receiptify

Apakah Sedulur tahu apa itu Receiptify? Secara sederhana, ini adalah sebuah daftar berisi lagu-lagu yang kerap diputar dalam periode tertentu. Daftar itu dibuat berdasarkan data lagu yang diputar di aplikasi Spotify.

Beberapa waktu lalu konten ini sempat menjadi tren dan viral di media sosial. Tidak sedikit orang membagikan daftar lagu miliknya melalui Instagram Stories maupun platform media sosial lainnya. Hal itu disebabkan karena tampilan daftar lagu pada Receiptify terbilang unik, yaitu menyerupai sebuah setruk belanja.

Lantas, bagaimana cara membuat Receiptify? Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Daftar MyPertamina dan Langkap Menggunakannya

-->

Mengenal Receiptify

receiptify adalah
okezone

Sedulur mungkin tidak asing ketika melihat gambar di atas. Ya, itulah yang disebut sebagai Receiptify, sebuah daftar lagu favorit yang sempat menjadi viral di media sosial. Tepatnya, daftar lagu atau track generator tersebut menampilkan 10 lagu teratas yang sering diputar oleh seseorang di aplikasi Spotify. Daftar tersebut didasarkan pada lagu-lagu yang diputar dalam kurun waktu tertentu, yakni satu bulan, enam bulan, atau selama pengguna menggunakan aplikasi Spotify.

Sisi menarik dari Receiptify template-nya yang mirip sebuah setruk belanja. Mulai dari font atau jenis huruf, tata letak, hingga background putih yang menyerupai sebuah kertas setruk belanja. Jika melihatnya secara sekilas, mungkin Sedulur akan mengira bahwa konten ini adalah sebuah setruk belanjaan.

BACA JUGA: 12 Cara Download Story IG Melalui Aplikasi dan Website

Pembuat situs Receiptify

cara bikin receiptify
freepik

Bisa dikatakan, konten ini merupakan sebuah fitur tambahan atau plug in. Fitur tersebut bisa diakses melalui situs dengan alamat receiptify.herokuapp.com.

Menurut informasi yang tertera pada situs tersebut, Receiptify dibuat oleh Michelle Liu, seorang mahasiswa tahun kedua jurusan Systems and Computer Science di Universitas Carnegie Mellon. Di samping itu, Michelle Liu menuliskan bahwa situs tersebut terinspitasi oleh akun Instagram bernama @albumreceipts.

BACA JUGA: Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

Cara membuat receiptify Spotify

spotify
popbela

Selain membahas mengenai konten spesial ini, ada cara membuat Receiptify. Perlu diingat bahwa daftar lagu ini dibuat berdasarkan data lagu di Spotify, sehingga Sedulur harus terlebih dahulu memiliki akun Spotify. Sementara itu, berikut informasi cara bikin versi lengkapnya.

1. Buka situs Receiptify

Pertama, buka situs https://receiptify.herokuapp.com/. Sedulur bisa mengakses laman tersebut menggunakan browser di handphone maupun PC. Kemudian, klik tombol “Log in with Spotify” untuk menyambungkan situs dengan akun Spotify milikmu.

Perlu diketahui, konten ini tidak terbatas menggunakan Spotify saja. Melainkan juga melalui aplikasi pemutar lagu lainnya seperti Apple Music dan Last.fm. Sehingga Sedulur juga bisa membuat Receiptify Apple Music atau Last.fm.

2. Atur periode waktu

cara membuat
theasianparent

Setelah berhasil menyambungkan Receiptify dengan akun Spotify-mu, selanjutnya Sedulur dapat memilih periode waktu yang diinginkan. Terdapat tiga pilihan, yaitu “Last Month” atau berarti satu bulan terakhir, “Last 6 Month” atau 6 bulan terakhir, dan “All Time” yang berarti Sedulur menginginkan daftar berdasarkan lagu-lagu yang diputar selama memiliki akun Spotify.

3. Unduh Receiptify

cara mengunduh
suara

Selanjutnya, akan muncul daftar berisi 10 lagu yang paling sering diputar dalam kurun waktu yang telah dipilih. Untuk mengunduhnya, Sedulur dapat meng-klik tombol “Download” yang tersedia di layar.

BACA JUGA: Cara Daftar Tiktok Shop untuk Jualan Online di Tiktok

Cara hapus akses

Cara hapus akses
freepik

Berdasarkan uraian mengenai cara bikin Receiptify, bisa disimpulkan bahwa situs tersebut menjadi pihak ketiga yang turut memiliki akses terhadap akun Spotify kita. Nah, untuk melindungi data di kemudian hari, tak ada salahnya untuk menghentikan atau menghapus akses tersebut. Berikut cara hapus akses yang bisa Sedulur coba.

  • Log in atau masuk ke akun Spotify melalui website Spotify.com. Sedulur bisa mengakses situs tersebut lewat browser di handphone maupun PC.
  • Pada halaman Home, pilih menu “Tinjauan Akun” dan kemudian klik “Aplikasi” yang berlogo seperti potongan puzzle.
  • Nantinya akan muncul aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Spotify. Nah, Sedulur cukup pilih “Hapus Akses” untuk menghentikan akses aplikasi atau pihak ketiga tersebut.

Demikian tadi pembahasan mengenai Receiptify, termasuk bagaimana cara membuatnya. Apakah Sedulur juga tertarik untuk ikut membagikan daftar lagu favorit?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.