Studi Banding

Pernahkah Sedulur melakukan studi banding (studi komparatif) ke sekolah atau ke institusi lain pada saat masih berstatus sebagai pelajar dulu? Ya, kegiatan tersebut lazim dilakukan oleh sekolah-sekolah untuk mengunjungi berbagai tempat baru untuk mencari ilmu dan pengalaman pembelajaran di luar kelas.

Tidak hanya terbatas pada sekolah saja, institusi lainnya seperti perusahaan, yayasan, dan sebagainya juga dapat mengadakan studi komparatif yang sesuai dengan visi dan misinya. Walaupun begitu, studi komparatif bagi para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah rasa-rasanya menjadi sangat penting karena berbagai ilmu dan pengalaman yang didapatkan akan bermanfaat untuk keberlangsungan pendidikan mereka.

Pada artikel ini, kita berkesempatan untuk mengulas mengenai pengertian dari studi banding dan juga beberapa manfaat dari kegiatan menyenangkan tersebut. Yuk, simak ulasannya di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik yang Nyaman dan Empuk

Pengertian studi banding

studi banding
Depositphotos

Secara garis besar, studi banding dapat dipahami sebagai upaya pembelajaran dengan membandingkan segala aspek yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar. Dari pengertian tersebut, Sedulur tentunya akan menyadari bahwa studi komparatif merupakan acara yang bermanfaat bagi para pelajar. Lantas, apa saja manfaat dari studi komparatif ini?

Manfaat studi banding untuk pelajar

Topik pertama yang akan kita bahas adalah manfaat dari studi banding. Kegiatan ini sering sekali dimunculkan sebagai sarana rekreasi dan refreshing untuk para siswa. Namun, tak hanya itu saja, tapi ada beberapa manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan pada saat mengikuti kegiatan studi banding sekolah.

1. Memperluas perspektif

studi banding
Depositphotos

Manfaat pertama yang akan para pelajar dapatkan dari kegiatan studi komparatif ke sekolah atau institusi lain adalah untuk memperluas perspektif mereka sendiri. Kegiatan ini bukan hanya sekedar membanding-bandingkan dua buah entitas saja. Akan tetapi lebih daripada itu, para pelajar sekolah dapat melihat dunia luar dengan luas.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, proses pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan hanya berfokus pada mata pelajaran di dalam kelas saja. Pembelajaran di luar kelas juga diperlukan untuk memahami kehidupan sosial masyarakat, keagamaan, moral, dan juga budaya.

BACA JUGA: Mengenal Kepribadian Melankolis: Ciri-Ciri, Sifat & Kelebihannya

2. Riset ke sekolah atau institusi lain

studi banding
Depositphotos

Studi komparatif yang dilakukan ini juga akan berperan sebagai riset untuk membandingkan objek. Dalam hal ini, sekolah dapat mengevaluasi dan memperbaiki kekurangannya sebagai hasil dari riset ke sekolah atau institusi lain.

Dengan terus melakukan evaluasi sekolah, mutu pendidikan di negara kita secara tidak langsung akan berkembang lebih pesat. Hal tersebut sangat tepat dengan pengertian dari studi banding, kegiatan belajar yang dilakukan di tempat dan lingkungan berbeda dengan maksud peningkatan kualitas, evaluasi sistem, penentuan kebijakan baru, dan lain-lain.

BACA JUGA: 10 Model Tiang Teras Kotak Terbaik untuk Percantik Hunianmu

3. Studi banding sebagai motivasi

Depositphotos

Studi komparatif juga dapat menjadi ajang untuk meningkatkan motivasi. Dengan melihat keadaan dan juga kemajuan yang telah diraih oleh sekolah atau institusi lain, tentu hal tersebut akan menumbuhkan niat untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Jika kita tidak pernah ‘menengok keluar’ tentang keberhasilan pihak lain, maka kita tidak akan pernah berkembang.

Maka dari itu, studi komparatif adalah kegiatan yang baik untuk dilaksanakan berbagai pihak, terutama sekolah. Ketertinggalan hari ini perlu kita sadari dan kita perjuangkan demi pendidikan yang akan berdampak pada kemajuan bangsa dan negara. 

4. Membangun relasi yang kuat

Depositphotos

Salah satu manfaat lain yang bisa didapatkan dari kegiatan studi banding adalah membangun relasi yang kuat. Institusi yang dikunjungi akan berhubungan dengan Sedulur dan saling membantu untuk memajukan kualitas institusi satu sama lain.

5. Studi banding sebagai alternatif kegiatan refreshing

Depositphotos

Studi banding dapat dijadikan sarana alternatif kegiatan refreshing. Alih-alih hanya berwisata, Sedulur dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang sama menyenangkannya dengan melakukan studi komparatif ke tempat-tempat jauh.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat dari definisi studi banding dan juga manfaat-manfaat yang akan diperoleh para pelajar ketika mengikuti kegiatan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.