cara mengutip dari website

Apakah Sedulur pernah menulis karya tulis? Dalam menyusun sebuah karya tulis, Sedulur biasanya akan membutuhkan bahan sebagai referensi maupun pendukung fakta yang dipaparkan. Referensi ini bisa diperoleh dari berbagai sumber, termasuk website yang menyajikan informasi terkait topik yang dibahas. Nah, dalam mengutip informasi dari website, Sedulur harus memperhatikan sejumlah hal. Salah satunya ialah cara mengutip dari website yang benar. Sehingga Sedulur bisa menyusunnya sesuai dengan kaidah penulisan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara mengutip dari website? Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Convert JPG ke PDF Mudah, Cepat & Praktis

Pengertian kutipan

cara mengutip dari website
Freepik

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengutip dari website, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu pengertian dari kutipan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kutipan adalah pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri. Sementara itu, Keraf berpendapat bahwa kutipan adalah bagian dari suatu pernyataan maupun pendapat yang telah terdokumentasi. 

Berdasarkan uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian kutipan adalah pengambilalihan suatu kalimat yang bisa berupa pernyataan atau pendapat dari tulisan lain dengan tujuan untuk memperkuat argumen dalam suatu karya tulisan. Kutipan tersebut bisa diambil dari berbagai sumber, mulai dari buku, surat kabar, hingga website atau situs daring.

BACA JUGA: Cara Screen Recorder Windows 10 dengan Mudah

Jenis-jenis kutipan

iStock

Secara umum, kutipan dibedakan menjadi dua kategori berdasarkan cara mengutipnya. Yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Berikut penjelasannya.

  • Kutipan langsung: yaitu pengambilalihan pendapat atau pernyataan orang lain yang ditulis sesuai aslinya. Kutipan langsung ini biasanya digunakan untuk memaparkan definisi mengenai konsep atau istilah tertentu.
  • Kutipan tidak langsung: adalah pengambilalihan ide atau pendapat orang lain yang disampaikan dalam dengan kalimat sendiri sesuai dengan pemahaman seorang penulis. Sehingga, penulis tidak menyalin suatu pernyataan sama persis dengan pernyataan aslinya.

BACA JUGA: Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis Mudah Tanpa Ribet!

Cara mengutip dari website

Selain masalah cara mengutip terkait apakah menggunakan kutipan langsung atau tidak langsung, Sedulur juga perlu memahami soal penulisan sumber kutipan. Dengan begitu, suatu pernyataan dapat dipertanggungjawabkan karena asal-usulnya jelas tertera di dalam karya tulis. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengutip dari website yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara mengutip dari website dengan gaya MLA

Freepik

Gaya kutipan Modern Language Association atau MLA merupakan salah satu cara mengutip dari website yang cukup banyak digunakan. Sedulur bisa menggunakan gaya kutipan MLA sebagai cara mengutip dari website untuk skripsi maupun karya tulis lainnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tuliskan nama penulis dengan menuliskan nama belakangnya terlebih dahulu. Jangan lupa beri tanda koma sebagai pemisah antara nama belakang dan nama depan.
  2. Masukkan judul halaman dan apit dengan tanda kutip. Jangan lupa gunakan huruf kapital untuk huruf pertama pada setiap kata sesuai kaidah penulisan judul.
  3. Tuliskan nama situs atau website yang dikutip dengan format italic atau miring yang diikuti dengan tanggal penerbitan. Perlu diketahui, penulisan nama situs dan tanggal penerbitan dipisahkan dengan tanda koma. Selain itu, tanggal penerbitan tidak ditulis italic.
  4. Cantumkan alamat website atau URL tanpa “http://.”
  5. Tulis tanggal akses terhadap web. Perlu digarisbawahi, penulisan tanggal akses ini dilakukan apabila tanggal penerbitan tidak tersedia. Jangan lupa beri keterangan “Diakses pada” setelah penulisan alamat web serta akhiri entri dengan tanda titik.

Contoh cara mengutip dengan gaya MLA.

  • Claymore, Crystal. “Best-Kept Secrets for Amazing Cupcake Frosting.” Crystal’s Cupcakes, www.crystalscupcakes.com/amazing-frosting. Diakses pada 14 Feb. 2019.

Format penulisan kutipan dengan gaya MLA

  • Nama belakang penulis, Nama depan penulis. “Judul Halaman Web dengan Huruf Kapital pada Huruf Pertama Setiap Kata.” Nama Situs, tanggal Bulan tahun penerbitan, alamat website. Diakses pada tanggal Bulan tahun.

Adapun Sedulur bisa menyisipkan kutipan di dalam teks karya tulis setelah memasukkan pernyataan atau informasi dari situs pada tulisan. Caranya adalah cukup dengan menuliskan nama belakang penulis seperti contoh berikut.

  • Teknik-teknik frosting kue mangkuk terbaik biasanya tidak begitu intuitif (Claymore).

Cara mengutip dari website dengan gaya APA

iStock

Cara mengutip dari website berikutnya menggunakan gaya American Psychological Association atau APA. Jika diperhatikan, kutipan dengan gaya APA terlihat lebih sederhana atau ringkas daripada gaya MLA. Berikut penjelasannya.

  1. Tuliskan nama penulis dengan menuliskan nama belakang terlebih dahulu, sisipkan koma, kemudian masukkan nama depan. Sedulur bisa menuliskan nama agensi, badan, atau organisasi yang mengelola situs apabila tidak terdapat nama penulis.
  2. Tuliskan tahun penerbitan tulisan pada situs atau halaman website. Penulisan tahun penerbitan ini dengan diapit tanda kurung buka dan kurung tutup. Apabila tidak ada keterangan tahun terbit, bisa dituliskan singkatan “n.d.” yakni no date atau tidak ada tanggal.
  3. Masukkan judul halaman website. Perlu diperhatikan bahwa huruf kapital hanya digunakan pada huruf pertama kata pertama dan nama diri.
  4. Tuliskan alamat website atau URL. Sebelum penulisan alamat website, berikan keterangan “Diambil dari.” Selain itu, tidak perlu menggunakan tanda titik setelah penulisan URL.

Contoh cara mengutip dengan gaya APA.

  • Canadian Cancer Society. (2017). Cancer research. Diambil dari http://www.cancer.ca/en/cancer-information/cancer-101/cancer-research/?region=on

Format penulisan kutipan dengan gaya APA.

  • Nama belakang penulis, Nama depan penulis. (Tahun penerbitan). Judul halaman web. Diambil dari alamat situs atau URL

Untuk penulisan kutipan di dalam teks, Sedulur dapat memberikan keterangan nama penulis dan tahun penerbitan. Kutipan tersebut dituliskan setelah kalimat pernyataan yang dikutip. Jangan lupa penulisan nama penulis dan tahun penerbitan diapit dengan tanda kurung buka dan kurung tutup, serta diberi pembatas tanda koma seperti contoh berikut.

  • Percobaan klinis dilakukan untuk menguji penanganan kanker baru (Canadian Cancer Society, 2017).

Cara mengutip dari website dengan gaya Chicago

iStock

Cara mengutip dari website berikutnya bisa menggunakan gaya Chicago. Dalam penulisan kutipan dengan gaya Chicago, Sedulur perlu memperhatikan nama penulis, judul halaman website yang dikutip, nama situs atau organisasi penerbit, tanggal akses, dan alamat web. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Tulis nama penulis dengan format nama belakang ditulis terlebih dahulu, kemudian beri tanda koma dan diikuti nama depan penulis. Jika tidak ada nama penulis, Sedulur bisa menuliskan nama organisasi yang menerbitkan konten tersebut.
  2. Tuliskan judul halaman website dengan format diapit dalam tanda kutip. Jangan lupa perhatikan huruf kapital sesuai dengan kaidah penulisan judul.
  3. Masukkan nama situs atau organisasi penerbit dengan format italic atau ditulis miring.
  4. Tuliskan tanggal penerbitan atau tanggal akses. Perlu digaris bawahi bahwa penulisan tanggal akses harus didahului keterangan “Diakses pada.” Adapun penulisan tanggal menggunakan format bulan-tanggal-tahun.
  5. Cantumkan alamat website atau URL dan akhiri dengan tanda titik.

Contoh cara mengutip dengan gaya Chicago.

  • UN Women. “Commission on the Status of Women.” UN Women. Diakses pada Februari 14, 2019. http://www.unwomen.org/en/csw.

Format penulisan kutipan dengan gaya Chicago.

  • Nama belakang penulis, Nama depan. “Judul Halaman Web.” Nama Situs Web atau Organisasi Penerbit. Diakses pada Bulan tanggal, tahun. Alamat website atau URL.

BACA JUGA: 5 Cara Edit PDF Mudah dan Cepat Lewat HP & Laptop

Cara mengutip dari website tanpa penulis

iStock

Pertanyaan yang kerap muncul ketika mengutip dari website adalah: bagaimana jika tidak ada nama penulis?

Caranya mudah saja, Sedulur dapat mengganti bagian kolom nama penulis dengan nama institusi atau badan yang mengelola situs yang menjadi sumber referensi. Di sisi lain, Sedulur juga bisa menggunakan nama website sebagai pengganti nama penulis. Adapun aturan penulisannya cukup mengikuti gaya yang digunakan, apakah gaya kutipan MLA, APA, atau Chicago. 

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah contoh cara mengutip dari website tanpa penulis.

Gaya MLA:

  • The Purdue OWL Family of Sites. The Writing Lab and OWL at Purdue and Purdue U, 2008, owl.purdue.edu/owl/purdue_owl.html. Diakses pada 29 Okt. 2018.

Gaya APA

  • Canada: Education structure. (2018). Dalam Global road warrior. Diakses pada 17 Februari 2018, dari http://www.globalroadwarrior.com/#mode=country&regionId=27&uri=country-content&nid=62.18&key=country-ed-structure

Gaya Chicago

  • Financial Accounting Standards Board. Financial Accounting Foundation. https://www.fasb.org/home. (Diakses pada 29 Oktober 2018).

Cara mengutip dari website berita

Unsplash

Sedulur mungkin pernah menggunakan laman atau website berita daring (red: dalam jaringan, online) sebagai referensi dalam karya tulis ilmiah. Lantas, bagaimana cara mengutip dari website berita?

Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata tidak ada perbedaan antara cara mengutip dari website berita dengan situs atau laman lain. Termasuk cara mengutip dari website pemerintah maupun situs milik organisasi atau badan resmi lainnya seperti Badan Kesehatan Dunia atau WHO dan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Sehingga, Sedulur dapat menyesuaikan kebutuhan maupun aturan yang berlaku dalam penulisan karya tulis. Selain itu juga dapat memilih apakah menggunakan gaya kutipan MLA, APA, ataupun Chicago.

Contoh cara mengutip dari situs berita dengan gaya APA

  • Alpert, A. (2019, Februari 20). The good-enough life: The desire for greatness can be an obstacle to our own potential. The New York Times. Diambil dari https://www.nytimes.com

Demikian tadi pembahasan mengenai cara mengutip dari website. Dapat diketahui bahwa terdapat beragam gaya dalam terkait cara mengutip dari website resmi maupun dari website atau situs lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur dalam memahami masalah mengutip dari sumber daring, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.