biaya peluang adalah

Biaya peluang adalah biaya yang harus dikeluarkan saat memilih sebuah kegiatan. Biaya peluang juga disebut sebagai biaya kesempatan (Opportunity Cost). Biaya peluang diartikan sebagai biaya yang hilang dari sebuah kesempatan yang tidak dipilih atau dilepas. 

Adapun ciri-ciri dari biaya peluang diantaranya yaitu mempunyai banyak kemungkinan yang berkaitan dengan penggunaannya. Lantas apa saja manfaat dan contoh biaya peluang? Simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA : Pengertian Pendapatan Nasional Beserta Rumus & Manfaatnya

Pengertian

biaya peluang adalah
Freepik

Menurut Mardiati Najib, dkk dalam buku Evaluasi Ekonomi di Bidang Kesehatan: Teori dan Aplikasi (2020), biaya peluang adalah nilai peluang yang hilang karena penggunaan sumber daya. Biaya peluang merupakan nilai barang atau jasa yang dikorbankan seseorang karena memilih alternatif pilihan lainnya. Dalam bahasa Inggris, biaya peluang disebut  dengan opportunity cost. Biaya peluang dibagi menjadi dua, yaitu  biaya peluang implisit dan biaya peluang eksplisit. 

Pengertian biaya peluang menurut para ahli

biaya peluang adalah
Freepik

Agar lebih memahami tentang definisi biaya peluang, berikut pengertiannya menurut para ahli.

1. N.Gregory Mankiw

Menurut pendapat dari N. Gregory Mankiw biaya peluang adalah segala sesuatu yang harus dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu.

2. Robert B.Ekulend, Jr dan Robert . Tollison

Robert B.Ekulend, Jr dan Robert . Tollison berpendapat jika biaya peluang adalah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu, yang diukur dalam ukuran keuntungan yang tidak jadi didapat karena tidak memilih alternatif itu dibandingkan dengan komoditi yang didapat sebagai gantinya karena memilih suatu alternatif.

3. Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus

Paul Samuelson dan William mengatakan bahwa keputusan memilih biaya peluang, karena memilih satu hal dalam dunia kelangkaan berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang paling berharga yang hilang.

BACA JUGA : Kesenjangan Sosial: Pengertian, Bentuk, Faktor dan Dampaknya

Manfaat

biaya peluang adalah
Freepik

Berikut manfaat biaya peluang yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Membantu proses pengambilan keputusan

Dilansir dari situs Investopedia, biaya peluang membantu individu maupun perusahaan untuk mengambil keputusan yang dinilai lebih menguntungkan. Oleh karena itu, biaya peluang memungkinkan individu untuk melihat dan menilai beberapa alternatif pilihan yang dibuat atau diterimanya. Untuk dapat bisa menilainya dengan tepat, biaya dan manfaat dari tiap pilihan yang tersedia hendaknya dipertimbangkan dahulu secara matang.

2. Mempermudah pemahamn potensi peluang

Manfaat biaya peluang yang selanjutnya adalah mempermudah pemahaman potensi peluang. Manfaat ini dapat dirasakan saat individu atau organisasi mampu melihat dan menilai beberapa alternatif pilihan. Mereka akan mudah memahami potensi peluang yang ada. Dengan begitu, individu akan berfokus untuk dapat menjalankan atau mewujudkan peluang tersebut. Misalnya seperti perusahaan menilai bahwa peluang menyewakan gedung jauh lebih menguntungkan ketimbang menggunakannya untuk keperluan pemasaran

3. Memudahkan penentuan prioritas

Saat orang sudah menetapkan sebuah pilihan, mereka mempunyai prioritas untuk berupaya untuk bisaa mewujudkannya. Prioritas ini juga membuat individu atau organisasi menjadi lebih mengutamakan alternatif yang telah mereka pilih.

4. Membantu meminimalkan risiko usaha

Karena tersedia beberapa peluang atau alternatif pilihan, individu atau organisasi dapat memilih mana alternatif yang paling minim risikonya. Manfaat biaya peluang kali ini sangat bermanfaat  bagi mereka yang sedang merintis usaha baru atau perusahaan yang baru saja berdiri.

BACA JUGA : Kepanjangan SARA Beserta Arti dan Pengertian

Contoh

Freepik

PT Karya Nusa mempunyai sumber daya berupa gedung sebagai aset perusahannya. Perusahaan ini memiliki dua alternatif pilihan. Pertama, menggunakan gedungnya sebagai toko untuk memasarkan barang dan jasanya. Kedua, menyewakan gedung itu kepada pihak. Jika disewakan, PT Selalu Bahagia bisa mendapat keuntungan sebesar Rp 500.000.000 per tahunnya. Akan tetapi, jika tidak disewakan, berarti perusahaan itu harus menanggung biaya peluang untuk menggunakan gedungnya sebagai toko.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian biaya peluang beserta contoh dan manfaatnya. Biaya peluang juga disebut dengan opportunity cost yaitu biaya yang harus dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.