vibes artinya

Vibes adalah bahasa gaul yang saat ini banyak digunakan oleh anak muda. Vibes artinya gambaran suasana perasaan seseorang terhadap suatu situasi dan tempat. Istilah ini banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari seperti pada kata good vibes dan morning vibes.

Vibes dapat dijelaskan sebagai karakter, perasaan atau suasana hati suatu tempat atau situasi. Contoh vibes adalah menggambarkan karakter tempat yang menarik dan mengasyikkan. Nah, jika Sedulur tertarik untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang vibes, simak artikel berikut, ya!

BACA JUGA: Penggunaan Was dan Were yang Benar dalam Bahasa Inggris

1. Definisi dari kamus

vibes artinya
iStock

Sebelum membuat kalimat menggunakan istilah vibes, Sedulur tentunya perlu mengetahui vibes adalah artinya menurut kamus. Berikut ini adalah definisi kata vibes yang dilansir dari beberapa kamus Bahasa Inggris yang kredibel dengan definisi lengkapnya yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

-->

Dilansir dari Merriam Webster Dictionary, kata vibes didefinisikan sebagai kata sifat yang pertama kali dipakai pada 1967 dan mulai dipakai sebagai kata kerja pada 1971. Diketahui bahwa asal kata istilah vibes adalah dari bahasa Inggris “vibe” yang berarti atmosfer.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), atmosfer atau vibes adalah suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh pengarangnya.

  • Oxford Dictionary

Menurut kamus Oxford Dictionary, istilah vibes adalah kata benda dalam bentuk plural dari vibe. Secara formal, vibes adalah suasana atau atmosfer yang diproduksi oleh orang, benda, dan tempat tertentu. 

Sementara secara informal, vibes diambil dari kata vibraphone, yakni sebuah instrumen musik perkusi yang masuk di metallophone family dan digunakan untuk genre musik jazz.

  • Cambridge Dictionary

Menurut kamus Cambridge Dictionary, secara informal vibes adalah suasana atau karakter dari sebuah tempat, situasi, atau musik. Sedangkan secara formal, vibes adalah perasaan yang didapat dari tempat, situasi, atau orang-orang tertentu.

  • Merriam Webster

Sementara itu, menurut kamus Merriam Webster, secara informal vibes dapat diartikan sebagai perasaan atau kualitas yang mampu dirasakan, atau menikmati musik, atau menjadi harmonis, atau menyampaikan rasa dari sebuah tempat, perasaan, dan aspek lainnya.

Beberapa kata yang bersinonim dengan istilah vibes adalah:

  1. Atmosphere
  2. Ambience
  3. Climate
  4. Tone
  5. Feel
  6. Aura
  7. Energy

BACA JUGA: 18 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Tipsnya

2. Perbedaan vibe dan vibes

suasana
iStock

Setelah mengetahui arti istilah vibes dari beberapa kamus di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa vibes berhubungan dengan suasana perasaan seseorang terhadap situasi yang sedang dihadapinya. Vibes adalah istilah yang biasa dipakai atau disematkan pada suasana sendiri. Istilah ini tidak perlu dibarengi kata sifat untuk menggambarkan jenis karakter atau suasana hati yang dimiliki suatu tempat.

Istilah vibes juga sering ditulis dengan vibe saja. Hal ini tidak perlu membuat Sedulur bingung menggunakan vibes atau vibe karena keduanya memiliki arti yang sama. Pada dasarnya, vibes merupakan bentuk jamak atau plural dari vibe, jadi secara garis besar tidak ada perbedaan yang mencolok ketika menggunakan kedua istilah ini.

BACA JUGA: Arti Caption dalam Bahasa Inggris, Serta Contoh Penggunaannya

3. Definisi vibes dalam bahasa slang

suasana hati
iStock

Selain digunakan dalam arti formal dan informal, dalam bahasa Inggris, vibes juga dapat digunakan dalam bahasa slang. Dilansir dari Urban Dictionary, vibes artinya adalah bersantai, menikmati momen damai, dan membiarkan semesta bekerja.

BACA JUGA: Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Membaca & Kalimatnya

4. Contoh istilah

vibes
iStock

Supaya Sedulur menjadi lebih paham dengan istilah vibes ini, ada formula khusus yang bisa Sedulur hafalkan. Berikut adalah formula beserta contoh istilahnya.

Formula: Adjective atau kata sifat + vibes

Sedulur dapat meletakkan kata sifat, baik yang memiliki konotasi positif maupun negatif di depan kata vibes. Berikut adalah beberapa contoh istilah yang menggunakan kata vibes dan biasa dipakai sebagai caption di media sosial beserta artinya. 

  • Weekend vibes memiliki arti suasana akhir pekan.
  • Sunday vibes memiliki arti suasana minggu yang santai.
  • Monday vibes berarti suasana senin yang super sibuk.
  • Bad vibes adalah getaran emosi yang buruk atau sesuatu yang memiliki energi negatif yang bisa mempengaruhi suasana menjadi buruk atau kurang menyenangkan.
  • Good vibes adalah getaran emosi positif yang bisa mempengaruhi suasana menjadi gembira dan menyenangkan.
  • Soothing vibes memiliki arti suasana yang menenangkan.
  • Weird vibes berarti suasana yang aneh.
  • Retro vibes berarti suasana retro.
  • Arti morning vibes adalah suasana positif yang muncul ketika seseorang bangun setiap pagi untuk beraktivitas.

BACA JUGA: 45 Ucapan Happy Valentine Romantis Bahasa Indonesia & Inggris

5. Contoh kalimat

vibes
iStock

Setelah mengetahui formula untuk menyusun istilah yang baik dan benar, kini saatnya Sedulur mempelajari lebih dalam dengan cara membuat contoh kalimat. Berikut adalah beberapa contoh kalimat pendek yang merupakan wujud dari pengembangan kata vibes.

  • I’m afraid to go there. That place has bad vibes (Aku takut datang kesana. Tempat itu memiliki suasana yang buruk).
  • The music has a soothing vibes. (Musik itu memiliki alunan yang menenangkan).
  • This place has a good vibes. (Tempat ini memiliki suasana yang menyenangkan).
  • She gave me a weird vibes. (Dia membuatku merasa sangat aneh).
  • Zebra print conveys a groovy retro vibes. (Zebra print menghadirkan getaran retro yang asyik).
  • The listeners vibed on her new album release. (Para pendengar ikut bergetar ketika dia melakukan rilis album baru).
  • I love the little town since it has the vibes of New York. (Aku menyukai kota kecil ini sejak terasa seperti di New York).
  • I feel good vibes when I come to the beach. (Aku merasa gembira ketika aku datang ke pantai).
  • She have a positive vibes. (Dia memiliki aura yang positif).
  • This is Sunday vibes, I feel so lazy. (Suasana minggu pagi yang santai, aku merasa sangat malas).
  • They give me good vibes every day. I love them. (Mereka memberikan aku dorongan baik setiap hari. Aku menyayangi mereka).

Demikianlah penjelelasan arti kata vibes yang banyak digunakan oleh anak muda saat ini. Setelah mengetahui vibes artinya adalah gambaran suasana perasaan seseorang terhadap suatu situasi dan tempat, kini Sedulur sudah dapat menggunakan istilah ini dalam percakapan sehari-hari dengan teman atau menggunakannya sebagai caption media sosial. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.