scrolling text

Scrolling text atau teks bergulir tengah ramai diperbincangkan di kalangan pengguna media sosial di Indonesia. Teks bergulir ini terutama menjadi viral di TikTok dan WhatsApp yang memang identik sebagai platform perpesanan.

Sesuai namanya, scrolling text adalah sebuah konten berupa teks atau pesan yang dibuat dengan pola tertentu. Pola tersebut baru akan terlihat ketika orang yang menerima pesan menggulirkan (scroll) layar gawainya. Nah, untuk mengikuti tren tersebut, tentu Sedulur perlu mengetahui bagaimana cara membuatnya. Dan berikut cara membuat scrolling text dengan mudah yang bisa Sedulur ikuti!

BACA JUGA: Cara Membuat Sound of Text WA untuk Buat Nada Notifikasi

Apa itu scrolling text?

scrolling text
Patorjk.com

Sebelum mencari tahu bagaimana cara buat scrolling text, ada baiknya Sedulur menyimak informasi tentang apa itu scrolling text terlebih dahulu.

Dirangkum dari berbagai sumber, scrolling text adalah kumpulan teks atau tulisan yang disusun sehingga membentuk pola tertentu ketika digulir. Sederhananya, istilah scrolling text artinya adalah teks bergulir.

Adapun teks ini memiliki ciri berupa bentuknya yang panjang bahkan melebihi panjang layar gawai. Oleh karenanya Sedulur perlu menggulirkan layar gawai untuk dapat melihat pola pesan tersebut.

Ciri lain dari teks bergulir ini yaitu hanya mengandung satu pesan pendek yang kemudian tertulis secara berulang sehingga membentuk sebuah pola. Sehingga meski memiliki bentuk teks yang panjang, sebenarnya teks bergulir hanya berisikan sebuah pesan singkat.

BACA JUGA: Cara Membuat Spotify Pie Chart yang Saat Ini Lagi Trend

Cara membuat scrolling text

scrolling text
Patorjk.com

Cara membuat scrolling text tidaklah sulit. Sedulur tidak memerlukan aplikasi khusus untuk membuatnya. Melainkan cukup mengakses situs pihak ketiga bernama Scrolling Text Time Waster pada alamat http://patorjk.com/. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Sedulur ikuti.

  • Pertama, buka situs Scrolling Text Time Waster dengan mengakses http://patorjk.com/
  • Setelah halaman utama terbuka, gulir atau scroll layar ke bawah sampai menemukan tabel “Games and Misc” dan pilih “Scrolling Text Time Waster”
  • Berikutnya Sedulur akan mendapati default teks bergulir yang panjang dan membentuk pola ketika digulirkan.
  • Untuk membuat teks sendiri, Sedulur bisa menggulirkan layar ke bawah hingga menemukan kolom berwarna putih bertuliskan “Must Waste More Time…”
  • Ketik teks atau pesan yang ingin dibuat menjadi teks bergulir. Misalnya Sedulur ingin membuat scrolling text “i love you” atau scrolling text nama sendiri atau nama orang yang disukai.
  • Kemudian klik “Again! Again | Say!” dan pesan yang diketik Sedulur akan berubah menjadi teks bergulir yang panjang.
  • Selanjutnya Sedulur bisa mengatur apakah ingin teksnya bergulir secara otomatis atau tidak dengan memilih off atau on pada bagian bawah kolom untuk menulis pesan. Sedulur juga bisa mengatur durasi teks bergulir sesuai keinginan.

BACA JUGA: Cara Download PPT dari Slideplayer Mudah, Gratis Tanpa Login

Cara membagikan teks bergulir

Kompas.com

Setelah membuat teks bergulir, tentu Sedulur tertarik untuk membagikannya kepada teman, keluarga, ataupun kerabat. Apalagi bentuk pola pada teks bisa menjadi hiburan sederhana sekaligus unik. Nah, cara membagikan teks bergulir ternyata tidaklah sulit. Berikut rangkuman informasinya.

  • Setelah teks bergulir selesai dibuat, Sedulur dapat menggulirkan layar ke bawah hingga menemukan tulisan pilihan “Copy Output Text.”
  • Klik menu tersebut untuk menyalin teks bergulir yang sudah dibuat. Maka teks akan tersalin di clipboard dan siap ditempel (paste) sebagai pesan di aplikasi WhatsApp.

Selain menyalinnya sebagai teks, Sedulur juga bisa merekam layar saat menampilkan hasil teks bergulir yang sudah dibuat. Dengan demikian, Sedulur akan mendapatkan rekaman hasil teks bergulir tanpa perlu menggulirkannya secara manual.

BACA JUGA: Cara Membuat Receiptify di Spotify yang Mirip Struk Belanja

Catatan tentang teks bergulir

teks bergulir
Kompas Tekno

Di samping menyimak bagaimana cara membuat scrolling text atau teks bergulir hingga cara membagikannya, ada beberapa hal lain yang perlu untuk Sedulur perhatikan.

Pertama adalah perlunya sikap bijak dalam menggunakan fitur tersebut. Seperti yang diketahui, teks bergulir hadir sebagai sebuah konten berupa teks atau pesan dengan pola unik dan sangat panjang. Hal ini bisa mengakibatkan beban kerja gawai menjadi lambat hingga menyebabkan lag atau gawai menjadi hang. 

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa tidak semua orang akan merasa senang ketika mendapat pesan teks yang sangat panjang seperti teks bergulir. Untuk itu pastikan bahwa teks bergulir hanya dikirim kepada teman dekat yang mungkin menerima candaan tersebut.

Di sisi lain, laman Patorjk.com dapat Sedulur akses melalui PC maupun smartphone, baik yang berbasis Android maupun iOS.

Itu dia rangkuman mengenai cara membuat scrolling text atau teks bergulir yang sedang viral di media sosial. Perlu diingat, sebaiknya teks bergulir dibagikan kepada orang yang menyukai konten lucu mengingat teks yang begitu panjang bisa dianggap mengganggu bagi sebagian orang. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.