torpedo kambing

Seperti yang telah diketahui, masyarakat Asia termasuk Indonesia itu sering mengonsumsi hampir semua bagian tubuh hewan. Dari sekian banyak bagian tubuh hewan yang ‘tidak biasa’, salah satu bagian yang paling banyak disukai adalah testikel kambing atau yang sering disebut torpedo kambing.

Banyak yang percaya jika ada banyak manfaat torpedo kambing, salah satunya yakni untuk meningkatkan vitalitas. Jadi tidak heran jika bagian tubuh kambing tersebut kerap diburu oleh para pria, agar bisa menjadi lebih perkasa saat di atas ranjang.

Lalu sebenarnya torpedo kambing itu apa? Apakah bagian tersebut halal untuk dikonsumsi? Apa efek samping memakannya? Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan & Cara Pakai

Apa itu torpedo kambing?

torpedo kambing
detik

Seperti yang tadi sudah dikatakan, torpedo kambing adalah bagian organ testikel atau testis kambing. Organ tersebut berfungsi untuk mereproduksi sel sperma dan testosteron. Jika tidak ada organ tersebut, tentu saja kambing tidak akan bisa membuahi betina.

Sudah sejak lama, kuliner torpedo kambing itu dicari oleh banyak orang terutama kaum pria. Hal ini karena bagian tersebut dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pada seorang pria. Jadi tidak heran lagi, jika banyak pria yang berebut torpedo seperti saat penyembelihan qurban di Hari Raya Idul Adha.

Apa torpedo kambing bisa meningkatkan vitalitas pria?

torpedo kambing
pexels

Karena testis kambing menjadi tempat di mana hormon testosteron diproduksi, membuat banyak orang beranggapan jika kadar testosteron pada kambing tersebut yang membuatnya bisa meningkatkan vitalitas pria.

Menurut penelitian yang dirilis oleh Turkish Journal of Veterinary and Animal Sciences pada tahun 2015, mengungkapkan jika kadar serum testosteron pada kambing atau domba berusia 9-17 bulan yakni berkisar antara 1,83-13,28 ng/mL.

Anggapan tersebut yang konon membuat banyak orang percaya manfaat torpedo kambing bagi pria. Dengan mengonsumsi torpedo, orang-orang berharap kadar testosteron pria semakin bertambah. Sehingga gairah seksual (libido) dan produksi sel sperma bisa meningkat.

Namun, sayangnya manfaat tersebut hampir dipastikan hanyalah mitos belaka. Ya, sampai saat ini belum ada penelitian yang mempelajari tentang hubungan kandungan testis kambing dengan peningkatan vitalitas dan stamina pria saat di atas ranjang.

Apa torpedo kambing bisa menyebabkan penyakit jantung?

torpedo kambing
pexels

Selain anggapan tentang manfaat untuk meningkatkan vitalitas pria, ada juga anggapan lain yang mengatakan jika testis kambing bisa memicu penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner. Hal ini karena bagian jeroan kambing termasuk testis itu mengandung lemak jenuh.

Melansir dari Nutrition Value, setiap 100 gram testis domba New Zealand mentah memiliki kandungan lemak jenuh sebanyak 0,8 gram.  Walaupun belum ada data mengenai kandungan nutrisi dalam torpedo kambing yang biasa dikonsumsi di Indonesia, diperkirakan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Perlu untuk Sedulur tahu, jika lemak jenuh itu bisa memicu penyakit jantung. Pasalnya, jenis lemak tersebut memicu peningkatan kadar lemak low-density lipoprotein alias kolesterol jahat di dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak sarankan untuk mengonsumsi torpedo dalam jumlah yang terlalu banyak.

BACA JUGA: Ragam Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) Melawan Penyakit

Torpedo kambing halal atau haram?

diyadinnet

Mengutip dari Nu Online, ulama dari kalangan Madzhab Hanafi berpendapat jika setidaknya ada 7 bagian yang diharamkan dari hewan yang halal dimakan seperti kambing. Bagian-bagian tersebut adalah kemih, darah yang mengalir, dua testis, alat kelamin, ghuddah, kelamin betina, serta kandung empedu.

Hal itu didasarkan pada hadits riwayat Mujahid yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai ketujuh bagian dari hewan tersebut. Akan tetapi, menurut keterangan yang ada di dalam kitab Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab yang ditulis Muhyiddin Syarf An-Nawawi, menganggap hadits riwayat Mujahid di atas sebagai hadits yang lemah. Jadi hadits tersebut tidak dapat dijadikan sebagai dasar hukum.

Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa torpedo kambing itu halal untuk dikonsumsi. Hal ini dikemukakan oleh ulama dari kalangan Madzhab Syafi’I, serta riwayat Ibnu Habib dari kalangan ulama Madzhab Maliki.

Cara memasak torpedo kambing yang benar

pexels

Nah, sekarang tergantung Sedulur sendiri, ingin percaya jika torpedo kambing itu haram, atau menganggapnya sebagai makanan yang halal. Bagi Sedulur yang menganggapnya halal dan ingin memasaknya, ikuti langkah-langkah berikut ini terlebih dahulu.

  1. Cuci terlebih dahulu torpedo sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian rebus dalam air mendidih sampai bau menyengatnya hilang.
  3. Sedulur bisa menambahkan beberapa bumbu dapur seperti kunyit dan lengkuas saat merebus, agar bau khasnya lebih cepat hilang.
  4. Jika proses perebusan sudah selesai, angkat dan diamkan dulu beberapa saat sebelum diolah menjadi hidangan yang diinginkan.

Cara meningkatkan libido yang aman

pexels

Kembali ke pembahasan tentang vitalitas pria, Sedulur tidak harus dengan mengonsumsi torpedo kambing untuk meningkatkannya. Sedulur bisa mencoba beberapa cara meningkatkan libido lain, yang tentunya lebih aman dan sudah teruji secara ilmiah. Di antaranya, adalah sebagai berikut ini.

  • Istirahat yang cukup.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makan sayuran dan buah-buahan.
  • Rajin dan rutin berolahraga.
  • Melakukan pemanasan sebelum berhubungan.

BACA JUGA: 15 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ajaib untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa informasi mengenai torpedo kambing yang katanya bisa meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria. Walaupun fakta tersebut tidak bisa dibuktikan, namun bagian tersebut tetap aman dimakan dengan catatan tidak berlebihan.

Bagi Sedulur ingin memasaknya di rumah, harga torpedo kambing ini cukup bervariasi. Mulai dari Rp50-an ribu hingga Rp150-an ribu. Setelah mendapatkan bahan utama tersebut, Sedulur bisa mencari bumbu dan bahan-bahan yang lain di Aplikasi Super.