Apakah Sedulur merasakan panas ketika memegang gagang panci yang sedang digunakan untuk merebus air? Atau, merasakan hangat ketika berada di dekat api unggun? Nah, itu yang dinamakan dengan perpindahan kalor. Kalor adalah energi panas yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu lebih rendah.

Konduksi adalah salah satu cara perpindahan panas. Selain itu, ada juga konveksi dan radiasi. Nah, supaya lebih paham mengenai apa itu konduksi, mari simak penjelasan perpindahan energi panas berikut ini.

BACA JUGA: Legislatif: Pengertian, Tugas, Fungsi dan Contohnya

Pengertian konduksi adalah

konduksi
Pixabay

Konduski adalah peristiwa proses perpindahan kalor atau panas dari tempat yang memiliki suhu tinggi ke tempat bersuhu rendah dengan bantuan media pengahntar panas tetap. Konduksi biasanya terjadi pada zat yang mempunyai sifat konduktor.

Dapat didefinisikan bahwa konduksi adalah peristiwa perambatan panas yang tidak disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Perpindahan kalor secara induksi ini membutuhkan suhu yang lebih tingggi. Hal tersebut menyebabkan panas akan berpindah lebih lambat.

Berdasarkan buku Fisika Kelompok Teknologi  disebutkan bahwa konduksi energi panas pada umumnya terjadi akibat tumbukan partikel atau molekul dari suatu benda. Jika suatu benda dipanaskan, partikel yang berada di dalam benda tersebut akan bergetar di tempat yang lebih kuat dan menyebabkan partikel lainnnya ikut bergetar dengan membawa energinya.

Perpindahan kalor secara konduksi ini dipengaruhi oleh jenis benda, luas penampang zat perantara, serta perbedaan suhu di ujung masing-masing benda. Tak hanya itu, panjang zat perantara yang dilalui juga akan memengaruhi perpindahan tersebut. Contoh perpindahan kalor secara konduksi adalah sendok berbahan logam akan menjadi panas ketika digunakan untuk mengaduk minuman panas.

Ciri-ciri konduksi

konduksi
Pixabay

Adapun ciri-ciri konduksi perpindahan kalor atau panas adalah sebagai berikut.

  • Adanya perbedaan suhu dari masing-masing tempat.
  • Membutuhkan zat perantara.
  • Harus bersentuhan.
  • Terjadi pada zat padat seperti kuningan, besi, perak, tembaga, dan aluminium.
  • Perpindahan panas atau kalor tidak diikuti oleh perpindahan partikel dari zat perantaranya.

Rumus perpindahan kalor

konduksi adalah
Pixabay

Dalam ilmu pengetahuan alam, perpindahan kalor dapat dirumuskan sebagai berikut.

Q/t = H = k (Δt)/I

Keterangan:

  • H = Laju kalor yang merambat tiap satuan waktu (J/s)
  • K = Konduktivitas termal bahan (W/m.K)
  • A = Luas penampang (m2)
  • Δt = Perubahan suhu (T2 – T1) (K)
  • L = Panjang penghantar (m)

BACA JUGA: Rumus Besaran Vektor Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

Contoh konduksi

Pixabay

Berikut contoh konduksi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tutup panci menjadi panas pada saat dipakai untuk menutup rebusan telur.
  • Knalpot motor menjadi panas ketika mesin motor dinyalakan.
  • Ketika Sedulur menceluplan sendok yang terbuat dari stainless steel ke dalam gelas yang berisi air panas, maka ujung sendok yang tidak ikut tercelup juga akan menjadi panas.
  • Ketika menyetrika baju, maka akan terjadi konduksi pada permukaan setrika yang berbahan dasar logam.
  • Memanaskan makanan dengan wajan.
  • Piring dan gelas jika diisi makanan panas.

Konduktor yang baik

konduksi adalah
Pixabay

Konduktor merupakan bahan yang memungkinkan listrik melewatinya dengan mudah. Lebih sederhananya, konduktor listrik adalah bahan yang dapat menghantarkan listrik. Konduktor listik terbaik adalah perak yang memiliki unsur logam. Berikut benda-benda yang menjadi konduktor listrik yang efektif.

  • Besi
  • Baja
  • Air laut
  • Air raksa

Sementara itu, konduktor yang kuat adalah sebagai berikut.

  • Kuningan
  • Perunggu
  • Platinum
  • Air biasa
  • Jus lemon

Cara kerja konduktor 

konduksi adalah
Liputan6

Konduktor merupakan bahan yang memungkinkan elektron dapat mengalir bebas dari partikel ke partikel. Sebuah benda yang berbahan konduktor akan memungkinkan muatan untuk ditransfer ke seluruh permukaan benda. Jika muatan ditransfer ke objek di lokasi tertentu, muatan itu dengan cepat didistribusikan ke seluruh permukaan objek. Ketika konduktor bermuatan disentuhkan dengan objek lain, konduktor bahkan dapat mentransfer muatannya ke objek itu.

Perpindahan muatan antarbenda lebih mudah terjadi jika benda kedua terbuat dari bahan penghantar. Di sisi lain, konduktivitas dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran bahan. Misalnya, sepotong materi yang tebal akan menghantarkan lebih baik daripada sepotong tipis dengan ukuran dan panjang yang sama. Suhu juga memengaruhi konduktivitas. Ketika suhu meningkat, atom dan elektronnya memperoleh energi. Beberapa isolator seperti kaca adalah konduktor yang buruk saat dingin tetapi konduktor yang baik saat panas. Sementara itu, kebanyakan logam adalah konduktor yang lebih baik saat dingin dan konduktor kurang efisien saat panas.

BACA JUGA: Rumus Luas Permukaan Kubus Beserta Contoh Soalnya

Perbedaan konduksi, konveksi, dan radiasi

konduksi adalah
Pixabay

Berikut perbedaan sakligus contoh konduksi, konveksi, radiasi yang perlu Sedulur ketahui.

Perbedaan antara konduksi, konveksi dan radiasi adalah terletak pada zat pengantarnya. Seperti penjelasan di atas, perpindahan panas secara konduksi tidak disertai dengan partikel zat perantaranya. Sedangkan perpindahan panas secara konveksi disertai dengan partikel-partikel zat perantaranya. Biasanya, hal ini terjadi pada fluida (cairan maupun gas). Contohnya, memasak air panas, maka air akan bergerak ke atas. Sementara radiasi terjadi tanpa perlu menggunakan medium perantara. Panas atau kalor akan berpindah melalui gelombang-gelombang elektromagnetik. Contoh perpindahan panas jenis radiasi adalah panas matahari yang dapat dirasakan sampai ke bumi.

Demikianlah penjelasan mengenai konduksi adalah dan contohnya. Selain konduksi, terdapat juga radiasi dan konveksi yang termasuk cara perpindahan panas. Konduksi adalah perpindahan panas melalui zat tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat karena adanya perbedaan atau selisih suhu. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!