sifat scorpio

Walau tak sepenuhnya akurat, sifat orang berdasar zodiak atau bulan lahirnya sangat menarik buat diulik. Bahkan beberapa menggunakannya sebagai dasar dalam perjodohan. Tentunya itu terserah kepercayaan masing-masing individu saja. Kadang Sedulur yang masa bodoh dengan perkara zodiak, bisa tiba-tiba tertarik karena sedang dekat dengan seseorang. Hal ini juga berlaku untuk sifat Scorpio wanita maupun pria.

Selain mengenalnya lewat interaksi langsung, mencoba mengintip karakternya lewat zodiak seru juga dilakukan. Seni melihat karakter seseorang dari zodiak ini mungkin diawali dengan pengalaman berulang dari kecenderungan perilaku orang yang lahir di rentang waktu yang sama. Makanya kadang ada benarnya juga. Kali ini akan dibahas beberapa sifat Scorpio yang tentu saja disarikan dari berbagai sumber. 

BACA JUGA: 12 Urutan Zodiak & Cara Menentukan dari Tanggal, Bulan, Waktu Lahir

1. Susah dimengerti alias misterius 

sifat scorpio wanita
unsplash.com

Scorpio terkenal sebagai pribadi yang susah ditebak dan tak suka mengungkapkan perasaan, rencana, atau tujuannya. Kebanyakan dari mereka adalah sosok yang sangat pandai berstrategi tetapi bergerak dalam diam. Mereka juga sering kali dianggap memiliki agenda rahasia yang tak bakal diketahui seseorang sampai akhirnya terwujud. 

2. Dikenal sebagai pribadi yang persuasif 

unsplash.com

Sejalan dengan sifat zodiak Scorpio di atas, mereka pun dikenal sebagai orang yang tak pernah mengutarakan langsung apa yang dimau secara gamblang. Sebaliknya, ia menggunakan cara-cara persuasif untuk membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Sangat halus dan cerdik cara yang ia gunakan.

Dalam beberapa kasus, ini bisa berkembang jadi sifat manipulatif, tetapi banyak Scorpio yang bisa menggunakannya untuk tujuan-tujuan positif. Misalnya saja membantu memahami perasaan orang lain dan membantunya memutuskan sesuatu. 

3. Bisa membaca situasi 

sifat zodiak scorpio
unsplash.com

Kebiasaan Scorpio bergerak dalam diam diimbangi dengan kemampuan mereka dalam membaca situasi dan melakukan pengamatan. Sifat Scorpio wanita dan laki-laki sama saja, kok. Kebanyakan dari mereka sama-sama pandai mencium kebohongan dan kepalsuan. Ini juga dipengaruhi oleh elemen air yang melekat pada mereka. Sama dengan Pisces, elemen ini membuat Scorpio bertindak dengan intuisi dan emosi. 

BACA JUGA: Kenali Karakter dan Sifat Zodiak Libra yang Cinta Perdamaian

4. Mudah beradaptasi dan mengubah diri 

sifat scorpio
instagram.com/lordeargoficial

Tidak semua orang bisa berubah dalam waktu singkat secara drastis. Lain halnya dengan Scorpio yang kebanyakan bisa beradaptasi dan berubah dengan lihainya. Mereka bisa tiba-tiba mengubah penampilan, berganti karier, mengadopsi gaya hidup tertentu. Bahkan siapapun bakal kaget dengan transformasi mereka yang sangat pesat dan signifikan tersebut.

Namun, perubahan ini harus benar-benar dari diri mereka sendiri, bukan karena tuntutan orang lain. Scorpio bukan tipe orang yang mudah berpindah haluan karena faktor eksternal.

5. Fokus pada apa yang diinginkan 

sifat wanita yang disukai pria scorpio
unsplash.com

Bisa fokus dan tahu apa yang mereka mau adalah keistimewaan bintang Scorpio. Mereka akan melakukan perhitungan dan strategi matang untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan mereka. Scorpio cenderung tidak mudah terdistraksi dan lebih suka melakukan pekerjaan sendirian tanpa gangguan dan hambatan dari orang lain. 

6. Sosok yang setia dan protektif pada orang terdekat 

unsplash.com

Kemampuan fokus tersebut pun membuat mereka jadi sosok yang setia saat bicara sifat Scorpio dalam cinta. Mereka tidak mudah tergoda untuk selingkuh atau melirik kanan kiri saat mereka sudah merasa cocok pada satu orang. Mereka juga akan berusaha melindungi dan memberikan perhatian pada orang terdekatnya.

Kadang, hal ini berkembang jadi rasa cemburu berlebih yang mungkin menyebalkan buat sebagian orang. Sedulur yang berzodiak Scorpio atau memiliki pasangan Scorpio mungkin sedang mengamini sifat ini dalam hati. 

7. Cenderung posesif 

unsplash.com

Namun, kesetiaan itu kadang diiringi pula dengan sifat buruk Scorpio wanita maupun laki-laki yang cenderung posesif. Mereka juga cukup serius saat menjalani hubungan, bukan tipe pasangan yang cuek dan santai. Keinginan mereka untuk melindungi orang terdekat juga membuat mereka jadi sosok yang terkesan controlling alias suka mengatur. Tentunya tak semua orang suka dengan perhatian berlebih, tetapi sebagian justru memimpikan sosok seperti kebanyakan Scorpio ini. 

BACA JUGA: 20 Sifat Zodiak Virgo Sang Perfeksionis, Seperti Apa?

8. Percaya diri tinggi

sifat scorpio pria
instagram.com/kendalljenner

Sifat Scorpio pria dan perempuan identik dengan kepercayaan diri yang tinggi. Bukan terkesan sombong, ini membuat mereka sangat pandai melontarkan pertanyaan dan memulai percakapan dengan orang-orang baru. Scorpio juga tak takut melakukan kontak mata dengan orang lain, mereka benar-benar sosok yang sangat nyaman dengan dirinya sendiri. 

9. Cenderung pendendam 

sifat buruk scorpio wanita
unsplash.com

Mereka bukan sosok yang santai dan mudah melupakan kesalahan orang lain. Bila perlu, kebanyakan dari mereka akan membalas perbuatan orang lain setimpal dengan apa yang sudah diperbuat. Mereka paling tak suka dengan orang yang tidak setia dan tidak punya pendirian. Apapun yang bertolakbelakang dengan prinsip yang Scorpio pegang tadi dan sudah ia ketahui bakal diingat terus. Sekali menyakitinya, kamu akan masuk dalam daftar hitam. 

10. Suka petualangan dan tantangan 

unsplash.com

Scorpio adalah sosok yang suka dengan tantangan, utamanya dalam karir. Mereka menikmati melakukan berbagai hal baru untuk menaiki tangga karir. Tak heran kalau kamu pun menemukan Scorpio yang suka berganti pekerjaan karena menganggap pekerjaan yang dulu kurang menantang dan fulfilling.

Mereka juga suka mengambil risiko dan menembus batas. Termasuk dalam urusan percintaan, Scorpio cenderung makin penasaran dengan orang-orang yang menurut mereka tidak mudah didapatkan. 

11. Dingin, intimidatif, dan penuh perhitungan

unsplash.com

Beberapa sifat Scorpio di atas membuat impresi pertama orang pada mereka bisa dibilang kurang baik. Mereka terkesan dingin dan penuh perhitungan saat bertindak. Kadang kala perhitungan logis mereka terasa sangat jahat dan keterlaluan. Scorpio sering menemukan diri mereka berada di perbatasan antara empati dan sifat manipulatif. Dilema ini wajib dikontrol agar tak merugikan orang lain dan diri mereka sendiri. 

BACA JUGA: 7 Ciri Mental Breakdown, Gangguan Kecemasan & Tips Mengatasinya

12. Scorpio tahu yang dimau dan ingin didukung 

sifat scorpio dalam cinta
unsplah.com

Sifat wanita yang disukai pria Scorpio adalah sosok yang bisa mendukung mereka dalam mencapai tujuan. Sebenarnya ini berlaku kebalikannya juga. Semua pemilik zodiak Scorpio tahu apa yang mereka mau dan fokus dalam menggapai tujuannya. Untuk itu, mereka lebih suka bersama orang yang positif dan suportif pada tujuan tersebut. Bukan sosok yang terus meragukan mimpi mereka. 

13. Diperkirakan paling cocok dengan Cancer, Taurus, Pisces, dan Scorpio sendiri

sifat scorpio
unsplash.com

Sesama Scorpio biasanya saling mengerti dan cocok saat berpasangan. Namun, mereka biasanya juga bisa langgeng dengan pemilik bintang Cancer dan Pisces yang sama-sama berelemen air dan bertindak dengan intuisi dan emosi. Taurus juga cocok dengan Scorpio karena keduanya sama-sama suka dengan hubungan yang serius dan intens.

Walau begitu, bukan berarti Scorpio tidak bisa langgeng dengan pasangan berzodiak lain. Banyak faktor yang menentukan kecocokan dengan pasangan, bisa karakter, minat yang sama, interaksi yang rutin, latar belakang yang mirip, dan berbagai hal lain yang sangat luas kemungkinannya. 

Itu beberapa sifat yang banyak ditunjukan kebanyakan orang dengan bintang Scorpio. Tidak semuanya akurat tentu. Bagaimanapun banyak hal yang bisa mempengaruhi karakter seseorang, mulai dari lingkungan tempat mereka besar dan ditempa, pengalaman di masa lalu, dan lain sebagainya. Penjabaran di atas hanya salah satu referensi saja, jangan jadikan patokan yang pakem, wahai Sedulur.