Cara translate jurnal dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia penting untuk Sedulur. Seperti yang diketahui, saat menyusun sebuah karya tulis, Sedulur biasanya membutuhkan jurnal sebagai bahan referensi. Jurnal yang digunakan untuk referensi sendiri tidak terbatas hanya yang berbahasa Indonesia. Melainkan juga bisa menggunakan jurnal internasional yang ditulis dalam bahasa Inggris untuk memperkaya isi karya tulis yang disusun.

Sayangnya, penggunaan jurnal internasional bisa mendatangkan masalah apabila Sedulur belum mahir berbahasa asing. Sebab Sedulur akan kesulitan untuk menangkap isi dari jurnal tersebut. Kabar baiknya, saat ini terdapat sejumlah cara translate jurnal internasional yang ditulis dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Ingin tahu bagaimana cara translate jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini Super telah merangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Ciri Ciri Karya Ilmiah Beserta Pengertian & Struktur Penulisannya

Apa itu jurnal?

translate jurnal
Freepik

Sebelum menyimak cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, ada baiknya Sedulur memahami apa yang dimaksud dengan jurnal terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnal adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu. Artikel jurnal ini biasanya disusun berdasarkan hasil penelitian berkaitan dengan suatu fenomena ataupun teori yang dikaji secara ilmiah. Sehingga dapat dinyatakan secara sederhana, jurnal adalah terbitan yang berisi kumpulan artikel ilmiah tentang suatu bidang keilmuan.

BACA JUGA: Cara Mengutip dari Website untuk Karya Tulis yang Benar

Mengenal jenis-jenis jurnal

translate jurnal
Freepik

Terdapat beberapa jenis jurnal ilmiah yang dibagi berdasarkan bentuk terbitan serta cakupan artikelnya. Berikut adalah enam jenis jurnal ilmiah sebagaimana dikutip dari buku Pedoman Penyesuaian dan Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Guru karya Suprayitno via Kumparan.

  • Jurnal penelitian, yaitu jurnal yang berisi karya tulis berupa laporan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti.
  • Jurnal cetak, adalah jurnal yang berisi artikel ilmiah yang ditulis, direpresentasikan, lalu diterbitkan menjadi sebuah buku dalam bentuk cetak.
  • Jurnal elektronik atau jurnal online, adalah publikasi berkala yang berisi kumpulan artikel ilmiah dan diterbitkan dalam bentuk digital. Umumnya jurnal elektronik ini diterbitkan secara daring (online) sehingga juga umum disebut sebagai jurnal online.
  • Jurnal lokal, adalah publikasi berkala yang berisi artikel ilmiah yang merupakan hasil karya sekelompok orang dalam suatu instansi. Umumnya jurnal tersebut juga hanya diterbitkan secara terbatas untuk instansi terkait.
  • Jurnal nasional, adalah jurnal atau publikasi yang memuat kumpulan artikel ilmiah karya penulis atau peneliti dari satu negara yang sama.
  • Jurnal internasional, adalah jurnal yang memuat tulisan ilmiah yang merupakan karya penulis maupun peneliti dari berbagai negara di dunia. Oleh sebab itu, jurnal internasional umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

BACA JUGA: 15 Contoh Artikel Singkat yang Benar & Baik Dengan Beragam Tema

Translate jurnal secara online

Sementara itu, untuk menerjemahkan jurnal secara daring (online), Sedulur bisa memanfaatkan situs penerjemah (translator). Menariknya, sejumlah situs menawarkan layanan penerjemahan dokumen. Hal ini tentu akan memudahkan Sedulur karena tidak perlu melakukan salin dan tempel (copy and paste) isi jurnal untuk menerjemahkannya. Berikut adalah cara translate jurnal Inggris ke Indonesia di laptop secara daring.

1. Cara translate jurnal dengan Google Translate

translate jurnal
Freepik

Situs pertama yang bisa Sedulur gunakan untuk translate jurnal adalah Google Translate. Pada umumnya, orang-orang menggunakan Google Translate dengan cara salin dan tempel (copy and paste) teks yang akan diterjemahkan. Akan tetapi sebenarnya Sedulur juga bisa menerjemahkan jurnal secara utuh dalam bentuk dokumen. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, siapkan dokumen jurnal yang ingin diterjemahkan. Sedulur bisa mengunggah dokumen dalam bentuk .docx, .pdf, .pptx, atau .xlsx dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 10 MB.
  • Kemudian buka situs Google Translate di peramban atau browser pada alamat https://translate.google.co.id/
  • Klik “Documents” atau “Dokumen” yang ada di atas kolom teks.
  • Pilih dokumen jurnal yang sudah disiapkan tadi.
  • Dokumen tersebut secara otomatis akan diterjemahkan dengan hasil terjemahannya akan muncul di tab baru.
  • Untuk menyimpan hasil terjemahan, Sedulur dapat menekan Ctrl+P di keyboard.
  • Setelah muncul jendela baru, klik “Simpan ke PDF” dan “Simpan.”

2. Cara translate jurnal melalui situs DocTranslator

Freepik

Situs berikutnya yang bisa Sedulur gunakan untuk menerjemahkan jurnal adalah DocTranslator. Sama halnya dengan Google Translate, situs ini juga menawarkan layanan penerjemahan dokumen. Sedulur bisa mengunggah dokumen dalam berbagai format, di antaranya adalah .doc, .docx, .xml, .ppt, .pptx, .xls, dan .pdf. Sementara, berikut adalah langkah-langkah translate jurnal di DocTranslator.

  • Pertama, siapkan dokumen jurnal yang ingin diterjemahkan.
  • Buka situs DocTranslator atau ketik alamat https://www.onlinedoctranslator.com/id/translationform di peramban (browser).
  • Gulirkan layar dan klik “Upload file” untuk unggah dokumen jurnal.
  • Setelah dokumen terunggah, atur bahasa yaitu dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia lalu klik “Terjemahkan”
  • Setelah proses selesai, hasil terjemehan dapat langsung Sedulur unduh.

3. Cara translate jurnal dengan Google Drive

iStock

Cara yang ketiga, Sedulur bisa translate jurnal menggunakan Google Drive. Tentu saja untuk menggunakan cara satu ini, Sedulur perlu memiliki akun Google terlebih dahulu. Sebab, akun tersebut yang akan menjadi pintu bagi Sedulur untuk menikmati fitur pada Google Drive. Adapun berikut adalah cara translate jurnal di Google Drive selengkapnya.

  • Pertama, masuk atau log in menggunakan akun Google dan kunjungi Google Drive.
  • Selanjutnya, klik “My Drive” dan pilih “Upload File.” Dalam tahap ini, Sedulur dapat mengunggah dokumen jurnal yang ingin diterjemahkan dalam format PDF.
  • Setelah dokumen terunggah, buka dokumen jurnal tersebut melalui Google Docs dengan cara klik kanan lalu pilih “Buka dengan” dan klik “Google Dokumen”
  • Selanjutnya pada halaman Google Docs, klik “Alat” dan pilih “Terjemahkan Dokumen”
  • Setelah proses menerjemahkan selesai, Sedulur akan diarahkan pada dokumen salinan yang merupakan hasil terjemahan dari dokumen asli.

4. Cara translate jurnal dengan situs DeepL Translator

iStock

Cara yang keempat, Sedulur bisa menerjemahkan jurnal dengan mengakses situs DeepL Translator. Pada situs ini, Sedulur bisa menerjemahkan dokumen dalam format .pdf, .docx, dan .pptx. Berikut langkah-langkah menggunakan DeepL Translator untuk translate jurnal.

  • Pertama, kunjungi situs DeepL Translator atau masukkan alamat https://www.deepl.com/translator.
  • Klik opsi “Translate files” yang ada di atas kolom “Type to translate”
  • Kemudian Sedulur dapat memilih bahasa yang ingin diterjemahkan, pilih bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
  • Berikutnya, klik “Translate document into …” dan tunggu hingga proses menerjemahkan selesai.

BACA JUGA: 7 Contoh Teks Prosedur Singkat Beserta Strukturnya  

Cara translate jurnal lainnya

Selain menerjemahkan jurnal secara daring (online) dengan memanfaatkan situs-situs yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa Sedulur gunakan untuk translate jurnal. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word serta memanfaatkan jasa penerjemah profesional. Berikut penjelasannya.

1. Translate jurnal dengan Microsoft Word

iStock

Cara translate jurnal di Word cukup mudah untuk dilakukan. Terlebih Sedulur bisa melakukannya langsung dari aplikasi Word tanpa perlu mengaksesnya di peramban atau browser. 

  • Pertama, siapkan jurnal yang ingin diterjemahkan. Biasanya jika jurnal tersebut tersimpan dalam format PDF, Word akan menawarkan pilihan untuk mengkonversinya menjadi .doc atau .docx.
  • Kemudian buka dokumen jurnal tersebut di Microsoft Word. Sedulur dapat langsung klik kanan pada dokumen dan pilih “Open with” > “Microsoft Word”
  • Berikutnya klik “Review” lalu pilih “Translate”
  • Atur bahasa terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia pada menu “Set Document Translation Language”
  • Kemudian klik “Translate”
  • Setelah proses menerjemahkan selesai, Sedulur akan mendapati jendela baru berupa dokumen hasil terjemahan.

2. Gunakan jasa penerjemah

iStock

Cara terakhir untuk translate jurnal adalah dengan memanfaatkan jasa penerjemah profesional. Jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, cara satu ini umumnya dapat memberikan hasil terjemahan yang lebih berkualitas karena bukan diterjemahkan secara otomatis oleh mesin. Hanya saja Sedulur perlu merogoh kocek untuk membayar jasa penerjemah.

Itu dia beberapa cara untuk translate jurnal dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Diketahui, Sedulur bisa menerjemahkan jurnal secara offline dengan menggunakan Microsoft Word ataupun secara online dengan memanfaatkan sejumlah situs. Nah, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.