rest in peace artinya

Sedulur tentu tidak asing dengan kalimat rest in peace atau juga biasa disingkat menjadi RIP. Kalimat ini biasa diucapkan untuk mengungkapkan bela sungkawa ketika ada kerabat atau keluarga yang meninggal dunia. Tagar #RIP juga kerap menduduki jajaran trending di media sosial ketika tersiar kabar duka mengenai publik figur. Namun, apakah Sedulur sudah tau rest in peace artinya apa?

Jika belum, pada artikel kali ini Super akan membahas mengenai arti dari kalimat rest in peace. Selain itu, juga akan dipaparkan contoh ungkapan belasungkawa dalam bahasa Inggris lainnya.

BACA JUGA: Apa Arti Crush dalam Bahasa Gaul Anak Muda

RIP atau Rest in Peace artinya apa?

rest in peace artinya
The Art of Condolence

Pertama-tama, kita pahami terlebih dahulu pengertian dari kalimat rest in peace.

Rest in peace merupakan kalimat dalam bahasa Inggris yang umum diucapkan sebagai ungkapan bela sungkawa. Kalimat ini terdiri atas tiga kata, yaitu rest, in, dan peace. Dikerahu, rest memiliki arti istirahat, in artinya dalam, dan peace artinya damai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kalimat rest in peace artinya beristirahat dalam dalam.

Kalimat ini sendiri biasanya disingkat menjadi RIP. Oleh karenanya, apabila Sedulur menjumpai tulisan “RIP” pada suatu unggahan di media sosial dengan konteks kabar duka, dapat diketahui ungkapan tersebut memiliki arti rest in peace atau beristirahat dalam damai.

Asal kalimat Rest in Peace

rest in peace artinya
Depositphotos

Disampaikan sebelumnya, rest in peace adalah kalimat ungkapan belasungkawa dalam bahasa Inggris yang mengandung makna beristirahat dalam damai. Makna tersebut sekaligus menjadi doa untuk orang sudah meninggal.

Menurut buku Kristologi yang ditulis oleh Jonar T. H. Situmorang, kalimat rest in peace rupanya berasal dari bahasa Latin, yaitu requiescat in pace. Kalimat tersebut biasa disingkat menjadi RIP yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi rest in peace.

Adapun requiescat in pace juga mengandung makna yang sama dengan rest in peace, yaitu merupakan doa semoga ia atau mereka beristirahat dalam kedamaian. Kalimat requiescat in pace sendiri disebut berasal dari ajaran Kristen atau Katolik dan digunakan dalam kebaktian untuk mendoakan orang yang sudah meninggal agar beristirahat dalam kedamaian. Tak hanya itu, “RIP” juga biasa dituliskan pada batu nisan.

BACA JUGA: Apa itu Backrooms? Istilah yang Belakangan Viral di Medsos

Penggunaan istilah RIP dalam bahasa gaul

Freepik

Selain diucapkan sebagai ungkapan bela sungkawa atas meninggalkan seseorang, singkatan RIP juga banyak digunakan dalam konteks lain hingga menjadi istilah dalam bahasa gaul. Dalam konteks bahasa gaul yang terutama dilontarkan oleh anak muda, singkatan RIP biasa digunakan untuk menunjukkan keprihatinan atas suatu kondisi.

Misalnya, ketika mencuat kabar tentang adanya ketidakadilan dalam penanganan sebuah kasus hukum. Menanggapi kabar tersebut, biasanya warganet akan beramai-ramai menggaungkan tagar #RIPKeadilan sebagai bentuk kritik kepada aparat terkait.

Contoh lainnya, pada awal tahun 2022 juga sempat ramai tagar #RIPIkatanCinta. Dilansir Tabloid Bintang, tagar tersebut ramai dicuitkan oleh penggemar sinetron Ikatan Cinta sebagai bentuk protes atas jalan cerita yang dinilai bertele-tele.

Contoh ungkapan belasungkawa dalam bahasa Inggris

Freepik

Selain RIP alias rest in peace, Sedulur juga bisa menyampaikan belasungkawa dalam bahasa Inggris dengan bentuk ungkapan atau kalimat yang lain. Berikut ini, Super telah merangkum beberapa ungkapan belasungkawa dalam bahasa Inggris yang memiliki makna mendalam lengkap dengan terjemahannya.

  1. Our thoughts and prayers are with you. (Kami selalu mendoakanmu).
  2. My deepest condolences. Eventually, everyone will return to God’s side. (Turut berdukacita. Pada akhirnya, semua orang akan kembali ke sisi Tuhan).
  3. We will treasure our memories of him/her and offer you our condolences. (Kami akan menghargai kenangan kami tentang dia dan menyampaikan belasungkawa kami). 
  4. We are mourning to hear your lost. Be strong. (Kami sangat sedih mendengar kabar duka ini. Tetap kuat ya!).
  5. Sending great big hugs for your difficult time. (Mengirim peluk untukmu dalam waktu yang sulit ini).
  6. The Universe had asked him to come back. He/she has been with the Giver of Goodness. Stay strong. (Semesta telah memintanya pulang. Dia telah bersama Sang Pemberi Kebaikan. Kuatkan dirimu).
  7. We are really sorry to hear that. May she / he get a beautiful place up there. (Kami ikut berduka cita. Semoga dia mendapatkan tempat terbaik di atas sana).
  8. No words can comfort you from your sadness, but don’t worry, we are always here for you. (Tidak ada kata-kata yang bisa menghiburmu dari rasa sedih, tapi jangan khawatir, kita semua di sini untukmu).
  9. Words are not enough to reduce your sadness right now, but hopefully these words can be a friend in your hard days. I can really feel your sadness. (Kata-kata tidak cukup untuk mengurangi kesedihanmu saat ini, tetapi semoga kata-kata ini bisa menemani hari-hari Anda yang berat. Saya sungguh bisa merasakan kesedihan Anda).
  10. My condolences for this loss, sending prayers during this tough time for you and your family. (Turut berduka cita untuk kehilangan ini, aku doakan dalam waktu yang sulit ini untukmu dan keluarga).

BACA JUGA: Arti Kata Vibes yang Dalam Bahasa Gaul, Banyak Maknanya!

Trivia: hukum mengucapkan Rest in Peace menurut ajaran Islam

Freepik

Telah diketahui bersama bahwa RIP atau rest in peace merupakan ungkapan duka dalam bahasa Inggris yang artinya beristirahat dengan tenang. Ungkapan ini berasal dari bahasa Latin, yaitu requiescat in pace yang mana merupakan bagian dari ajaran agama Kristen atau Katolik. 

Lantas, bagaimana hukum mengucapkan rest in peace menurut ajaran Islam?

Mengutip dari Kumparan, Islam memandang ucapan belasungkawa sebagai amalan yang terpuji. Kendati demikian, umat Islam dianjurkan untuk tidak menggunakan ucapan rest in peace mengingat itu merupakan bentuk doa dalam ajaran agama lain. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam situs Fatwa Dewan Syariah Nasional.

Di sisi lain, Rasulullah saw. juga menganjurkan kepada para pengikutnya agar tidak mengikuti ajaran selain Islam. Anjuran ini tercantum dalam hadis riwayat Abu Daud yang artinya,

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia bagian dari mereka.” (HR Abu Daud)

Sementara itu, Allah Swt. juga telah mengajarkan melalui firman-Nya dalam surat Al Baqarah ayat 156 agar umat Islam mengucapkan innaa lillahi wa innaa ilaihi raji’un sebagai ucapan belasungkawa.

الَّذِيْنَ اِذَاۤ اَصَا بَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۙ قَا لُوْۤا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِ نَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ

Artinya:

“(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).” (QS. Al-Baqarah: 156).

Demikian tadi pembahasan mengenai rest in peace atau RIP. Dapat disimpulkan bahwa rest in peace merupakan ungkapan belasungkawa dalam bahasa Inggris yang artinya beristirahat dalam damai. Selain itu, juga telah dijelaskan asal ucapan rest in peace dan hukum mengucapkannya menurut ajaran Islam. Nah, semoga informasi pada artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.