pidato singkat tentang pendidikan berkarakter

Pidato adalah kegiatan menyampaikan ide atau informasi mengenai suatu hal di depan khalayak. Umumnya, pidato hanya mengandung satu topik yang dianggap penting untuk disampaikan kepada audiens. Misalnya adalah pidato singkat tentang pendidikan berkarakter.

Seperti diketahui, pemerintah dan pihak terkait sedang menggalakkan penguatan pendidikan karakter di sistem pendidikan nasional. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk bangsa yang tangguh dan bermoral.

Sementara itu, pada kesempatan kali ini Super akan menyajikan beberapa contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter. Selain itu juga akan dipaparkan penjelasan singkat tentang pengertian pidato dan pendidikan karakter. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: Contoh Teks Pidato Hari Pahlawan Singkat dan Jelas

Apa itu pidato?

Depositphotos

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, pidato juga memiliki arti sebagai wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pidato merupakan istilah yang merujuk pada kegiatan pengungkapan pikiran kepada khalayak ataupun wacana yang disusun untuk kemudian disampaikan kepada khalayak.

Dilansir Kompas.com, terdapat beberapa ciri pidato yang baik. Di antaranya adalah:

  • Memiliki tujuan jelas yang ingin dicapai.
  • Pidato berisi kebenaran, baik berupa data ataupun temuan fakta.
  • Disampaikan dengan jelas dan menarik sehingga pendengar dapat dengan mudah memahami isi pidato tersebut.
  • Topik maupun cara penyampaian pidato disesuaikan dengan pendengar atau audiensnya.

BACA JUGA: 40 Contoh Pantun Penutup Pidato yang Menarik dan Berkesan

Definisi pendidikan karakter

pidato singkat tentang pendidikan berkarakter
Depositphotos

Saat membaca topik pada artikel ini yakni mengenai pidato singkat tentang pendidikan berkarakter, Sedulur mungkin bertanya-tanya apa itu pendidikan karakter. Mengutip dari Detik.com, Thomas Lickona dalam bukunya Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility menjelaskan pendidikan karakter sebagai upaya secara sadar seseorang untuk mendidik orang lain dengan menginternalisasi nilai-nilai karakter sebagai elemen pencerahan bagi mereka.

Di sisi lain, pendidikan karakter juga dijelaskan sebagai proses kegiatan yang dilakukan untuk mengarahkan anak didik dan mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan serta moralitas. Sehingga bisa dipahami bahwa pendidikan karakter merupakan proses pendidikan yang tidak hanya terfokus pada pembelajaran terkait bidang ilmu tertentu, namun juga memperhatikan pendidikan moral penting dalam pembentukan kepribadian.

BACA JUGA: 12 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Berbagai Tema

Contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter 1

Depositphotos

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kita selalu panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat serta karunia-Nya kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa suatu kekurangan apapun. Tak lupa pula kita panjatkan rasa syukur karena atas hidayah-Nya yang tercurah untuk kita semua sehingga dalam kesempatan kali ini kita bisa berkumpul dalam acara Hari Pendidikan Nasional dan saya juga dapat menyampaikan hal ini di depan anda semua.

Bapak dan Ibu yang terhormat, 

Dalam upaya untuk merealisasikan pendidikan karakter yang akan berlangsung secara nyata bukan hanya untuk wacana semata, dibutuhkan tiga komponen pendukung yaitu keluarga, tenaga pendidik yang ada di sekolah, serta masyarakat di dalam lingkungan tempat anak tersebut tinggal.

Hadirin yang saya hormati, 

Adapun cara supaya berhasil mengaplikasikan pendidikan karakter yang ada di sekolah adalah dari tenaga pendidik yang bisa menjadi teladan baik untuk anak-anak atau siswa dan pengajaran dari keagamaan dan kewarganegaraan yang sangat penting diajarkan dengan metode dua arah. Melibatkan anak-anak di setiap pembelajaran tersebut, baik itu yang bertanya atau yang menyatakan pengalaman empirik.

Salah satu hal bermanfaat yang bisa membentuk mental pada usia remaja adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan pendidikan karakter, dimana pada pendidikan karakter bisa membentuk remaja punya keahlian khusus dan bakat-bakat yang melekat dalam diri mereka sehingga nantinya ketika dewasa mereka akan mempunyai keahlian atau pun karakter yang bermanfaat untuk orang lain.

Hadirin yang saya hormati, 

Maka dari itu ayo kita sama-sama menyelamatkan generasi para penerus bangsa yang berada di titik kehancuran ini. Jangan sampai bangsa kita ini dipenuhi oleh pemuda-pemudi yang tidak mementingkan moral dan karakter yang baik. Bahkan bisa sama sekali tidak memiliki kedua hal itu. Oleh karena itu, kita harus selalu bertindak secara cepat dengan membantu mereka untuk menemukan jati diri mereka dengan cara memberikan pembelajaran pada pendidikan karakter. 

Demikian pidato yang telah saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

BACA JUGA: Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan yang Berkesan & Singkat

Contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter 2

Depositphotos

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat siang hadirin semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab pada hari ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun berkat karunia serta nikmat-Nya. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai pendidikan karakter. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini kemudian akan memberikan manfaat bagi kita semua.

Hadirin sekalian, saat ini generasi muda tengah menghadapi berbagai persoalan serius, yaitu menurunnya nilai moral serta karakter. Para generasi muda saat ini mudah terpengaruh oleh gaya hidup hedonis serta mengabaikan berbagai nilai-nilai maupun norma yang ada di masyarakat. Selain itu, menurut BNN, pengguna narkoba dari golongan remaja pada tahun 2019 mencapai 4,3 juta jiwa.

Bahkan setiap 7 menit ada satu orang yang meninggal dunia akibat penggunaan obat terlarang. Melihat fenomena ini, tentu timbulah pertanyaan mengenai di mana peran pendidikan sekolah, guru, serta orangtua. Mengapa para remaja kemudian dapat terjerumus ke gaya hidup bebas yang tak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat ataupun agama?

Setelah diteliti lebih lanjut ternyata hal ini dikarenakan lemahnya pendidikan karakter di Indonesia. Sistem pendidikan formal masih terlalu sering berfokus pada nilai-nilai, sehingga mengabaikan pentingnya karakter yang baik serta mulia. Bahkan, di sekolah, jam pendidikan Moral dan Pancasila pun telah berkurang. Akibatnya para generasi muda lah yang kehilangan role model yang baik untuk moral mereka.

Karenanya kita harus mulai menekankan kembali pendidikan moral tak hanya di sekolah tetapi juga di rumah. Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini. Sekiranya terdapat perkataan yang tidak berkenan di hati, mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Penutup Pidato untuk Segala Jenis Acara

Contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter 3

Depositphotos

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya. 

Telah menjadi rahasia umum bahwa di kalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan, Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. 

Artinya, saat berbagai negara termasuk negara berkembang memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok. 

Meskipun sudah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan, misalnya “Larangan Merokok Ditempat Umum”, tapi tidak sedikit pula atau banyak para perokok tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut. 

Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik dan juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan di hari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri. 

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Itu dia beberapa contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter. Selain itu juga telah dipaparkan secara singkat mengenai apa itu pidato dan pendidikan karakter. Semoga informasi ini dapat memperluas wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.