spotify pie

Jika diperhatikan dengan lebih jeli, trend di dunia maya semakin hari menjadi semakin beragam. Tidak hanya trend saling mengajukan pertanyaan secara anonim, trend membuat daftar lagu yang sering didengarkan dalam satu bulan juga ikut meramaikan. Trend pada aplikasi pemutar musik tersebut dikenal dengan Spotify Pie Chart.

Jika Sedulur tertarik untuk ikut terlibat dalam trend Spotify Pie Chart cara membuatnya ternyata sangat mudah sekali. Tidak perlu menunggu waktu lama, diagram musik Sedulur bisa jadi dalam beberapa menit saja. Setelah jadi, Sedulur juga bisa membagikannya pada sosial media yang lain dalam bentuk postingan atau cerita.

Lalu, bagaimana cara membuat Diagram Pie Spotify tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Email Lewat HP & Laptop, Mudah dan Cepat

-->

Spotify Pie Chart adalah

spotify pie chart
Bandwagon Asia

Spotify Pie Chart adalah sebuah bentuk representasi visual yang ada pada aplikasi streaming lagu bernama Spotify. Fitur ini digunakan untuk menganalisis akun Spotify seseorang dan menampilkannya dalam bentuk diagram lingkaran. Karena bentuk visualnya yang menyerupai kue pie berwarna-warni yang dibagi menjadi beberapa bagian, maka trend ini dikenal dengan Diagram Pie Spotify.

Diagram Pie pada aplikasi ini akan menampilkan semua genre musik yang sudah didengarkan oleh seseorang selama satu bulan terakhir. Pada bagian bawah pembagian diagram pie akan disertai kunci. Kunci tersebut berfungsi untuk menjelaskan genre apa yang terkait dengan setiap warna. Tidak hanya itu, situs web tersebut juga akan mencantumkan siapa saja musisi top favorit seseorang pada bulan dimana ia membuat diagram dengan peringkat dari atas ke bawah menggunakan font yang semakin kecil.

Trend ini hampir sama dengan Spotify Wrapped dan Receiptify yang sempat viral beberapa waktu yang lalu. Namun tidak seperti Spotify Wrapped yang merupakan kilas balik musik yang didengar dalam setahun, Diagram Pie hanya akan merangkum lagu apa saja yang sering diputar dalam satu bulan. Genre musik tersebut dapat berupa pop, country, metalcore, nu-metal, dan post-grunge.

BACA JUGA: Cara Membuat Sound of Text WA untuk Buat Nada Notifikasi

Siapa pencipta diagram pie ini?

spotify pie chart
Instagram.com/drnhng

Diagram Pie ini bukanlah fitur yang disediakan oleh aplikasi Spotify secara resmi, namun fitur ini merupakan plug in atau fitur tambahan. Diketahui bahwa pencipta fitur ini adalah Darren Huang, seorang mahasiswa UCLA (University of California, Los Angeles).  

Karena merupakan buah karya dari Darren, maka untuk dapat menggunakan fitur ini, Sedulur harus masuk ke dalam situs milik Darren tersebut. Situs ini berbentuk website sehingga Sedulur tidak perlu mengunduh aplikasi lagi.

BACA JUGA: Cara Membuat Receiptify di Spotify yang Mirip Struk Belanja

Cara membuat Spotify Pie Chart

spotify pie chart
iStock

Cara buat Spotify Pie Chart sangatlah mudah. Sedulur cukup mengakses situs milik Darren dan membuatnya disana. Lebih jelasnya, berikut adalah cara bikin Spotify Pie dalam empat langkah mudah.

  1. Masuk ke situs milik Darren Huang berikut ini, https://huangdarren1106.github.io/
  2. Log in ke akun Spotify Sedulur dengan memasukkan alamat email dan kata sandi.
  3. Setelah muncul opsi untuk melihat data akun Spotify pengguna, tekan “Setuju” untuk memberikan izin akses pada riwayat musik apa saja yang didengar di Spotify.
  4. Klik “Ok” untuk melanjutkan dan Diagram Pie pribadi milik Sedulur sudah berhasil dibuat.

Cara share Spotify Pie Chart

spotify pie chart
iStock

Cara melihat Spotify Pie dapat dilakukan pada hasil yang muncul di website milik Darren. Selanjutnya Sedulur dapat melakukan tangkapan layar atau screenshot pada hasil di website dan membagikannya pada media sosial lain.

Nah, untuk tambahan informasi, jika Sedulur khawatir mengenai keamanan data akun, Sedulur dapat menghapus akses plug in Diagram Pie pada aplikasi tersebut. Caranya adalah masuk ke akun Spotify, Klik bagian “Akun” dan pilih bagian ‘Aplikasi’. Selanjutnya hapus akses pada pilihan ‘spotifyapp2’ akses pada fitur tambahan tersebut telah berhasil dihilangkan.

Sekian informasi mengenai cara membuat Spotify Pie Chart yang sedang menjadi trend media sosial akhir-akhir ini. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur yang tertarik untuk melakukannya. Selamat mencoba! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.