perangkat input

Perangkat input dan output adalah perangkat yang digunakan supaya komputer dapat berfungsi dengan baik. Tidak hanya memiliki istilah dan bentuk yang berbeda, keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda dalam menjalankan perintah. 

Perangkat input disebut juga sebagai perangkat masukan, sementara perangkat output disebut juga sebagai perangkat keluaran. Jika perangkat input digunakan untuk memasukkan data atau perintah yang akan diproses oleh komputer, maka perangkat output digunakan untuk menghasilkan data yang bisa dilihat, didengar, atau dipahami.

Untuk lebih memahami mengenai fungsi dan contoh perangkat input dan output, simak artikel berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Pengertian Topologi Jaringan Komputer Beserta Jenis-Jenisnya

-->

Perangkat input

perangkat input
iStock

Perangkat input adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dari luar sistem dan juga perintah ke dalam sistem komputer. Perangkat input komputer dibagi menjadi dua macam, yakni perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung.

Perangkat input langsung merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data secara langsung ke dalam sistem komputer tanpa harus diterjemahkan dulu oleh operator. Dengan demikian, risiko kesalahan yang mungkin terjadi akan sangat kecil dan waktu untuk menginputnya akan lebih cepat.

Sementara perangkat input tidak langsung merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dari luar komputer secara tidak langsung. Oleh karena itu, data perlu dibaca atau diketik terlebih dahulu secara manual sehingga risiko kesalahannya menjadi cukup tinggi dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Data yang masuk kemudian akan ditransformasikan dalam sebuah informasi berupa data-data atau perintah pada komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. 

Fungsi perangkat input

perangkat input
iStock

Fungsi perangkat ini dapat dilihat dari namanya, yakni memasukkan data. Lebih jelasnya, perangkat input merupakan unit atau perangkat luar yang dipasang. Perangkat tersebut dipasang sesuai dengan slot atau port-nya masing-masing untuk bisa bekerja. 

Perangkat tersebut akan memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk diproses dan diterjemahkan secara digital. Data input device yang sudah masuk ke mikroprosesor dapat berupa data sinyal input atau data maintenance input.

Data sinyal tersebut nantinya akan masuk ke mikroprosesor untuk menerjemahkan data dari sinyal input. Sederhananya, fungsi perangkat input adalah menerima masukkan data dari perangkat luar dan menyambungkan dengan mikroprosesor untuk diterjemahkan menjadi suatu informasi.

BACA JUGA: 5 Cara Mengunci Folder di Laptop / Komputer dengan Aman

Contoh perangkat input

perangkat input
iStock

Berikut adalah beberapa contoh input yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Keyboard

Merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol serta melakukan perintah-perintah pada komputer. 

2. Mouse

Merupakan perangkat keras yang berbentuk seperti tikus kecil berukuran kecil dengan dua tombol dan sebuah laser pada bagian bawahnya. Alat ini digunakan untuk menggerakkan kursor atau pointer dan melakukan scroll untuk membuat komputer bisa menjalankan perintah yang diinginkan oleh pengguna pada layar monitor.

3. Touchpad

Merupakan alat penunjuk yang dapat menampilkan sensor pada layar monitor. Alat ini berada pada permukaan khusus dengan fungsi yang hampir sama dengan mouse, yakni menerjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna ke posisi yang diinginkan pada layar monitor.

4. CD (Compact Disc)

Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan pembacaan data.

5. Modem

Merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. 

6. Flashdisk

Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dengan ukuran kapasitas tertentu. 

Perangkat output

perangkat output
iStock

Perangkat output adalah peralatan elektronik yang terhubung dengan komputer dan digunakan untuk mengirimkan data dari komputer dalam bentuk teks, suara, gambar, atau media lainnya. Perangkat output juga diartikan sebagai bagian dari perangkat keras komputer yang memanfaatkan data dan perintah apapun dari komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Perangkat output memiliki manfaat untuk memenuhi berbagai keinginan dari penggunanya. Sebagai contoh,  informasi yang dibutuhkan manusia seperti informasi yang dapat dilihat ataupun didengar.

BACA JUGA: Teknik Pengumpulan Data: Pengertian, Jenis-jenis & Contohnya

Fungsi perangkat output

perangkat output
iStock

Perangkat output adalah alat yang bertugas untuk menampilkan hasil pengolahan dan pemrosesan data dari komputer dalam berbagai informasi kepada pengguna. Secara jelasnya, perangkat input digunakan untuk mengirimkan informasi ke sistem komputer untuk diproses, sedangkan perangkat output digunakan untuk menghasilkan atau menampilkan hasil dari proses tersebut.

Contoh perangkat output

perangkat output
iStock

Beberapa contoh perangkat output adalah sebagai berikut.

1. Monitor

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan data berupa teks, gambar, dan video. Monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, serta casing yang menampung semua komponen.

2. Printer

Merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengambil data elektronik yang tersimpan dalam komputer atau perangkat lain dan menghasilkan salinan data tersebut. Salinan data bisa berupa teks, gambar, maupun foto yang dicetak di atas kertas.

3. Proyektor

Merupakan perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blue-ray. Gambar tersebut kemudian ditampilkan pada layar, dinding, atau permukaan datar di depannya.

4. Headphone

Merupakan perangkat yang menghasilkan suara untuk mendengarkan audio secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker. 

5. Headset

Merupakan perangkat yang terhubung pada komputer atau telepon genggam yang dilengkapi dengan microphone, sehingga pengguna tidak hanya mendengar suara saja, tetapi juga bisa berbicara dengan lawan bicara. 

6. Speaker

Merupakan perangkat yang terhubung pada komputer dan berfungsi sebagai penghasil suara. 

7. Sound Card

Merupakan kartu ekspansi yang berfungsi menghasilkan suara dari komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone. 

8. VGA

Merupakan singkatan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor. 

Sekian informasi mengenai perangkat input dan output pada komputer beserta dengan fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mempelajari lebih dalam mengenai komputer yang dimiliki.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.