simetri putar

Bangun datar merupakan salah satu istilah dalam matematika. Materi ini dibahas dalam bidang geometri. Secara sederhana, bangun datar merupakan sebuah bangun dua dimensi dengan ciri memiliki permukaan datar yang terbentuk dari garis dan titik. Ciri lainnya yaitu memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Secara sederhana, simetri putar adalah jumlah putaran yang bisa dilakukan oleh sebuah bangun datar, sehingga kembali ke bentuk semula. Sementara simetri lipat adalah jumlah lipatan, dengan syarat lipatan tersebut membagi dua sama besar. Berikut adalah pembahasan mengenai simetri pada bangun datar selengkapnya. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Rumus Peluang Beserta Cara Menghitung & Contoh Soalnya

Mengenal bangun datar

simetri putar
Freepik

Sebelum membahas mengenai simetri putar dan simetri lipat lebih jauh, tidak ada salahnya Sedulur mencari tahu terlebih dahulu tentang apa itu bangun datar. Sebab pemahaman tentang bangun datar akan membantu Sedulur untuk lebih mudah dalam memahami masalah simetri.

Sebagaimana yang telah disinggung pada bagian pembuka, bangun datar adalah bangun dua dimensi. Bangun datar memiliki ciri utama yakni merupakan bangun yang memiliki permukaan datar yang dibentuk oleh garis dan titik. Perlu diketahui, terdapat bangun datar yang dibentuk oleh garis lurus, ada pula yang dibentuk oleh garis lengkung.

Contoh bangun datar yang dibentuk oleh garis lurus adalah persegi, persegi panjang, segitiga, dan jajar genjang. Sementara contoh bangun datar yang dibentuk oleh garis lengkung adalah lingkaran.

Ciri-ciri bangun datar

Setiap bangun datar memiliki sejumlah ciri-ciri atau sifat yang berbeda. Hal ini dilihat dari sejumlah kategori, di antaranya adalah kepemilikan atau jumlah sisi, diagonal, sudut, dan sumbu simetri. Adapun pada tulisan ini akan difokuskan pada masalah simetri, terutama mengenai simetri putar dan simetri lipat bangun datar.

BACA JUGA: Penemu Matematika Beserta Biografi Singkatnya

Pengertian simetri

simetri putar
Freepik

Setelah memahami apa itu bangun datar beserta ciri-cirinya, Sedulur dapat mulai mempelajari soal simetri putar. Namun, sebelum ini mari kita cari tahu pengertian dari simetri. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simetri memiliki arti seimbang yang berkaitan dengan masalah bentuk, ukuran, dan sebagainya. Selain itu, simetri juga berarti selaras.

Sementara, dalam bidang geometri, simetri merujuk pada transformasi yang diterapkan pada sebuah bangun datar. Dengan kata lain, suatu bangun datar dikatakan simetri apabila bangun tersebut dapat saling menutupi atau berhimpit ketika dilipat maupun diputar. Adapun sifat simetris ini dapat ditandai dengan garis atau sumbu simetri.

Pengertian simetri putar

simetri putar
Kumparan

Simetri ini merujuk pada jumlah putaran yang dapat dilakukan oleh sebuah bangun datar. Perlu diperhatikan bahwa terdapat ketentuan yakni bangun datar tersebut harus membentuk pola perputaran yang sama pada saat sebelum diputar, tapi tidak kembali pada posisi awal.

Di sisi lain, sebuah bangun datar dikatakan memiliki simetri ini apabila bangun tersebut memiliki satu titik pusat. Nantinya titik pusat tersebut akan menjadi acuan perputaran, di mana ketika bangun tersebut diputar kurang dari satu putaran penuh, akan kembali ke bentuk semula. Contoh simetri putar dapat Sedulur lihat pada gambar di atas.

Cara menentukan simetri putar

simetri putar
Pixabay

Setelah mengetahui pengertiannya, Sedulur tentu ingin tahu bagaimana cara menentukan simetri ini. Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat 4 langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui jumlah simetri putar dari sebuah bangun datar. Berikut penjelasannya.

  • Pertama, tentukan titik pusat putaran dari bangun datar yang ingin diuji. Titik pusat tersebut ditentukan berdasarkan perpotongan sumbu simetri dari bangun datar.
  • Kedua, gambar bangun datar yang sama di atas sebuah kertas. Sedulur bisa menggambar dengan menjiplak bentuk bangun datar untuk memperoleh bentuk dan ukuran yang sama. Selanjutnya, jiplakan tersebut digunakan sebagai alas saat memutar.
  • Ketiga, tandai setiap sudut bangun datar. Sedulur bisa memberi tanda berupa huruf, misalnya A, B, dan C untuk bangun datar segitiga.
  • Terakhir, putar bangun datar dan hitung berapa simetrinya. Caranya adalah dengan memutar bangun datar di atas alas yang sudah dibuat. Putar sejauh 360 derajat dan perhatikan berapa kali bangun tersebut menempati alasnya secara tepat.

BACA JUGA: Jajar Genjang: Pengertian, Sifat, Rumus & Contoh Soalnya

Pengertian simetri lipat

Brainly

Selain dari perputaran, ciri atau sifat sebuah bangun datar juga dapat dilihat berdasarkan kepemilikan simetri lipatnya. Jika jenis putar merujuk pada perputaran sebuah bangun datar, simetri lipat adalah jumlah lipatan pada suatu bidang datar. Lipatan pada bidang datar ini memiliki ketentuan yaitu harus membagi dua bagian dengan ukuran sama besar. 

Jenis putar menggunakan titik pusat sebagai acuan. Sementara simetri lipat dapat menggunakan acuan berupa sumbu simetri yaitu sebuah garis yang dapat membagi bangun datar menjadi dua bagian sama besar.

Cara menentukan simetri lipat

Brainly

Telah diketahui bersama bahwa simetri lipat adalah jumlah lipatan pada sebuah bidang datar. Sementara itu, cara untuk menentukan atau menghitung simetri lipat adalah sebagai berikut.

  • Pertama, tentukan sumbu simetri bangun datar yang ingin dihitung jumlah simetri lipatnya. Caranya, membagi bangun datar menjadi dua bagian yang sama bentuk dan ukurannya.
  • Kedua, Sedulur dapat melipatnya dengan mengikuti sumbu lipatnya untuk memastikan bangun tersebut benar terbagi dua sama besar. Nah, jumlah simetri lipat akan ditunjukkan lewat jumlah lipatan atau jumlah sumbu lipatnya.

BACA JUGA: Rumus Keliling Persegi Panjang Beserta Contoh Soalnya

Perbedaan simetri lipat dan simetri putar

Pixabay

Perbedaan lipat dan putar dapat dilihat berdasarkan pengertiannya seperti yang telah dipaparkan pada poin-poin sebelumnya. Diketahui, simetri lipat adalah jumlah lipatan pada sebuah bangun datar. Selain itu, simetri lipat merujuk pada pembagian bangun datar menjadi dua bagian yang sama bentuk dan sama besarnya. Sementara, simetri putar adalah jumlah putaran yang dilakukan oleh sebuah bangun datar. Putaran itu dilakukan dengan mengacu pada satu titik pusat yang berada tepat di tengahnya.

Daftar simetri bangun datar

Freepik

Bangun datar terdiri atas beragam bentuk, mulai dari yang terbentuk dari garis lurus seperti persegi dan persegi panjang, hingga yang terbentuk dari lengkungan seperti lingkaran. Berikut ini adalah daftar bangun datar beserta ciri-cirinya yang ditinjau dari jumlah perputaran dan lipatannya.

1. Persegi

  • Simetri putar persegi ada empat
  • Simetri lipat persegi ada empat

2. Persegi panjang

  • Simetri putar persegi panjang ada dua
  • Simetri lipat persegi panjang ada dua

3. Segitiga sama sisi

  • Simetri putar segitiga sama sisi ada tiga
  • Simetri lipat segitiga sama sisi ada tiga

4. Segitiga sama kaki

  • Simetri putar segitiga sama kaki ada satu
  • Simetri lipat segitiga sama kaki ada satu

5. Segitiga siku-siku

  • Simetri putar segitiga siku-siku ada satu
  • Simetri lipat segitiga siku-siku tidak ada

6. Segitiga sembarang

  • Simetri putar segitiga sembarang tidak ada
  • Simetri lipat segitiga sembarang tidak ada

7. Belah ketupat

  • Simetri putar belah ketupat ada dua
  • Simetri lipat belah ketupat ada dua

8. Jajar genjang

  • Simetri putar jajar genjang tidak ada
  • Simetri lipat jajar genjang tidak ada

9. Layang-layang

  • Simetri putar layang layang tidak ada
  • Simetri lipat layang-layang ada satu

10. Trapesium siku-siku

  • Simetri putar trapesium siku-siku tidak ada
  • Simetri lipat trapesium siku-siku tidak ada

11. Trapesium sama kaki

  • Simetri putar trapesium sama kaki tidak ada
  • Simetri lipat trapesium sama kaki ada satu

12. Pentagon (segi lima)

  • Simetri putar pentagon ada lima
  • Simetri lipat pentagon ada lima

13. Heksagon (segi enam)

  • Simetri putar heksagon ada enam
  • Simetri lipat heksagon ada enam

14. Lingkaran

  • Simetri putar lingkaran ada tidak terhingga
  • Simetri lipat lingkaran ada tidak terhingga

Demikian pembahasan seputar simetri putar dan simetri lipat pada bangun datar. Berdasarkan ulasan di atas, kini Sedulur dapat memahami pengertian serta perbedaan antara keduanya. Selain itu, juga diketahui ciri-ciri setiap bangun datar yang ditinjau dari jumlah putaran dan simetri lipatannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.