikuti dengan meletakkan tangan pada pinggang dan diakhiri dengan menekuk tubuh ke arah belakang. Gerakan ini berfungsi memperkuat bahu dan punggung.

Ada pula pose malasana yaitu berjongkok dalam keadaan kaki terbuka menuju samping badan. Serta pose kupu-kupu yaitu bersila dengan badan tegap dan telapak kaki dipertemukan. Sedulur bisa mencari gerakan-gerakan ini lebih detail beserta videonya di berbagai situs streaming

2. Menjaga berat badan tetap stabil 

unsplash.com

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan atau lebih adalah dengan menjaga berat badan agar tetap stabil. Kamu boleh melakukan diet, tetapi lakukan perlahan-lahan dengan tepat. Jangan lakukan pengetatan jendela makan yang drastis hingga membuat tubuh kaget. JIka Sedulur mengalami kelebihan berat badan ada baiknya mulai beralih ke diet makanan sehat, tetapi tetap lakukan dengan pengawasan dokter atau ahli gizi yang terpercaya. 

3. Olahraga teratur 

cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan
unsplash.com

Selain diet makanan sehat, kamu juga tetap disarankan melakukan olahraga teratur. Ini bisa membantu misimu menjaga berat badan dan memperkuat metabolisme. Olahraga teratur dipercaya pula bisa mengurangi rasa sakit menjelang dan selama menstruasi. 

4. Mencoba terapi jahe 

unsplash.com

Sebuah penelitian yang dilakukan Sinta Diyah Dimyati, dkk dari Universitas Airlangga menunjukkan bahwa kombinasi minuman herbal yang berbahan rimpang jahe dan kulit delima disertai sesi akupuntur selama 28 hari ternyata berdampak membantu memperlancar siklus haid seorang perempuan mendekati normal yaitu 36 hari. Lebih jauh lagi, penelitian James W. Daily, dkk tentang efek jahe dalam meredakan gejala dysmenorrhea atau kram akut pada saat menstruasi juga menunjukkan hasil yang positif. 

BACA JUGA: Nyeri Saat Haid? Obat Pereda Sakit Ini Bisa Kamu Konsumsi

5. Kayu manis

cara melancarkan haid
unsplash.com

Begitu pula dengan kayu manis yang dipercaya bisa membantu mengatasi masalah-masalah haid terutama  dysmenorrhea. Penelitian Daniel Kort dan Roger Lobo di American Journal of Obstetrics and Gynecology membuktikan bahwa terapi kayu manis berdampak dalam mempercepat siklus haid puluhan perempuan yang didiagnosa PCOS. Meski studi tersebut masih awalan, kayu manis bisa Sedulur coba karena alami, aman dikonsumsi, dan tidak mengandung efek samping apapun. 

6. Tambah asupan vitamin B dan D

Unsplash

Banyak penelitian yang menemukan kaitan antara defisiensi vitamin D dengan keterlambatan atau ketidakteraturan datang bulan. Begitu pula dengan vitamin B yang banyak dikaitkan dengan kesuburan dan mampu meredakan gejala-gejala pra menstruasi. Sedulur bisa mendapatkan kedua vitamin tersebut dari asupan makanan sehari-hari, berjemur di bawah sinar matahari, atau mengkonsumsi suplemen tambahan. Namun, tetap hati-hati dengan suplemen, jangan berlebihan atau dampaknya bisa buruk untuk kesehatan. 

7. Cuka apel 

unsplash.com

Sudah banyak yang membuktikan khasiat cuka apel untuk kesehatan. Termasuk dalam melancarkan haid yang sering terlambat. Daripada mencari obat telat haid 1 bulan di apotek, Sedulur bisa mencoba membeli cuka apel. Untuk mengkonsumsinya, larutkan dengan air putih. Tetap hati-hati,  karena cuka apel mungkin tidak cocok untuk pengidap maag. 

8. Buah nanas 

cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan
unsplash.com

Sejak lama, nanas dikenal sebagai solusi alami untuk masalah telat haid 2 bulan, disertai keputihan. Nanas mengandung enzim bromelain yang berdasarkan buku Textbook of Natural Medicine oleh Anthony J. Chichoke memang bisa meredakan rasa sakit karena dysmenorrhea. Ia bekerja meredakan kontraksi pada serviks.

Studi yang sama juga menyebutkan bahwa kombinasi bromelain, N-acetyl cysteine, dan alpha liphoid acid mampu mengecilkan kista-kista yang terjadi pada pengidap endometriosis. Ini karena efek anti inflamasi yang dimiliki ketiga zat tersebut. Endometriosis sendiri merupakan keadaan di mana muncul kista atau benjolan-benjolan kecil di dinding rahim yang menyebabkan rasa sakit saat haid bahkan mengakibatkan haid tidak lancar. 

9. Kunyit 

cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan
unsplash.com

Kunyit juga salah satu solusi alami yang sudah dibuktikan banyak orang mampu mengurangi rasa sakit akibat kram pada awal menstruasi. Jika Sedulur tak ada masalah dengan siklus haid, tetapi sering merasakan kram akut. Kunyit bisa dikonsumsi pula beberapa hari menjelang datang bulan. 

Selain meredakan kram haid, ia dipercaya mampu mengurangi spasm yang biasa terjadi pada penderita endometriosis sehingga mampu jadi salah satu melancarkan haid terlambat 2 bulan atau lebih. 

10. Kekurangan karbohidrat bisa jadi penyebab telat haid 

cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan
unsplash.com

Banyak perempuan yang melakukan diet ketat hingga sama sekali tak mau mengkonsumsi karbohidrat. Ini bisa berbahaya, beberapa orang bisa mengalami amenorrhea atau kondisi sama sekali tidak mendapatkan datang bulan dalam waktu yang lama karena ini. Kekurangan karbo bisa mengganggu fungsi tiroid dan mengurangi kadar leptin. Kedua hal ini berperan penting dalam mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Sebagai cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan, paling tidak kamu wajib menyantap karbohidrat sebanyak 200-300 gram per hari. 

BACA JUGA: Begini Cara Membedakan Nyeri Haid Normal & Tidak Normal

11. Hindari konsumsi serat berlebih

unsplash.com

Serat memang bagus untuk kesehatan, bahkan dipercaya mampu mengurangi risiko kanker payudara dan lainnya. Namun, dietmu tidak seimbang dan terlalu banyak serat dalam asupan makanan harian Sedulur, akan terjadi  pengurangan kadar hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh. Padahal hormon tersebut berfungsi dalam proses ovulasi atau pematangan sel telur yang nantinya berdampak pada siklus menstruasi dan kesuburan. Apapun yang berlebih memang tidak baik Sedulur, jadi tetap hati-hati. 

12. Cukupi kebutuhan lemak harian

cara melancarkan haid yang terlambat
unsplash.com

Tubuh tetap membutuhkan lemak harian, terutama jenis-jenis lemak tak jenuh. Sumber tipe lemak sehat ini antara lain ikan salmon, minyak zaitun, minyak alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kekurangan lemak juga berdampak pada kadar hormon dan proses ovulasi. Jadi, tidak perlu menghindari lemak secara berlebihan, ya Sedulur. 

13. Asam folat 

cara melancarkan haid yang terlambat
unsplash.com

Banyak disarankan untuk ibu hamil atau perempuan yang sedang menjalankan program hamil, asam folat memang berpengaruh pada lancarnya ovulasi tiap bulan. Ia mampu menambah kadar hormon progesteron yang dibutuhkan organ reproduksi perempuan agar berfungsi dengan baik. Folat bisa Sedulur temukan di brokoli, kubis, kale, kacang polong, dan kacang merah, bahkan telur rebus.  

14. Tidur cukup 

cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan
unsplash.com

Tidur adalah aktivitas penting yang tidak boleh terlewat. Saat tidur tubuh beristirahat sekaligus bekerja dengan ritme yang ideal. Perhatikan pola tidur Sedulur, deh. Setidaknya kamu harus tidur 7-8 jam sehari. Kurangi konsumsi kafein, kebiasaan nonton drama sebelum tidur, dan jika memungkinkan tidak olahraga berat di malam hari karena detak jantung akan bergerak cepat dan membuatmu susah tidur. Lakukan hal-hal yang santai sebelum tidur seperti membaca buku atau ngobrol dengan orang terdekat. 

15. Kurangi stres 

cara mengatasi haid yang terlambat
unsplash.com

Kamu bisa melakukan yoga seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meditasi mandiri dengan bantuan aplikasi ponsel atau video, atau lakukan latihan pernapasan. Jika kamu memiliki gangguan kecemasan atau kondisi mental lainnya yang membuatmu stres, ada baiknya lakukan terapi rutin. Sedulur juga bisa mencoba lilin aromaterapi atau menghirup aroma minyak esensial sepulang beraktivitas. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa tertekan tersebut. 

Sedulur tidak perlu obat pelancar haid, apalagi jika keterlambatannya bukan karena hamil. Lakukan upaya-upaya alami dulu. Namun, jika ikhtiar di atas belum berhasil juga, ada baiknya Sedulur berkonsultasi langsung pada dokter spesialis kandungan terdekat. 

Lima belas tips di atas juga bisa disarankan pada remaja perempuan yang baru saja mendapatkan haid. Di awal-awal masa pubertas tersebut, biasanya remaja mengalami ketidakteraturan siklus. Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan bahkan lebih pada remaja di atas juga aman dari efek samping. Bisa mulai dengan yang mudah dulu, yaitu menjaga asupan makanan sehat dan seimbang nutrisinya. Bahan-bahan makanan sehat dan segar bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super juga lho. Langsung pasang aplikasinya di ponsel.