rendah hati adalah

Salah satu sifat terpuji dalam diri seseorang yang patut untuk ditiru adalah rendah hati. Arti rendah hati adalah sebuah sebuah karakter yang tumbuh dalam diri karena mampu untuk menyadari keterbatasan yang dimiliki serta terbuka terhadap saran dan kritik diberikan oleh orang lain. Rendah hati berbeda artinya dengan rendah diri yang merupakan sikap tidak percaya diri pada seseorang. 

Ada berbagai ciri untuk mengetahui apakah kita termasuk orang yang rendah hati atau bukan. Apa saja? Simak detailnya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Dalil & Hadist Tentang Sabar: Arti, Arab & Latinnya Wajib Diteladani

1. Tidak iri dengan keberhasilan orang lain

arti rendah hati adalah
indozone

Salah satu contoh sikap rendah hati adalah dengan menghindari sikap iri dan dengki jika ada orang lain telah sukses atau berhasil mencapai sesuatu. Sebaliknya, orang yang rendah hati akan bahagia dan senang jika orang lain mencapai keberhasilannya. Orang yang memiliki sifat ini juga mengucapkan dengan tulus atas semua keberhasilan yang telah dicapai oleh orang lain yang dikenalnya tersebut.

2. Menjadi pendengar yang baik

lawan dari rendah hati adalah
liputan6

Sikap rendah hati adalah menjadi pendengar yang baik jika ada seorang teman atau saudara yang sedang berbicara. Tak hanya mendengarkan, seorang rendah hati juga melakukan komunikasi non verbal dengan bentuk pemahaman serta empati yang dirasakan. Menjadi pendengar yang baik tidak sesederhana mendengarkan, namun harus bisa paham apa yang dirasakan oleh yang bersangkutan agar kita bisa memberikan opini bila diperlukan. 

BACA JUGA: 20 Sifat Mustahil Bagi Allah Lengkap Arti, Penjelasan & Dalilnya

3. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi

sikap rendah hati adalah
pexels

Ciri lain dari seorang yang rendah hati adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yang digunakan sebagai pembelajaran. Orang yang rendah hati akan selalu ingin mengetahui dan belajar sesuatu yang bersifat positif dan bisa memanfaatkan serta membagi waktu untuk belajar. Tidak hanya dalam segi akademis, dari segi non akademis pun bisa dipelajari oleh karakter ini. Maka dari itu, biasanya keseriusan dimiliki oleh orang yang rendah hati.

4. Tidak berbicara terlalu banyak mengenai diri sendiri

ciri orang yang rendah hati adalah
liputan6

Selanjutnya, ciri orang yang rendah hati adalah tidak terlalu banyak bicara tentang diri sendiri. Terkadang, orang dengan sikap sering membanggakan diri sendiri sangat membuat orang disekitarnya merasa tidak nyaman. Sikap ini cenderung pamer.

Seseorang yang terlalu banyak membanggakan diri sendiri membuat orang yang mendengarnya merasa bosan dan bisa dijauhi oleh orang. Jadi, hindari sifat ini dengan cara menyembunyikan saja apa yang perlu disembunyikan dan orang lain tidak perlu tahu. Jangan terlalu menonjolkan apa yang Sedulur miliki.

BACA JUGA: 12 Manfaat Musyawarah Lengkap Dengan Pengertian & Cirinya

5. Menerima pendapat serta masukan dari orang lain

rendah hati
pexels

Sikap dan ciri orang rendah hati selanjutnya adalah menerima pendapat dan masukan dari orang lain. Pahami apa yang mereka katakan terlebih dahulu dan tampung pendapat mereka. Sikap terbuka dan mau mengakui pendapat dari orang lain ini dimiliki oleh seorang rendah hati.

6. Berani meminta maaf bila mempunyai salah dan memaafkan

rendahhati minta maaf
pexels

Selanjutnya, ciri sikap rendah hati adalah berani meminta maaf jika mempunyai kesalahan serta memaafkan jika orang lain berbuat salah. Meskipun terlihat mudah, namun mengakui kesalahan itu sulit dikatakan oleh kebanyakan orang. Bagi yang memiliki sikap rendah hati, meminta maaf jika salah atau keliru serta tidak mencari pembenaran atas kesalahan yang dilakukan adalah suatu kewajiban. Sikap tinggi hati dan arogan wajib dihindari, ya.

BACA JUGA: 7 Bacaan Sujud Sesuai Sunnah: Arti Arab & Latinnya, Lengkap!

7. Selalu bersyukur akan apa yang dimiliki

selalu bersyukur
liputan6

Ciri orang yang rendah hati selanjutnya adalah selalu bersyukur kepada Tuhan atas apa yang sudah dimiliki. Jangan pernah membandingkan hidup Sedulur dengan orang lain karena itu merupakan salah satu tanda bahwa kamu tidak bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Yang Di Atas. Terus lakukan yang terbaik bahkan ketika sedang melewati masa-masa sulit karena pasti akan ada jalan jika terus berusaha dan bersyukur. 

8. Selalu memposisikan diri sama dengan orang lain

pengertian
pexels

Berikutnya, ciri serta sikap orang rendah hati adalah bisa memposisikan diri ketika sedang bersama orang lain karena sifat dan karakter masing-masing orang itu berbeda. Jangan pernah memposisikan kepada orang lain baik tinggi maupun rendah. Sikap ini tidak disukai dan cenderung membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Jika pencapaianmu dirasa lebih tinggi dari orang lain, maka jangan merendahkannya. Sebaliknya, jika ada seseorang yang pencapaiannya lebih tinggi dari Sedulur, maka jangan bersikap iri dengki. Sebaliknya, dukung dan beri semangat mereka. 

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

9. Bisa mengendalikan ego

mengendalikan ego
kabarlumajang

Orang rendah hati adalah mempunyai sikap yang bisa mengendalikan ego. Kepribadian ini bisa dilakukan dengan cara menjadi pendengar yang baik serta berwawasan tinggi. Sehingga, jika ada masalah seperti perselisihan ataupun kesepakatan yang berkaitan dengan ego, kamu bisa mengendalikannya. Mampu memahami seseorang karena masing-masing mempunyai karakter yang berbeda adalah contoh untuk mengendalikan ego dengan mengenali sekitar.

10. Tidak segan mengatakan terima kasih

terima kasih
pexels

Kalimat ini adalah ucapan sederhana namun cukup sulit untuk diucapkan terutama untuk hal-hal yang dianggap kecil dan enteng. Benar, terima kasih. Orang dengan ciri rendah hati adalah mereka tidak segan mengucapkan terima kasih meskipun menyoal hal kecil. Contohnya adalah ketika sedang berada di taman kota, kemudian kamu mencari toilet dan bertanya kepada petugas disana. Kamu bisa mengucapkan terima kasih setelah diberitahu atau dijawab oleh petugas tersebut. Simpel, bukan?

BACA JUGA: 15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami

11. Selalu membuat orang di sekitar bahagia

sikap terpuji
pexels

Menebarkan aura positif serta selalu membuat orang di sekitar menjadi bahagia adalah salah satu ciri dari rendah hati. Jika Sedulur memikirkan apa yang bisa membuat orang lain di sekitar ikut tersenyum dan bahagia, maka kamu juga turut berbahagia juga. Fokus memberikan kebahagiaan serta ikhlas tanpa mengharapkan apapun adalah kuncinya. Rendah hati adalah sikap yang tidak hanya berdampak pada diri sendiri tapi juga dirasakan oleh orang lain.

12. Tidak malu meminta tolong

rendah hati artinya dalam islam
popmama

Ucapan selain terima kasih yang sulit dilakukan terutama untuk hal kecil adalah ucapan tolong. Orang yang memiliki sikap rendah hati adalah orang yang tidak segan meminta bantuan kepada orang lain ketika sedang membutuhkan. Kesulitan yang dihadapi tidak selalu untuk dipendam sendiri, namun jika mengalami kesusahan, jangan segan untuk memohon bantuan.

BACA JUGA: Pengertian dan Manfaat Gotong Royong dalam Kehidupan Sosial

Rendah hati artinya dalam Islam

Sikap rendah hati tidak hanya diajarkan dalam ilmu pengetahuan umum, namun di dalam islam juga. Sikap rendah hati disebut juga dengan tawadhu, dan sikap ini tertuang dalam Alquran surat Al-Isra ayat 27 tentang larangan untuk bersikap sombong.

وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَن تَخْرِقَ ٱلْأَرْضَ وَلَن تَبْلُغَ ٱلْجِبَالَ طُولًا

Artinya: “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. Al Isra: 37)

Terdapat berbagai keutamaan jika Sedulur bisa mengamalkan sikap rendah hati atau tawadhu. Di antaranya adalah akan terhindar dari kebencian maupun dendam, mendapatkan pahala oleh Allah SWT, serta menumbuhkan sikap bersyukur terutama pada sang kuasa.

Sedulur, itu tadi adalah beberapa keutamaan serta ciri yang dimiliki oleh seseorang yang rendah hati. Lawan dari rendah hati adalah tinggi hati, angkuh, sombong atau takabur, yang tentunya harus dihindari dan dijauhi oleh kita semua karena akan rugi baik di dunia maupun di akhirat nanti. Semoga kita semua bisa menjadi seorang yang rendah hati, ya.