menyublim adalah

Menyublim adalah salah satu peristiwa kimia yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kejadian ini biasanya mengubah benda yang awalnya berbentuk padat menjadi berbentuk gas. Dalam proses perubahan wujud menyublim ini biasanya sebuah zat atau benda akan dipengaruhi oleh energi kalor atau panas.

Contoh menyublim yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah menyusutnya kapur barus yang disimpan dalam lemari pakaian. Namun, tak hanya itu saja lho. Agar Sedulur lebih memahami tentang apa itu menyublim dan mengetahui contoh lainnya, mari simak ulasan informasinya berikut!

BACA JUGA : Pola Aliran Sungai: Pengertian, Jenis, Bentuk & Prosesnya

Pengertian menyublim

menyublim adalah
Kumparan

Mengutip dari laman Britannica, menyublim adalah salah satu bentuk perubahan wujud suatu benda dari padat menjadi gas tanpa melalui proses mencair terlebih dahulu. Dalam proses menyublim ini, umumnya benda mengalami reaksi kimia karena adanya perubahan energi kalor atau panas di lingkungan sekitarnya.

Selain itu, dalam laman Sumber Belajar Kemdikbud, menyublim diartikan sebagai perubahan dari bentuk padat menjadi gas, atau dari gas menjadi padat. Dalam proses perubahan wujud benda padat ke gas membutuhkan panas, sedangkan perubahan wujud dari gas ke padat akan melepaskan panas.

Sementara itu, menurut KBBI, kata menyublim sendiri berasal dari kata sublime yang berarti perubahan zat padat menjadi uap. Jadi bisa disimpulkan bahwa menyublim adalah peristiwa perubahan zat dari bentuk padat menjadi gas tanpa adanya proses pencairan terlebih dahulu. Peristiwa menyublim terjadi karena adanya aksi  dan energi panas terhadap benda tersebut. 

Contoh menyublim yang paling sering kita temui adalah menyublimnya kapur barus. Namun, Sedulur juga harus mengetahui bahwa masih banyak contoh menyublim selain kapur barus diantaranya adalah pewangi ruangan berbentuk padat yang akan lenyap dengan seiringnya waktu berjalan.

BACA JUGA : Pithecanthropus Erectus: Sejarah, Penemuan & Kontroversinya

Proses menyublim

menyublim adalah
Kompas

Proses menyublim merupakan perubahan wujud zat padat menjadi uap. Dalam proses menyublim tersebut, pengaruh suhu ruangan yang dingin menjadi salah satu faktor penentunya. Menurut Nurhayadi, dkk (2009:34) dalam bukunya Seri Panduan Belajar dan Evaluasi Fisika, menyublim adalah perubahan wujud zat dari berbentuk padat hingga menjadi benuk gas atau sebaliknya.

Contoh benda yang mengalami peristiwa menyublim adalah kapur barus, pewangi ruangan berbentuk padat, iodium, es kering yang mengandung karbondioksida padat, dan lain-lain.

Selain menyublim terdapat beberapa proses perubahan wujud benda yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya perubahan ini banyak terjadi karena adanya proses kimiawi pada suatu benda yang dipengaruhi oleh lingkungan atau benda lainnya. Berikut ini beberapa contoh perubahan benda lainnya:

1. Membeku

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi padat. Contohnya yaitu pembuatan es batu, dari air menjadi es.

2. Menguap

Perubahan wujud benda yang selanjutnya adalah menguap. Menguap adalah proses perubahan wujud benda dari air menjadi gas. Misalnya uap air saat mendidih atau proses penguapan air sehingga menjadi awan.

3. Mengembun

Mengembun artinya perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Contoh peristiwa mengembun adalah adanya embun ketika pagi hari.

4. Mencair

Mencair merupakan perubahan wujud benda dari padat ke cair. Contohnya adalah lilin yang meleleh ketika dibakar.

5. Mengkristal

Mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi benda padat dan peristiwa ini zat akan melepaskan energi panas. Contoh dari peristiwa mengkristal bisa dilihat berubahnya uap menjadi salju ataupun uap air panas yang dibiarkan membeku di tempat dingin.

BACA JUGA : Teknik Cetak Dalam, Salah Satu Teknik dalam Seni Grafis

Menyublim contohnya

Banyak sekali peristiwa menyublim yang kita temui dalam kehidupan sehari. Berikut 3 contoh menyublim yang perlu Sedulur ketahui.

1. Menyublimnya es batu

menyublim adalah
Freepik

Perubahan wujud es batu biasanya terjadi dari padat ke cair. Akan tetapi, perlu Sedulur ketahui bahwa ketika es batu dikeluarkan dari lemari es dan diletakkan ke ruang terbuka untuk beberapa saat, maka akan terlihat uap air yang berbentuk asap putih yang mengepul dari es batu tersebut. Adanya peristiwa tersebut menandakan bahwa es batu tidak banyak mengalami perubahan wujud menjadi cair saja, namun juga mengalami perubahan wujud ke gas atau menyublim.

2. Terbentuknya es kering

alodokter

Es kering atau dalam istilahnya disebut dengan dry ice merupakan hasil dari pembekuan gas karbondioksida yang menjadi padatan es, es  kering ini tidak sama dengan es pada umumnya yang terbuat dari air yang kemudian dibekukan di lemari pendingin.

Gas karbondioksida yang dibekukan terbut lebih dingin, padat dan juga sulit mencair. Hal inilah yang nantinya akan berguna untuk menjaga makanan tertentu supaya tetap dingin saat harus menempuh perjalanan jauh.

Perlu Sedulur ketahui bahwa es kering ini tidak akan mencair, akan tetapi menguap ketika berada di suhu ruangan. Es kering ini nantinya akan melepaskan gas karbondioksida ke udara serta akan memberikan efek berkabut yang membuatnya sering digunakan untuk menciptakan kabut buatan dalam banyak pementasan drama.

3. Menyublimnya salju

Freepik adalah

Selain dua contoh peristiwa menyublim di atas, peristiwa menyublim lainnya yang jarang diketahui banyak orang adalah menyublimnya salju. Salju adalah wujud air yang berbentuk kristal padat. Salju umumnya dapat Sedulur jumpai di negara yang memiliki empat musim. Salju ini berasal dari partikel uap air yang mendingin di udara yang kemudian jatuh ke bumi sebagai butiran putih empuk dan menyerupai kristal lembut.

Karena mempunyai permukaan yang tpis, salju sangat mudah untuk menyublim ketika terkena udara. Selain itu, salju juga akan berubah wujud menjadi uap air tanpa menjadi cairan terlebih dahulu.

4. Menyublimnya penyegar udara

Kumparan

Penyegar udara memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah penyegar udara berbentuk padat. Penyegar udara ini ketika dipanaskan di dalam lemari uap, maka akan terlihat perubahan wujudnya secara jelas dari bentuk padat ke gas.

Akan tetapi, ketika tidak dipanaskan pun, penyegar udara berbentuk padat tersebut akan tetap menyublim pada suhu ruangan biasa. Namun membutuhkan waktu yang lebih lama daripada di dalam lemari uap.

5. Yodium

Freepik

Saat dipanaskan, yodium padat akan menyublim menjadi bentuk yodium gas. Setelah itu, yodium gas dapt berubah lagi menjadi yodium padat setelah dipanaskan.

6. Printer sublimasi

tngcosultores.com

Dikutip dari Toppr Guide di masa kini printer inkjet sekarang sudah digantikan oleh printer sublimasi. Pencetakan pada printer menggunakan panas untuk dapat menyatukan tinta dan kain menjadi satu. Keunggulan dari hasil cetakan dari printer ini yakni bisa segera digunakan karena hasil cetakannya lebih cepat kering.

Penggunaan printer dengan teknik sublimasi juga dimanfaatkan dalam proses pencetakan kain sintetis seperti poliester, pembuatan T-shirt, bendera, hingga pembuatan spanduk. Kelebihan lain saat menggunakan mesin pencetakan ini warnanya akan lebih cemerlang karena bahan pewarna terikat dengan serat sintetis.

8. Padatan arsenik

nasabamedia

Perlu Sedulur ketahui bahwa padatan arsenik juga dapat menyublim saat dipanaskan. Dalam proses tersebut, padatan arsenic akan dapat langsung berubah dari fase padat ke fase gas tanpa melalui fase cair.

Selain beberapa contoh yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa contoh peristiwa menyublim lainnya yang bisa ditemui sehari-hari, antara lain:

  • Kaca pada alat catok lama kelamaan terkikis menjadi gas panas.
  • Arang yang dibakar menjadi gas karbondioksida.
  • Kembang api yang dibakar lalu meledakkan menjadi gas karbondioksida.
  • Sumbu pada lilin yang dibakar akan terbakar dan berubah wujud menjadi gas.

Demikianlah informasi mengenai perubahan wujud menyublim. Menyublim adalah perubahan wujud dari benda padat menjadi gas. Perubahan wujud menyublim ini membutuhkan energi panas. Contoh peristiwa menyublim diantaranya yaitu es kering atau dry ice, kapur barus dan masih banyak yang lainnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.