sedekah subuh

Sedekah subuh adalah kegiatan berbagi, mengeluarkan sebuah harta untuk diberikan kepada yang sedang membutuhkan. Seperti namanya, sedekah ini dilakukan pada waktu subuh sebelum matahari terbit. Kegiatan sedekah subuh memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa.

Seseorang yang melakukan kegiatan ini, sungguh maka hajatnya akan dikabulkan. Nah, inilah penjelasan mengenai sedekah di waktu subuh.

BACA JUGA : 12 Macam Macam Bunga Hias Cantik, Cocok Untuk Dekorasi Halaman Rumah

1. Sedekah subuh

Rutinkan Sedekah Subuh yang Penuh Keutamaan
99co

Sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan memiliki banyak manfaat. Nah, orang yang melakukan sedekah, niscaya akan dilipat gandakan rejekinya oleh Allah SWT. Kegiatan sedekah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Meskipun demikian, sedekah yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat adalah sedekah yang dilakukan di waktu salat subuh.

Sedekah pada waktu subuh ini, merupakan kegiatan berbagi, mengeluarkan harta kepada mereka yang sangat membutuhkan. Kegiatan ini dilakukan setelah shalat subuh atau sebelum matahari terbit. Bagi wanita yang mungkin sedang mengalami masalah haid, sedekah bisa dilakukan sebelum melakukan sebuah kegiatan.

BACA JUGA : 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

2. Manfaat sedekah subuh

Rutinkan Sedekah Subuh yang Penuh Keutamaan
popmama

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan buat Sedulur yang rutin melakukan sedekah ini. Seseorang yang melakukan kegiatan ini pada waktu subuh, maka niscaya hajatnya akan segera dikabulkan. Sedekah pada waktu subuh, dapat dilakukan dengan cara pertama, cukup membuat kotak amal untuk diri sendiri dengan  menggunakan botol atau kaleng.

Langkah kedua, isilah kaleng tersebut dengan sedekah di setiap subuh dan bersamaan dengan niat dan hajat yang sedang kamu inginkan. Langkah ketiga, sebutkan hajatmu ketika sedekah waktu subuh dengan mengucapkan secara jelas. Sedulur tidak perlu doa panjang lebar, cukup satu hajat untuk sekali dalam melakukan kegiatan sedekah pada waktu subuh.

Jangan lupa, fokuslah pada hajat yang benar-benar kamu butuhkan. Uang sedekah sejatinya, bisa Sedulur kumpulkan terlebih dahulu atau pun sedekahkan pada waktu itu juga.

BACA JUGA : 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

3. Cara sedekah subuh di rumah sendiri

Rutinkan Sedekah Subuh yang Penuh Keutamaan
nexmedia

Setelah kita mengetahui manfaat yang besar dari melakukan kegiatan sedekah, nah berikut adalah beberapa cara dalam melakukan kegiatan pada waktu subuh salah satunya dengan melakukannya di rumah.

Bagaimana cara melakukannya?

Berikut adalah langkah-langkah yang wajib Sedulur ketahui terkait sedekah di rumah

  • Pertama adalah melakukan penitipkan uang untuk mengisi kotak amal masjid seusai menjalani salat subuh. Niatkan sebelum memberikan uang kepada orang yang kita percaya. Sampaikan pada orang tersebut untuk melafalkan niat yang sama saat memasukkan uang ke dalam kotak amal.
  • Langkah kedua yang mesti kamu lakukan adalah, bisa melakukan dengan cara mengirim uang via transfer kepada orang tua, kakak, adik, kerabat, lembaga sosial, atau mereka yang membutuhkan.
  • Tidak kalah penting juga, kamu bisa mengirim makanan atau sembako untuk tetangga terdekat sebelum matahari terbit.
  • Selanjutnya adalah kamu juga bisa mengirimkannya kepada panti asuhan atau lembaga lainnya melalui layanan ojek online
  • Terakhir adaah, menitipkan sumbangan baju-baju yang sudah tidak terpakai, persis seusai salat subuh.

BACA JUGA : Kenali Ikan Cupang Koi, Harga, Ciri Ciri & Cara Merawatnya

4. Cara sedekah subuh untuk wanita

Rutinkan Sedekah Subuh yang Penuh Keutamaan
Znews

Sedekah adalah sebuah tindakan yang sangat mulia. Kegiatan ini merupakan salah satu satu sedekah terbaik. Sebab, pada setiap subuh, malaikat turun dan mendoakan orang-orang yang bersedekah. Namun, khusus wanita, ada aturan khusus bagi kaum wanita yang ingin melakukan sedekah pada waktu subuh. Bagi kaum hawa yang sedang mengalami masa haid, sedekah bisa dilakukan sebelum memulai kegiatan.

BACA JUGA : 11 Ikan Air Laut yang Sering Dikonsumsi, Kaya Nutrisi & Gizi

5. Cara sedekah subuh celengan

Wisatahati Luncurkan Gerakan Sedekah Subuh

Sedekah bisa dilakukan dengan beragam cara dan tentu saja dengan pendekatan-pendekatan khusus. Salah satunya buat Sedulur yang ingin mengumpulkan uang bisa menggunakan sebuah celengan. Celengan bisa dipakai buat Sedulur yang ingin melakukan sedekah

Jangan lupa untuk terus mengisi celengan tersebut dengan melakukan sedekah pada waktu bersamaan dengan niat dan juga hajat yang kamu inginka. Selanjutnya adalah sebutkan hajatmu ketika sedekah ini dengan jelas. Fokuslah pada hajat-hajat yang benar-benar  sedang kamu butuhkan. Uang dapat kamu kumpulkan terlebih dahulu atau pun kamu juga bisa sedekahkan pada hari itu juga.

Nah, sedulur  bisa memberikan uang sedekah yang sudah terkumpul ke kotak amal masjid. Lakukan sedekah secara rutin, maka Sedulur akan mendapatkan berkah yang luar biasa.

6. Testimoni sedekah subuh

solopos

Sudah banyak para ulama menjelaskan, manfaat dari melakukan sedekah pada waktu subuh. Salah satunya datang dari almarhum syekh ali jaber. Almarhum Syekh Ali Jaer pernah menjelaskan bahwa bagaimana mendawamkan satu amalan yang beliau katakan akan menyebabkan rezeki berlimpah dan utang lunas.

Selain utang lunas dan rezeki akan berlimpah ruah, jika amalan ini dijaga secara rutin, maka Allah SWT tentu saja akan membalasnya dengan pahala yang luar biasa baik saat berada di dunia atau pun akhirat. Menurut almarhumah, sedekah ini adalah salah satu amalan yang sangat luar biasa, apabila dapat dijaga dan dilakukan secara rutin terus menerus. Sebab, di saat orang melakukan sedekah ini, malaikan selalu berdoa kepada Allah SWT supaya menggantinya dengan balasan yang berkali-kali lipat.

Bahkan hal yang demikian, sudah sesuai dengan hadist sahih yang sudah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim mengenai orang yang melakukan sedekah  sebagai aktivitas sehari-harinya.

Artinya : Ya Allah berikan pengganti dan berkah bagi orang yang melakukan kegiatan infaq

7. Nilai yang dipetik dari sedekah subuh

Sedekah merupakan sebuah tindakan yang sangat mulia, dan sangat dianjurkan oleh seluruh umat muslim di dunia. Bahkan, dengan melakukan kegiatan ini, banyak sekali nilai-nilai yang bisa dipetik dari kegiatan ini pada waktu subuh.

Dengan melakukan kegiatan bersedekah, maka kita bisa membantu sesama yang membutuhkan dan orang-orang yang merasa membutuhkan bantuan kita, bisa tercukupi masalah kebutuhannnya. Sedekah juga berarti menyisihkan sedikit harta seseorang untuk orang lain yang sedang membutuhkan.

Demikian ulasan mengenai arti sedekah di waktu subuh, manfaat hingga testimoninya. Semoga dengan penjelasan ini, membuat kita semakin lebih giat lagi dalam melakukan kegiatan ini. Terlebih lagi banyak sekali keutamaan yang bisa didapatan dari kegiatan yang positif ini. Semoga bermanfaat ya Sedulur.