perangkat keras komputer

Komputer adalah salah satu penemuan teknologi penting yang mengubah peradaban manusia. Di dalamnya terdapat bagian yang dikenal dengan nama perangkat keras komputer atau hardware. Komputer sendiri telah terbukti membantu banyak hidup manusia.

Bahkan, komputer saat ini telah menjadi kebutuhan penting umat manusia untuk melakukan banyak hal. Karena perannya yang penting tersebut, alangkah lebih baik Sedulur mengetahui apa saja yang terdapat dalam komputer, termasuk perangkat keras komputer.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja perangkat keras komputer contohnya. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Perangkat Input dan Output Pada Komputer Beserta Fungsinya

Pengertian perangkat keras komputer

Kompas

Perangkat keras komputer adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya.

Pada dasarnya, batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak dalam kumputer sangat buram. Seperti conoth yaitu firmware yang merupakan perangkat lunak yang dibuat ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan bagian dari programer komputer dan teknik komputer.

Bagian-bagian komputer

perangkat keras komputer
Jagoan Hosting

Terdapat 10 perangkat keras komputer dalam komputer. Selain itu, terdapat beberapa bagian yang umumnya membentuk komputer itu sendiri. Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
  2. Power supply merupakan sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas.
  3. Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya
  4. Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
  5. Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner.

Selain bagian-bagian di atas, terdapat beberapa komponen yang merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya. Berikut ini daftarnya agar Sedulur lebih paham lagi, yaitu:

1. Monitor

Wired

Monitor merupakan perangkat keras komputer beserta gambarnya yang paling mudah dikenali. Terdapat dua jenis monitor, pertama monitor tabung dengan layar cembung dan yang terbaru adalah monitor dengan layar LCD.

Monitor tabung ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, yang merupakan alat untuk menampilkan isi dalam komputer. Sementara itu, perkembangan teknologi membuat monitor menjadi lebih sederhana yaitu dengan adanya monitor LCD.

Bahkan, saat ini terdapat juga monitor plasma. Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas.

2. CPU

perangkat keras komputer
How to Geek

Perangkat keras komputer disebut juga dengan hardware dan bagian paling pentingnya adalah CPU. CPU memainkan peranan penting dalam sistem kerja komputer. CPU inilah yang menjadi otak untuk menafsirkan dan menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna atau orang yang mengoperasikan komputer.

Sistem kerja CPU ini didukung oleh beberapa bagian komputer lain salah satunya perangkat lunak yang berupa aplikasi untuk menjalankan pekerjaan tertentu. Perlu Sedulur ketahui bahwa CPU tersusun dari chip komputer yang berisi miliraran transistor kecil yang terdapat di dalamnya.

Semua perangkat keras lain yang menjadi komponen komputer, harus terhubung dengan CPU. Jika tidak, maka perangkat keras lain tidak akan berfungsi karena tidak mendapat perintah dari CPU untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Mouse

Romtech

Mouse merupakan perangkat keras komputer yang terlihat seperti tikus (mouse). Dalam bahasa Indonesia, mouse dikenal dengan istilah tetikus. Mouse merupakan perangkat input yang berupa operator tangan untuk mengarahkan kursor pada layar. Mouse ini dapat ditemukan dengan kabel maupun tanpa kabel.

Di sini, mouse harus terhubung ke CPU secara langsung untuk menjalankan fungsinya. Pada bagian mouse, terdapat bola laser untuk menggulir ke bawah dan ke atas. setiap mouse digerakkan sebagai upaya mengirimkan instruksi langsung ke komputer. Tanpa mouse, maka setiap pekerjaan yang membutuhkan komputer akan sulit dilakukan.

4. Keyboard

perangkat keras komputer
Lifehack

Sama seperti mouse, keyboard merupakan perangkat keras komputer yang di-input ke dalam CPU. Keyboard ini berupa papan yang berisi tombol huruf, simbol, dan berbagai fungsi perintah lain yang digunakan untuk memberi masukan komputer.

Secara umum, keyboard digunakan untuk mengetik atau menuliskan teks dan berbagai bentuk data lainnya yang sedang dikerjakan. Di sini, keyboard dapat ditemui dengan kabel maupun tanpa kabel. Meskipun begitu, semua jenis keyboard harus terhubung pada CPU untuk mempermudah pelaksanaan setiap perintah.

5. RAM

AVG

Perangkat keras komputer selanjutnya adalah RAM, atau Random Access Memory. Perangkat ini digunakna untuk menyimpan informasi yang selanjutnya akan memproses informasi dengan mudah. Kecepatan proses dari RAM lebih cepat dibandingkan dengan harddisk.

Meskipun begitu, semua data informasi yang terekam dalam RAM akan terhapus secara otomatis ketika sistem komputer mati. Terdapat dua jenis RAM yang biasa digunakan, yaitu RAM Static Random Access Memory (SRAM) dan Dynamic Random Access Memory (DRAM).

RAM jenis SRAM biasanya digunakan dalam memori cache CPU. Sedangkan DRAM banyak digunakan pada komputer modern. Di sini, RAM mempunyai fungsi yang tidak kalah penting dalam sistem komputer.

6. Hardisk

perangkat keras komputer
Charis

Perangkat keras komputer selanjutnya adalah hardisk. Hardisk berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data secara permanen. Hardisk biasanya diinstal terlebih dahulu di CPU atau juga bisa digunakan sebagai perangkat eksternal yang dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.

Karena hardisk mempunyai kemampuan menyimpan data secara permanen, maka setiap data yang dimasukkan ke dalam hardisk akan tetap utuh dan tidak akan terhapus seperti layaknya RAM. Biasanya hardisk memiliki kapasitas penyimpanan hingga triliunan byte data.

Di dalamnya, terdapat kumpulan disk bertumpuk yang memiliki permukaan elektromagnetik yang berfungsi untuk menyimpan setiap data di dalamnya. Masing-masing hardisk mempunyai kecepatan pemrosesan yang beragam, tergantung spesifikasi dari jenis hardisk yang digunakan.

7. Printer

Canon

Selanjutnya adalah printer, yang merupakan perangkat keras komputer dengan fungsi untuk mencetak dokumen agar dapat dilihat dalam bentuk fisik. Biasanya dokumen ini akan dicetak di atas kertas, sehingga data atau pekerjaan yang telah diselesaikan dapat dibaca atau dilihat secara nyata.

Di sini, printer mempunyai beragam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, kecepatan pemrosesan, hingga beberapa faktor lainnya.

8. Speaker

perangkat keras komputer
Suara

Perangkat selanjutnya adalah speaker yang berfungsi mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi suara dengan menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker.

Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah.

9. Scanner

Tedas

Jenis perangkat keras komputer selanjutnya yaitu scanner. Mirip seperti printer namun dengan fungsi sebaliknya. Scanner berguna mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satu ini umumnya sangat penting untuk digunakan.

Pasalnya, ada banyak orang yang memerlukannya untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang penting dengan adanya tanda tangan dan stempel.

10. Flashdisk

perangkat keras komputer
Kompas

Perangkat ini berbentuk kecil dan berfungsi untuk menyimpan data, flashdisk memiliki konektor berupa USB. Konektor tersebut nantinya akan memudahkan perangkat ini terhubung ke komputer maupun media lainnya yang digunakan.

Flash disk ini sendiri bisa Sedulur pakai untuk memindahkan sebuah data dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Selain flashdisk dan hardisk yang telah disinggung di atas. Terdapat beberapa jenis penyimpanan lain yang terdapat dalam komputer sebagai perangkat keras.

Jenis-jenis penyimpanan tersebut yaitu:

  • CD-ROM
  • CD-RW
  • CD-R
  • DVD-ROM
  • DVD-RW
  • DVD-R
  • Floppy disk

BACA JUGA: Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Jenis-Jenisnya

Jenis-jenis komputer

perangkat keras komputer
Detik

Selain mengetahui perangkat keras komputer, Sedulur juga wajib tahu apa saja jenis-jenis komputer. Saat ini, setidaknya terdapat beberapa kategori komputer yang diklasifikasikan berdasarkan fungsi dan tujuannya, yaitu:

  •  
  • Network servers.
  • Supercomputers

Berikut penjelasan lebih jelasnya agar Sedulur lebih paham lagi, yaitu:

1. Microcomputers

Kompas

Sementara itu, untuk microcomputers ditujukan untuk beberapa penggunaan single user dan aplikasi bisnis skala kecil. Microcomputers menggunakan sebuah microprosessor sebagai pusat pemrosesan data. Seiring dengan perkembangan teknologi  beberapa jenis micro computers terbentuk, yaitu PDA, Laptop, Tablet PC, UMPC

2. Network server

perangkat keras komputer
NDS

Digunakan untuk mengendalikan banyak komputer dalam jaringan. Dapat ditempatkan pada jaringan komputer yang sangat luas, dan memiliki kemampuan kerja sangat besar, untuk melaksanakan fungsi fungsi jaringan komputer.

3. Supercomputers

Tata Komputer

Untuk supercomputers sendiri, memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan microcomputers. Ciri-ciri tersebut adalah:

  • Memiliki skala komputasi yang cepat
  • Mampu menangani shared process dari banyak user
  • Biasanya memiliki lebih dari satu prosessor
  • Mampu menangani parallel processing, distributed systems

Processor dalam komputer

Kumparan

Dalam komputer juga terdapat processor. Processor ini merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer harus mempunyai processor, karena processor merupakan komponen pokok dari sistem komputer.

Fan Processor adalah alat yang dipakai untuk menjaga agar processor tidak terlalu panas suhunya. Hampir semua PC menggunakan processsor buatan Intel atau yang compatible dengan processor buatan Intel, seperti buatan IBM, AMD dan Cyrix.

Processor Intel

perangkat keras komputer
Kompas

Saat ini, di dunia komputer, terdapat dua jenis processor terbaik yang digunakan untuk banyak komputer dan laptop. Processor tersebut yaitu Intel dan AMD. Keduanya memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan dunia komputer dunia. Jenis processor untuk intel sendiri yaitu:

  • Pentium
  • Pentium-MMX
  • Pentium Pro
  • Pentium II
  • Pentium III
  • Pentium IV
  • Dual core
  • Core 2 duo
  • Quad core
  • Core 2 quad, i3,i5,dan i7.

Processor AMD

Gamebrott

Selain Intel, terdapat juga processor AMD. Pesaing utama Intel, keduanya bersaing menghasilkan processor terbaik untuk komputer dan laptop. Adapun untuk AMD processor yang telah dikeluarkan yaitu:

  • AMD K-5
  • AMD K-6
  • AMD K6-2
  • AMD K6-3
  • AMD K-7
  • AMD Duron
  • AMD Athlon

Banyak yang menyampaikan bahwa dari segi kualitas grafis AMD lebih unggul dibandingkan Intel. Hal ini disebabkan karena AMD biasanya memiliki lebih banyak core yang membuat kinerja processor menjadi lebih optimal untuk menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik. Maka dari it, banyak yang menggunakan AMD sebagai processor, terutama untuk komputer yang digunakan dalam bermain game.

Mainboard

perangkat keras komputer
Kumparan

Mainboard merupakan perangkat penting dalam komputer. Mainboard atau motherboard merupakan komponen dasar komputer yang merupakan papan utama yang menyimpan banyak kompenen. Setiap mainboar memiliki spesifikasi yang berbeda untuk setiak jenis merk dan type.

Terdapat dua tipe mainboard, pertama tipe soket dan kedua tipe slot. Umumnya motherboard mampu untuk di-upgrade dengan mengganti processor. Informasi tentang hal ini sangat penting untuk pembelian motherboard dengan pertimbangn untuk bisa di upgrade.

Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada mainboard. Semakin besar kapasitas memory yang disediakn semakin menguntungkan dan mempengaruhi kerja dari komputer itu sendiri. Slot yang tersedia untuk setiap jenis RAM, misalnya berapa slot yang disediakan untuk EDO RAM, SDRAM dll.

Sementara itu, setting mainboard dapat dilakukan secara BIOS (software) atau secara jumper setting. Jumlah slot untuk PCI dan ISA. Slot slot tersebut sangat bermanfaat untuk penmbahan peripheral seperti audio card.

Mainboar juga dapat support untuk AGP bagi VGA card. Namun support AGP akan lebih menguntungkan untuk persediaan apabila diinginkan peningkatan kemampuan grafis dari computer dengan memasang AGP card.

Speed Bus untuk memory sampai dengan kecepatan berapa ( 66,100,133,200,400 Mhz). Power Supply untuk Mother Board AT atau ATX atau Baby AT. Adapun jenis dari mainboard slot atau soket yang tersedia saat ini yaitu:

  • Slot1: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan celeron
  • Slot2: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium II Xeon
  • Socket 7: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2, AMD K6-3 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX.
  • Slot A: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon, AMD Thunderbird.
  • Socket A: mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron.
  • Socket 370: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel® Pentium® III (Tualatin and Coppermine) /CeleronTM
  • Socket 8: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium®II and Pentium® Pro .
  • Socket 423: Mainboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium.

Sound dan video card

Creative

Video card merupakan perangkat yang memiliki fungsi untuk memberikan sinyal agar monitor dapat menghasilkan visual yang baik. Tanpa video card, monitor tidak bisa berfungsi, karena penghasil sinyal yang mengoperasikan monitornya tidak tersedia.

Sound card juga memiliki fungsi yang sama dengan video card. Banyak dari sound card yang memiliki konektro yang sama. Konektor tersebut berukur kecil sekitar 1/8-inch menyediakan jalur untuk melewatkan suara dari sound card ke speaker, headphone, dan sistem stereo serta menerima suara dari microphone, CD player, tape player atau stereo.

Nah itulah pembahasan lengkap tentang perangkat keras komputer, semoga dengan penjelasan di atas Sedulur menjadi lebih paham lagi terkait segala hal yang ada dalam komputer. Karena komputer saat ini merupakan bagian penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.