sejarah komputer

Perkembangan teknologi di dunia tentu saja tak lepas dari perkembangan sejarah komputer. Perangkat yang membuat perubahan besar dalam peradaban manusia ini menjadi salah satu benda penting yang ada dan digunakan hingga saat ini.  

Tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, komputer juga bisa memenuhi berbagai keperluan manusia yang lainnya. Banyak hal yang dulunya harus dilakukan secara manual kini bisa dengan mudah dilakukan secara otomatis menggunakan komputer.

Bagaimana sejarah komputer dan perkembangannya dari waktu ke waktu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Mengenal Perangkat Keras Komputer / Hardware & Fungsinya

Pengertian komputer

sejarah komputer
iStock

Komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengolah data menurut perintah yang terprogram. Istilah komputer pada awalnya digunakan untuk orang-orang yang bekerja dalam bidang perhitungan aritmatika atau tanpa bantu, namun arti istilah tersebut diganti menjadi alat yang digunakan.

Komputer pada awalnya hanya digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan masalah aritmatika. Tetapi pada saat ini, komputer sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam tugas, bahkan yang tidak berhubungan dengan matematika sekalipun. 

Komputer juga dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan informasi dari program dan data yang ada. Konsep ini disampaikan oleh John von Neumann ketika memaparkan arsitekturnya pada 1945.

Awal penemuan komputer

penemuan
Grid

Komputer pertama kali ditemukan pada 1822 oleh seorang ahli matematika asal Inggris, Charles Babbage. Mulanya, Babbage bermaksud untuk menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka.

Menurut sejarahnya, pada sekitar 30 tahun setelah Pascal berhasil menemukan kalkulator otomatis, seorang matematikawan asal Jerman bernama Gottfried Wilhelm Leibniz juga mulai mengembangkan kalkulator dengan menambahkan sistem bilangan biner. 

Sistem tersebut digunakan untuk membantu mesin dalam menangani perhitungan agar dapat bekerja dengan lebih mudah daripada menggunakan sistem desimal. Leibniz juga turut menambahkan roda gigi untuk mempermudah operasi hitung perkalian dan pembagian.

George Boole kemudian melanjutkan penelitian dengan menggunakan sistem bilangan biner yang kemudian dikenal dengan Aljabar Boolean dan Logika Boolean. Selanjutnya, Charles Babbage mulai menemukan komputer pertama yang merupakan mesin penghitung berukuran besar yang didesain pada tahun 1820-an. 

Alat tersebut merupakan komputer mekanik yang mampu menjadi mesin penganalisa dan menjadi mesin pertama yang bisa diprogram oleh manusia. Untuk mengapresiasi karyanya, Babbage dinobatkan sebagai “Bapak Komputer” dunia.

BACA JUGA: Perangkat Input dan Output Pada Komputer Beserta Fungsinya

Sejarah perkembangan komputer

Berdasarkan sejarahnya, Sedulur bisa mempelajari perkembangan komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima. Berikut adalah penjelasannya.

Komputer generasi pertama

sejarah komputer
Indoworx

Komputer generasi pertama mulai muncul pada akademi dan militer pada tahun 1937 untuk menyelesaikan sistem persamaan linear (Komputer Atanasoff-Berry) dan untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi (Komputer Colossus).

Selanjutnya, muncul ENIAC pada tahun 1946 yang menjadi komputer pertama untuk tujuan secara umum. Awalnya, komputer ini menggunakan tabung vakum untuk menyimpan data dan ukurannya memakan tempat hingga satu ruangan. 

Komputer generasi kedua

sejarah komputer
Jagoan Hosting

Komputer generasi kedua mulai muncul ketika transistor digunakan untuk menggantikan tabung vakum. Pada saat itu, UNIVAC mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1951 untuk digunakan secara umum, dan IBM memulai bisnis komputer pada tahun 1953 dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai bahasa pemrograman juga mulai dikembangkan dan komputer sudah mulai memiliki memori maupun sistem operasi.

Komputer generasi ketiga

generasi komputer
Inspiring.id

Komputer generasi ketiga mulai hadir ketika teknologi transistor mulai meningkat menjadi sirkuit terpadu. Keberadaan komputer mini menjadi inovasi yang paling signifikan pada generasi ini dan mempengaruhi generasi komputer selanjutnya. 

NASA pun menggunakan komputer generasi ketiga ini untuk melancarkan Program Apollo, yakni Komputer Bimbingan Apollo yang berguna untuk mempermudah kendali Apollo Command atau Service Module. Digital Equipment Corporation akhirnya menjadi perusahaan komputer kedua setelah IBM dengan komputer PDP dan VAX-nya. Komputer tersebut pada akhirnya membawa ke pengembangan sistem operasi yang berpengaruh yaitu Unix.

BACA JUGA: Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Jenis-Jenisnya

Komputer generasi keempat

generasi komputer
Quipper

Selanjutnya, komputer generasi keempat mulai berkembang pada tahun 1970-an dengan ditemukannya MOSFET dan integrasi berskala besar yang membawa ke pengembangan mikroprosesor.

Komputer pribadi mulai berkembang karena adanya mikroprosesor tersebut. Mulai dari komputer rumahan, komputer meja hingga laptop dan ponsel genggam juga mulai muncul pada masa tersebut.

Komputer generasi kelima

generasi komputer
Quipper

Komputer generasi kelima menjadi tahapan perkembangan teknologi paling cangging yang mulai diciptakan pada awal tahun 1980-an. Generasi ini mulai mengalami peningkatan pada segi visualisasi yang membuat tampilan visual komputer menjadi lebih baik karena adanya resolusi yang tinggi.

Dalam proses pengembangan komputer generasi kelima ini, ada penambahan beberapa komponen penting dalam sistem komputer yang menerapkan berbagai teknologi modern, seperti superkonduktor, ULSI, dan Artificial Intelligence.

Ciri-ciri komputer generasi pertama hingga kelima

sejarah komputer
iStock

Berikut adalah beberapa ciri-ciri komputer dari generasi pertama hingga kelima.

Ciri-ciri generasi pertama:

  • Program dibuat dalam bahasa mesin dan menggunakan konsep storage program.
  • Menggunakan tabung hampa udara sebagai komponennya.
  • Berukuran besar dan membutuhkan daya listrik besar.
  • Dapat disimpan di magnetic tape dan magnetic disk.
  • Contohnya adalah komputer IBM 701 buatan tahun 1953 dan IBM 705 buatan tahun 1959.

Ciri-ciri generasi kedua:

  • Memiliki kapasitas memori utama cukup besar.
  • Menggunakan transistor sebagai komponennya.
  • Magnetic tape dan magnetic disk yang digunakan berbentuk removable disk.
  • Mampu melakukan proses real-time dan time sharing.
  • Proses operasinya lebih cepat dan berorientasi pada aplikasi bisnis dan teknik.
  • Contohnya adalah komputer PDP-5 dan PDP-8 buatan tahun 1963.

Ciri-ciri generasi ketiga:

  • Menggunakan komponen IV (Integrated Circuits) yang terdiri dari ratusan hingga ribuan transistor berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits.
  • Memiliki proses operasi yang lebih cepat dan tepat dengan kapasitas memori lebih besar.
  • Memiliki ukuran fisik lebih kecil dan menggunakan listrik lebih hemat.
  • Magnetic disk yang digunakan bersifat random access.
  • Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming.
  • Alat input-output menggunakan visual display terminal.
  • Bisa melakukan komunikasi data dari satu komputer ke komputer lainnya.
  • Contohnya adalah komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, dan PDP-11.

Ciri-ciri generasi keempat:

  • Menggunakan komponen LSI (Large Scale Integration) atau Bipolar Large Scale Integration.
  • Memori komputer menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip.
  • Contohnya adalah komputer IBM 370 yang menggunakan Intel 4004 mikroprosesor pada tahun 1971 berbentuk chip mikroprosesor.
  • Mulai muncul personal komputer atau PC pada tahun 1977. Contohnya seperti komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation.
  • Komputer dengan sistem Windows mulai muncul pada tahun 1981 dan penggunaan mouse mulai banyak digunakan.

Ciri-ciri generasi kelima:

  • Menggunakan komponen VLSI (Very Large Scale Integration).
  • Komputer dikembangakan untuk bisa memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intelligence).  
  • Komputer yang dapat menggantikan chip mulai dikembangkan.
  • Komputer generasi kelima dipelopori oleh negara Jepang.

BACA JUGA: 5 Cara Mengunci Folder di Laptop / Komputer dengan Aman

Komputer di era 2000-an

komputer
Kompas

Sejarah komputer akhirnya memasuki abad ke-21 dengan perkembangan yang makin pesat seiring berkembangnya teknologi. CD-ROM mulai ditinggalkan penggunaannya dan penyimpanan mulai menggunakan USB drive yang lebih efektif dan bersifat portable.

Apple semakin giat membuat inovasi melalui sistem operasi yang bernama Mac OS X dan Microsoft juga mulai meluncurkan sistem operasi yang lebih modern bernama Windows XP. Tak mau kalah, Apple mulai memasuki pasar dengan adanya iTunes dan disusul dengan kemunculan berbagai aplikasi seperti MySpace, YouTube, dan Mozilla Firefox.

Kini, perkembangan komputer sudah sangat signifikan daripada pada masa awal-awal peluncurannya. Sedulur bisa menggunakan komputer untuk menunjang berbagai aktivitas, mulai dari belajar, bekerja, hingga bermain games untuk mengisi waktu luang. 

Demikian informasi mengenai sejarah komputer dan perkembangannya dari waktu ke waktu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang belajar mengenai sejarah, terkhusus pada teknologi informasi dan komunikasi. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.