Melankolis adalah satu diantara empat tipe kepribadian dasar yang dimiliki manusia, selain plegmatis, koleris, dan sanguinis. Semua tipe kepribadian ini terbentuk sejak manusia lahir dan tidak akan berubah, yang didasarkan pada proses dalam batang otak dan menentukan bagaimana reaksi seseorang dalam menghadapi suatu situasi.

Banyak yang menyangkut pautkan tipe kepribadian melankolis dengan sikap yang terlihat galau, sedih, dan depresi. Namun, sebenarnya tipe kepribadian ini merupakan kepribadian yang bersifat tenang, sangat berhati-hati dalam memutuskan, dan berorientasi pada detail.

Agar lebih paham mengenai kepribadian melankolis, mari simak artikel berikut ini. Sedulur bisa lebih mengerti apa itu melankolis dengan melihat ciri-ciri dan karakternya.

BACA JUGA: Tes MBTI: Pengertian, Penerapan & Macam Tipe Kepribadiannya

-->

Apa itu tipe kepribadian melankolis?

melankolis adalah
iStock

Melankolis adalah salah satu tipe kepribadian yang secara umum dikenal dengan “temperamen kulit hitam”. Hal ini karena melankolis dianggap terus-menerus tersiksa oleh suasana hati yang gelap sehingga tidak ada warna lain lagi yang bisa menggambarkan temperamen ini.

Meskipun dikatakan demikian, namun yang harus dipahami adalah penilaian temperamen ini tidak bisa dinilai secara akurat jika hanya mengandalkan observasi saja. Diperlukan penilaian yang lebih jauh untuk bisa menentukan apakah seseorang adalah sosok melankolis atau tidak.

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian melankolis seringkali mendapatkan julukan perfeksionis. Mereka adalah orang yang berbakat dan kreatif, setia, hati-hati dalam berteman, serius, memiliki standar tinggi, berorientasi pada jadwal, teratur dan rapi, serta merupakan seseorang yang analitis.  

Tak hanya melekat sifat yang baik, seorang melankolis juga memiliki citra diri yang rendah, mudah tertekan, merasa terusik dengan orang yang berbuat keributan, dan seringkali mencari-cari kesulitan padahal ada hal lebih mudah yang bisa dilakukan. 

Pengertian menurut para ahli

melankolis adalah
iStock

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, melankolis adalah kata sifat yang menjelaskan akan pembawaan lamban, pendiam, murung, sayu, sedih, dan muram. Orang dengan kepribadian ini memiliki kecenderungan sifat-sifat di atas, seperti mudah merasa tertekan jika berada di suasana yang bising dan kekacauan. 

Agar lebih paham, simak pengertian menurut para ahli berikut ini. Menurut Wiena dalam jurnal Program Studi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha, melankolis dapat dipahami dalam dua arti berbeda.

Pertama, sebagai kata sifat, melankolis adalah sikap yang terasa seperti dihinggapi suatu penyakit, dimana mereka ditandai dengan kemurungan jiwa, penuh pengertian, sadar, tertekan, dan merenung. 

Sedangkan yang kedua, sebagai kata benda, melankolis adalah pandangan hidup yang terlihat muram, murah hati, penuh tekanan, memiliki keprihatinan, kuno, dan cenderung memiliki kebiasaan untuk memperpanjang sesuatu. 

Sementara itu, dilansir dari Jurnal Dinamika Manajemen Universitas Negeri Semarang oleh Vicky Dwi Saputra dan Ahyan Yuniawan, orang dengan kepribadian melankolis adalah orang yang memiliki obsesi dengan karya yang paling bagus. Keduanya menyimpulkan hal ini karena melihat banyaknya seniman yang memiliki tipe kepribadian melankolis. 

BACA JUGA: Mengenal Tes DiSC dan Tipe-Tipe Kepribadiannya

Sifat yang menjadi ciri-ciri orang melankolis

Ada beberapa sifat yang menjadi ciri-ciri seseorang dengan tipe kepribadian melankolis. Berikut adalah penjelasannya.

1. Bersikap Tenang

melankolis adalah
iStock

Orang dengan tipe kepribadian melankolis memiliki kontrol diri yang baik terhadap kadar serotonin dalam tubuh secara alami. Hal itu akan membuat mereka mampu mengontrol sikap dan tidak menjadi orang yang agresif. Bahkan, dalam suasana apapun, mereka akan tetap terlihat tenang, baik sedang senang ataupun sedang dalam kondisi tertekan. 

2. Detail

Ciri berikutnya adalah kecenderungan yang membuat mereka bisa mengingat sesuatu dengan lebih detail atau spesifik daripada tipe kepribadian yang lainnya. Mereka bisa sangat pandai jika diminta mengingat nomor, jam, tanggal, sehingga sangat tepat dan akurat saat menyusun suatu agenda. Orang bertipe kepribadian ini juga sangat menyukai menata sesuatu, karena itulah keahlian yang mereka miliki. 

3. Setia

Dilihat dari sisi kesetiaan, orang melankolis bisa dianggap menang. Mereka memiliki sifat yang cenderung setia, baik dalam melakukan sesuatu ataupun dalam menjalin sebuah hubungan. Mereka bisa melakukan sesuatu yang sama dalam waktu yang lama secara rutin.

Mereka juga tidak mudah berganti-ganti atau berpindah-pindah dalam berbagai hal, apalagi jika sudah mendapatkan kenyamanan dari seseorang ataupun pada suatu posisi. Pribadi ini memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi kepada siapapun, baik keluarga, teman, rekan kerja, maupun atasan.

Sifat setia ini bahkan bisa digolongkan dalam kesetiaan seumur hidup. Apalagi, mereka sangat cepat berkomitmen dan membuat janji dengan orang-orang yang mereka hormati dan percayai. Tak hanya itu, mereka juga akan konsisten memenuhi hingga melampaui harapan orang yang mereka sayangi. 

4. Urut

melankolis adalah
iStock

Selain detail, orang melankolis juga menyukai keteraturan, urutan dan prosedur. Mereka cenderung bersifat taat pada aturan yang sudah berlaku dan tidak terlalu suka melakukan sesuatu dengan hal baru atau bebas. Jadi, mereka akan sebisa mungkin mengikuti apa yang sudah tersusun rapi dan tertib dalam menjalankannya. 

5. Kreatif

Seperti penjelasan para ahli di atas, biasanya tipe kepribadian ini dimiliki oleh seorang seniman, penulis, musisi, ataupun orang-orang yang memiliki pola pikir kreatif. Sifat kreatif ini akan membuat mereka bisa menemukan cara-cara yang tidak biasa untuk bisa menunjukkan rasa peduli kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

Seseorang yang melankolis juga dikenal karena seringkali berpikiran out of the box, dan kreativitas tersebut bisa meluas ke setiap bidang kehidupan mereka. Tak hanya itu, dalam mengatasi masalah yang kompleks, mereka juga akan menemukan proses dan cara inovatif yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. 

BACA JUGA: Mengenal Ciri Kepribadian Introvert dan Cara Mengatasinya

6. Memiliki Standar Tinggi

melankolis adalah
iStock

Oleh karena seorang melankolis menyukai hidup yang teratur, rapi, dan urut, maka mereka juga memiliki standar yang tinggi dalam hidupnya. Seringkali, mereka memiliki jadwal harian yang harus ditaati dengan baik atau sempurna. Jika tidak, mereka akan kecewa dan merasa bersalah.

Mereka pun merasa memiliki standar yang tinggi terhadap segala sesuatu, termasuk untuk dirinya sendiri. Dengan begitu, orang-orang dengan tipe kepribadian melankolis biasanya akan memiliki tujuan yang jelas hingga langkah-langkah yang detail guna mendapatkan tujuan tersebut.

7. Perfeksionis

Dari beberapa sifat di atas, dapat diketahui bahwa tipe kepribadian ini akan cenderung perfeksionis. Mereka sering kali memiliki gagasan khusus dan harus menyelesaikannya dengan cara sesempurna mungkin. Lagi-lagi, jika hasilnya tidak dirasa sempurna, mereka bisa marah dan kecewa. 

8. Penyabar

Tak bisa dipungkiri, seseorang dengan tipe kepribadian melankolis adalah seorang penyabar yang handal. Mereka sebisa mungkin akan menikmati semua momen yang ada dan tidak merasa terburu-buru. Misalnya saat sedang menunggu antrean panjang ataupun menunggu orang lain saat berbicara. 

9. Memahami keterbatasan

melankolis adalah
iStock

Dengan sifat alami yang cenderung perfeksionis dan analitis, mereka akan memahami keterbatasan. Mereka akan tahu batasan diri sendiri dan tidak akan mengambil apapun lebih dari yang mereka bisa lakukan.  

Oranf melankolis sangat paham betul apa yang bisa dan tidak bisa mereka capai. Jika memang ada orang lain yang meminta mereka melampaui apa yang mereka bisa, mereka tidak akan takut untuk mengatakan bahwa mereka tidak mampu mengerjakan tugas tersebut. Hal ini ternyata juga membuat mereka selalu bisa memenuhi target dengan waktu yang wajar. 

10. Nyaman dengan prediksi

Jika banyak orang menyukai kejutan, maka orang melankolis akan lebih nyaman dengan sesuatu yang bisa diprediksi. Mereka lebih menyukai hidup yang sudah diatur sejak awal atau mudah ditebak dan diprediksi. Hal ini karena sesuatu yang diluar rencana seringkali membuat mereka merasa tidak nyaman. 

11. Tidak menyukai distraksi

Dengan sifat yang taat aturan dan tertib, seorang melankolis akan sangat tidak menyukai distraksi. Jika ada hal yang mengganggu mereka dalam pola atau aturan yang sudah ada sejak lama, mereka akan merasa tidak nyaman. Dengan begitu, mereka akan sebisa mungkin menyingkirkan distraksi tersebut untuk kembali ke keteraturan. 

BACA JUGA: 20 Fakta Anak Pertama dari Sifat Hingga Kepribadiannya!

12. Berorientasi pada tujuan

melankolis adalah
iStock

Selain detail, seseorang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung berorientasi pada tujuan. Dengan keterampilan analitis yang mereka miliki, akan sangat mungkin jika mereka bisa melihat setiap hasil potensial dari situasi tertentu. Hasilnya, mereka akan merasa mudah dalam menetapkan dan mempertahankan tujuan jangka panjang. 

Sifat ini juga akan membuat mereka lebih suka berpegang pada rencana dan mencapai tujuan mereka sesuai dengan kerangka waktu yang telah ditentukan. Bisa dibilang, orang melankolis adalah sosok perencana yang efisien dan akurat dalam memenuhi tenggat waktu.

13. Percaya diri

Dengan sifat-sifat yang dimiliki seseorang bertipe kepribadian melankolis, maka mereka akan memiliki rasa percaya diri saat akan melakukan sesuatu. Hal ini juga disebabkan karena mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan sejak awal sesuai dengan rencana yang sudah disusun. 

14. Pola pikiran

melankolis
iStock

Sosok orang melankolis memiliki kecenderungan untuk menganalisis situasi dan masalah yang ada. Mereka mungkin saja menjadi cepat menyela selama percakapan dengan orang lain karena kecenderungan yang intens secara emosional. Bahkan, jika berada dalam situasi sosial, mereka bisa saja langsung melompat ke kesimpulan atau kecurigaan yang tidak memiliki dasar. 

Pola pikir yang negatif juga seringkali menjadi semakin buruk dengan kecenderungan terlalu banyak berpikir yang mereka lakukan. Hal ini membuat orang melankolis merupakan sosok yang tidak aktif karena memiliki refleksi diri yang berlebihan maupun penyesalan tentang masa lalu.

15. Mencintai kerapian

Orang melankolis cenderung mencintai kerapian. Hal ini dapat dilihat sekilas dari lemari pakaian atau meja kerja seseorang yang melankolis. Adanya ketidakteraturan atau sesuatu yang berantakan akan menjadi suatu distraksi dan membuat mereka merasa terganggu.

Meskipun nampak sangat ekstrem, namun hal ini adalah bawaan dari tipe kepribadian ini. Jangan kaitkan kerapian yang ada pada diri seorang melankolis dengan gangguan yang sering kali dikenal sebagai obsessive compulsive disorder (OCD).

Karakter tipe kepribadian melankolis

melankolis adalah
iStock

Karakter tipe kepribadian seorang melankolis dapat dilihat dari sifat yang suka mengatur dan tidak mau kalah. Mereka akan cenderung introvert dan menyukai hal-hal di belakang layar atau tidak mau menjadi sorotan dan perhatian orang lain.

Jika dilihat dari segi hubungan, sosok melankolis akan menempatkan diri sebagai orang yang bisa mendengarkan dan memperhatikan pasangan dengan baik. Jika dilihat dari sisi hierarki, maka pribadi melankolis akan sangat setia dalam menjalankan pengabdian. 

BACA JUGA: Tips & Cara untuk Kamu Agar Menjadi Orang yang Lebih Mandiri

Kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian melankolis

Setiap kepribadian tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula kepribadian melankolis ini. Sifat-sifat yang dimiliki tidak akan bisa membuat semua orang nyaman, maka sebagai makhluk sosial, rasa saling menghargai sangatlah penting. 

Kelebihan tipe kepribadian melankolis

melankolis
iStock

Orang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung memiliki kelebihan, sebagai berikut.

  • Berorientasi pada jadwal
  • Artistik dan kreatif
  • Penuh pemikiran
  • Analitis
  • Serius
  • Tertib dan teratur
  • Hemat
  • Solutif
  • Terperinci
  • Hati-hati
  • Konsisten
  • Sensitif
  • Idealis
  • Perfeksionis

Kekurangan tipe kepribadian melankolis

melankolis adalah
iStock

Sementara itu, seorang melankolis juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Pendendam
  • Terkadang rendah diri
  • Mengingat detail yang negatif
  • Sulit mengekspresikan perasaan
  • Sering curiga
  • Skeptis
  • Tertekan karena ketidaksempurnaan
  • Sering merasa bersalah
  • Sering terlalu fokus pada prosedur ketimbang hasil akhir
  • Sulit merasa puas karena standar terlalu tinggi
  • Sulit bersosialisasi karena orang menganggap mereka membosankan
  • Suka mengkritik
  • Haus validasi
  • Cenderung berpandangan negatif dalam melihat masalah
  • Terlalu menganalisis segala hal

Nah, itulah penjelasan mengenai kepribadian melankolis. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa melankolis adalah salah satu dari empat tipe kepribadian dasar manusia. Kepribadian ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan, sama halnya dengan tipe kepribadian lain. Jadi, sebagai sesama manusia, sikap saling menghargai sangatlah penting.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.