seo adalah

Banyak yang salah mengira, bahwa SEO adalah tentang sebuah cara agar membuat konten dan website bisa meningkat kualitasnya dan memberikan kuantitas traffic bagi kepentingan website itu sendiri.

Namun nyatanya SEO adalah sebuah perangkat cara atau metode yang bukan hanya sebatas itu saja. SEO juga ikut berperan besar untuk melancarkan segalah hal yang ingin dicapai oleh website. Mulai dari meningkatikan traffic hingga meningkatkan branding itu sendiri.

Nah, dari gambaran umum tentang SEO di atas Sedulur mungkin mulai tertarik. Lantas seperti apa pengertian dari SEO itu sendiri? Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Apa Itu Blogger? Ini Penjelasan dan Tips Sukses Memulainya

Pengertian SEO

seo adalah
Freepik

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik atau metode untuk mengoptimasi website agar bisa mendapatkan ranking teratas di mesin pencarian Google. Melalui SEO, website akan mudah ditemukan sehingga bisa menghasilkan banyak traffic.

Saat ini tersedia banyak sekali mesin pencarian. Seperti Yahoo!, Bing, Amazon dan Google. Namun, pertanyaan yang muncul, kenapa banyak yang mengoptimasi untuk Google. Jawabannya sederhana, karena Google merupakan mesin pencarian favorit masyarakat di seluruh dunia.

Terdapat sekitar 3,5 miliar pencarian lewat Google. Tak heran, Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari (Statista). Oleh sebab itu, SEO Google cukup menentukan keberhasilan web. Dengan search engine optimization yang oke, website akan menjaring lebih banyak potensi traffic.

Bahkan faktanya, 53% traffic website datang dari pencarian organik (SEO). Pencarian organik yaitu aktivitas mencari informasi dengan memasukkan keyword tertentu ke Google. Dan bukan sekadar traffic, jangkauan audiens juga tepat alias sesuai tujuan situs (meningkatkan branding, bertransaksi, sumber informasi, dll).

Apakah Sedulur sudah penasaran mengapa bikenapa bisa begitu? Nah sebelum membahas manfaat SEO, sebaiknya Sedulur pahami dulu perbedaan SEO dan SEM.

Perbedaan SEO dan SEM

seo adalah
iStock

Setelah mengetahui bahwa SEO adalah sebuah metode untuk mengoptimasi website di mesin pencarian. Lantas apa itu SEM? SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing merupakan cara meningkatkan visibilitas situs web dengan menggunakan fitur berbayar.

Situs web yang menggunakan SEM akan mudah dikenali dari tag “iklan” atau “ads” yang muncul di samping alamat web dalam mesin pencari. Peringkat iklan tersebut diukur berdasarkan seberapa banyak biaya yang ditawarkan.

Semakin besar biaya iklan, maka situs web yang Sedulur  iklankan akan muncul di urutan teratas. Cara kerja pembayaran iklan ini dikenal sebagai cost per click (CPC). Artinya, Sedulur akan membayar iklan ketika ada orang yang mengklik iklan atau situs atau website yang dimiliki.

Meskipun SEO dan SEM sama-sama memiliki kegunaan untuk meningkatkan visibilitas web, cara kerja SEM jauh lebih cepat. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh biaya iklan yang Sedulur keluarkan. Sederhananya SEM dan SEO adalah salah satu metode untuk meningkatkan optimasi website.

SEO untuk mengootimalkan website dalam mesin pencarian, sementara SEM untuk kepentingan bisnis dan marketing dengan tujuan yang lebih spesifik lagi. Namun tujuan tetap sama, untuk mengoptimasi sebuah website atau sebuah bisnis.

Manfaat SEO

iStock

Beberapa kali disinggug di atas bahwa SEO bisa memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh SEO, agar Sedulur bisa mengetahuinya lebih lengkap lagi.

1. Membuat traffic original

Dalam hal ini, website dikunjungi oleh mereka yang membutuhkan informasi atau produk yang diberikan oleh website itu sendiri. Pengunjung bukan datang karena iklan atau lainnya, namun karena kebutuhannya untuk mencari jawaban dari permasalahan yang tengah dihadapi.

2. Tidak membutuhkan biaya

iStock

Ini adalah salah satu manfaat SEO. Menggunakan strategi SEO tidak harus mengeluarkan biaya seperti iklan Google atau iklan media sosial. Namun, hasil dari strategi ini tidak segera tersedia. Butuh waktu dan kesabaran. Selain itu, metode ini adalah cara organik yang gratis.

3. Akan mendapatkan pengunjung sesuai target

Dengan bantuan keyword atau kata kunci dalam membuat konten yang SEO akan membidik pengunjung yang datang. Kemungkinan besar, pengunjung tersebut dapat dikonversi menjadi pelanggan atau calon pelanggan.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat ini sangat penting dalam konteks bisnis. Jika Sedulur memaksimalkan SEO, itu artinya situs bisnis Sedulur akan sering muncul di internet khususnya pada mesin pencarian Google. Ini artinya brand atau produk akan semakin dikenal luas oleh banyak orang dan tentu saja akan berdampak kepada awareness produk tersebut.

5. Membuat website berada di halaman pertama

iStock

Salah satu fungsi utama yang paling diinginkan oleh seseorang yang sudah menggunakan teknik SEO adalah menjadikan situsnya berada pada halaman paling depan Google. Halaman website yang memiliki ranking bagus di Google tentu saja dapat memperbesar peluang Sedulur untuk lebih banyak mendapatkan pengunjung secara terus menerus dengan gratis.

Saat Sedulur mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, Sedulur akan melihat list situs yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman situs yang teroptimasi dengan baik tentunya akan berada pada urutan paling atas atau setidaknya pada halaman 1 Google secara organik, bukan karena memasang iklan.

6. SEO bekerja selama 24 jam

Berbeda dengan teknik promosi biasa, SEO akan terus menerus bekerja selama 24 jam setiap harinya non-stop. Tidak seperti iklan yang penayangannya akan diberhentikan jika budget atau kontrak Sedulur sudah habis.

Biaya murah dan bekerja maksimal membuat optimasi bisa memberikan dampak yang sangat baik untuk kepetingan website yang digunakan untuk keperluan apapun.

7. Data SEO bisa bermanfaat

Saat bersinggungan dengan SEO, Sedulur akan berhadapan dengan tool Google Analytics. Tools tersebut dapat digunakan sebagai data yang bisa bermanfaat. Terutama untuk pengembangan sebuah bisnis. Data yang akan diperlihatkan yaitu seputar:

  • Jumlah pengunjung situs
  • Demografi pengunjung
  • Halaman situs mana yang sering dibuka dan diabaikan
  • Lama waktu membuka halaman pada situs
  • dan masih banyak yang lainnya.

Data-data tersebut di atas sangat bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Sedulur demi mendapatkan strategi terbaik.

8. SEO dapat menjaring audiens yang tepat

Selanjutnya manfaat SEO adalah menjaring audiens yang tepat. Karena SEO membidik kata kunci sesuai dengan search intent atau tujuan audiens dalam menelusuri keyword tertentu. Misalnya, search intent websitenya adalah mengedukasi audiens terkait informasi tertentu.

Misalnya, sebagai pebisnis skin care yang sudah riset, Sedulur tahu target audiens lagi penasaran dengan Niacinamide. Hasilnya, Sedulur membuat konten blog seputar manfaat Niacinamide, sekaligus menginfokan bahwa brand Sedulur mengandung zat tersebut.

Dengan menerapkan teknik SEO, konten ini tentunya berpotensi ditemukan oleh target audiens Sedulur lewat Google.

Kekurangan SEO

seo adalah
iStock

Walaupun diakui bahwa SEO adalah metode yang memberikan banyak perubahan. Namun SEO juga banyak kelemahannya. Berikut ini beberapa kelemahan dari SEO yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

  • Langkah dan tahapan yang membutuhan waktu lama untuk menghasilkan SEO yang baik dan kuat. Selain itu, butuh waktu juga bagi Google untuk mengindeks sebuah konten website.
  • Persaingan di dunia SEO sangat tinggi dan terlalu ketat. anyak situs web berbagi keinginan yang sama untuk mendapatkan peringkat yang baik dari mesin pencari. Ada SEO yang menargetkan target lokal, nasional, bahkan internasional.
  • Hasil yang diberikan oleh kerja SEO tidak instan, butuh beberapa waktu serta hasilnya pun tidak organik.
  • Satu hal yang menjadi kelemahan atau kelemahan SEO ini yang tidak disukai kebanyakan orang adalah prosesnya yang lama. Karena proses bisnis online atau implementasi bisnis online tentu membutuhkan langkah dan efek yang nyata.

BACA JUGA: Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog & Web Terbaru 2022

Jenis-jenis SEO

iStock

Sedulur juga harus mengetahui jenis-jenis SEO. Setidaknya saat ini ada tiga jenis SEO, yaitu SEO on page, SEO off page, dan technical SEO. Meskipun tujuan sama untuk meningkatkan ranking website, namun ketiga jenisnya berbeda-beda.

Berikut ini penjelasan tentan jenis-jenisnya:

1. SEO on page

seo adalah
iStock

SEO on page adalah upaya untuk mengoptimasi SEO pada bagian depan website. Aspek-aspek yang dimaksimalkan yaitu:

  • Permalink;
  • Judul konten;
  • Struktur konten;
  • Gambar konten;
  • Sebaran keyword;
  • Kualitas konten;
  • Internal link;
  • Elemen SEO (meta description, tag, dll);

Dengan SEO on page, konten website akan lebih mudah tampil di Google, dan semakin relevan isi konten dengan keyword, kebutuhan audiens pun makin terjawab dan Google akan meningkatkan ranking website itu sendiri.

2. SEO off page

iStock

Jenis dan contoh SEO selanjutnya yaitu SEO off page. SEO off page adalah upaya untuk mengoptimasi SEO di luar website. Berikut aspek-aspek SEO off page yang bisa ditingkatkan:

  • Link building (aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain alias backlink);
  • Peningkatan DA (Domain Authority: skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google);
  • Peningkatan PA (Page Authority: skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google);
  • Promosi konten lewat sosial media dan channel marketing lainnya;
  • Guest blog (kegiatan untuk memasang artikel berkualitas di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke situs).

Dengan SEO off page yang kuat, Google akan tambah yakin jika website bermanfaat bagi orang lain. Hasilnya, kredibilitas situs dan potensi naik rankingnya pun meningkat.

3. Technical SEO

iStock

Technical SEO merupakan usaha mengoptimasi SEO di bagian dalam website. Secara garis besar, ini aspek yang masuk wilayah  SEO technical:

  • Kecepatan website;
  • Struktur website;
  • XML Sitemap;
  • Keamanan situs (SSL);
  • Tema responsive;
  • Layout website;

Menerapkan technical SEO, website akan memiliki struktur yang bagus dan mudah dibaca oleh search engine. Hasilnya, peluang Google mau mengindeks situs pun lebih besar.

Cara kerja SEO

seo adalah
iStock

Sebagaimana yang disampaikan di awal, bahwa search engine optimization adalah sebuah metode atau cara untuk mengoptimasi website. Tentu SEO memiliki cara kerjanya sendiri. Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. Oleh sebab itu, Google menggunakan perhitungan yang mendetail dalam menempatkan sebuah situs di posisi teratas.

Ada teknik dan algoritma yang digunakan untuk menyeleksi ribuan situs, barulah setelah situs-situs berhasil melewati seleksi tersebut dapat ditempatkan pada posisi teratas. Dalam menyeleksi ini digunakan web crawler dengan sistem kerja berikut ini:

1. Crawling

Yaitu proses mengumpulkan lalu menyimpan laman situs yang baru dirilis atau diperbaharui. Mesin pencari akan bekerja dari halaman ke halaman lainnya dan memeriksa setiap link yang ada.

2. Indexing

Cara kerja SEO berikutnya adalah indexing, yaitu ketika mesin pencari mempelajari struktur sebuah situs serta kualitasnya untuk melihat relevansi dengan kebutuhan audiens. Lalu melihat kredibilitas setiap halaman web yang sudah tersimpan.

3. Processing

Di mana mesin pencari akan menerima permintaan dari pengunjung internet yang memasukkan kata kunci. Kemudian mesin pencari akan melakukan proses dengan mengolah kata kunci tersebut.

4. Calculating Relevancy

Cara kerja SEO berikutnya adalah memproses menghitung relevansi kata kunci pada setiap halaman tersimpan, kemudian menghitung berapa banyak kata kunci tersebut digunakan pada satu halaman situs.

5. Retrieving Result

Langkah terakhir adalah mengambil result paling relevan dari kata kunci dan menampilkannya dalam satu halaman. Di halaman ini akan ter-index halaman-halaman sesuai dengan kata kunci yang paling relevan.

Setiap mesin pencari menggunakan algoritma tersendiri untuk memproses pencarian dan halaman situs yang relevan. Setiap mesin pencari akan melakukan pembaharuan terhadap algoritma pencariannya sehingga index bisa berubah.

Oleh sebab itu, para pemilik website maupun pemilik bisnis harus selalu melakukan update sehingga bisa tetap berada di peringkat atas pencarian. Namun, banyak juga yang kurang mengerti mengenai hal ini sehingga langsung menyerahkan penanganannya kepada para ahli.

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Template Blogger Keren & Seo Friendly

Faktor yang mempengaruhi SEO Ranking

iStock

Karena SEO adalah metode optimasi yang berkaitan dengan ranking. Maka dari itu, Sedulur juga perlu tahu apa saja faktor yang mempengaruhi SEO Ranking. indikator SEO adalah metrik yang dinilai Google untuk menilai kelayakan website dan kontennya.

Nah, indikator tersebut sebenarnya bisa dikelompokkan menjadi faktor SEO ranking. Faktor SEO ranking merupakan kriteria yang Google tetapkan untuk mengevaluasi indikator SEO, di antaranya:

  • Relevancy, yaitu keterkaitan hubungan antara kebutuhan audiens dengan informasi yang disediakan;
  • Authority, yakni tingkat kredibilitas website atau konten dalam menyajikan info yang akurat dan relevan;
  • Value, merupakan kualitas website hingga konten untuk memberikan manfaat bagi audiens;
  • User experience, yaitu pengalaman audiens ketika mereka berinteraksi dengan website dan seluruh elemen di dalamnya.

Selain faktor SEO di atas, ranking website pasti dipengaruhi juga oleh algoritma Google. Dasar Google dalam menilai website ini memiliki sistem yang terus menerus diperbaharui demi memberikan search experience terbaik.

Itu artinya, algoritma Google ada demi memenuhi kebutuhan audiens. Jadi, daripada Sedulur hanya fokus mengejar algoritma Google yang terus berubah, lebih baik fokus menyajikan website serta konten yang bermanfaat bagi audiens.

Bagaimana pun, SEO adalah salah satu faktor wajib untuk diterapkan di era digital saat ini. Banyak manfaat yang bisa didapatkan, kendati pun metode ini memiliki kekurangan. Namun hal tersebut bukan sebuah alasan untuk menjadikan kita tidak memaksimalkan metode SEO.

Manfaat dan kelebihannya lebih menunjukan hasil yang nyata, sementara kekurangan yang dimiliki bisa diatasi dengan solusi-solusi lainnya yang lebih tepat untuk diterapkan.

Kini Sedulur telah tahu SEO adalah hal yang amat penting untuk website dengan peran vital yang beragam. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur memahami segala hal tentang dunia digital itu sendiri!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.