hadits tentang sabar

Sabar merupakan salah satu perilaku terpuji yang akan mendatangkan kemuliaan dari Allah SWT. Tentu saja, hal ini tertuang dalam beberapa hadist tentang sabar yang ada. Bagi siapa saja yang mempunyai sikap sabar, maka bisa menenangkan hati, menghapus dosa, mendapatkan pahala, sampai ganjaran akan surga.

Dengan bersabar, Sedulur juga akan diberikan kemudahan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi. Jadi ketika sedang tertimpa musibah, alangkah lebih baik jika Sedulur meminta pertolongan pada Allah SWT dan juga bersabar.

Berhubungan dengan rasa sabar, berikut ini beberapa hadist tentang sabar arab dan artinya.

BACA JUGA: 8 Amalan Hari Jumat Yang Luar Biasa Keutamaannya

-->

1. Hadist tentang sabar dan syukur

hadits tentang sabar
pexels

وقال صلى الله عليه وسلم: {أَوْحَى الله تَعَالى إلى مُوسَى بنِ عمْرَانِ عَلَيْهِمَا السَّلامُ يَا مُوسَى مَنْ لَمْ يَرْضَ بِقَضَائِي وَلَمْ يَصْبِرْ عَلَى بلائي وَلَمْ يَشْكُرْ نَعمائي فَلْيَخْرُجْ مِنْ بَيْنِ أَرضي وَسَمَائِي وَلْيَطْلُبْ لَهُ رَبّا سِوائِي}

Artinya: “Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Allah ta’ala mewahyukan kepada Musa bin Imran -alaihimas salaam-: ‘Hai Musa, barang siapa tidak ridho dengan takdir-Ku, tidak bersabar atas cobaan-Ku, tidak bersyukur atas nikmat-Ku, maka keluarlah dari antara bumi dan langit-Ku, dan carilah Tuhan selain-Ku.'”

2. Hadist tentang marahnya orang sabar

hadits tentang sabar
pexels

 عَنْ أَبِي عَمْرِو بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “مَنْ كَفَّ غَضَبَهُ كَفَّ اللهُ عَنْهُ عَذَابَهُ، وَمَنْ خزَنَ لِسَانَهُ سَتَرَ اللهُ عَوْرَتَهُ، وَمَنِ اعْتَذَرَ إلَى اللهِ قَبِلَ عُذْرَهُ”

Dari Abu Amr ibnu Anas ibnu Malik, “dari ayahnya yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang mengekang amarahnya, maka Allah menahan siksa-Nya terhadapnya. Dan barang siapa yang mengekang lisannya, maka Allah menutupi auratnya. Dan barang siapa yang meminta maaf kepada Allah, maka Allah menerima permintaan maafnya”.

BACA JUGA: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Arti dan Keutamaannya!

3. Hadist tentang sabar dan ikhlas

hadits tentang sabar
pexels

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

 Artinya: “Sangat menakjubkan semua urusan orang yang beriman, sesungguhnya segala urusannya itu sangat baik baginya, dan hal itu tidak dimiliki oleh seorangpun, kecuali orang yang beriman. Apabila ia mendapatkan kesenangan ia bersyukur, maka yang demikian itu sangat baik dan apabila ia tertimpa kesusahan ia  sabar, maka yang demikian itu sangat baik baginya“. (HR. Muslim)

4. Hadist sabar bisa mendapat ganjaran surga

hadits tentang sabar
pexels

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى مَا لِعَبْدِي الْمُؤْمِنِ عِنْدِي جَزَاءٌ إِذَا قَبَضْتُ صَفِيَّهُ مِنْ أَهْلِ الدُّنْيَا ثُمَّ احْتَسَبَهُ إِلَّا الْجَنَّةُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: ‘Allah Ta’ala berfirman: Tidak ada balasan yang sesuai di sisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga.'” (HR. Bukhari)

BACA JUGA: Pengertian Rukun Islam Beserta Contohnya

5. Hadist sabar bisa mendapat kebaikan dari Allah SWT

pexels

وقال عليه الصلاة والسلام: {إذَا حَدثَ عَلى عَبْدٍ مُصِيبَةٌ في بَدَنِهِ أوْ مَالِهِ أو وَلَدِهِ فاسْتَقْبَلَ ذٰلِكَ بِصَبْرٍ جَمِيلٍ اسْتَحْيَا الله يَوْمَ القِيَامَةِ أَنْ يَنْصِبَ لَهُ مِيزانا أوْ يَنْشُرَ لَهُ دِيوانا 

Artinya: Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Ketika terjadi musibah pada seorang hamba, baik pada badannya, hartanya atau anaknya kemudian dia menghadapinya dengan kesabaran yang baik, maka pada hari kiamat Allah malu untuk memasang timbangan baginya dan malu untuk membentangkan buku catatan amalannya.’”

6. Hadist tentang sabar menghadapi cobaan

pexels

وقال عليه الصلاة والسلام: {الصَّبْرُ عَلَى أَرْبَعَةِ أَوْجُهٍ: صَبْرٌ عَلَى الفَرَائِضِ، وصَبْرٌ عَلَى المُصِيبَةِ، وَصَبْرٌ عَلَى أذَى النَّاسِ، وصَبْرٌ عَلَى الفَقْرِ. فَالصَّبْرُ عَلَى الفَرائِضِ تَوْفِيقٌ، وَالصَّبْرُ عَلَى المُصِيبَةِ مَثُوبَةٌ، وَالصَّبْرُ عَلَى أذَى النَّاسِ مَحَبَّةٌ، والصَّبْرُ عَلَى الفَقْرِ رِضَا الله تَعَالى}.

Artinya: “Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Sabar itu ada empat: sabar dalam menjalankan fardhu, sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia dan sabar dalam kefakiran. Sabar dalam menjalankan kewajiban adalah taufiq, sabar dalam menghadapi musibah berpahala, sabar dalam menghadapi gangguan manusia adalah cinta dan sabar dalam kefakiran adalah ridho Allah ta’ala.”

BACA JUGA: Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir Lengkap Sesuai Sunnah & Artinya

7. Hadist sabar akan membawa pada keselamatan

pexels

وقال عليه الصلاة والسلام: {الصَّبْر وَصِيَّةٌ مِنْ وَصَايَا الله تَعَالى في أَرْضَهِ، مَنْ حَفِظَهَا نَجَا، وَمَنْ ضَيَّعَهَا هَلَكَ}.

Artinya: “Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Sabar itu salah satu wasiat dari beberapa wasiat Allah Ta’ala di bumi, barang siapa menjaganya, maka dia selamat dan barang siapa menyia-nyiakannya maka dia celaka.'”

8. Hadist pendek tentang sabar mendapatkan ridho dari Allah SWT

pexels

وقال عليه الصلاة والسلام: {مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ الله مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمها ابْتَغَاء وَجْهِ الله تَعَالى}.

Artinya: “Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Tidaklah seorang hamba menahan sesuatu yang lebih utama di sisi Allah selain menahan kemarahan karena mengharapkan ridho Allah Ta’ala.'”

BACA JUGA: 6 Rukun Iman, Beserta Makna & Penjelasannya [Lengkap]

Bisa dikatakan jika hadist tentang ikhlas dan juga sabar, merupakan hadist yang banyak dicari. Ini karena terkadang seseorang harus tahu dan paham akan pedoman pasti apa yang bisa didapatkan dengan memiliki sikap-sikap terpuji tersebut.

Jika Sedulur sudah mengetahui beberapa hadist tentang sabar di atas, tentu saja kini sudah punya pedoman yang kuat kan? Maka dari itu, mulai sekarang tanamkan sikap sabar dalam diri Sedulur dan rasakan manfaatnya.