crush artinya

Belakangan ini, istilah crush semakin populer digunakan dalam bahasa gaul kekinian. Apakah Sedulur juga sering menggunakan kata tersebut? Sudah tahu crush artinya apa? Sebagai orang yang turut menggunakannya, kamu juga dituntut untuk paham, lho.

Secara formal dan harfiah, kata crush berasal dari Bahasa Inggris yang berarti menghancurkan. Akan tetapi, kata crush sendiri juga mempunyai arti yang informal alias tidak baku. Istilah slang ini sering digunakan oleh anak muda untuk saat ini dalam hal percintaan. 

Lantas, apa arti crush dalam cinta? Bagi Sedulur yang belum tahu dan masih merasa penasaran, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Arti dari Jamet, Istilah yang lagi Trend di Media Sosial

-->

Arti crush dalam bahasa gaul

my crush artinya apa
Pexels

Dalam bahasa gaul, mungkin Sedulur sudah sering mendengar kata crush disebut-sebutkan. Jika arti secara formal dari kata crush sendiri adalah menghancurkan. Namun secara informal, kata ini memiliki arti yang jauh berbeda.

Dalam bahasa informal, crush artinya seseorang yang diidolakan, dikagumi, dan disukai dalam konteks romantis. Sedangkan dalam bahasa slang, kata crush dapat diartikan sebagai gebetan atau orang yang ditaksir alias disukai.

Dalam bahasa gaul, crush adalah kata yang biasa digunakan untuk menyatakan ketertarikan pada seseorang atau gebetan. Bagi Sedulur yang masih bingung, bisa melihat beberapa contoh yang ada di bawah ini.

  • My crush artinya apa? Artinya adalah “idola atau gebetan”
  • Ex-crush artinya “mantan idola atau mantan gebetan”
  • You are my crush artinya “kamu adalah idola atau gebentanku”

Arti crush dalam makna yang sebenarnya

crush artinya apa
Pexels

Jika dalam bahasa gaul crush artinya adalah idola atau gebetan, lalu apa makna yang sebenarnya dari kata tersebut?

Walaupun biasanya mengacu pada perasaan romantis kepada seseorang, sebenarnya kata crush ini tidak harus romantis sama sekali. Christie Kederian, PhD., seorang psikolog dan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi telah menjelaskan jika naksir atau suka kepada seseorang itu tidak selalu bersifat romantis.

Jika ditanya tentang arti dari kata crush, makna sebenarnya adalah keinginan untuk terhubung dengan orang lain dalam tingkat yang lebih mendalam lagi. Ya, jadi semacam membangun sebuah hubungan yang lebih dekat atau lebih intim dengan orang yang diinginkan.

Bisa jika crush artinya kekaguman pada selain gebetan, misalnya saja seperti teman maupun rekan kerja. Dalam hal ini, kagum sifatnya bukan berarti romantis atau ingin menjalin cinta dengan mereka. Hanya ingin menjalani hubungan yang lebih dekat saja.

Jenis crush

jenis
Pexels

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai arti dari crush dalam makna yang sebenarnya. Nah, hal ini dapat berarti sekadar kekaguman sebagai teman atau rekan kerja, namuj bisa juga berarti menyukai dalam hal romantis. Itu membuat crush memiliki beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

1. The friendly atau platonic crush

Terkadang jenis ini juga disebut sebagai squish. Perlu diingat jika tidak semua perasaan yang kuat bersifat romantis. Beberapa di antaranya ada juga yang bersifat platonis. Misalnya saja membiarkan diri mempercayai seseorang dan menjadi sangat dekat dengan orang tersebut.

Hal itu dilakukan tanpa adanya perasaan romantis terhadapnya, hanya perasaan yang sangat istimewa. Hanya sekedar ingin berada di dekat seseorang sepanjang waktu, mungkin menimbulkan keinginan untuk menjadi sahabat dekat.

2. The admiration crush

Jenis yang satu ini adalah crush yang terjadi saat mengidolakan seseorang. Misalnya seperti selebriti, guru, atau teman sekelas yang melakukan sesuatu yang keren mungkin. Sedulur mungkin menyadari jika ada perasaan yang sangat kuat tentang orang tersebut dan apa yang mereka lakukan.

Perasaan ini mungkin sering disalahartikan sebagai perasaan romantis, karena begitu intens. Merasa terpesona di hadapan seseorang yang telah melakukan sesuatu luar biasa, atau mengajari Sedulur berbagai hal yang hebat.

3. The passing crush

Telah menjadi sifat manusia untuk tertarik dengan orang lain. Bahkan apabila seseorang berada dalam hubungan yang hebat, maka rasa tertarik pada seseorang selain pasangan romantis pun mungkin juga ada.

Hubungan ini adalah ketertarikan yang lewat atau hanya sekilas. Misalnya seseorang mungkin tampak menarik dan membawakan warna yang baru. Namun, hal itu tidak berarti mengkhianati pasangan yang telah menjalin komitmen, kok.

4. The romantic crush

Terkadang, naksir dengan seseorang berarti benar-benar menyukainya dengan cara romantis. Ya, mempunyai romantic crush berarti ada perasaan ingin bersama orang tersebut lebih dari sekadar cara yang biasa.

Dalam arti, terdapat suatu rasa ingin menjadi pasangan romantis dari orang yang dikagumi. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya fantasi tentang berpegangan tangan, berciuman, maupun berpelukan dengan orang tersebut.

BACA JUGA: Arti Spill dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosial Media

Apa yang harus dilakukan jika memiliki crush?

definisi
Pexels

Sudah pasti, penting untuk mengetahui jenis dari crush yang dimiliki. Apakah crush tersebut yang sekadar kekaguman, atau mungkin dalam konteks romantis. Sebab, seringkali ketertarikan yang dimiliki hanyalah secara fisik yang tidak mendalam, atau bisa jadi juga kagum atas kehebatan saja.

Oleh karena itu, cobalah untuk memikirkan dengan matang dan memahami apa yang dirasakan dulu. Coba perbanyak relasi dan juga bertemu dengan orang-orang baru. Lakukan juga hal-hal yang produktif dan menyenangkan untuk pengalihan.

Apabila rasa tertarik semakin meningkat dan menuju kearah romantis, mungkin ini saatnya untuk melangkah maju dan mencoba membangun sebuah hubungan yang lebih dekat.

Tanda nge-crush-in seseorang

tanda crush
Pexels

1. Hidup berputar di sekitar mereka

Setiap hal yang dilakukan, entah bagaimana hampir selalu berkaitan dengan orang tersebut. Titik puncak hari-hari Sedulur segera tercipta setiap kali Sedulur berbicara dengan mereka.

2. Mulai stalking secara online

Apakah Sedulur telah melakukannya tanpa sadar? Kemudahan akses internet dan media sosial membuat hal-hal seperti itu sangat mudah dilakukan. Sedulur selalu ingin tahu lebih banyak tentang mereka.

3. Mencoba mengenali orang ini di setiap momen

Terkadang Sedulur bersembunyi di dekat tempat dia berada, hanya untuk melihat orang tersebut sekilas. Pada saat Sedulur menemukannya, rasanya sangatlah bahagia.

4. Mencoba yang terbaik untuk bertemu dengannya

Mengandalkan berbagai momen kebetulan, mungkin terasa agak melelahkan. Jadi Sedulur mulai merencanakan pertemuan “kebetulan” yang pada akhirnya membuat Sedulur bisa berinteraksi dengannya.

Kata-kata gaul lain

istilah gaul
Pexels

Tidak hanya crush saja, ada beberapa kata lain dalam bahasa gaul lain yang sering digunakan dalam hal percintaan atau romantisme.

  • Babe: Arti dalam bahasa gaul sama dengan baby yakni sayang
  • BAE: Arti dalam bahasa gaul yakni Before Anyone Else
  • BB: Arti dalam bahasa gaul baby atau sayang
  • BF/GF: Arti dalam bahasa gaul girlfriend atau boyfriend
  • Bucin: Arti dalam bahasa gaul yakni budak cinta
  • Caper: Arti dalam bahasa gaul cari perhatian
  • Galau: Arti dalam bahasa gaul saat kondisi tengah sedih, sakit hati atau patah hati
  • Ghosting: Arti dalam bahasa gaul menghilang tanpa kabar
  • Halu: Arti dalam bahasa gaul yakni halusinasi
  • ILY: Arti dalam bahasa gaul I Love You
  • LUV: Arti dalam bahasa gaul Love
  • MU: Arti dalam bahasa gaul Miss You
  • PETRUS: Arti dalam bahasa gaul Pepet Terus
  • PHP: Arti dalam bahasa gaul Pemberi Harapan Palsu.
  • TC: Arti dalam bahasa gaul Take Care
  • TTM: Arti dalam bahasa gaul Teman Tapi Mesra
  • Wakuncar: Arti dalam bahasa gaul Waktu Kunjung Pacar
  • XOXO: Arti dalam bahasa gaul Hugs and Kisses

Itulah beberapa hal mengenai crush yang bisa kita bahas di artikel ini. Setelah membaca informasi di atas, Sedulur sudah paham ‘kan sekarang? Jika sudah, sekarang coba Sedulur pertimbangkan dulu orang yang dikagumi tersebut masih jenis crush yang mana, lalu lakukan apa yang memang harus dilakukan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!