Pengertian musyawarah merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan bersama-sama, untuk mendapatkan sebuah jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi. Atau, manfaat musyawarah bertujuan untuk mengambil keputusan yang maslahat bagi setiap kelompok masyarakat, organisasi atau lembaga. Ciri-ciri musyawarah identik dengan kebersamaan, nilai keadilan yang dijunjungi tinggi, serta mengakomodir semua pihak yang terlibat musyawarah.

Terdapat beberapa manfaat dari musyawarah. Baik manfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan kelompok masyarakat tertentu. Saat ini, mungkin Sedulur akan kesulitan jika diminta untuk sebutkan manfaat musyawarah. Untuk menghindari kesulitan yang Sedulur hadapi, simak daftar manfaat dari musyawarah yang bisa didapatkan di bawah ini.

Baca Juga: 8+ Manfaat & Contoh Perilaku Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Melatih menyampaikan pendapat

1. Manfaat musyawarah melatih menyampaikan pendapat
freepik

Manfaat pertama adalah melatih diri untuk menyampaikan pendapat. Hal ini merupakan manfaat musyawarah dalam keluarga. Oleh karena itu, Sedulur bisa membiasakan diri bermusyawarah kepada si kecil di rumah, sebagai latihan bagi si kecil agar bernai menyampaikan pendapat. Kemampuan ini amat penting bagi si kecil, terutama ketika mereka beranjak dewasa.

-->

2. Memecahkan masalah

2. Memecahkan masalah
iStock

Manfaat musyawarah yang kedua yaitu sebagai upaya untuk memecahkan masalah, terutama masalah yang dihadapi bersama. Setiap masalah dapat diselesaikan jika dipikirkan bersama-sama. Oleh karena itu, musyawarah hadir sebagai salah satu cara agar dapat memecahkan masalah, tanpa harus menimbulkan masalah lainnya lagi.

3. Menujung tinggi keadilan dalam mengambil keputusan

3. Manfaat musyawarah menujung tinggi keadilan dalam mengambil keputusan
iStock

Nilai keadilan sangat dijunjung tinggi dalam musyawarah. Terutama saat hendak mengambil keputusan, manfaat musyawarah mufakat adalah memastikan keputusan yang diambil telah sangat adil dan tidak merugikan salah satu pihak. Jika pun hal tersebut terjadi, keputusan tidak bisa diambil hingga semua pihak merasa telah diperlakukan adil.

Baca Juga: Manfaat Hidup Rukun & Nilai Yang Wajib Diajarkan di Rumah

4. Semua pihak diuntungkan dengan keputusan yang diambil

4. Semua pihak diuntungkan dengan keputusan yang diambil
pixabay

Salah satu keuntungan dan manfaat musyawarah adalah tidak ada pihak yang dirugikan dalam keputusan yang diambil. Semua pihak yang terlibat dalam sebuah musyawarah akan merasa diuntungkan dan terhindar dari berbagai rasa dirugikan dan perasaan dikucilkan.

5. Menampung semua pendapat

5. Manfaat musyawarah menampung semua pendapat
freepik

Dalam bermusyawarah, kita harus belajar mendengarkan setiap pendapat yang masuk, kita juga harus menampung setiap pendapat yang masuk. Karena hal tersebut merupakan manfaat musyawarah itu sendiri. Setelah semua pendapat dipastikan tertampung, musyawarah akan mengelola pendapat tersebut hingga menghasilkan keputusan yang adil.

6. Menyatukan pendapat yang berbeda

6. Menyatukan pendapat yang berbeda
iStock

Pendapat-pendapat yang masuk, semuanya akan ditampung dan kemudian disatukan. Penyatuan pendapat yang berbeda bukan merupakan perkara mudah. Namun juga bukan hal yang mustahil. Dalam musyawarah kita harus mendengarkan setiap pendapat dan menyatukannya agar dapat menghasilan keputusan yang adil. Karna hal tersebut merupakan manfaat dari musyawarah itu sendiri.

7. Tinggi nilai kebersamaan

7. Manfaat Musyawarah tinggi nilai kebersamaan
freepik

Nilai kebersamaan yang tinggi merupakan manfaat musyawarah selanjutnya. Tanpa kebersamaan, musyawarah tidak akan terwujud. Musyawarah bisa terlaksana dengan baik, disebabkan oleh ikatan kuat yang bernama kebersamaan. Tanpa itu, musyawarah akan berakhir ricuh dan tercerai berai.

8. Menghindari kritik

8. Menghindari kritik
iStock

Salah satu ciri musyawarah adalah kebersamaan, baik keputusan dan pendapat yang disampaikan atas asas bersama. Hal tersebut membuat salah satu manfaat musyawarah yang paling penting adalah terhindar dari kritik dan celaan. Karena segala sesuatunya telah dibahas, dan akan terhindar dari kritik yang disampaikan.

9. Emosi yang dihasilkan stabil

9. Emosi yang dihasilkan stabil
freepik

Selanjutnya adalah manfaat musyawarah keluarga, dapat melatih emosi kita. Kita harus belajar untuk mengatur emosi, banyak pendapat yang keluar saat musyawarah. Beberapa pendapat tersebut mungkin saja tidak kita setujui dan menyulut emosi kita, pada titik itu kita dituntut untuk sabar, dan membuat emosi kita stabil dan terkontrol.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Gotong Royong dalam Kehidupan Sosial

10. Dapat mengambil kesimpulan yang benar

10. Manfaat musyawarah dapat mengambil kesimpulan yang benar
pexels

Hasil dari musyawarah merupakan kesepakan bersama. Walaupun dalam prosesnya terjadi perdebatan, namun semua perdebatan yang terjadi bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan yang benar. Kesimpulan yang diambil harus diterima oleh setiap anggota yang bermusyawarah dan dilakukan dengan sukarela.

11. Menghargai pendapat orang lain

11. Menghargai pendapat orang lain
freepik

Agar dapat menghargai pendapat orang lain, kita perlu belajar dan membiasakan diri. Salah satu manfaat musyawarah itu sendiri yaitu dapat membuat kita mendengarkan pendapat orang lain, lalu menghargainya. Pendapat kita juga tentu saja ingin didengarkan, sebelum itu kita harus belajar mendengarkan pendapat orang lain terlebih dahulu.

12. Media pengembangan diri

12. Media pengembangan diri
pexels

Selai semua manfaat musyawarah dalam kehidupan sehari hari yang telah dijelaskan di atas, salah satu manfaat yang paling penting untuk diri kita pribadi adalah dapat menjadi media untuk mengembangkan diri, terutama pengembangan mental dan pola pikir kita. Dalam musyawarah kita akan mendegar berbagai sudut pandan dan cara berpikir orang banyak, dari situ kita bisa belajar banyak hal untuk mengembangkan diri.

Semoga penjelasan terkait manfaat musyawarah di atas bisa menambah wawasan kita terkait bagian-bagian penting yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Musyawarah termasuk kegiatan yang kita jumpai, baik di keluarga, masyarakat dan lainnya. Semoga dengan mengetahui manfaatnya, kita bisa mengambil pelajaran lebih banyak dari bermusyawarah.

Juga, semoga bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih bermanfaat. Baik di dalam keluarga, masyarakat hingga bermanfaat bagi negara dan bangsa.