Sound of Text WA

Belakangan ini sedang tren sebuah fitur teknologi  bernama Sound of Text. Sesuai namanya, fitur yang dapat diakses melalui website atau situs khusus itu menawarkan layanan untuk bisa mengubah kata-kata berwujud teks atau tulisan menjadi suara. Fitur tersebut menjadi viral setelah banyak digunakan warganet sebagai nada dering untuk notifikasi WhatsApp (WA). Tak heran, banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara membuat Sound of Text WA.

Apakah Sedulur juga tertarik dengan fitur tersebut? Nah, berikut ini sudah Super rangkum informasi lengkap mengenai Sound of Text termasuk cara membuatnya. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: 4 Cara Daftar IMEI HP yang Tidak Terdaftar Beserta Syaratnya

Mengenal Sound of Text

sound of text
soundoftext

Sebelumnya sudah dipaparkan bahwa Sound of Text merupakan sebuah fitur yang sedang tren dalam beberapa waktu belakangan. Sound of Text sendiri sebenarnya merupakan sebuah situs atau website yang menawarkan fitur untuk mengubah kata-kata dalam bentuk tulisan menjadi suara. Selanjutnya hasil pengubahan tulisan menjadi suara itu bisa diunduh dapat bentuk berkas atau file MP3. Adapun situs tersebut bisa diakses pada alamat https://soundoftext.com/.

-->

Sementara itu, dalam keterangan yang tertera di website tersebut dituliskan bahwa “Sound of Text membuat berkas suara MP3 dari tulisan dan mengizinkanmu untuk mengunduhnya atau memutarnya di browser – menggunakan teknologi text to speech dari Google Translate.” Sehingga bisa dikatakan bahwa fitur Sound of Text ini memiliki kesamaan konsep dengan text to speech yang terdapat di layanan Google Translate.

Text to speech

sound of text wa
Unsplash

Berdasarkan uraian tentang Sound of Text dapat dipahami bahwa fitur tersebut memiliki kaitan erat dengan teknologi text to speech atau TTS yang tersedia di Google Translate. TTS sendiri bisa didefinisikan sebagai sistem yang dapat mengubah suatu teks menjadi ucapan secara otomatis melalui fonetisasi.

Jika diperhatikan, Sound of Text dan text to speech memiliki kemiripan, yaitu sama-sama merupakan fitur untuk mengubah tulisan menjadi suara. Kendati begitu, jika dilihat dari penggunaannya, terdapat perbedaan antara keduanya. Yaitu bahwa Sound of Text banyak digunakan sebagai pengisi nada dering notifikasi WhatsApp, text to speech lebih populer dimanfaatkan untuk membuat konten di media sosial khususnya oleh pengguna TikTok.

BACA JUGA: Cara Membuat Receiptify di Spotify yang Mirip Struk Belanja

Asal mula tren Sound of Text

sound of text wa
Unsplash

Mungkin Sedulur penasaran, bagaimana Sound of Text WA bisa menjadi sebuah tren dan populer di kalangan masyarakat luas? Dirangkum dari berbagai sumber, hal ini ternyata berkaitan dengan kepopuleran penggunaan text to speech di TikTok. Fitur yang memiliki kesan unik itu pun menarik perhatian publik. Hingga kemudian banyak orang yang mulai memanfaatkan berkas suara dari Sound of Text sebagai nada notifikasi pada aplikasi WhatsApp. 

Seperti yang diketahui, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang banyak digunakan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat. Di sisi lain, Whatsapp juga menyediakan fitur untuk memberikan tanda atau notifikasi spesial bagi kontak tertentu. Hal itu pun dimanfaatkan untuk memasang nada notifikasi dari hasil unduhan di Sound of Text, sebagaimana yang saat ini tengah viral di kalangan warganet.

Cara membuat Sound of Text WA

sound of text
Freepik

Setelah mengetahui apa itu Sound of Text hingga perbandingannya dengan fitur text to speech, kini Sedulur dapat mulai mencoba membuat rekaman suara Sound of Text sendiri. Seperti diketahui, Sound of Text merupakan fitur yang terdapat pada sebuah website khusus. Berikut ini adalah cara untuk membuat Sound of Text WA melalui website soundoftext.com.

  • Pertama, buka situs Sound of Text atau ketik alamat https://soundoftext.com/ dengan browser yang ada pada smartphone Anda atau pada PC.
  • Kemudian, pada kolom “Text” tuliskan kata-kata yang ingin diubah atau dikonversi menjadi suara.
  • Selanjutnya ubah setelah voice sesuai keinginan Sedulur. Berdasarkan pengamatan Super, terdapat beragam bahasa yang bisa dipilih, termasuk ada bahasa Indonesia, Inggris, dan Korea. Sehingga jika Sedulur ingin membuat Sound of Text WA bahasa Indonesia bisa mengatur setelah suara ke bahasa Indonesia.
  • Setelah mengatur setelah suara, klik “Submit.”
  • Kemudian arahkan kursor ke bawah atau gulir layar ke bawah (scroll) hingga menemukan tulisan “Sounds.”
  • Klik “Play” untuk mendengarkan hasil konversi tulisan menjadi suara.
  • Sedulur juga bisa mengunduhnya menjadi format berkas MP3 tengah menekan tombol “Download.”

BACA JUGA: Cara Install Windows dengan Flashdisk Beserta Gambarnya

Cara memasang hasil Sound of Text WA sebagai nada notifikasi

sound of text
Freepik

Setelah berkas suara dari Sound of Text sudah diunduh, Sedulur dapat memasangnya menjadi nada notifikasi pada WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, pindahkan berkas MP3 yang sudah diunduh ke folder Notifications. 
  • Kemudian buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Settings”
  • Kemudian masuk ke bagian “Notifications”
  • Selanjutnya pilih opsi “Notifications tone”
  • Cari berkas MP3 dari Sound of Text yang sudah dibuat tadi. Dengan begitu nada dering notifikasi pada WhatsApp sudah terganti menjadi suara yang tadi sudah dibuat.

Situs lain untuk membuat Sound of Text WA

Freepik

Selain melalui situs Sound of Text, terdapat sejumlah situs lain yang bisa digunakan untuk mengubah tulisan menjadi suara. Berikut rangkuman selengkapnya.

1. Voice of Text

Pertama adalah situs Voice of Text atau voiceoftext.com. Situs ini populer dengan adanya fitur membuat teks menjadi suara dengan nada atau aksen bahasa daerah. Nah, untuk Sedulur yang tertarik membuat Sound of Text WA bahasa Jawa bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, buka website voiceoftext.com.
  • Tuliskan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian pilih jenis suara yang diinginkan, misalnya adalah Javanese untuk pilihan aksen bahasa Jawa.
  • Selanjutnya, klik “Convert to Voice” dan tunggu hingga Sound of Text siap diunduh.

2. Voice Maker

Situs Voice Maker bisa menjadi pilihan untuk Sedulur yang ingin membuat Sound of Text WA suara bayi atau Sound of Text WA suara anak kecil. Sebab pada situs tersebut tersedia pilihan efek suara anak-anak hingga orang dewasa. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Berikut informasi lengkapnya.

  • Pertama, buka browser pada handphone ataupun PC Sedulur. Namun disarankan untuk menggunakan ponsel sehingga memudahkan ketika akan memasang hasil Sound of Text sebagai nada notifikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya ketik alamat voicemaker.in.
  • Lalu masukkan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara pada kolom yang tersedia pada situs tersebut.
  • Berikutnya Sedulur bisa memilih efek suara yang diinginkan. Selain itu, Sedulur juga bisa mengatur kecepatan suara dan beragam efek lainnya.
  • Jika sudah selesai, klik “Convert to Speech” dan tunggu hingga file MP3 siap untuk diunduh.

3. Free TTS

Website berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat Sound of Text adalah Free TTS. Website yang beralamat di freetts.com ini menawarkan fitur unik yaitu efek suara pria dan wanita. Berikut cara membuat Sound of Text di website Free TTS.

  • Pertama, buka websitenya dengan mengetik alamat freetts.com. 
  • Kemudian tuliskan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara.
  • Pilih efek yang diinginkan. Misalnya, Sedulur ingin membuat Sound of Text WA suara laki laki maka dapat memilih jenis suara laki-laki.
  • Kemudian klik “convert” untuk mengubah teks menjadi suara. Sedulur dapat mengecek hasil konversi dengan menekan tombol preview sebelum mengunduhnya.

Demikian tadi cara membuat Sound of Text WA. Dapat diketahui bahwa pembuatan suara unik tersebut bisa menggunakan beberapa website. Selain itu, Sedulur juga bisa memasang hasil konversi teks ke suara menjadi nada untuk notifikasi WhatsApp. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.