Apakah Sedulur ada yang tahu apa pengertian akhlak terpuji? Akhlak terpuji merupakan satu dari dua akhlak manusia. Lawan dari akhlak terpuji adalah akhlak tercela. Keduanya mencerminkan tingkah laku perbuatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dari tingkah laku tersebut, kemudian akan tercipta sebuah watak yang menggambarkan pribadi tertentu.

Dalam artikel ini Sedulur akan diajak untuk membahas seluk beluk dari pengertian akhlak terpuji. Ulasan akan dimulai dari definisi, kemudian melanjutkan ke dalil-dalil yang mengutamakan tingkah laku baik tersebut, serta beberapa contohnya.

BACA JUGA: Cash Flow adalah: Pengertian, Jenis dan Tips Mengaturnya

Pengertian akhlak terpuji

pengertian akhlak terpuji
Depositphotos

Akhlak seorang manusia terbagi menjadi dua; akhlak terpuji dan juga akhlak tercela. Sebagai umat Muslim yang taat, sudah sepatutnya kita memiliki sifat-sifat terpuji dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Akan lebih baik lagi jika kita bercermin kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terkait kehidupan beragama dan bersosialnya.

Berbicara tentang akhlak terpuji, dalam bahasa Arab ia biasa disebut sebagai akhlakul karimah. Secara garis besar, akhlak terpuji merujuk pada tingkah laku manusia yang berbuat baik, sesuai dengan akal sehat dan ketentuan syari’at agama Islam. Perilaku terpuji ini sangat disukai Allah Ta’ala dan begitu pula Rasulullah. Tidak hanya kebaikan dunia yang kita dapatkan ketika berakhlak baik, tetapi juga ganjaran pahala yang melimpah.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akhlak terpuji adalah sesuatu yang baik dan mesti dilakukan, yang mencakup akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rasulullah, akhlak kepada diri sendiri, orang lain, keluarga, teman sejawat, persaudaraan, akhlak kepada hewan, tumbuh-tumbuhan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Menyublim adalah: Pengertian, Proses dan Contoh Peristiwanya

Dalil tentang akhlak terpuji

pengertian akhlak terpuji
Depositphotos

Berikut ini merupakan dalil tentang keutamaan akhlak terpuji.

مَا مِنْ شَىْءٍ يُوضَعُ فِى الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlak yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin shalat.” (HR. Tirmidzi, No. 2134)

BACA JUGA: Cara Meminta Surat Rekomendasi Dosen Beserta Contohnya

Faedah dalil tentang akhlak terpuji

Depositphotos

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah Ta’ala sangat mencintai hambanya yang berperilaku terpuji, seperti selalu tersenyum manis kepada saudara-saudaranya, melakukan kebaikan untuk sesama, dan juga meringkan beban hidup orang lain.

Kalau begitu, apa saja perilaku-perilaku yang termasuk ke dalam akhlak terpuji?

BACA JUGA: Teknik Dussel: Pengertian, Alat, dan Cara Pengaplikasiannya

Macam-macam akhlak terpuji

Depositphotos

Dari sekian banyak perbuatan terpuji yang diajarkan dalam agama Islam, ada beberapa perilaku yang memiliki keutamaan tersendiri. Di bawah ini merupakan penjelasan singkat dari 14 perilaku terpuji tersebut.

BACA JUGA: Biaya Peluang adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya  

1. Asy Syaja’ah

Asy Syaja’ah dalam bahasa Indonesia artinya berani. Yang dimaksud dalam pengertian akhlak terpuji ini adalah keteguhan hati seorang Muslim yang selalu memilih dan mempertahankan jalan kebenaran.

2. Al Karam

Dalam bahasa Indonesia, al karam berarti pemurah atau dermawan. Maksud dari sifat ini adalah seorang Muslim yang tidak pernah ragu untuk membelanjakan harta bendanya di jalan Allah Ta’ala. Semua itu demi manfaat dan kebaikan umat.

3. Al ‘Adl

Al ‘Adl artinya adalah adil. Perbuatan tersebut akan ditunjukkan seseorang ketika memberikan hak kepada mereka yang pantas mendapatkannnya.

4. Al ‘Iffah

Arti dari Al ‘Iffah yaitu menjaga kehormatan.

5. Ash Shiddiq

Ash Shiddiq dalam bahasa Indonesia berarti jujur. Jujur yang dimaksud dalam pengertian ini adalah selalu berkata benar dan tidak berbohong.

6. Al Amanah

Yang dimaksud dengan Al Amanah adalah sifat dapat dipercaya. Pribadi yang memiliki sifat al amanah ini akan senantiasa bertanggung jawab dan menyampaikan segala kabar sesuai dengan kebenaran yang terjadi.

7. Ash Shobuur

Ash Shobuur dapat diartikan sebagai sifat sabar. Ketika mendapatkan masalah, pribadi yang memiliki sifat ini tidak akan langsung terpancing emosinya. Selalu berpikir jernih untuk mencari jalan keluar dari setiap masalah.

8. Al Hilm

Al Hilmu adalah sifat berhati besar.

9. Al ‘Awfu

Arti dari sifat Al ‘Awfu yaitu pemaaf.

10. Zuhud

Zuhud bisa diartikan sebagai perilaku tidak terlalu bergembira atas segala sesuatu yang dimiliki. Selain itu, pribadi yang memiliki sifat ini juga tidak berlarut-larut dalam keputusasaan ketika harapannya tidak tercapai.

Zuhud kepada dunia, maka orang tersebut akan mendapatkan kecintaan dari Allah. Zuhud kepada manusia, maka ia akan mendapatkan kecintaan dari sesamanya.

11. Litsaarus Salaam

Litsaarus salaam dapat diartikan sebagai kedamaian.

12. Tawadhu’

Tawadhu’ adalah kata lain dari rendah hati. Dirinya tidak pernah merasa lebih ‘tinggi’ dibanding orang lain.

13. Ta’awun

Ta’awun merupakan sifat saling menolong antara sesama.

14. Al Muru’ah

Dalam bahasa Indonesia, al muru’ah dapat diartikan sebagai tinggi budi luhur.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai pengertian akhlak terpuji. Pembahasan di atas juga mencakup beberapa dalil dari keutamaan memiliki akhlak terpuji serta beberapa contohnya, seperti sikap zuhud, tawadhu’, ta’awun, al amanah, dan ash shiddiq. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.